Jurusan Multimedia : Pembelajaran Kuliah dan Prospek Kerjanya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Apa yang terbesit di kepala Anda setelah mendengar istiliah multimedia? Film, Editing, Desain Grafis, Fotografi. Jika jawaban Anda seperti itu bisa dibilang gambaran Anda mengenai Multimedia sudah hampir tepat. Multimedia merupakan sebuah jurusan atau program studi yang banyak diminati oleh pelajar di Indonesia. Multimedia banyak ditemui di sekolah-sekolah menenengah kejuruan bahkan di universitas pun juga ada.

Lalu apa yang membuat jurusan multimedia ini menarik dan apa sebenarnya istilah yang tepat untuk pengertian jurusan ini? Secara sederhana jurusan multimedia memiliki pengertian yaitu jurusan yang berkaitan dengan penggunaan media untuk menyampaikan sebuah informasi ke publik melalui media digital atau media cetak.

Teknologi informasi yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat tentu akan terus berkembang dari tahun ke tahun, hal ini tidak mengherankan jika banyak orang yang tertarik ikut serta dalam pengembangan teknologi informasi tersebut. Salah satu kesempatan melakukannya adalah melalui jurusan multimedia ini.

Multimedia tidak melulu belajar tentang editing video, fotografi, desain dan lain-lain. Namun, disiplin ilmu ini juga bisa diintegrasikan dengan ilmu-ilmu lain seperti, Ilmu Komputer hingga Teknik Komputer. Bagi kamu yang penasaran dan sedang mempertimbangkan untuk masuk ke dalam jurusan kuliah ini maka anda pada tempat yang tepat, sebab pada artikel ini akan dibahas mengenai apa itu jurusan multimedia, mata kuliahnya, hingga prospek kerja kedepannya. Yuk simak pembahasan berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu Jurusan Multimedia

 

Jurusan Multimedia : Pembelajaran Kuliah dan Prospek Kerjanya
 

Pertama kali mendengar nama multimedia pasti yang juga ada dipikiran anda adalah jurusan yang banyak ditemui di SMK. Memang tidak bisa dipungkiri jika jurusan ini banyak dipakai di sekolah-sekolah kejuruan dan menjadi jurusan yang favorit. Namun, ternyata ada juga jurusan multimedia di beberapa universitas dan sekolah tinggi di Indonesia. Meskipun sebenarnya jurusan ini masih terbilang sedikit dan belum banyak dipakai di berbagai universitas.

Salah satu universita yang telah menjalan program studi multimedia ini adalah Telkom University dengan strata D4 (Diploma 4) masuk ke dalam naungan Fakultas Ilmu Terapan. Apa Itu jurusan Multimedia? Multimedia adalah sebuah program studi yang memiliki fokus pada penguasaan kemampuan di bidang teknologi multimedia dan konten multimedia.

Jadi disini mahasiswa nya dituntut untuk memiliki keahlian pada penggunaan teknologi multimedia, perangkat multimedia, hingga teknologi multimedia interaktif yang bersifat standalone atau sistem terdistribusi. Lantas apa saja teknologi multimedia dan perangkat multimedia yang harus dikuasai para mahasiswa.

Teknologi multimedia adalah sebuah teknologi yang menggabungkan teknologi komputer, sistem video dan audio untuk mendapat kombinasi yang lebih baik dan meningkatkan interaksi di antara pengguna dengan komputer. Bagi kamu yang ingin belajar multimedia wajib juga mengetahui perangkat-perangkat multimedia, secara umum kita mengenal 2 jenis perangkat teknologi yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).

Untuk perangkat lunak tentang multimedia seperti software grafis, editing video, foto, dan masih banyak lagi. Selain itu untuk perangkat kerasnya patutnya kalian juga sudah mengetahui seperti kamera, komputer, laptop, dan perangkat tambahan lainnya.

Bagaimana apakah kalian sudah paham dengan penjelasan yang sudah dipaparkan diatas, mengenai penggambaran tentang apa itu jurusan multimedia? Jika sudah tentu pembahasan selanjutnya akan lebih menarik karena akan membahas tentang mata kuliah apa yang akan diserap jurusan multimedia selama 4 tahun duduk dibangku kuliah. Apakah kalian penasaran? Pada bagian selanjutnya akan dibahas mengenai apa saja mata kuliah jurusan multimedia.

 

Baca Juga :  Aplikasi PDF Reader Gratis Paling Ringan untuk Windows, Mac OS, dan Linux 

 

Mata Kuliah Jurusan Multimedia

 

Jurusan Multimedia : Pembelajaran Kuliah dan Prospek Kerjanya
 

Setelah melewati penjelasan tentang jurusan multimedia sebelumnya tentu kurang tepat jika tidak membahas apa saja mata kuliah yang diajarkan. Bagi Anda yang memiliki passion di bidang filmografi, fotografi, videografi tentu sangat cocok jika mengambil jurusan ini. Akan lebih baik juga Anda mengenal tentang mata kuliah jurusan kalian.

Agar semakin mantap memilih jurusan ini dan 4 tahun Anda akan terasa menyenangkan. Disini akan disajikan mengenai mata kuliah jurusan multimedia secara umum dan spesifik. Mengenai yang spesifik ini akan dijelaskan langsung menurut salah satu universitas. Terlebih dahulu marilah kita menyimak apa saja jurusan mata kuliah multimedia pada umumnya.

 

  1. Matematika Teknik
  2. Rekayasa Perangkat Lunak
  3. Algoritma dan Struktur Data
  4. Visualisasi dan Animasi
  5. Matematika Diskrit
  6. Interaksi Manusia dan Komputer
  7. Grafika dan Citra Komputer
  8. Pemrograman Berorientasi Objek
  9. Logika Matematika
  10. Teknologi Multimedia
  11. Pengujian Perangkat Lunak
  12. Pengantar Sistem Operasi
  13. Pemrograman Game
  14. Pengantar Gamifikasi
  15. Kecerdasan Buatan
  16. User Interaction Design
  17. Pengolahan Sinyal dan Audio
  18. Realitas Sistem
  19. Manajemen Proyek Multimedia
  20. Pengantar Cloud Computing
  21. Technopreneurship
  22. Project Multimedia

 

Jadi itulah tadi beberapa mata kuliah yang akan Anda pelajari jika menjadi seorang mahasiswa di jurusan Multimedia. Selanjutnya adalah pembahasan mengenai mata kuliah jurusan multimedia di salah satu universitas swasta favorit di Indonesia, pasti kalian juga sudah sering mendengarnya, yaitu Telkom University.

Telkom menjadi salah satu universitas yang menjalankan jurusan ini dengan akreditasi A. Universitas yang terletak di bandung ini sangat cock bagi Anda yang menginginkan lingkungan kuliah yang inspiratif dan kreatif. Jurusan multimedia ini di bawah naungan langsung Fakultas Teknik Terapan dengan program strata setara D4. Berikut adalah mata kuliah jurusan multimedia di Telkom University.

 

  1. Visualisasi dan Animasi
  2. Grafika dan Citra Komputer
  3. Teknologi Multimedia
  4. Pemrograman Game
  5. Pengantar Gamifikasi
  6. Kecerdasan Buatan
  7. User Interaction Design
  8. Pengolahan Sinyal dan Audio
  9. Realitas Sistem
  10. Pengantar Cloud Computing
  11. Technopreneurship
  12. Project Multimedia

 

Baca Juga : Tips Melaksanakan Pembelajaran Secara Online untuk Sekolah dan Kuliah di Indonesia 

 

Prospek Kerja Bagi Lulusan Multimedia

Setelah membaca apa itu jurusan multimedia dan mata kuliahnya tidak lengkap jika tidak membahas propek kerja dari jurusan ini. Buat  Anda mahasiswa atau calon mahasiswa jurusan multimedia ini Anda dengan berbagai macam kesempatan kerja yang luas. Macam-macam prospek kerja jurusan ini juga bisa Anda jadikan pertimbangan untuk memilih jurusan ini atau tidak.

Mungkin anggapan dan stigma yang sering dinyatakan oleh orang jurusan multimedia ujung-ujungnya hanya menjadi seorang desainer, editor, fotografer. Sebenarnya jurusan multimedia bisa lebih dari itu jika dilihat dari mata kuliah yang disajikan diatas. Berikut adalah penjelasan mengenai apa saja prospek karir dari lulusan multimedia.

 

  1. Games Developer
  2. Game Modeler/ Designer
  3. Software Developer
  4. Multimedia Engineer
  5. Animator
  6. Fotografer
  7. Graphic Desainer
  8. Editor Video
  9. Filmmaker
  10. Software Tester

 

Baca Juga : Apa itu Influencer Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis Online 

 

Kesimpulan dan Penutup

Jadi itulah tadi penjelasan mengenai jurusan multimedia mulai dari pengertian hingga prospek kerjanya. Perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat dan terus akan berubah dari waktu ke waktu tentu memberikan dampak bagi manusia.

Selain sebagai pengguna tentu peran manusia juga harus ikut serta membantu menciptakan inovasi-inovasi yang dapat membantu perkembangan tersebut sehingga bermanfaat bagi banyak orang.Salah satu caranya adalah dengan mendalami ilmu tentang multimedia.

Multimedia tidak hanya melulu perihal video, foto, desain namun sebenarnya multimedia lebih dari itu. Mata kuliah jurusan multimedia juga sangat beragam, bahkan juga tersedia program peminatan yang banyak untuk dipilih.

Dengan mata kuliah yang beragam ini tentu membuat keahlian dari mahasiswanya juga beragam sehingga mereka bisa ditempatkan di berbagai posisi pekerjaan yang menjanjikan. Demikianlah artikel mengenai jurusan multimedia tentang pengertiannya, mata kuliah, hingga prospek kerjanya.

Related Post :