Jurusan Desain Grafis : Pembelajaran Kuliah dan Prospek Kerjanya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Perkembangan internet membawa dampak bagi beragam sektor dalam kehidupan manusia. Mulai dari ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan masih banyak lagi. Apalagi jika membicarakan sosial media, makin kesini manusia lebih menyukai komunikasi konten sosial media melalui komunikasi visual daripada audio atau tekstual. Bisa dibuktikkan dengan menjamurnya konten grafis yang keren-keren di sosial media baik itu milik individu maupun entitas bisnis. Inilah peluang bagi Anda yang memiliki minat untuk terjun di dunia grafis, sebelum masuk lebih dalam ke dunia kerja tersebut akan lebih baik jika Anda mendalami ilmu dan kemampuan melalui pendidikan perkuliahan.

Jurusan yang Anda bisa ambil adalah jurusan desain grafis, jurusan ini banyak sekali ditemui di universitas di Indonesia. Beberapa universitas favorit yang memiliki program studi/jurusan desain grafis adalah ITB, Telkom University, ISI Yogyakarta, dan masih banyak lagi. Banyak sekali keuntungan yan bisa Anda   dapatkan melalui jurusan ini. Mulai dari kreativitas yang tersalurkan, biasanya mahasiswa desain grafis merupakan seseorang yang kreatif dan inovatif maka dari itu bisa sekali jika Anda mengembangkan kreativitas di jurusan ini. Ditambah lagi sekarang banyak sekali spesialisasi pekerjaan yang berkaitan dengan desain. Jadi,Anda tidak perlu khawatir kekurangan peluang kerja.

Apakah Anda sudah tertarik dengan jurusan desain grafis? Jika iya, pada artikel ini akan mengupas apa itu jurusan desain grafis, pembelajaran kuliah, hingga prospek kerjanya. Sebelum menentukan apakah jurusan desain grafis cocok atau bukan hanya dilihat dari apakah Anda mempunyai passion di bidang tersebut.  lebih dari itu Anda harus mengenal lebih dalam tentang seluk beluk jurusannya. Nah bagi Anda yang ingin mengetahuinya, yuk kita simak penjelasan berikut ini.

 

Apa Itu Jurusan Desain Grafis

 

 Jurusan Desain Grafis Pembelajaran Kuliah dan Prospek Kerjanya
 

Apakah Anda sudah ada yang mengetahui tentang jurusan desain grafis? Jika belum, pengertian dari jurusan desain grafis adalah jurusan yang mempelajari komunikasi visual serta menangani berbagai materi cetak dan online yang akan dipublikasikan melalui berbagai media. Media yang biasa digunakan adalah brosur, poster, undangan baik dalam bentuk cetak maupun digital. Berbicara dunia desain memang tidak bisa dipungkiri jika mereka memiliki beragam spesialisasi yang bisa ditekuni. Bagi Anda yang jago soal desain tentu juga bisa untuk membuat sebuah desain tampilan antar muka website atau aplikasi mobile yang sekarang banyak sekali diperlukan

Jurusan desain grafis ini berfokus pada representasi bisual dari konsep-konsep penting dalam metode komunikasi visual. Bagi Anda yang memulai mempelajari desain grafis wajib banget memiliki perangkat lunak desain grafis yang berguna untuk mendukung dan memudahkan Anda melatih kemampuan mendesain, contohnya seperti: Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw, Adobe Flash, hingga Adobe XD. Banyak sekali element atau tools yang juga perlu Anda ketahui seperti foto, font, warna, tekstur, ilustasi dan masih banyak lagi namun biasanya setiap software tersebut memiliki tool-tool yang berbeda.

Buat Anda yang masih ragu tentang jurusan ini berikut ini akan disajikan tentang kelebihan-kelebihan yang dimiliki jurusan desain grafis, yang pertama adalah kreativitas akan tersalurkan dan terasah. Jika sebelum mengenal jurusan ini Anda memiliki kesulitan ingin menyalurkan kreativitas dan inovasi dimana, maka jurusan ini bisa menjadi jawabannya. Pada jurusan ini Anda akan diajarkan bagaimana cara menuangkan kreativitasdalam bentuk visual baik dalam bentuk video maupun gambar. Selain itu, di jurusan ini Anda juga akan diberitahui alat-alat apa yang akan meningkatkan kemampuan mendesain. Alat-alat tersebut mencakup alat dalam diri atau disebut mindset dan kreativitas, dan juga alat diluar diri kita seperti teknologi, komputer, dan lainnya.

Setelah memiliki kemampuan dan keahlian di bidang ini tentunya Anda sudah siap untuk masuk kedalam dunia kerja. Namun, pada bagian ini akan dijelaskan sekilas saja karena akan dijabarkan lebih lanjut di bagian selanjutnya. Bagi Anda yang sudah siap turun ke dunia kerja dengan modal kemampuan desain grafis peluang kerja yang akan menanti Anda sangatlah luas. Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika pola komunikasi kita sekarang cenderung lebih nyaman visual daripada audio atau tekstual. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya orang menonton video di platform youtube, konten instagram, dibandingkan menikmati koran atau video. Karena prospek kerja yang luas maka ini memberikan indikasi bahwa nantinya penghasilan yang akan Anda terima juga stabil. Itulah tadi beberapa kelebihan mengambi jurusan desain grafis, apakah kalian mulai tertarik?

 

Baca Juga : Tips dan Cara Menulis Deskripsi Produk Toko Online Yang SEO Friendly & Benar 

 

Mengenal Mata Kuliah Jurusan Desain Grafis

 

 Jurusan Desain Grafis Pembelajaran Kuliah dan Prospek Kerjanya
 

Ada lagi satu hal yang perlu kalian pertimbangkan sebelum masuk lebih jauh ke dalam jurusan desain grafis, yaitu mata kuliah dan pembelajarannya di Universitas. Pembelajaran jurusan ini  Anda akan diberikan materi mulai dari dasar-dasar desain grafis, seperti elemen, dan prinsip desain (titik, garis, bentuk, tekstur, ruang, dan warna). Selain itu, Anda juga akan mempelajari prinsip desian yaitu keseimbangan, kesatuan, ritme, proporsi, kontras, repitis, dan masih banyak lagi.

Namun, jangan menganggap bahwa di jurusan ini hanya belajar tentang Desain saja, Anda juga mempelajari tentang fotografi, jadi jika Anda memiliki hobi tentang fotografi bisa sekali mengembangkan kemampuan pada jurusan ini. Selain itu kalian berbagai macam tektik desain seperti creative drawing, tipografi, art & design history, user interface design, single page design, desktop publishing, communication ,presentation, dan lain-lain. Buat Anda yang penasaran lebih lanjut, berikut ini adalah mata kuliah yang akan kalian pelajari selama kuliah desain grafis :

 

  1. Dasar Seni Rupa dan Desain
  2. Rupa Dasar 2D
  3. Pengantar Rekayasa & Desain
  4. Kreativita dan Humanita
  5. Rupa Dasar 3D
  6. DKV Dasar
  7. Tipografi Dasar
  8. Ilustrasi Dasar
  9. Fotografi Dasar
  10. DKV Aplikatif
  11. Tipografi Aplikatif
  12. Ilustrasi Aplikatif
  13. Fotografi Aplikatif
  14. Metode Produksi
  15. Komunikasi Visual
  16. Komunikasi Visual Multimedia
  17. Animasi
  18. Narasi Visual
  19. Motion Graphic
  20. Bahasa Rupa
  21. Tinjauan Desain
  22. Grafis Portofolio
  23. Komunikasi Visual Periklanan
  24. Visual Branding
  25. Videografi
  26. Media Interaktif
  27. Fotografi

 

Baca Juga : Contoh Addendum Kontrak Pengertian, Syarat, Fungsi dan Tujuannya 

 

Prospek Kerja Mahasiswa Lulusan Desain Grafis

Prospek Kerja Mahasiswa Lulusan Desain Grafis
Ada banyak sekali peluang kerja bagi lulusan program studi desain grafis. Bagi Anda mahasiswa lulusan prodi ini Anda bisa mengambi kesempatan kerja di industri media, periklanan, kreatif, teknologi dan masih banyak lagi. Anda bahkan bisa mengambil pekerjaan dengan cara freelance, pekerjaan yang satu ini juga sering diambil oleh para lulusan jurusan ini.

Dengan kemampuan dan ilmu yang telah Anda dapatkan dari proses perkuliahan ditambah mengambi spesialisasi tertentu akan menjadi modal berharga untuk masuk ke dunia kerja. Secara umum, Bagi  lulusan prodi ini Anda akan mendapatkan gaji berada pada kisaran 5 juta rupiah dengan pekerjaan sebagai staf di perusahaan tertentu. Sebenarnya nominal ini tergantung dari kemampuan dan keahlian yang Anda miliki. Berikut adalah prospek kerja mahasiswa lulusan desain grafis:

 

    1. Graphic Desaigner
    2. Illustrator
    3. Web Designer
    4. UI/UX Designer
    5. Desainer Produk
    6. Animator
    7. Komikus

 

Baca Juga : Jam Operasional Pengiriman Barang JNE, TIKI, JNT, POS INDONESIA, dll di Indonesia 

 

Kesimpulan dan Penutup

Jadi, itulah tadi penjelasan mengenai jurusan desain grafis, apakah Anda sudah tertarik untuk menjadi mahasiswa di jurusan ini? Sebelum memilih jurusan ini sebagai langkah Anda di masa depan akan lebih baik jika mempertimbangkan terlebih dahulu apakah benar passion dan minat Anda bisa diasah sesuai jurusan ini. Mengetahui infomasi pembelajaran dan mata kuliah seperti diatas juga sangatlah penting. Karena Anda nantinya dapat menganalisis tentang pembelajaran yang nantinya dihadapi.

Selain seiring dengan berkembangnya waktu desain visual semakin dinikmati oleh khalayak untuk dipakai dalam berbagai media baik itu cetak maupun digitial.Oleh karena itu, Hal inilah yang harus membuat pikiran Anda terbuka tentang prospek kerja apa yang ingin Anda ambil di jurusan ini karena banyak sekali spesialisasi desain yang dapat ambil. Demikianlah artikel mengenai jurusan desain grafis mulai dari pengertiannya, informasi pembelajaran kuliahnya, hingga prospek kerjanya.

Related Post :