Kemkominfo Rancang Bangun 3.447 BTS Dukung Smart City

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Kominfo akan merancang pembangunan Smart City Indonesia pada tahun 2020 mendatang. Bahkan, demi terwujudnya hal ini, Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan akan melakukan pembangunan 3.447 BTS pada tahun 2020.

Menurut Menkominfo, hal ini perlu dilakukan dimulai dengan penambahan infrastruktur digital sebagai pendukungnya. Bahkan hal ini akan diterapkan di banyak kota maupun kabupaten yang juga akan menerapkan konsep Smart City. Salah satu langkah yang akan diambil ialah dengan membangun BTS serta persiapan peluncuran satelit multifungsi setelah sebelumnya indonesia meluncurkan Palapa Ring yang telah di resmikan oleh Presiden Joko Widodo pada bulan oktober lalu.

Baca Juga : Palapa Ring Diresmikan Jokowi Hoax Diminimalisir

 

Bagian Kemkominfo terkait infrastrukturnya. Di samping yang sudah ada (existing), Kemkominfo sudah lakukan pembangunan backbone serat optik Palapa Ring, juga membangun BTS di wilayah Indonesia Tengah dan Timur. Untuk BTS, rencananya akan bangun 5.000, sekarang sudah ada 1.500 BTS dan pada 2020 rencananya ada 3.447 BTS lagi,” ujar Menkominfo Johnny G. Plate.

Selanjutnya, Johny menginginkan peluncuran satelit multifungsi ini akan dilakukan pada tahun 2020 dan 2021 shingga penggunanya dapat maksimal pada tahun 2024. Bahkan, untuk kota smart city tidak terlalu menjadi prioritas pada rancangan kerja kali ini, karena menurutnya kota cerdas itu akan berkembang secara dinamis mengikuti perkembangan zaman.

Kota cerdas itu berkembang secara dinamis, jadi tidak ada kata selesai. Yang ada hanyalah perbaikan-perbaikan, sehingga yang kami lakukan adalah evaluasi perkembangan,” imbuhnya. Bahkan, menurut Menkominfo kini Indonesia memiliki 100 kota smart city yang tersebar di pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, hingga Papua.

Related Post :

popup image