Apa Itu Integritas? Ketahui Seberapa Penting Mempunyai Integritas Pada Sebuah Perusahaan

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Integritas adalah tindakan berperilaku terhormat, bahkan ketika tidak ada orang yang melihatnya. Orang-orang dengan integritas mengikuti prinsip-prinsip moral dan etika dalam semua aspek kehidupan. Integritas harus meluas ke area profesional di tempat kerja seperti pengambilan keputusan, berinteraksi dengan rekan kerja dan melayani pelanggan atau klien.

Contohnya pengusaha yang berkomitmen untuk mempekerjakan karyawan dengan integritas lebih siap untuk memberikan layanan berkualitas tinggi dan mempertahankan reputasi positif. Ketika karyawan memiliki integritas, maka perusahaan dapat mempercayai tim mereka bekerja dengan rajin.

Dalam artikel ini, ketahui apa itu yang dimaksud dengan integritas, bagaimana menerapkannya di tempat kerja dan bagaimana integritas dapat membantu Anda dalam karir Anda.

 

Memahami Apa Itu Integritas

Apa Itu Integritas? Ketahui Seberapa Penting Mempunyai Integritas Pada Sebuah Perusahaan
 

 

Perlu diketahui bahwa integritas di tempat kerja datang dalam berbagai bentuk, tetapi yang terpenting mengacu pada memiliki karakter dan etika kerja yang baik termasuk penilaian yang baik, kejujuran, ketergantungan, dan loyalitas. Definisi yang terkenal yakni integritas adalah melakukan hal yang benar melalui kata-kata, tindakan, dan keyakinan Anda ketika tidak ada orang yang melihat.

Sedangkan dengan memiliki tingkat integritas yang tinggi di tempat kerja berarti bahwa :

  • Anda dapat dipercaya dan dapat diandalkan
  • Anda berlatih dan mendorong komunikasi yang terbuka dan jujur
  • Anda bertanggung jawab atas tindakan Anda

 

Pada akhirnya, integritas didasarkan pada nilai-nilai baik yang Anda anut daripada keuntungan pribadi. Oleh karena itu, menjaga integritas dalam lingkungan kerja sangat penting bagi karyawan di semua tingkatan, terutama saat Anda ingin membuat karir Anda lebih tinggi lagi.

Adanya integritas akan membantu menumbuhkan lingkungan kerja yang terbuka dan positif serta pendekatan etis untuk pengambilan keputusan. Integritas tempat kerja tidak hanya bermanfaat bagi bisnis, tetapi juga bermanfaat bagi individu.

Dengan menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang jujur dan dapat diandalkan, Anda akan mendapatkan rasa hormat dan kepercayaan dari rekan kerja dan manajer Anda, yang juga dapat memainkan peran besar dalam pertumbuhan karier, kemajuan, dan kesuksesan Anda secara keseluruhan.

 

Baca Juga :     Memahami Pengertian Soft Skill Beserta Contohnya

 

Seberapa Penting dan Manfaat Mempunyai Integritas Pada Sebuah Perusahaan

Para tenaga kerja yang terdiri dari orang-orang dengan integritas adalah tempat di mana Anda dapat mempercayai staf untuk melakukan yang terbaik dari kemampuan mereka. Pekerja- pekerja ini tidak berkompromi pada cita-cita mereka, mengambil jalan pintas, menipu, atau berbohong. Sebaliknya, pekerja akan berperilaku sesuai dengan kode nilai yang konsisten secara internal.

Integritas dalam bisnis dapat memperkuat hubungan dengan vendor dan pelanggan karena mereka dapat mempercayai bahwa Anda akan menepati janji dan bertindak dengan hormat jika terjadi kesalahan. Korupsi, yang dapat menyebabkan skandal dan menggoyahkan reputasi perusahaan, tidak sesuai dengan integritas.

Upaya yang secara teratur untuk mendiskusikan dilema integritas dengan karyawan Anda memberi mereka kesempatan untuk mempelajari harapan Anda dan juga membantu mengembangkan budaya integritas di tempat kerja. Jadi dengan memiliki integritas di tempat kerja berarti Anda :

  • Dapat diandalkan dan dapat diandalkan seperti ketika Anda datang untuk bekerja tepat waktu
  • Dapat dipercaya, terutama dengan informasi rahasia dan tugas berisiko tinggi
  • Selalu melatih dan dorong komunikasi terbuka dengan kolega dan manajer Anda
  • Hormat, jujur, dan sabar dengan rekan kerja, manajer, dan pelanggan Anda
  • Memiliki etos kerja yang kuat dan berusaha untuk menghasilkan karya berkualitas tinggi secara konsisten
  • Bertanggung jawab atas tindakan Anda, terutama ketika Anda melakukan kesalahan
  • Buat keputusan yang tepat, bahkan dalam situasi stres tinggi
  • Mampu memberikan layanan berkualitas tinggi kepada pelanggan Anda

 

Baca Juga  :     Memahami Pentingnya Cultural Intelligence Dalam Bisnis/Perusahaan

 

Ciri-ciri Karakter yang Termasuk Dalam Integritas

Apa Itu Integritas? Ketahui Seberapa Penting Mempunyai Integritas Pada Sebuah Perusahaan
 

Meskipun integritas lebih merupakan kualitas daripada keterampilan, integritas masih dapat dikembangkan dari waktu ke waktu. Untuk mengidentifikasi kekuatan pribadi Anda terkait dengan integritas, berikut beberapa contoh atribut dan ciri karakter yang terkait dengan integritas.

  • Hormat

    Seseorang dengan integritas akan menghargai orang lain dengan menunjukkan rasa hormat di tempat kerja. Mereka melakukan yang terbaik untuk datang tepat waktu ke rapat, memenuhi tenggat waktu proyek serta mempertimbangkan perasaan orang lain. Anda dapat menunjukkan sifat ini dengan menerapkan ketepatan waktu, berhati-hati dengan kata-kata Anda, disamping juga mempertimbangkan gagasan orang dengan cermat.

  • Jujur

    Integritas tidak lepas dan selalu membutuhkan karakter penting yakni kejujuran. Mereka yang berintegritas berusaha untuk jujur termasuk dengan mau mengakui kesalahan dan mencoba belajar darinya.

  • Ramah

    Orang- orang yang berintegritas sangat ramah ketika orang lain memberikan bantuan. Mereka mengungkapkan rasa terima kasih dan mengakui pencapaian untuk orang-orang yang bekerja dengan mereka. Untuk menunjukkan rasa terima kasih, selalu pastikan untuk mengatakan “terima kasih” ketika seseorang membantu Anda, membantu Anda atau meluangkan waktu dari jadwal mereka untuk Anda. Luangkan juga waktu untuk mengirim email tindak lanjut setelah wawancara, panggilan telepon, atau rapat sehingga orang lain akan merasa dihargai.

  • Kerja keras

    Selain itu, mereka yang memiliki integritas berusaha untuk menghasilkan pekerjaan berkualitas tinggi tepat waktu, apa pun tugasnya. Mereka menyadari bahwa semua yang mereka lakukan dapat berdampak pada perusahaan, kolega, dan hasil bisnis mereka. Karena adanya kesadaran ini, maka pekerja dengan integritas yang baik akan berusaha bekerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawab mereka.

  • Bertanggung jawab

    Mereka yang berintegritas akan bertanggung jawab atas tindakan mereka. Disamping juga terorganisir dan proaktif memastikan mereka memenuhi tanggung jawab mereka.

  • Dapat dipercaya

    Orang-orang dengan integritas menindaklanjuti komitmen mereka. Sedangkan untuk menunjukkan kepercayaan, hindari mengumbar janji. Jika Anda tidak dapat menyelesaikan tugas atau memenuhi tenggat waktu, pastikan untuk memberi tahu orang lain secepat mungkin. Lalu jika Anda juga dipercaya dengan informasi pribadi, maka hormati dan jaga kepercayaan itu.

  • Bermanfaat untuk orang lain

    Ketika seseorang memiliki integritas, maka ia akan membantu mereka yang membutuhkan. Ini mungkin dalam berbagai bentuk yang diperlukan seperti sukarelan untuk sebuah proyek tanpa diminta atau menawarkan diri untuk membantu karyawan yang sedang dalam keadaan darurat.

  • Sabar

    Seseorang dengan integritas mampu mentoleransi tantangan, penundaan, dan rintangan yang tidak terduga sambil mempertahankan sikap yang tenang dan seimbang. Dengan kesabaran, menunggu giliran untuk berbicara dalam rapat dan percakapan satu lawan satu untuk menghargai pendapat dan pembicaraan lawan bicaranya.

 

Baca Juga  :    4 Alasan Mengapa Networking Penting Untuk Mengembangkan Karir

 

Kesimpulan dan Penutup

Diambil dari kata penulis terkenal, C.S. Lewis, “integritas adalah melakukan hal yang benar, bahkan ketika tidak ada yang melihat.” jadi bisa dikatakan kalau integritas adalah kebajikan moral yang mendasar, sebuah landasan di mana karakter yang baik dibangun.

Bertindak dengan integritas berarti memahami, menerima, dan memilih untuk hidup sesuai dengan prinsip seseorang, yang akan mencakup kejujuran, keadilan, dan kesopanan. Seseorang yang berintegritas akan secara konsisten menunjukkan karakter yang baik dengan bebas dari korupsi dan kemunafikan.

Integritas terungkap ketika orang bertindak dengan kebajikan terlepas dari keadaan atau konsekuensinya karena ini sering membutuhkan keberanian moral. Sejatinya bisa dikatakan kalau integritas adalah hubungan kritis antara etika dan tindakan moral seseorang.

 

 

Related Post :

popup image