logo 10+ Jurusan Saintek dengan Prospek Kerja Menjanjikan 2023

10+ Jurusan Saintek dengan Prospek Kerja Menjanjikan 2023

10+ Jurusan Saintek dengan Prospek Kerja Menjanjikan 2023

Memilih jurusan kuliah adalah proses yang penting dan tidak mudah, terutama bagi siswa yang akan lulus SMA. Pemilihan jurusan perguruan tinggi harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang agar siswa tidak merasa salah pilih setelah berkuliah. Contoh jurusan yang memiliki prospek kerja menjanjikan adalah berbagai jurusan Saintek. 

Hal ini penting karena jurusan yang Anda ambil semasa kuliah nantinya bisa menentukan pilihan karir di masa depan. Bagi Anda yang berasal dari jurusan IPA saat SMA, atau berniat untuk mengambil jurusan Saintek saat seleksi universitas, tidak perlu khawatir karena ada banyak jurusan yang memiliki prospek kerja tinggi dan bisa Anda jadikan pilihan. 

Dalam artikel ini, kami akan merekomendasikan beberapa jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja tinggi dalam 5 tahun kedepan. Rekomendasi ini bisa menjadi pertimbangan untuk Anda yang sedang bingung memilih jurusan kuliah. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini, ya!

Jurusan Saintek Terfavorit dan Prospek Kerjanya 2023 

Jurusan Saintek Terfavorit dan Prospek Kerjanya 2023 

Ada banyak jurusan yang bisa Anda jadikan pilihan jika berasal dari jurusan IPA saat sekolah. Jurusan-jurusan ini memiliki banyak peminat dan prospek kerja yang menjanjikan di masa depan, lho. Apa saja kira-kira? 

Teknik Informatika 

Jurusan Teknik Informatika adalah jurusan yang mempelajari ilmu komputer, perangkat lunak, jaringan komputer, dan implementasinya dalam bidang bisnis. Mahasiswa teknik informatika akan belajar teori serta mempraktekkan apa yang mereka pelajari dengan menghabiskan waktu dengan pemrograman yang merupakan perwujudan dari algoritma.

Perkembangan teknologi yang mengarah ke era digital membuat kita dikelilingi dengan perwujudan dari algoritma. Hal ini mengarah pada bentuk aplikasi yang sehari-hari kita nikmati hasilnya. Dengan teknologi yang semakin maju, tentunya dalam tahun-tahun selanjutnya akan semakin banyak aplikasi yang digunakan.

Lulusan teknik informatika memiliki beragam prospek kerja seperti sebagai software engineer & developer, data analytics, konsultan, system security, web developer, dan lain sebagainya. Hal ini menunjukkan bahwa jurusan ini memiliki prospek yang baik di masa depan.

Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro sangat berhubungan dengan perkembangan teknologi saat ini. Memilih jurusan ini akan sangat menjanjikan di masa depan karena teknologi akan terus berkembang dalam 5 hingga 10 tahun, bahkan puluhan tahun ke depan dan membuat para lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan.

Hingga saat ini, beberapa profesi penting yang dapat dikerjakan oleh para lulusan teknik elektro antara lain teknik telekomunikasi, teknisi frekuensi radio, teknisi seluler, dan masih banyak lagi. Ini menunjukkan bahwa jurusan ini memiliki prospek kerja yang baik di masa depan.

Teknik Industri

Jurusan Teknik Industri merupakan jurusan yang mentereng bagi anak IPA. Indonesia memiliki banyak industri dari perusahaan besar multinasional, sehingga jurusan ini sangat dibutuhkan. Tugas dari seorang sarjana Teknik Industri adalah menyiapkan proses produksi dari segi teknik maupun manajemennya.

Bertanggung jawab untuk menyusun dan merancang sebuah proses produksi yang terintegrasi dengan peran sumber daya manusia, peralatan, material, dan energi. Bekerja di industri memungkinkan kamu untuk mendapatkan gaji yang cukup tinggi karena tugas dan pekerjaan lulusan Teknik Industri sangat penting.

Pilihan profesi bagi lulusan Jurusan Teknik Industri cukup beragam, beberapa diantaranya adalah sebagai Product analyst, product manager, quality control engineer, project management analyst, dan sales engineer. Hal ini menunjukkan bahwa jurusan ini memiliki prospek kerja yang cukup baik di masa depan.

Data Science

Data Science adalah bidang yang berkutat pada cara mengolah data untuk mengubahnya menjadi pengetahuan yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Dengan perkembangan dunia yang bergeser ke era teknologi 4.0, digitalisasi merambah di segala bidang, menyebabkan dibutuhkannya jenis pekerjaan baru untuk mengelola data yang besar. 

Sains Data sangat dibutuhkan dalam banyak industri, karena lulusannya masih langka dan dicari baik di dalam maupun luar negeri. Lulusan Sains Data dapat menjadi professional dalam bidang data science seperti data scientist, data engineer, business intelligence, data analyst, peneliti, dan wirausahawan di bidang startup.

Teknologi Pangan

Jurusan ini berfokus pada pengembangan teknologi yang digunakan dalam industri pangan, seperti pengolahan, pengawetan, dan pengemasan. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di industri pangan, perusahaan farmasi, atau di perusahaan teknologi pangan.

Teknik Mesin

Jurusan ini berfokus pada perancangan, pembuatan, dan pemeliharaan mesin. Dengan perkembangan industri yang semakin pesat, lulusan teknik mesni cukup banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Karena itu, Anda bisa menjadikannya salah satu pilihan jurusa kuliah yang menjanjikan. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di industri manufaktur, perusahaan konstruksi, atau perusahaan jasa konsultasi teknik.

Teknik Sipil

Jurusan ini berfokus pada perancangan, pembangunan, dan pemeliharaan infrastruktur seperti jembatan, gedung, dan jalan raya. Perusahaan milik negara maupun swasta banyak membutuhkan lulusan dari jurusan yang satu ini. Lulusan Teknik Sipil dapat bekerja di perusahaan konstruksi, perusahaan jasa konsultasi teknik, atau pemerintah.

Teknik Lingkungan

Jurusan ini berfokus pada pengelolaan lingkungan hidup, seperti pengendalian polusi, pengelolaan sampah, dan pengelolaan air. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di perusahaan lingkungan, perusahaan jasa konsultasi teknik, atau pemerintah. Saat ini jurusan teknik lingkungan sudah ada di beberapa kampus negeri terbaik di Indonesia. 

Kedokteran

Jurusan Kedokteran adalah salah satu jurusan yang dianggap prestise dan menjadi kebanggaan bagi lulusannya. Namun, biaya kuliah dan waktu pendidikan yang cukup panjang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk memilih jurusan ini. 

Selain menjadi seorang dokter umum, kamu juga bisa memilih menjadi dokter gigi atau dokter hewan. Beberapa pilihan profesi setelah lulus dari jurusan ini adalah sebagai akademisi, dokter layanan primer, dokter industri, dan peneliti. 

Beasiswa IDCloudHost 2023

jurusan saintek

Program beasiswa resmi yang berkolaborasi antara PT Cloud Hosting Indonesia dengan Telkom University ini merupakan program bantuan biaya studi untuk jenjang S1. Program ini diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan SMA/SMK/MA Sederajat kelas 12.

Perlu diketahui bahwa beasiswa ini tidak memungut biaya pendaftaran apapun, jika Anda diminta untuk membayar harap melaporkannya ke pihak IDCloudHost di kontak yang tersedia. Pendaftaran dilakukan secara online, dibuka sejak 05 Januari hingga 25 Juni 2023 mendatang.

Setelah melakukan pendaftaran, Anda harus melewati beberapa tahapan lagi sebelum tahap pengumuman kelulusan seperti Tes Kompetensi Online, hingga tes wawancara. Jika Anda adalah siswa yang memenuhi syarat dan tertarik untuk mendaftar bisa dengan mengunjungi halaman Beasiswa IDCloudHost untuk mencari tahu lebih lanjut lagi.

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang jurusan Saintek yang memiliki prospek kerja menjanjikan dan bisa jadi pilihan bagi Anda yang masih bingung menentukan jurusan kuliah. Apakah salah satu jurusan yang kami rekomendasikan menarik perhatian Anda? 

Ada banyak kampus unggulan yang memiliki berbagai pilihan jurusan Saintek, salah satunya Telkom University. Daftar Beasiswa IDCloudHost sekarang juga dan dapatkan kesempatan untuk kuliah gratis di Telkom University hingga lulus, pendaftaran dibuka mulai 5 Januari – 25 Juni 2023. Jangan sampai ketinggalan, ya! 

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image