Jurusan Ilmu Komunikasi : Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Informasi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Apakah kalian adalah seseorang yang senang mengobrol, suka pergaulan, dan sering beraktivitas dengan banyak orang? Jika iya bisa dibilang anda adalah seseorang yang ekstrovert. Orang ekstrovert akan suka berdialog dengan orang bahkan orang yang tidak dikenalnya pun. Mereka dikenal sebagai orang yang aktif berkegiatan sosial. Untuk kalian yang mempunyai tipe-tipe seperti ini sangat cocok sekali mengambil jurusan kuliah Ilmu Komunikasi. Mungkin bagi yang belum mengenal jurusan Ilmu Komunikasi akan bingung tentang apa itu ilmu komunikasi sebenarnya.

Lalu sebenarnya apa itu ilmu komunikasi? Ilmu tentang berkomunikasi? Definisi sederhana dari ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang macam-macam komunikasi yang ada di kehidupan kita. Namun, ilmu komunikasi ini tidak serta merta ilmu yang pelajarannya hanya berbicara saja. Ilmu komunikasi adalah ilmu yang memiliki cakupan yang luas dan intens. Ilmu ini menyangkut dan berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari yang tentu tidak lepas dari yang namanya komunikasi.

Gimana sudah dapat gambar sekilas mengenai apa itu jurusan Ilmu Komunikasi? Jika masih belum paham tenang saja karena pada bagian-bagian selanjutnya ini akan dijelaskan mengenai apa itu ilmu komunikasi, mata kuliahnya, hingga prospek karirnya di masa depan. Mendalami tentang ilmu komunikasi sangatlah mengasyikkan apalagi bagi kamu yang mempertimbangkan jurusan ini ketika nanti akan duduk di bangku kuliah. Ditambah lagi kalian orang yang ekstrovert, itu seperti paket komplit untuk masuk kedalam jurusan. Berikut adalah penjelasan mengenai apa itu Ilmu Komunikasi. Yuk mari kita sima bersama-sama!

 

Mengenal Apa Itu Ilmu Komunikasi?

 

Jurusan Ilmu Komunikasi : Pembelajaran Kuliah dan Prospek Kerjanya
 

Komunikasi adalah sebuah tindakan yang tidak bisa kita tinggalkan setiap harinya. Mulai dari berbincang dengan orang tua, berdiskusi dengan teman, seorang guru yang mengajar di kelas, hingga kami ngode ke gebetan itulah yang disebut komunikasi. Namun, komunikasi lebih dari itu ternyata, apalagi jika dilihat dari segi disiplin ilmu. Hubungan inilah yang menjurus pada definisi jurusan ilmu komunikasi. Berbicara tentang ilmu komunikasi sendiri adalah sebuah kalian ilmu yang sangat luas dan intens.

Jangan dikira bahwa nantinya ketika kalian masuk ke dalam jurusan ini hanya akan mempelajari ilmu tentang komunikasi saja namun lebih luas dari itu. Sebenarnya jika dijabarkan lebih luas lagi, Ilmu komunikasi adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari mulai dari komunikasi intrapersonal. Komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, hingga komunikasi massa. Tidak hanya komunikasi saja yang akan kalian pelajara di jurusan ini, jika ditelisik lebih jauh sebenarnya ilmu komunikasi merupakan sebuah induk dari ilmu turunan seperti broadcasting, jurnalistik, hubungan masyarakat, pemasaran, periklanan, dan masih banyak lagi.

Ilmu komunikasi merupakan salah satu program studi favorit bagi calon mahasiswa baru dari tahun ke tahun. Ketetan untuk masuk program studi ini sangat tinggi mengingat jurusan ini banyak diminati. Menurut Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi Prasetyo Wibowo, mengatakan, tahun ini tren program studi favorit menjadi pilihan calon mahasiswa di Indonesia sebelum bergeser dari tahun-tahun sebelumnya.

Pada jurusan Ilmu Komunikasi, kalian akan diajarkan tentang bagaimana proses penyampaian pesan supaya menjadi efektif dan mencapai sasaran yang dituju. Nah, gimana sudah jelaskan mengenai penjabaran apa itu jurusan Ilmu Komunikasi, namun tidak berhenti disini saja pada bagian selanjutnya akan dibahas mengenai mata kuliah jurusan Ilmu Komunikasi. Oke yuk masuk ke bagian selanjutnya.

 

Baca Juga :  Perbedaan Content Writer dan Copywiter : Pengertian, Jobdesk, dan Contohnya 

 

 

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi

Bagi kamu yang masih penasaran tentang ilmu komunikasi tentang apa saja mata kuliah yang nantinya akan diajarkan pada waktu duduk di bangku kuliah nantinya. Untuk kalian yang penasaran berikut ini akan ditampilkan beberapa contoh mata kuliah jurusan Ilmu Komunikasi secara umum. Dengan mengetahui mata kuliah ini kalian bisa mendapat sebuah gambaran apakah ini benar-benar jurusan yang cocok untuk kalian. Selain itu, pada bagian ini akan juga dijelaskan mata kuliah Ilmu Komunikasi dari universitas favorit di Indonesia. Penasaran? Terlebih dahulu mari kita simak jurusan Ilmu Komunikasi secara general.

  1. Pengantar Ilmu Komunikasi
  2. Teori Ilmu Komunikasi
  3. Sosiologi Komunikasi
  4. Komunikasi Massa
  5. Psikologi Komunitas
  6. Komunikasi Keorganisasian
  7. Komunikasi Antar Pribadi
  8. Teknologi Komunikasi
  9. Metode Penelitian Komunikasi
  10. Pengantar Ilmu Jurnalistik
  11. Filsafat Komunikasi
  12. Komunikasi Politik
  13. Hukum Etika Pers
  14. Public Relations
  15. Media Relations
  16. Manajemen Media Massa
  17. Komunikasi Lintas Budaya
  18. Komunikasi Internasional
  19. Public Speaking
  20. Teknik Wawancara Cetak dan Elektronik
  21. Penulisan Naskah Film dan TV
  22. Ekonomi Politik Media
  23. Jurnalistik Online
  24. Penulisan Feature
  25. Komunikasi Grafis
  26. Komunikasi Pemasaran
  27. Fotografi
  28. Jurnalistik Radio
  29. Kajian Iklan
  30. Teknik Presentasi dan Negosiasi
  31. Perkembangan Teknologi Komunikasi

Nah, itulah tadi mata kuliah jurusan ilmu komunikasi secara general. Apakah kalian sudah tertarik? Namun tunggu dulu, seperti yang sudah diijanjikan pada pernyataan sebelumnya akan disajikan mata kuliah jurusan Ilmu Komunikasi dari Universitas Favorit. Mungki bagi orang jogja sudah mengenal akrab universitas ini, apa lagi kalau bukan Universitas Gadjah Mada. Jurusan Ilmu Komunikasi di UGM merupakan salah satu tujuan dari calon mahasiswa baru. Lantas apa yang membuatnya menarik? Apakah mata kuliahnya? Jika iya berikut ini adalah mata kuliah ilmu komunikasi UGM.

  • Semester 1

    Pengantar Ilmu Komunikasi
    Pengantar Ilmu Politik
    Dasar-dasar penulisan
    Penulisan Akademik
    Public Speaking
    Filsafat Modern

  • Semester 2

    Komunikasi Massa
    Komunikasi antar Budaya
    Komunikadi Internasional
    Komunikasi Politik
    Psikologi Komunikasi
    Sosiologi Komunikasi

  • Semester 3 sampai 8

    Fokus Peminatan, macam-macam peminatan:
    Jurnalisme :Dasar Jurnalisme, Reportase Inverstigasi, Jurnalisme Konvergensi, Produksi Berita
    Media Hiburan : Media Hiburan, Penulisan Kreatif, Programing Media Hiburan, Sinematografi
    Hubungan Masyarakat : Pengantar kehumasan, Teknik kehumasan, Hubungan media, Manajemen kehumasan, Marketing PR, Produksi Media Kehumasan
    Periklanan : Pengantar Periklanan, Desain Komunikasi Visual, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Manajemen Periklanan, Perencanaan Strategis

 

Baca Juga : Belajar Membuat Blog Pengertian, Tips, dan Langkah-langkah Membuat Blog 

 

Bagaimana Prospek Karir Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi : Pembelajaran Kuliah dan Prospek Kerjanya
 

Apakah kalian sudah mulai mengenal apa itu jurusan ilmu komunikasi? Jika iya maka tibalah langkah kita mengenai pembahasan prospek karir dari jurusan ini dimana memang jurusan ini membuka kesempatan yang luas bagi para lulusannya. Lulusan Ilmu Komunikasi bisa mengambil pekerjaan dibidang broadcasting, periklanan, kehumasa, penyiaran, dan masih banyak lagi. Kalian bahkan bisa menjadi PR di salah satu perusahaan dengan kemampuan yang sudah diajarkan di bangku kuliah.

Kalian dapat bekerja di berbagai jenis perusahaan, media, agnesi, bahkan instansi pemerintah. Jenjang karirnya pun cukup bervariasi. Gaji yang akan kalian dapatkan juga sangat kompetitif, tentunya ini sebenarnya tergantung dari keahlian, area tempat kerja, jabatan, dan juga pengalaman. Lalu apakah karir yang bisa kalian dapat sehabis lulus dari jurusan atau program studi Ilmu Komunikasi ini?

  1. Spesialis Hubungan Masyarakat
  2. Staf Pemasaran
  3. Digital Marketer
  4. Sales Periklanan
  5. Perencana Meeting, Convention, dan Acara
  6. Master of Ceremony
  7. Penyiar Radio
  8. Wartawan
  9. Content Writer, Copywriter, UX Writer

 

Baca Juga : Daftar Merek HP (Smartphone) Terbaik dan Terbagus di tahun 2020 

 

Kesimpulan dan Penutup

ah itulah tadi penjelasan mengenai apa itu jurusan Ilmu Komunikasi, apakah kalian sudah paham betul tentang Ilmu Komunikasi? Apakah sudah mendapatkan gambaran? Ilmu Komunikasi merupakan disiplin ilmu yang sangat luas. Ilmu komunikasi merupakan induk dari turunan ilmu seperti periklanan, penyiaran, penulisan, dan masih banyak lagi. Ilmu Komunikasi juga memiliki jenjang karir yang bagus buat masa depan kalian. Terbuka luas sekali peluang kerja yang bisa diambil oleh lulusan Ilmu Komunikasi ini.

Bagi kamu seseorang yang esktrovert, suka berbincang-bincang, menggemari public speaking itulah modal dasar untuk bisa masuk ke dalam jurusan Ilmu Komunikasi. Pada jurusan selanjutnya ini kalian bisa mengasah kemampuan tersebut lebih tajam lagi. Demikianlah artikel mengenai jurusan ilmu komunikasi, pengertiannya, mata kuliahnya, hingga prospek kerjanya.

Related Post :

popup image