Jenis Iklan Google Ads (Google Adwords) yang Perlu Kamu Ketahui

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Anda tentu sudah tidak asing dengan iklan, kata ini sering disebutkan dan berada di media mana saja. Ada yang terletak pada website, media sosial, koran, bahkan televisi, semua itu tetaplah disebut dengan iklan meski media penyampaian nya berbeda-beda. Iklan bisa diartikan sebagai suatu berita pesanan yang bersifat mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan.

Di televisi dan media sosial, umumnya iklan berbentuk video dengan durasi pendek. Sedangkan pada website dan koran, iklan akan berada disana selama Anda membukanya. Terlebih koran dalam bentuk fisik yang iklannya tidak bisa berubah dan sudah di pesan seperti itu adanya. Media internet yang menyediakan iklan akan berubah-ubah sesuai dengan algoritma dari pengunjungnya.

Misal Anda sering mengunjungi website, artikel, atau laman website yang berkaitan dengan belanja online, maka algoritma yang terbaca umumnya akan menampilkan iklan berupa kurir, tempat belanja online semisal shopee, tokopedia, atau menampilkan JNE, dan banyak ekspedisi lain yang berhubungan. Sehingga untuk tiap pengguna akan tampil hal yang berbeda sebab algoritma yang mereka ciptakan berbeda-beda.

 

Membedakan Adwords, Adsense, dan Admob

Berikut ini adalah pemaparan untuk perbedaan google adwords, adsense, dan admob.

 

  • Google Adwords

    Singkatnya google adwords ini merupakan platform buat pengiklan. Dengan adwords, kamu bisa mengiklankan bisnis kamu di semua produk google yang mendukung iklan adwords serta situs-situs mitranya google. Jika melakukan searching di google dan kamu melihat hasil pencarian yang ada label ‘ad’ atau ‘iklan’ berwarna kuning, itu merupakan iklan dari google adwords. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan adwords, salah satunya ialah produk kamu bisa tampil di halaman google tanpa perlu memikiran SEO. Meskipun SEO masih memiliki hubungan dengan adwords, namun keduanya berbeda. Kamu bisa baca artikel perbedaan SEO dan SEM untuk lebih paham.

  • Google Adsense

    Jika adwords untuk pengiklan, maka adsense merupakan platform buat situs-situs yang menjadi mitra Google. Nantinya iklan-iklan yang di buat di adwords juga akan ditampilkan pada situs-situs yang telah di pasang script adsense. Pengiklan akan membayar setiap klik yang berasal dari situsmu. Untuk lebih jelas kamu bisa perhatikan iklan-iklan yang ada pada situs-situs yang besar. Jika kamu melihat tulisan “iklan by google” pada iklan tersebut, berarti itu iklan dari google adsense.

  • Google Admob

    Admob kurang lebih sama seperti adsense, namun bedanya admob berjalan di platform mobile. Pernah nggak ketika kamu sedang menggunakan aplikasi di android tiba-tiba muncul iklan? Nah itu adalah iklan dari admob.

 

Baca Juga  :      Mengelola Bisnis Online dengan Google Adwords

 

Jenis-Jenis Iklan Google Adwords

Jenis Iklan Google Ads (Google Adwords) yang Perlu Kamu Ketahui
 

Iklan tentu banyak macam dan jenisnya, format dan jenis iklan yang disediakan juga sangat beragam untuk digunakan dalam beriklan. Untuk mengetahui berbagai jenis iklan dalam Google Ads Anda bisa melihat ulasan berikut.

 

  1. Iklan Penelusuran

    Jenis iklan satu ini biasa berupa penelusuran atau iklan teks yang bisa dilihat dalam hasil penelusuran di Google, umumnya iklan jenis ini berisi judul yang dapat di klik sehingga langsung menuju pada halaman website yang sesuai. Google memberikan tambahan berupa ekstensi pada iklan satu ini, Anda bisa menggunakannya untuk menambahkan detail dan kontak agar pelanggan bisa dengan mudah menghubungi Anda.

  2. Iklan Gambar

    Iklan jenis ini bekerjasama dengan website yang menjadi partner dari Google atau Google Display Network, umum iklan ini berisi gambar yang mampu mengarahkan pada halaman website, link dari website, deskripsi, atau bahkan gambar. Ukuran dari iklan tergantung pada dimana iklan tersebut dipasang.

  3. Iklan Aplikasi

    Jenis ini memungkinkan Anda untuk melakukan promosi terhadap aplikasi yang ada, ia akan muncul pada website yang sudah menjadi partner Google. Iklan ini akan muncul pada website yang dibuka dengan mobile browser seperti CHrome, UC Browser, Opera, dan lainnya, iklannya bisa berupa teks atau gambar yang muncul pada halaman website tersebut. Biasanya akan terdapat button atau tombol yang mengarah langsung pada aplikasi yang ditawarkan dan terletak pada Google Play Store maupun App Store, sehingga Anda bisa langsung memasang aplikasi yang diiklankan.

  4. Iklan Video

    Jelas sekali jenis ini berisi iklan yang berbentuk video, umumnya akan dijumpai pada website yang sudah bekerja sama dengan Google dan bisa juga dijumpai di YouTube. Produk yang dipromosikan biasanya berbentuk video dengan durasi yang bervariasi, ada yang 8 detik hingga 15 detik yang mana pengguna bisa menutup iklan tersebut setelah lima detik dengan bantuan tombol bertuliskan Skip Ad. Namun ada pula jenis iklan dengan durasi sama yang tidak bisa di skip penayangannya, Anda juga bisa menggunakan iklan jenis ini untuk menampilkan trailer dari film atau video yang Anda garap.

  5. Iklan Shopping

    Iklan jenis ini biasa berisi nama produk, gambar, harga, serta link yang bisa membantu Anda untuk langsung menuju produk yang ditampilkan dalam iklan, hal ini berguna bagi Anda yang ingin mengetahui website atau toko online milik iklan yang tadi muncul dalam halaman website Anda.

 

Baca Juga  :    Tips Mendaftar Google Ad grants | Google for NonProfits

 

Tips Menggunakan Google Adwords

Jenis Iklan Google Ads (Google Adwords) yang Perlu Kamu Ketahui
 

Google Adwords berfungsi untuk mengiklankan bisnis anda, ada banyak metode yang bisa Anda gunakan dalam Google Adwords diantaranya adalah dengan menggunakan Google Display, Google Search, hingga youtube Advertising. Berikut inilah beberapa perencanaan yang harus dilakukan sebelum memasang iklan di Google Adwords.

 

  • Customers

    Langkah pertama yang harus dipikirkan adalah customers yang ingin ditargetkan, intinya Anda harus menyesuaikan jenis produk yang ingin ditawarkan. Sehingga dalam langkah ini Anda bisa membuat daftar target bisa berdasarkan negara dan bahasa, yaitu di Negara mana dan dalam bahasa apa iklan yang ingin kita tampilkan.

  • Menyiapkan Iklan

    Iklan yang dibuat harus sesuai target yang ditentukan, tidak hanya gambar dan suara yang relevan, Anda juga harus memperhatikan kata kunci yang tepat untuk iklan. Anda harus menekankan kata kunci tentang semua hal yang berhubungan dengan produk yang akan dijual.

  • Biaya

    Memasang iklan di Google Adwords tidak terlalu mahal dan fleksibel, jika Anda memiliki budget dengan kisaran antara setengah juta sampai dengan satu juta rupiah, Anda sudah bisa memasukkan beberapa kata kunci dalam iklan yang akan dipasangkan.

 

Google Adwords sangat efektif digunakan untuk mempromosikan bisnis Anda, jadi tidak perlu khawatir untuk dapat memanfaatkan Google Adwords untuk sarana memperluas dan memperoleh keuntungan dari bisnis Anda lewat iklan berbayar.

 

Baca Juga  :    Perbedaan Google Adwords, Adsense, dan Admob

 

Kesimpulan dan Penutup

Meningkatkan penjualan maupun traffic website bisa menggunakan iklan dari Google Adwords, Anda bisa membuat iklan yang efektif dengan menggunakannya. Karena iklan yang dibuat dengan Google Ads bisa diatur sesuai dengan orang-orang yang mengunjungi website Anda, tarif iklan juga bisa dikontrol sedemikian rupa untuk menghasilkan keuntungan yang lebih optimal. Selain itu, beriklan dengan layanan ini membantu Anda mendapatkan kesempatan untuk berada di urutan pertama mesin pencari.

Peringkat pertama di pencarian Google tentu membuat penjualan akan semakin meningkat, Anda bisa mempelajari terlebih dahulu teknis dan cara mengoperasikan Google Ads dan bagaimana strategi beriklannya. Memahami Google Adwords tentunya juga harus memahami seperti apa manfaat yang didapat dari menggunakan Google Ads dan jenis-jenis dari iklan Ads sendiri.

Related Post :