Jaringan Komputer : Pengertian, Cara Kerja dan Tipe/Jenisnya

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Jaringan komputer atau computer network terdiri dari dua atau lebih komputer yang terhubung baik dengan kabel (berkabel) atau WiFi (nirkabel). Dengan tujuan untuk mentransmisikan, bertukar, atau berbagi data dan sumber daya. Anda membangun jaringan komputer menggunakan perangkat keras misalnya, router, saklar, titik akses, dan kabel serta perangkat lunak misalnya, sistem operasi atau aplikasi bisnis.

Lokasi geografis sering kali menentukan jaringan komputer masing- masing pengguna. Misalnya, LAN yang merupakan jaringan area lokal menghubungkan komputer di ruang fisik yang ditentukan, seperti gedung perkantoran, sedangkan WAN yang mencakup jaringan area luas dapat menghubungkan komputer lintas benua. Internet adalah contoh WAN terbesar, yang menghubungkan miliaran komputer di seluruh dunia.

Anda selanjutnya dapat menentukan jaringan komputer berdasarkan protokol yang digunakannya untuk berkomunikasi, pengaturan fisik komponennya, bagaimana jaringan tersebut mengontrol lalu lintas, dan tujuannya. Jaringan komputer memungkinkan komunikasi untuk setiap bisnis, hiburan, dan tujuan penelitian. Internet, pencarian online, email, berbagi audio dan video, perdagangan online, streaming langsung, dan jejaring sosial semuanya ada karena jaringan komputer.

 

Memahami Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer : Pengertian, Cara Kerja dan Tipe/Jenisnya
 

Secara sederhana, jaringan komputer adalah studi tentang bagaimana komputer dapat dihubungkan untuk berbagi data. Konsep menghubungkan komputer dimulai pada tahun 1960-an, ketika Departemen Pertahanan memimpin upaya pertama untuk membuat jaringan komputer yang dengan susah payah menghubungkan beberapa komputer di seluruh AS. Sejak saat itu, jaringan nirkabel telah lepas landas dan jaringan sekarang dianggap penting. bagian dari komputasi. Komputer tanpa jaringan, bisa dibilang, memiliki sedikit kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Jaringan komputer melibatkan banyak hal yang bersatu, dan ada banyak tantangan dan masalah penting yang harus diselesaikan di bidang jaringan :

  • Menskalakan perangkat keras dan perangkat lunak ke kecepatan yang sangat tinggi (mis., 100+ Gbps) (router, sakelar)
  • Interaksi efektif dengan pengguna teknologi web
  • Perlindungan dan keamanan privasi bagi firewall, perangkat lunak antivirus
  • Memenuhi permintaan nirkabel yang terus meningkat yakni peningkatan penggunaan smartphone, perangkat genggam lainnya.
  • Menskalakan jumlah peserta hingga miliaran sensor, Internet-of-Things
  • Menjaga ekonomi Internet yang sehat di antara penyedia layanan
  • Mengatasi fenomena sosial
  • Koneksi mulus ke perangkat yang sangat mobile

 

Baca Juga   :     Cara Cek IP Address Komputer, Laptop, dan HP (Smartphone) dengan Mudah

 

Cara Kerja Jaringan Komputer

Perangkat khusus seperti saklar, router, dan titik akses membentuk fondasi jaringan komputer. Saklar menghubungkan dan membantu mengamankan komputer, printer, server, dan perangkat lain secara internal ke jaringan di rumah atau organisasi. Titik akses adalah saklar yang menghubungkan perangkat ke jaringan tanpa menggunakan kabel.

Router menghubungkan jaringan ke jaringan lain dan bertindak sebagai dispatcher. Mereka menganalisis data untuk dikirim melalui jaringan, memilih rute terbaik untuk itu, dan mengirimkannya dalam perjalanan. Router menghubungkan rumah dan bisnis Anda ke dunia dan membantu melindungi informasi dari ancaman keamanan luar. Meskipun saklar dan router berbeda dalam beberapa hal, satu perbedaan utama adalah bagaimana mereka mengidentifikasi perangkat akhir.

Sakelar Layer 2 secara unik mengidentifikasi perangkat dengan alamat MAC “burn-in” -nya. Router Layer 3 secara unik mengidentifikasi koneksi jaringan perangkat dengan alamat IP yang ditetapkan jaringan. Saat ini, sebagian besar sakelar menyertakan beberapa tingkat fungsionalitas perutean. Alamat MAC dan IP secara unik menentukan perangkat dan koneksi jaringan, masing-masing, dalam jaringan. Alamat MAC adalah nomor yang ditetapkan ke kartu antarmuka jaringan (NIC) oleh produsen perangkat. Alamat IP adalah nomor yang ditetapkan ke koneksi jaringan.

 

Baca Juga  :    Rekomendasi Anti-Malware Terbaik untuk Laptop / Komputer OS Windows

 

Tipe atau Jenis Jaringan Komputer

Jaringan Komputer : Pengertian, Cara Kerja dan Tipe/Jenisnya
 

Seiring dengan berkembangnya kebutuhan jaringan dari waktu ke waktu, begitu pula jenis jaringan komputer yang melayani kebutuhan tersebut. Berikut adalah jenis jaringan komputer yang paling umum dan banyak digunakan :

  • LAN (jaringan area lokal/local area network)

    LAN menghubungkan komputer melalui jarak yang relatif pendek, memungkinkan mereka untuk berbagi data, file, dan sumber daya. Misalnya, LAN dapat menghubungkan semua komputer di gedung kantor, sekolah, atau rumah sakit. Biasanya, LAN dimiliki dan dikelola secara pribadi.

  • WLAN (jaringan area lokal nirkabel/wireless local area network)

    WLAN seperti LAN juga tetapi mempunyai cara koneksi antar perangkat di jaringan dibuat secara nirkabel. Biasanya  jaringan ini lebih sering ditemukan dan bersifat lokal mengikuti area setempat.

  • WAN (wide area network)

    Sesuai dengan namanya, WAN menghubungkan komputer di area yang luas, seperti dari satu wilayah ke wilayah lain atau bahkan benua ke benua. Internet adalah WAN terbesar, menghubungkan miliaran komputer di seluruh dunia. Anda biasanya akan melihat model kepemilikan kolektif atau terdistribusi untuk pengelolaan WAN.

  • MAN (jaringan area metropolitan/metropolitan area network)

    Sedikit berbeda, MAN biasanya lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN. Kota dan entitas pemerintah biasanya memiliki dan mengelola MAN.

  • PAN (jaringan area pribadi/personal area network)

    PAN hanya melayani kebutuhan satu orang. Misalnya, jika Anda memiliki iPhone dan Mac, kemungkinan besar Anda telah menyiapkan PAN yang membagikan dan menyinkronkan konten yakni pesan teks, email, foto, dan lainnya di kedua perangkat.

  • SAN (jaringan area penyimpanan/storage area network)

    SAN adalah jaringan khusus yang menyediakan akses ke penyimpanan tingkat blok jaringan bersama atau penyimpanan awan yang, bagi pengguna, terlihat dan berfungsi seperti drive penyimpanan yang terpasang secara fisik ke komputer.

  • CAN (jaringan area kampus/campus area network)

    CAN juga dikenal sebagai jaringan area perusahaan. CAN lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN. CAN melayani situs seperti perguruan tinggi, universitas, dan kampus bisnis.

  • VPN (jaringan pribadi virtual/virtual private network)

    VPN adalah koneksi point-to-point yang aman antara dua titik akhir jaringan. VPN membuat saluran terenkripsi yang menjaga identitas pengguna dan kredensial akses, serta data apa pun yang ditransfer, tidak dapat diakses oleh peretas.

 

Baca Juga  :     Jurusan Ilmu Komputer : Pembelajaran Kuliah dan Prospek Kerjanya

 

Kesimpulan dan Penutup

Jaringan adalah kumpulan komputer, server, mainframe, perangkat jaringan, periferal, atau perangkat lain yang terhubung satu sama lain untuk memungkinkan berbagi data. Contoh jaringan adalah Internet, yang menghubungkan jutaan orang di seluruh dunia dan gambaran umum yang sering dilihat adalah contoh gambar jaringan rumah dengan beberapa komputer dan perangkat jaringan lain yang semuanya terhubung.

Sedangkan jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang terhubung bersama untuk tujuan berbagi sumber daya. Sumber daya yang paling umum dibagikan saat ini adalah koneksi ke Internet. Sumber daya bersama lainnya dapat mencakup printer atau server file sehingga bisa dikatakan internet sendiri dapat dianggap sebagai jaringan komputer. Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang terhubung dan jaringan yang terhubung tersebut disebut node.

Koneksi antar komputer dapat dilakukan melalui pemasangan kabel, paling umum kabel Ethernet, atau kabel serat optik. Koneksi juga bisa nirkabel dan Anda akan mendengar istilah wi-fi untuk menggambarkan informasi yang dikirim melalui gelombang radio. Komputer yang terhubung dapat berbagi sumber daya seperti akses ke Internet, printer, server file, dan lainnya. Jaringan adalah koneksi multiguna, yang memungkinkan satu komputer melakukan lebih dari yang seharusnya tanpa koneksi apapun meski biasanya internet lebih menjadi pilihan koneksi yang mutlak digunakan.

Related Post :