Apa Itu Kode Referral? Pengertian dan Keuntungannya

Startup & Bisnis / 0 | | 0

Pernahkah Anda melihat seseorang membagikan kode unik tertentu untuk berbelanja? Biasanya, hal ini dilakukan oleh pengguna aplikasi dan influencer di media sosial. Kode unik inilah yang disebut dengan kode referral. Namun, apa kegunaan kode ini sebenarnya? 

Kenapa banyak orang menyebarkan kode tersebut? Ternyata, referral tersebut sangat menguntungkan, lho. Baik untuk si pemilik kode, maupun orang yang menggunakannya. Dalam artikel ini, Anda akan memahami serba-serbi referral code dari fungsi, cara kerja, hingga cara menggunakannya. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya. 

Baca Juga: Mengenal Affiliate : Cara Kerja dan Keuntungan

Apa Itu Kode Referral? 

kode referral adalah

Kode referal merupakan kode unik yang diberikan oleh perusahaan kepada affiliate marketer atau customernya. Kode ini berisi kombinasi unik antara angka dan huruf, dan tidak satupun orang memiliki kode referral yang sama. Menggunakan referral adalah salah satu teknik marketing yang sangat populer saat ini dan mungkin dapat Anda terapkan juga di bisnis Anda. 

Biaanya, kode referral berguna untuk menarik perhatian pelanggan baru untuk berlangganan produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Dengan menggunakan kode ini, semua pihak akan mendapat keuntungan. Perusahaan mendapatkan pelanggan baru, pemilik kode mendapatkan imbalan berupa komisi, orang yang menggunakan kode biasanya mendapatkan potongan harga. Banyak orang menggunakan referral untuk mendapatkan keuntungan saat berbelanja

Anda bisa mendapatkan kode referral dari banyak sumber. Mulai dari affiliate marketer yang menyebarkan link di berbagai platform, influencer yang berpromosi di media sosial, dan lain-lain. Kode referral juga membuka kesempatan luas bagi para affiliate marketer, karena dengan mengumpulkan semakin banyak orang untuk menggunakan tersebut, Anda bisa mendapatkan komisi sebanyak-banyaknya. 

Keuntungan Kode Referral Bagi Bisnis

keuntungan kode referral bagi bisnis

Setelah memahami apa itu kode referral, Anda mungkin pensaran apa saja keuntungannya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menggunakan referral memberikan keuntungan baik bagi perusahaan maupun konsumen. Dalam poin ini, kami akan membahas keuntungannya bagi perusahaan atau bisnis terlebih dahulu. 

  1. Menarik Konsumen Baru

Kode referral biasanya disebarkan lewat konten media sosial atau iklan kepada orang-orang yang belum pernah membeli produk Anda sebelumnya. Hal ini tentunya membuat bisnis Anda lebih mudah menjaring konsumen baru. Jangkauan konsumen ini pun bisa lebih luas, tergantung strategi apa yang Anda gunakan dengan menggunakan kode atau link referral tersebut. 

  1. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

 Manfaat kode referral yang kedua adalah dapat meningkatkan loyalitas konsumen. Dengan kode atau link referral, konsumen dapat diuntungkan karena adanya diskon, komisi, dan lai-lain. Keuntungan ini tentunya membuat konsumen merasa senang berbelanja dari bisnis Anda, dan akan memprioritaskan produk-produk Anda ke depannya. 

  1. Menguatkan Branding Perusahaan

Program referral dapat membantu perusahaan menjangkau channel marketing yang tak terjangkau sebelumnya. Misalnya, konsumen dan affiliate marketer dapat menyebarkan kode referral mereka melalui pesan pribadi dan grup chat, bukan? Channel ini bersifat personal dan sulit ditembus oleh perusahaan sebelumnya. 

Besarnya jangkauan teknik marketing yang satu ini tentunya mampu memberikan keuntungan bagi perusahaan. Tidak hanya tentang penjualan, tapi juga brand awareness masyarakat terhadap produk Anda. Karena sering melihat link atau kode Anda di mana-mana, calon konsumen tentunya lebih mudah mengingat brand Anda. 

  1. Menaikkan Konversi

Tujuan utama dari sebuah bisnis adalah meningkatkan keuntungan. Semua kegiatan marketing juga dibuat dengan tujuan serupa. Kode referral adalah salah satu cara yang dapat Anda coba untuk meningkatkan penjualan.

Semakin banyak orang yang membagikan kode referral tersebut, maka semakin banyak pula orang yang berkesempatan untuk membelinya. Apalagi biasanya kode referral dibagikan bersama testimoni dan review pemakaian produk tersebut. 

Calon konsumen biasanya lebih percaya dengan produk yang direkomendasikan oleh orang lain, seperti teman dan keluarga. Karena rekomendasi ini terkesan lebih nyata ketimbang iklan bersponsor dari brand itu sendiri. 

  1. Meningkatkan Konten Promosi

Saat menyebarkan kode referral, affiliate marketer biasanya menyertakan review dan testimoni pemakaian produk tersebut. Hal ini mendorong semakin banyaknya konten promosi tentang produk Anda di berbagai channel, mulai dari media sosial, Youtube, hingga website pribadi. Tidak cuma banyak, konten ini biasanya juga lebih beragam.

Misalnya, produk Anda adalah baju muslim. Bisa saja ada satu orang yang membuat konten unboxing paket belanjaan dari toko Anda, sementara orang lainnya membuat video cara padu padan baju, lalu ada lagi yang membuat konten berisi testimoni pembelian. Tanpa harus membuat konten sendiri, ada banyak konten promosi yang beragam untuk produk Anda. 

Baca Juga: Cara Custom Link Affiliate IDCloudHost

Keuntungan Kode Referral Bagi Konsumen

keuntungan kode referral bagi konsumen

Selain untuk pebisnis, kode referral juga menguntungkan konsumen, lho. Apa saja keuntungan tersebut? Simak selengkapnya. 

  1. Mendapatkan Komisi

Kode atau link referral memberikan keuntungan berupa komisi bagi pelanggan yang menyebarkannya. Setiap kali ada orang yang membeli produk atau mendaftar dengan kode Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi sesuai nominal yang disediakan brand tersebut. Karena itulah, saat ini ada banyak orang yang berlomba-lomba menyebarkan link referral di berbagai media sosial. 

  1. Lebih Mudah Berbagi Promo 

Jika Anda menemukan barang bagus di marketplace, tak jarang Anda ingin membagikannya ke teman dan orang terdekat, bukan? Apalagi jika produk tersebut memiliki promo menarik. Dengan adanya kode referral, akan lebih mudah bagi Anda untuk berbagi promo dan merekomendasikan barang yang Anda beli ke orang lain. Selain itu, baik Anda maupun orang yang membeli sama-sama mendapatkan keuntungan. 

  1. Belanja Lebih Hemat

Tidak hanya untuk orang yang menyebarkannya, orang yang menggunakan referral juga mendapat keuntungan berupa diskon. Kisaran diskon ini cukup beragam, mulai dari 10-70% tergantung kebijakan brand tersebut. Tidak hanya diskon, ada juga perusahaan yang memberikan saldo gratis untuk pengguna baru yang mendaftar dengan kode referral, seperti layanan Cloud VPS IDCloudHost. 

  1. Penghasilan Tambahan Tanpa Modal Awal 

Kelebihan affiliate adalah Anda hanya perlu menyebar link saja untuk mempromosikan. Bagi Anda yang pemula dan belum terlalu familiar dengan macam-macam jenis dan cara berjualan online, affiliate dapat Anda jadikan pilihan yang menjanjikan. Selain itu, Anda bisa memulai jadi affiliate marketer tanpa modal sepeser pun. Tinggal mendaftar dan sebarkan link atau kode referral Anda. 

Baca Juga: Memahami Pentingnya Online Review Bagi E-commerce dan Toko Online

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang kode referral dan keuntungannya bagi bisnis maupun konsumen. Apakah Anda tertarik menggunakan referral code setelah ini? Jika iya, Anda bisa mendaftar ke Program Affiliate IDCloudHost. Dapatkan dan sebarkan kode referal Anda dan dapatkan komisi hingga 70% untuk setiap ordernya!

 

 

Related Post :

popup image