Jasa SEO : Cara Menjadi Spesialis dan Skill yang Harus Dikuasai

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 0

Dengan adanya digitalisasi dan kehidupan masyarakat yang serba online, membuat masyarakat dunia selalu terhubung dengan aplikasi, software maupun situs web dalam kesehariannya. Tidak mengherankan kalau banyak bermunculan peluang dan profesi kerja baru seperti salah satunya adalah menjadi seorang spesialis SEO (Search Engine Optimization) yang menawarkan jasa mereka kepada perusahaan dan pemilik situ web.

Meskipun profesi ini terbilang baru, namun bekerja sebagai spesialis SEO adalah peluang karir yang luar biasa bagi lulusan baru dan profesional berpengalaman yang ingin beralih bidang. SEO sendiri menawarkan banyak peluang untuk pertumbuhan serta kemampuan untuk bekerja dengan berbagai macam orang di banyak industri yang berbeda. Ini merupakan profesi yang cukup menarik bagi banyak orang sehingga selalu ada peluang yang terbuka bagi para pakar SEO.

Dalam tugasan pekerjaannya, seorang pakar SEO biasanya akan menguji, menganalisis, dan mengubah situs web sehingga dioptimalkan untuk mesin telusur, dan situs web tersebut selanjutnya berperingkat lebih tinggi dalam hasil penelusuran di mesin telusur utama seperti Google. Pakar juga SEO melakukan pengoptimalan halaman di seluruh situs web untuk memastikan hasil pencarian relevan dan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang positif, meningkatkan lalu lintas situs web, volume prospek dan kesadaran akan merek. Mari simak penjelasan cara menjadi pakar SEO yang nantinya bisa menawarkan kemampuan dan jasa mereka kepada perusahaan.

 

Memahami Cara Menjadi Pakar SEO

Jasa SEO : Cara Menjadi Spesialis dan Skill yang Harus Dikuasai
 

Seorang spesialis atau pakar SEO bertanggung jawab untuk mengevaluasi dan menganalisis pengembangan situs web, membuat penyesuaian yang diperlukan pada halaman web untuk mengoptimalkannya untuk SERP (Search Engine Results Pages) Google dan mesin pencari lainnya. Fokus utama spesialis SEO adalah meningkatkan peringkat situs web di SERP untuk meningkatkan visibilitas situs dan menghasilkan lebih banyak lalu lintas organik dalam prosesnya. Karena bidang optimasi mesin pencari sangat baru, kebanyakan orang tidak belajar SEO dari program kuliah 4 tahun tradisional layaknya bidang pembelajaran lainnya.

  • Berikut adalah cara paling umum dan tempat pembelajaran yang dilakukan orang untuk menjadi spesialis SEO :
  • Mengikuti kursus dan kelas pembelajaran SEO.
  • Mempelajari SEO dengan mengoptimalkan situs web mereka sendiri/otodidak.
  • Bekerja di agen pemasaran.
  • Mempunyai klien SEO.
  • Mempunyai sertifikasi atau gelar SEO online.
  • Bekerja sebagai profesional SEO di suatu perusahaan, dan lain- lain.

 

Baca Juga :   Mengenal Ubersuggest, Alat Riset Keyword SEO dan Fitur- Fitur Terbaiknya

 

Skill yang Harus Dikuasai Oleh Seorang Pakar SEO

Jasa SEO : Cara Menjadi Spesialis dan Skill yang Harus Dikuasai
 

Saat ini bisnis, perusahaan, instansi, organisasi bahkan individu sekalipun mempunyai dukungan kehadiran online dengan situs web dan blog mereka masing- masing. Bisa dikatakan ini adalah salah satu cara terbaik mereka untuk mengangkat siapa saja yang mempunyai kepentingan seperti pelanggan bagi sebuah bisnis. Karenanya jika sebuah bisnis dan lainnya mempunyai situs web tersendiri, tetapi jika tidak menarik pengunjung yang ditargetkan dan mengubahnya menjadi pelanggan yang membayar, maka situs itu tidak melakukan tugasnya yang bisa membawa dampak negatif terhadap bisnis.

Dalam meninjau situs web, spesialis pengoptimalan mesin pencari akan mengidentifikasi tujuan perusahaan dan memahami siapa saja yang termasuk ketegori audiens targetnya. Dari sini pakar SEO kemudian akan menerapkan strategi untuk memaksimalkan lalu lintas dan meningkatkan peringkat halaman mesin pencari. Adapun cara yang dapat dilakukan adalah dengan menambahkan konten yang menyertakan kata kunci atau frasa tertentu, menulis ulang tag judul HTML, memperbaiki masalah struktural, memperoleh tautan terikat yang berkualitas, menguji tata letak situs web, dan bereksperimen dengan teknik pemasaran dan periklanan.

 

Baca Juga :   Cara dan Struktur Penulisan Artikel SEO yang Baik dan Benar

 

Sangat penting untuk keberhasilan bisnis bahwa situs web mereka telah sesuai dengan standar terbaru untuk SEO. Mempertahankan pemahaman tentang apa yang digunakan mesin pencari terutama Google sebagai kriteria untuk SERP serta memutuskan semua pilihan desain yang dibuat. Berikut beberapa skill atau keahlian yang harus dikuasai oleh seorang pakar SEO dalam melakukan pekerjaan mereka.

  • Melakukan riset kata kunci/keyword

    Google adalah mesin pencari terbesar yang juga bisa dibilang utama saat ini yang terus-menerus membuat perubahan pada algoritma yang menentukan cara kerja situs web, tetapi itu tidak menghapus kata kunci dari persamaan. Kata kunci masih merupakan titik awal untuk sebagian besar pencarian. Sebagai spesialis SEO, Anda akan melakukan riset kata kunci untuk menentukan popularitas, daya saing, dan relevansi, sehingga Anda dapat membuat daftar kata kunci yang terbaik untuk dijadikan fokus.

  • Melakukan optimasi

    Skill SEO cukup bervariasi dan seorang SEO membutuhkan lebih dari sekedar menguasai kata kunci dan pengoptimalan akan menjadi bagian dari peran penting sebagai spesialis SEO. Tugas ini mencakup pengoptimalan di halaman, untuk memastikan pakar SEO agar dapat menyajikan konten berkualitas, metadata yang baik, struktur HTML yang bersih, tautan internal, dan halaman yang dimuat dengan cepat. Selain juga akan melibatkan pengujian berbagai elemen untuk menentukan cara meningkatkan tingkat konversi Anda pada halaman web mana pun.

  • Melakukan analitik

    Satu-satunya cara untuk mengetahui trik SEO yang berhasil adalah dengan melihat dan membaca analitik. Sebagai spesialis SEO, Anda akan secara teratur memeriksa analitik untuk melihat bagaimana kinerja situs web, halaman arahan, dan kata kunci, serta untuk melihat dari mana lalu lintas berasal.

  • Membangun dan membuat tautan

    Web pencarian Google tidak hanya melihat situs web dan konten Anda, tetapi juga apa yang ditautkan oleh orang lain lain terhadap situs web tersebut. Ketika situs web lain menautkan ke situs Anda, itu adalah mosi percaya pada konten Anda, yang membuatnya sebagai salah salah satu faktor yang diperhitungkan Google saat memberi peringkat pada Anda. Bagian dari pekerjaan Anda sebagai spesialis SEO akan mencari peluang untuk membuat situs web lain menautkan secara sah ke situs Anda.

  • Menulis konten/artikel

    Banyak spesialis SEO memulai karir mereka dengan kemampuan menulis konten atau sebagai content writer. Ini tidak lepas oleh produksi konten baru dan unik sangat penting untuk meningkatkan SERP dan mungkin berfokus pada pembuatan artikel pendek, dialog web, atau bentuk teks online lainnya. Hingga saat ini, menulis konten adalah salah satu skill dasar yang banyak membantu karir para pakar SEO.

 

Baca Juga  :    Memaksimalkan Penulisan Meta Description untuk SEO Website / Blog

 

Kesimpulan dan Penutup

Meskipun untuk menjadi pakar SEO tidak harus melalui pendidikan formal, ada banyak kelas dan kursus online yang bisa Anda coba dan ikuti jika ingin menjadi seorang spesialis SEO. terlebih lagi jika Anda memang sudah mempunyai ilmu pemasaran saat ini dimana sebenarnya seorang pakar SEO tidak jauh berbeda dengan pemasaran digital atau profesional pemasaran tradisional lainnya. Tujuan pekerjaan ini juga sama yakni mencoba menciptakan lebih banyak penjualan untuk perusahaan tempat mereka bekerja.

Dengan melakukan penelitian kata kunci dan memanfaatkan alat SEO, seperti Google Analytics, pakar SEO dapat meningkatkan visibilitas situs web di Google yang akan berdampak sangat bagus bagi perusahaan atau bisnis yang mempekerjakan mereka. Beberapa ahli SEO mungkin juga bekerja sama dengan anggota tim pemasaran lainnya untuk mengembangkan inisiatif baru atau mengelola akun media sosial dengan lebih baik untuk meningkatkan keterlibatan dan lalu lintas pengguna.

Related Post :