Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Email Marketing Dalam Bisnis

Business, Email Marketing / 0 | | 1

Penggunaan email dalam upaya pemasaran adalah cara yang cukup efektif dalam mempromosikan produk dan layanan bisnis. Biasanya email ini disebut email marketing yang menjadi bentuk pemasaran yang dapat membuat pelanggan di daftar email anda mengetahui produk baru, diskon, dan layanan lainnya. disamping itu, email marketing juga menjadi sarana dalam mengenalkan tentang nilai brand atau membuat pelanggan mengambil tindakan selanjutnya.

Ini menjadikan email marketing sebagai saluran pemasaran yang kuat, suatu bentuk pemasaran langsung serta pemasaran digital, yang menggunakan email untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis Anda. Sebuah email marketing yang baik dapat membantu membuat pelanggan mengetahui item atau penawaran terbaru dengan mengintegrasikannya ke dalam upaya otomatisasi pemasaran.

Disamping itu, pemasaran email ini juga dapat memainkan peran penting dalam strategi pemasaran dengan menghasilkan prospek, kesadaran merek, membangun hubungan, atau menjaga pelanggan tetap terlibat di antara pembelian melalui berbagai jenis email pemasaran. Karenanya tidak mengherankan kalau salah astu bagian dari digital marketing ini semakin populer dan menjadi pilihan yang cuku terjangkau untuk berbagai skala bisnis.

 

Mengenal Apa Itu Email Marketing

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Email Marketing Dalam Bisnis
 

Email marketing adalah jenis pemasaran langsung yang menggunakan email massal yang kemudian dipersonalisasi untuk mendidik dan meyakinkan pelanggan untuk mengambil tindakan tertentu, seperti melakukan pembelian. Ini adalah strategi pemasaran digital yang sangat efektif. Karena ini adalah bagian dari pemasaran modern, cara ini dianggap efektif mengubah prospek menjadi pelanggan, dan mengubah pembeli satu kali menjadi pelanggan tetap dan penggemar yang memberi umpan balik.

Terbaiknya, email marketing memungkinkan bisnis untuk memberi informasi kepada pelanggan dan menyesuaikan pesan pemasaran anda dengan audiens. Lebih baik lagi, email marketing juga tidak memerlukan biaya yang banyak dan sangat sesuai digunakan untuk bisnis yang baru memulai. Selain itu, email marketing bahkan dapat dikelompokkan, menargetkan pelanggan relevan, melacak minat dan interaksi serta lain sebagainya yang bisa menjadi data berharga bagi bisnis Anda.

 

Baca Juga  :       Tips Membuat Email Blast Efektif Untuk Pemasaran Bisnis

 

Memahami Cara Kerja Email Marketing

Sederhananya, sangat mudah untuk menyiapkan dan melacak kampanye email marketing yang bisa dilakukan oleh banyak jenis bisnis. Pemilik bisnis dapat memberikan opsi sesuai target kampanye pemasaran mereka yang bisa membawanya ke langkah atau tujuan pemasaran Anda mereka selanjutnya. Dibawah ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda jalankan sebagai bagian dari cara kerja sebuah email marketing.

 

Daftar Email

Untuk melakukan email marketing yang sukses, Anda memerlukan daftar email yang aktif. Ini adalah database kontak email yang telah menyatakan minatnya untuk menerima komunikasi pemasaran dari merek Anda. Ada banyak cara untuk membuat daftar email dimana salah satu yang paling mudah adalah membuat penawaran yang diminati audiens Anda, seperti kupon voucher sebagai imbalan atas alamat email mereka.

 

Penyedia Layanan Email

Sebuah Email Service Provider (ESP) atau Penyedia Layanan Email, juga dikenal sebagai platform email marketing adalah perangkat lunak yang membantu mengelola email Anda. Ini juga membantu merancang dan menjalankan kampanye email marketing otomatis. Menggunakan ESP memungkinkan Anda untuk mengotomatiskan tindakan yang dipicu oleh perilaku audiens. Cara ini juga memungkinkan untuk mempersonalisasi setiap interaksi dengan mereka, yang berarti tingkat keterlibatan dan konversi umumnya meningkat.

 

Tujuan yang didefinisikan dengan jelas

Anda dapat menggunakan email marketing untuk mencapai banyak tujuan bisnis. Misalnya, Anda dapat menggunakan email marketing untuk melakukan kampanye :

  • Mendorong penjualan
  • Meningkatkan kesadaran merek
  • Menghasilkan dan memelihara petunjuk
  • Membuat pelanggan tetap terlibat
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan

 

Baca Juga  :     Keuntungan dan Manfaat Email Hosting dalam Bisnis

 

Kelebihan Email Marketing Dalam Bisnis

Pemasaran kian maju dan mampu beradaptasi dengan kemajuan zaman dimana teknologi dan preferensi serta trend di masyarakat pun berubah- ubah. Oleh karena itu email marketing umum digunakan oleh banyak bisnis karena kelebihan- kelebihannya berikut ini :

  • Hemat biaya

    Biaya email marketing bisa jauh lebih rendah daripada banyak bentuk pemasaran lainnya. Tidak ada biaya iklan, pencetakan atau biaya ruang media.

  • Berbasis izin

    Daftar pemasaran Anda akan terdiri dari orang-orang yang secara aktif memilih untuk menerima komunikasi email dari anda. Pelanggan yang benar-benar tertarik dengan produk/atau layanan kemungkinan besar akan terlibat dengan bisnis Anda.

  • Desain fleksibel

    Anda dapat mengirim teks biasa, grafik, atau melampirkan file mana saja yang paling sesuai dengan pesan Anda. Pilihan opsi desain memberi Anda ruang untuk menyampaikan branding bisnis.

  • Scalable

    Email marketing dapat digunakan untuk menjangkau audiens yang besar atau daftar target yang lebih kecil.

  • Personalisasi dan segmentasi

    Dengan email marketing, anda dapat mempersonalisasi pesan. Anda juga dapat mengelompokkan daftar pemasaran, sehingga pelanggan akan menerima pesan dari anda yang mereka minati sehingga hal ini akan membantu meningkatkan keterlibatan mereka dengan Anda.

 

Baca Juga  :      Penyedia Email Gratis (Email Hosting) untuk Perusahaan dan Bisnis Online

 

Kekurangan Email Marketing Dalam Bisnis

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Email Marketing Dalam Bisnis
 

Dasarnya, sebuah hal mempunyai dua sisi mata uang termasuk juga email marketing. Banyaknya kelebihan yang dimiliki email marketing namun tidak menutup kemungkinan bahwa email marketing juga memiliki kekurangan seperti :

  • Resiko spam

    Email komersial atau spam dapat mengganggu konsumen yang mengakibatkan Anda bisa kehilangan banyak peluang. Mengingat jika pesan tidak mencapai orang yang tepat, email Anda bisa berakhir dengan di block. Karenanya perlu untuk Anda perlu memastikan bahwa pemasaran email mematuhi aturan privasi dan perlindungan data, dan ditargetkan dengan tepat kepada orang-orang yang ingin menerimanya.

  • Masalah desain

    Email harus dirancang sedemikian rupa sehingga muncul sebagaimana mestinya di beberapa perangkat dan penyedia email. Anda mungkin menemukan beberapa di antara desain dan fungsionalitas mengingat beberapa orang memilih untuk menerima email hanya teks, pertimbangkan bagaimana pesan akan terlihat jika ini masalahnya.

  • Masalah ukuran

    File harus cukup kecil untuk diunduh dengan cepat. Email yang berisi banyak gambar mungkin membutuhkan waktu terlalu lama untuk dimuat, membuat audiens frustasi dan kehilangan minat mereka.

  • Sumber daya dan keterampilan

    Untuk kampanye email yang sukses, Anda harus memastikan bahwa anda memiliki salinan, desain, dan daftar pemasaran yang tepat. Jika tidak memiliki waktu atau keterampilan di rumah, pertimbangkan untuk mengalihdayakan beberapa elemen ini.

  • Email tidak terkirim

    Email yang dirancang dengan buruk mungkin tidak terkirim yang mana ini akan menjadi sia-sia. Terlebih lagi email dengan kata kunci kata kunci atau karakter spam tertentu dalam judul subjek atau konten email, kemungkinan besar akan disaring oleh perangkat lunak email dan penyedia layanan internet.

 

Baca Juga   :     Penyedia Email Gratis (Email Hosting) untuk Perusahaan dan Bisnis Online

 

Kesimpulan dan Penutup

Meski email marketing menjadi pilihan populer banyak pemasar, tapi perlu Anda ketahui email marketing bukanlah ilmu pasti mengingat beberapa hal yang Anda lakukan akan bekerja seperti yang diharapkan, sementara yang lain tidak. Sebagian besar solusi email marketing memberikan wawasan dan analitik yang dapat anda gunakan untuk mengoptimalkan kampanye.

Selain itu Anda juga harus mengetahui apa saja yang membuat email marketing itu menarik dan berhasil memikat pelanggan tertarget Anda. Kemudian Anda juga harus mencari platform yang bisa mendukung pemasaran email Anda seperti Email Solution IDCloudHost agar bisnis Anda tetap mendapat dukungan yang Anda butuhkan sepenuhnya.

Related Post :