Jetpack Plugin : WordPress Self Hosted seperti WordPress.com

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Bagi teman-teman IDCHoster yang biasa membuat website menggunakan WordPress di Hosting sendiri (Self Hosted) memang sangat mudah dan lebih mengasikkan. Kebanyakkan para penyedia hosting sudah memasukkan fitur one-click auto installer di layanan hosting mereka. Yang paling sering digunakan yaitu Fantastico de Lux, QuickInstall, dan ada juga yang menggunakan softaculous.

Self Hosted WordPress mungkin berbeda dengan free WordPress.com, karena fitur yang disediakan oleh server wordpress tidak diletakkan di wordpress self hosted, tapi dengan adanya bantuan Plugin Jetpack ini self hosted wordpress bisa memiliki fitur tambahan wordpress.com.

Jetpack ini memungkinkan blog WordPress yang kita buat dapat menghubungkan dan memanfaatkan beberapa layanan dari wordpress.com. ada beberapa layanan yang dapat kita manfaatkan. Plugin ini merupakan “serviceware” dari wordpress.com.

Beberapa fitur yang ada di layanan wordpress.com yang tidak tersedia di wordpress self hosted, dan fitur ini sesungguhnya sangat bermanfaat untuk mengetahui perkembangan website kita.

Berikut adalah cara untuk memanfaatkan situs wordpress self hosted ini, yaitu:

  • Kita harus mempunya akun di wordpress.com terlebih dahulu
  • Kemudian menginstal plugin Jetpack di WordPress self hosted milik kita.
  • Sambungkan layanan Jetpack dengan cara memberikan ijin plugin ini untuk mengakses akun wordPress.com milik teman-teman.

Seperti itulah caranya untuk menginstal plugin jetpack di wordpress, dan setelah beberapa detik situs wordpress teman-teman sudah terhubung dengan layanan wordpress.com yang powerfull. Karena wordpress self hosted teman-teman sudah terintegrasi dengan layanan wordpress.com originalnya.

Berikut ini adalah beberapa fitur layanan yang diberikan wordpress.com melalui Jetpack beserta juga fitur Jetpack sampai pada versi 1.8.2

  1. com stat
  2. Subscriptions
  3. Sharing
  4. Gravatar Grovercards
  5. Spelling and Grammar
  6. Custom CSS
  7. Mobile Theme
  8. VaultPress
  9. Jetpack Comments

Selain fitur yang disebutkan diatas, ada lagi beberapa fitu yang disediakan oleh plugin Jetpack ini seperti twitter widget, shortcode video embeds, dsb. Mungkin kedepannya wordpress.com akan memperkaya layanan yang diberikan melalui plugin jetpack ini. Jadi saran saya seringlah untuk mengecek dan mengikuti update dari plugin ini pada link berikut ini http://jetpack.me/

Related Post :