Jurusan Ilmu Komputer : Pembelajaran Kuliah dan Prospek Kerjanya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Buat kalian yang duduk di bangku SMA atau SMK yang punya passion di bidang programming, otak atik software komputer, dan intinya yang berhubungan dengan komputer wajib banget mengetahui jurusan kuliah ini. Jurusan Ilmu Komputer merupakan jurusan yang mempelajari tentang komputasi, baik itu hardware (perangkat keras) maupun software (perangkat lunak. Jurusan ini biasanya menjadi incaran anak-anak yang memiliki passion di bidang IT.

Jurusan ini cocok sekali jika kalian sudah mulai tertarik dengan dunia komputasi, programming, atau bahkan di tingkat SMA pernah mengikuti olimpiade-olimpiade komputer. Jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang menjanjikan di masa depan. Saat lulus dari jurusan ini peluang kerja yang bisa kalian dapatkan sangatlah luas. Terlebih lagi di era digital ini yang gembar gembornya menuju Indonesia 4.0. Gaji lulusan jurusan Ilmu Komputer juga tidak bisa dipandang sebelah mata.

Apakah kalian sudah tergiur untuk masuk kedalam jurusan ini? Jika iya biar kalian lebih mantap lagi, pada artikel ini akan dijelaskan mengenai apa saja yang dipelajari dalam jurusan ini. Hal ini juga penting mengingat selama 4 tahun nantinya kalian akan bergelut mempelajari pelajaran-pelajaran ini. Mata pelajaran ini juga bisa kalian jadikan bahan pertimbangan untuk memilih apakah jurusan in benar-benar cocok untuk kalian. Jika kalian mulai penasaran tentang apa itu jursan ilmu komputer dan prospek kerjanya apa saja. Yuk simak artikel berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu Jurusan Ilmu Komputer

 

Ilmu Komputer seperti yang sudah dijelaskan diatas adalah sebuah jurusan yang memberikan mata kuliah khusus pada bidang ilmu komputasi, baik itu hardware maupun software. Jurusan ini mencakup berbagai topik yang berkaitan erat dengan komputer. Topik yang dibahas mulai dari analisis abstrak algoritma sampai subjek yang lebih detail contohnya seperti bahasa pemrogramman, perangkat keras, hingga perangkat lunak. Mungkin dari kalian ada yang bingung begini, apa bedanya jurusan ilmu komputer dan teknik informatika? Jadi perbedaanya yang mendasar terletak pada sisi penerapannya bagi TI sedangkan Ilkom lebih fokus pada sains dari bidang komputer.

Buat kalian yang berminat pada jurusan ini akan lebih baik jika kalian mengetahui motivasi mengapa ingin mengambil jurusan ini. Pertimbangkan apakah jurusan ini benar-benar yang kalian mau. Sebagai bahan pertimbangan kalian lagi pada artikel ini akan dijelaskan mengenai mata kuliah apa saja yang harus kalian selesaikan selama 4 tahun di jurusan ilmu komputer ini. Selain itu, prospek dari jurusan ini apa saja bagi pekerjaan kalian di masa depan.

 

Baca juga :    Contoh Soal TPA (Tes Potensi Akademik) dan Cara Mudah Menjawab Test TPA

 

 

Mata Kuliah di Jurusan Ilmu Komputer

 

Nah tadi sudah dibahas sekilas tentang perbedaan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika. Namun, sebenarnya Ilmu Komputer dan Teknik Informatika ini sama-sama identik dengan computer programming. Mari berkenalan dengan yang namanya programming terlebih dahulu. Pengertian sederhana dari programming adalah cara gimana kalian menuliskan-menuliskan perintah dengan barisan kode-kode melalui komputer kalian. Dari yang paling sederhana dan terkesan biasa saja yaitu menampilkan tulisan “Hello World”, menghitnung luas segi empat dengan melakukan input angka sisi, mengidentifikasi wajah dari foto/sidik jari pada KTP. Hingga cara memberikan perintah tertentu pada robot yang mendarat di Mars dengan jarak ratusan juta kilometer dan delay time 13 menit.

Hampir semua hal yang kita temukan di internet adalah hasil dari programming. Contohnya seperti aplikasi Facebook, Twitter, Google, Instagram, Tokopedia, Free Fire, hingga PUBG. Bahkan website yang kalian akses ini merupakan hasul dari kode-kode pemrograman. Jadi bisa dikatakan jika Programming ini dapat mewujudkan ide apapun kalian yang kreatif di dunia digital seperti sekarang. Nah, hubungannya dengan jurusan Ilmu Komputer. Program studi Ilmu Komputer membekali mahasiswanya untuk mempunyai kemampuan menyusun programming untuk mengembangkan suatu program, software, hingga aplikasi.

Pada masa pembelajaran nantinya kalian akan dikenalkan dengan berbagai bahasa pemrograman. Mulai dari bahasa C++, Phyton, PHP, Perl, MySQL, Ruby, dan masih banyak lagi. Selain itu, kalian akan dilatih kemampuannya untuk menyusun algoritan dan logika. Oleh sebab itu, di prodi ii, kalian akan banyak belajar pengetahuan tentang matematika yang menguras logika. Beberapa mata kuliah yang akan kalian temukan di prodi ini antara lain Rekayasa Perangkat Lunak, Teori dan Bahasa Automata, Sistem Cerdas, Jaringan Komputer, Data Science, Desain dan Analisis Algorithma, Analisis Numerik, dan masih banyak lagi. Jurusan ini juga menawarkan 4 bidang perminatan bagi mahasiswanya jika ingin menambah spesialisasi. Berikut adalah penjabarannya.

  • Teknologi Perangkat Lunak

    Pada spesialisasi ini kalian akan difokuskan untuk menjadi seorang programmer atau bisa dibilang pengembang perangkat lunak. Kalian akan mempelajari berbagai macam bahasa pemrograman dan framework nya juga. Pada spesialisasi sangat cocok jika kalian memiliki ketertarikan pada pengembangan sebuah website, mobile application, software-software, hingga game. Peluang kerja untuk spesialisasi ini juga sangat banyak mengingat sekarang banyak sekali muncul startup-startup. Kalian juga memiliki kesempatan di startup-startup besar seperti Gojek, Tokopedia, Bukalapak, dan masih banyak lagi.

  • Administrasi dan Infrastruktur TI

    Spesialisasi ini cocok bagi kalian yang mempunyai basic jaringan di SMK dan juga bagi kalian yang tertarikk dengan infrastruktur TI ketika SMA. Apabila sebuah organisasi ingin membangung sebuah infrastruktur TI, mereka membutuhkan rancangan arsitektur TI. Artsitektur ini bisa dibilang seperti bluuprint yang menentukan perangkat keras (hardware) jenis apa yang dipakai, servernya, konfigurasi jaringan antar hardware, dan masih banyak lagi. Di mata kuliah ini juga akan mengasah kalian tentang kriptigrafi. Bahkan kalian juga bisa belajar tentang bagaimana cara mengamankan sebuah sistem jaringan.

  • Pengolahan Informasi Multimedia

    Spesialisasi berikutnya ini kalian akan diajarkan tentang pengolahan informasi atau grafis. Mengenai pengolagan informasi kalian akan diajarkan membuah sistem yang dapat digunakan untuk penyimpanan dan pengolahan data. Contohnya saja database data sebuah perusahaan yang menyimpan informasi tentang ribuan karyawannya hingga mesin pencarian google. Serta mengenai pengolahan citra dan grafis akan cocok bagi kalian yang memiliki ketertarikan dengan pengembangan aplikasi grafik seperti Corel Draw, Photoshop, dan masih banyak lagi. Selain itu, kalian di bidang minat ini bisa menganalisis citra peta geografi menjadi informasi yang berguna dan diinginkan pengguna.

  • Kecerdasan Komputasional

    Nah pada spesialisasi yang terakhir ini kalian akan diajarkan lebih mendalam tentang kecerdasan buatan yang sekarang lagi tren-trennya. Bidan peminatan ini sebenarnya menunjang pengembangan aplikasi yang sudah ada di ranah bidang minat lain. Ada salah satu mata kuliah yang unik ketika kalian mengambil peminatan ini yaitu bioinformatika. Bioinformatika adalah sebuah disiplin ilmu yang mencampurkan biologi, komputer, dan matematika. Biasanya ilmu ini digunakan untuk menganalisis DNA secara digital.

 

Baca Juga :    Bagaimana Menentukan Tujuan Karir untuk Masa Depan Kamu (Profesional atau Wirausaha)

 

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komputer

Peluang karir atau kerja bagi kalian lulusan Ilmu Komputer sangatlah banyak. Seluruh sektor bahkan sekarang bisa dikatakan membutuhkan lulusan jurusan ini untuk dapat menyongsong revolusi industri 4.0. Dengan bekal ilmu yang telah didapatkan melalui bangku kuliah selama 4 tahun, kalian memiliki bekal kemampuan yang tidak bisa diremehkan bahkan justru dibanggakan. Sehingga tidak bisa dipungkiri jika jumlah karir dari pekerjaan ini sangatlah banyak.

Secara umum, rata-rata gaji lulusan ilmu komputer berada pada kisaran Rp 5.000.000 ke atas.Dengan pekerjaan sebagai staf di bidang IT di perusahaan. Sebenarnya besaran sebuah gaji ini tergantung pada kemampuan dan pengalaman yang kalian miliki. Jadi direkomendasikan sekali ketika kuliah mengambil pengalaman magang sebaik-baiknya. Ada beberapa posisi karier yang bisa kalian tekuni melalui pekerjaan ini. Berikut adalah contoh-contoh dari pekerjaan lulusan ilmu komputer.

  • Web Developer
  • Front End Developer
  • Full Stack Developer
  • Mobile Developer
  • Web desainer
  • System Administrator
  • Devops Enginer

 

Baca Juga : Peluang Kerja Jurusan Komputer di Indonesia untuk Fresh Graduate

 

 

Kesimpulan dan Penutup

Jadi itulah tadi penjelasan mengenai jurusan ilmu komputer mengenai mata kuliah dan prospek kerjanya kedepan. Jurusan ilmu komputer merupakan salah satu jurusan terfavorit sekarang di berbagai universitas memang tidak bisa dipungkiri karena zaman yang kian maju ini menuntut sumber daya manusia yang kompeten dalam disiplin ilmu komputer. Bahkan di universitas Indonesia jurusan Ilmu Komputer ini merupakan pilihan terbaik kedua setelah jurusan kedokteran dengan ketetan seleksi yang sangat tinggi.

Banyak sekali mata pelajaran yang akan kalian dapatkan di jurusan ini, semuanya berkaitan erat sekali dengan pengembangan komputer. Dapat dilihat dari bidang spesialisasi yang ditawarkan saja ilmu komputer sangatlah jurusan yang mengupas lengkap tentang dunia IT. Bagi kalian yang memang memiliki passion di dunia IT sangat cocok sekali untuk mengambil jurusan ini. Demikianlah artikel mengenai jurusan ilmu komputer tentang informasi pembelajaran kuliah dan prospek kerjanya.

 

 

Related Post :