Kumpulan Plugin Ongkos Kirim Terbaik untuk Toko Online / Website [Lengkap]

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Dalam membuat toko online pastikan anda telah menyediakan fitur yang dapat melakukan pengecekan ongkos kirim yang diperlukan. Sehingga para costumer dapat memilih layanan ekspedisi mana yang ingin digunakan. Misalnya seperti layanan jasa ekspedisi JNE, Tiki,dan J&T .

Anda juga dapat menggunakan wordpress untuk mengginakan fitur ongkos kirim ini. Rincian biaya serta kalkulasi penghitungan jarak wilayah dari tempat pengiriman yang otomatis akan membuat pelanggan anda lebih mudah memperkirakan total biaya belanja di situs anda.

Dalam mengelola bisnis online, perlu sebuah alat pendukung yang dapat memudahkan pelanggan, selain memperhatikan tampilan dan kualitas produk. Hal ini juga menjadi salah satu hal yang patut diperhatikan. Membuat sebuah situs aplikasi maupun website memang tidak mudah dan perlu banyak uji coba sebelum dikeluarkan.

Plugin ongkos kirim ini memang membuat para situs bisnis online menjadi lebih mudah dan cepat. Jika anda baru membuka sebuah bisnis online. Anda wajib memasang plugin ini di website anda. Mau tau apa saja plugin gratis yang opensource untuk bisnis online anda? yuk, simak artikel berikut ini.

 

Apa Itu Plugin Ongkos Kirim ? 

 

Plugin merupakan aplikasi tambahan yang biasanya disediakan untuk mengembangkan situs Anda menjadi situs toko online yang profesional. Pada dasarnya, setiap plugin toko online mempunyai prinsip yang hampir sama, yakni menyediakan fitur shopping cart / keranjang belanja untuk memudahkan konsumen ketika hendak melakukan pembelian melalui website.

Tentunya, dari plugin ongkos kirim tersebut diharapkan dapat menghasilkan transaksi antara bisnis Anda dan pengunjung. Untuk menarik perhatian pengunjung agar melakukan transaksi, maka Anda perlu memiliki plugin terbaik untuk informasi ekspedisi yang digunakan dalam pengiriman barang dari bisnis Anda.

Plugin yang dapat Anda gunakan untuk menunjang toko online Anda dalam memberi informasi mengenai ekspedisi adalah plugin untuk cek harga ongkos kirim.

 

1. Epeken

 

Epeken merupakan salah satu plugin shipping yang terkoneksi dengan woocommerce. Nama epeken diambil dari bahasa Jawa “peken” yang berarti pasar. Plugin Epeken dikembangkan dari plugin JNE oleh developernya. Selanjutnya pada 2015, Epeken merilis layanan yang dapat terintegrasi dengan lebih banyak kurir.

Epeken memiliki beberapa jenis lisensi yang bisa disesuaikan harganya. Anda bisa mendapatkan lisensi bulanan dan tahunan, serta banyaknya jumlah kota pengiriman dan supportnya terhadap pengiriman internasional. Setiap paduan lisensi memiliki harga yang berbeda-beda dengan kisaran harga minimum mulai 25.000 rupiah hingga 1.100.000 rupiah.

 

2. Ongkos Kirim

Plugin Ongkos Kirim yang dibuat ini oleh Tonjoo merupakan salah satu plugin yang sudah support Woocommerce. Ada empat kurir ekspedisi yang bekerja bersama Plugin Ongkos Kirim, yaitu JNE, Tiki, Pos Indonesia, Wahana, J&T dll. Plugin Ongkos Kirim juga telah mengembangkan API tersendiri, sehingga tidak menggunakan API Raja Ongkir.

Plugin ini merupakan plugin yang sering digunakan di Indonesia. Plugin Ongkos Kirim memiliki tiga jenis lisensi; Personal dengan harga 280.000 rupiah, Multi dengan harga 490.000 rupiah, dan Developer dengan harga 900.000 rupiah. Perbedaan lisensi ini berdasarkan fitur yang didapatkan misalnya banyaknya website yang bisa disupport.

Baca Juga : Memahami Peran Website Dalam Bisnis Online

 

3. Woongkir

 

Jika plugin ongkos kirim yang menggunakan dokumentasi API dari Raja Ongkir, Selain itu ada plugin Woongkir. Woongkir adalah plugin ongkos kirim gratis yang dibuat oleh Sofyan Sitorus.

Plugin ini menyediakan berbagai pilihan kurir, dari POS Indonesia, TIKI, JNE, RPX, PCP Express, Star Cargo, SiCepat, JET Express, SAP Express, Pahala Express, Solusi Ekspres, J&T Express, Pandu Logistics, dan Wahana Express.

 

4. RajaOngkir

 

Plugin Raja Ongkir adalah salah satu layanan yang paling banyak digunakan oleh para marketer dalam menentukan sumber informasi ongkos kirim mereka. Bisa dibilang Raja Ongkir adalah sumber dari semua plugin yang telah ada sekarang.

Karena sejauh ini mereka memberikan API mereka secara gratis, meski pada halaman F.A.Q mereka mengatakan suatu saat mungkin akan bersifat terbatas. Sedangkan untuk bisa diletakkan di website, penggunanya bisa memasang aplikasi mereka di bagian widget dengan meletakkan kode yang telah mereka sediakan pada widget dengan jenis text.

Widget ini sendiri langsung bisa digunakan untuk mengecek harga jasa layanan kurir seperti pada plugin ongkos kirim yang lain. Raja Ongkir menyarankan ukuran widgetnya maksimal 250 pixel, kepada para penggunanya. Untuk sementara Raja Ongkir memberikan layanannya secara gratis.

Baik untuk layanan dalam bentuk kode yang bisa dipasang pada widget, ataupun API yang bisa digunakan oleh para developer untuk digunakan lagi. Dan selain kedua hal diatas, Raja Ongkir juga menyediakan aplikasi android yang juga berdifta gratis.

 

5. IndoOngkir

Plugin Ongkos Kirim ketiga adalah IndoOngkir. Berbeda dengan plugin dari Tonjoo Studio, IndoOngkir tidak menyediakan pilihan paket gratis atau percobaan. Jadi jika ingin menggunakan plugin ini, setidaknya Anda perlu membayar 297 ribu rupiah per tahun untuk Paket Basic.

Selain Paket Basic, IndoOngkir menyediakan dua paket lainnya, yaitu Paket Pro dan Paket Extend. Semua paket di IndoOngkir menyediakan fitur yang sama. Perbedaannya terletak pada jumlah kapasitas jumlah website yang bisa dipasangi plugin. Untuk Paket Basic batasannya adalah satu website, sedangkan untuk Paket Pro dan Extend, masing-masing dibatasi untuk lima dan 10 website.

Fitur yang cukup menarik dari IndoOngkir adalah Anda bisa mengaktifkan kurir berbeda untuk wilayah yang berbeda. Misalnya, untuk wilayah Jawa Tengah kurirnya adalah JNE, wilayah Jabodetabek gratis ongkir, wilayah Jawa Barat menggunakan kurir J&T, dan lain sebagainya.

Bca Juga : Potensi Bisnis Hosting yang Menjanjikan Untuk Anda

 

6. WooCommerce JNE Shipping

 

Plugin ini memiliki inovasi yang berbeda dari segi pelanggan. Jika anda ingin menyediakan satu jasa ekspedisi saja, Anda bisa menggunakan WooCommerce JNE Shipping.

WooCommerce JNE Shipping tersedia dalam tiga versi, yaitu JNE Free, JNE Full, dan JNE Exclusive. JNE Free hanya memungkinkan Anda untuk menyediakan pilihan pengiriman menggunakan JNE Regular.

Anda perlu melakukan upgrade ke versi JNE Full atau JNE Exclusive untuk mendapatkan lebih banyak fitur. Beberapa fitur premium yang ditawarkan adalah pilihan jenis pengiriman, terintegrasi dengan WooCommerce POS Shipping, penghitungan berat, widget cek ongkir, WooCommerce JNE Tracking, dan masih banyak lagi.

 

Kesimpulan dan Penutup

Bagaimana menurut anda? tidak mudah memang membuat sebuah aplikasi maupun website untuk membangun bisnis online. Namun, jika anda memang berniat untuk membangun bisnis online secara profesional, dibutuhkan beberapa fitur dengan plugin yang memudahkan kinerja anda dalam mengembangkan website atau aplikasi bisnis online anda.

Jika anda tidak memiliki fitur yang dilengkapi dengan beberapa teknologi modern, maka website maupun aplikasi anda akan ketinggalan zaman. Seiring dengan teknologi yang kian hari kian canggih membuat anda harus terus mengembangkan fitur – fitur menarik dan dapat menjadi solusi dimasyarakat.

Plugin Ongkos kirim diharapkan dapat menghasilkan transaksi antara bisnis Anda dan pengunjung. Untuk menarik perhatian pengunjung agar melakukan transaksi, maka Anda perlu memiliki plugin terbaik untuk informasi ekspedisi yang digunakan dalam pengiriman barang dari bisnis Anda. Semoga bermanfaat!

Related Post :