Kumpulan Rekomendasi Software Editing Video untuk Pemula dan Profesional

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Bila Anda ingin membuat kesan yang kuat, tidak ada yang seperti gambar bergerak dengan suara atau yang lebih sering disebut dengat video. Itu sebabnya video digital terus tumbuh dengan semakin pentingnya tampilan video dan media sosial yang mendukungnya secara online. Tidak mengherankan content creator harus mampu datang menyuguhkan ide dan tampilan video yang bisa memberikannya corak berbeda.

Trend ini tidak hanya disambut dengan banyaknya media sosial yang mengutamakan video kreatif seperti YouTube atau TikTok, tapi begitu juga dengan perangkatnya. Kamera saat ini seperti GoPro, DSLR, mirrorless telah mampu merekam video resolusi tinggi begitu juga smartphone. Bahkan Anda juga dapat mengedit video Anda langsung dari smartphone Anda.

Namun jika Anda memerlukan bantuan software pengeditan video yang lebih kuat dan kompleks, maka Anda bisa menggunakan perangkat lunak pengeditan video yang andal. Software editing ini dapat digunakan para profesional dan non-professional, dan perlu mengikuti format yang lebih baru seperti HEVC (High Efficiency Video Coding), HDR, dan VR. Selain juga jika harus bekerja dengan video 4K, karena perangkat umum sekarang mampu menghasilkan konten 4K dan terkadang resolusi lebih tinggi.

 

Mengenal Apa Itu Software Editing Video

Kumpulan Rekomendasi Software Editing Video untuk Pemula dan Profesional

 

Perangkat lunak atau software pengeditan video adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan pengeditan video pascaproduksi dari urutan video digital pada sistem pengeditan non-linear/non-linear editing (NLE). software ini sendiri telah menggantikan alat pengeditan film seluloid flatbed tradisional dan mesin pengeditan online video tape-to-tape. Software NLE biasanya didasarkan pada antarmuka garis waktu atau timeline di mana bagian-bagian rekaman video gambar bergerak, yang dikenal sebagai klip, diletakkan secara berurutan dan diputar ulang.

NLE menawarkan berbagai alat untuk memangkas, menyambung, memotong, dan mengatur klip di sepanjang garis waktu. Setelah proyek selesai, sistem NLE kemudian dapat digunakan untuk mengekspor ke film dalam berbagai format dalam konteks yang dapat berkisar dari format pita siaran hingga format file terkompresi untuk Internet, DVD, dan perangkat seluler. Karena sistem NLE digital telah memajukan perangkat mereka, peran mereka telah berkembang dan sebagian besar sistem NLE konsumen dan profesional sekarang menyertakan sejumlah fitur untuk manipulasi warna, pemberian judul dan efek visual, serta alat untuk mengedit dan mencampur audio yang disinkronkan dengan sequence gambar video.

 

Baca Juga  :      Cara Membuat Storyboard untuk Video Marketing yang Baik dan Buruk

 

Rekomendasi Software Editing Video

Kumpulan Rekomendasi Software Editing Video untuk Pemula dan Profesional

 

Pembuatan konten telah meledak dalam beberapa tahun terakhir, dan menjadi lebih mudah untuk membuat video yang dapat dibagikan ke TikTok, YouTube, Instagram, dan banyak saluran sosial lainnya. Ada banyak editor video gratis yang datang dengan fitur langsung untuk membuat video ini, tetapi mungkin sulit untuk menyaring mana yang memberikan manfaat terbaik bagi kebutuhan Anda. Dulu ada waktu di mana kita biasa menggunakan Windows Movie Maker atau iMovie di komputer kita karena kemudahan penggunaannya serta cepat untuk dibagikan.

Pengeditan sederhana ini terasa cukup, pada saat itu namun tidak saat ini dimana orang-orang berlomba menampilkan video yang unik dan kreatif. Saat ini, ada banyak sekali situs jejaring sosial untuk berbagi video Anda begitu juga persaingan dalam mempersembahkan konten video yang berbeda dari lainnya. Berikut ini rekomendasi yang telah dikurasi pengeditan video yang dapat Anda coba baik untuk pemula maupun para profesional.

 

Baca Juga  :    Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas dengan Mudah

 

  • Corel VideoStudio

    Corel VideoStudio memiliki semua karakteristik produk dan fitur terbaik seperti termasuk dukungan 360 derajat VR dan 4k, tetapi juga memiliki perbedaan sebagai bagian pertama dari perangkat lunak pengeditan video konsumen yang menawarkan pelacakan gerak. Jika Anda belum terbiasa, ini adalah fitur yang memungkinkan Anda melacak objek tertentu di seluruh potongan Anda. contohnya adalah apabila Anda ingin mengarahkan panah ke salah satu karakter Anda, mengaburkan wajahnya, atau memberinya tambahan filter.
    Meski banyak software editing sekarang ini telah banyak dilengkapi dengan pelacakan gerak, tetapi VideoStudio masih menawarkan salah satu sistem pelacakan gerak terbaik. Salah satu keunggulan VideoStudio adalah kecepatannya dalam melakukan editing.

  • Filmora

    Sebagai salah satu perangkat lunak pengeditan video terkenal, Filmora memiliki banyak fitur. Filmora adalah penawaran pengeditan video standar, sederhana, dan berkualitas tinggi dari Wondershare meski Wondershare juga menawarkan FilmoraGo untuk pengeditan seluler dan Filmora Scrn untuk perekaman dan pengeditan layar. Desainnya intuitif dan mudah digunakan, dan dilengkapi dengan filter, overlay, elemen gerak, transisi, dan sedikit pilihan musik bebas royalti.
    Dukungan 4k dan gif adalah fitur boilerplate untuk sebagian besar produk pengeditan video saat ini, tetapi satu hal yang dilakukan Filmora dengan sangat baik adalah fitur judul. Alat dan fitur judul sedang tren dalam perangkat lunak video, dan sementara Filmora tidak memiliki fungsi katakanlah, Apple Final Cut Pro X, yang dapat menempatkan judul 3D di atas video Anda dan memutarnya pada tiga sumbu, tetap saja memiliki beberapa fitur pemberian judul yang keren untuk uang yang Anda belanjakan. Fitur Filmora lain yang akan menarik bagi pemula untuk pengeditan video adalah Easy Mode, yang memungkinkan Anda membuat pengeditan yang menyenangkan dan dipoles hanya dengan menyeret dan menjatuhkan klip, memilih tema, dan memilih musik.

  • InVideo

    Apa yang membedakan InVideo adalah bahwa software ini sepenuhnya di-host di cloud. Anda tidak perlu mengunduh perangkat lunak atau khawatir kehilangan pekerjaan editing Anda. InVideo sepenuhnya berbasis browser dan editor bertahan dengan baik bahkan setelah diisi dengan transisi, stiker, bingkai, dan trik serta fitur lainnya.
    Editor ini sesuai dan cocok untuk pemula maupun pengguna tingkat lanjut, karena pemula dapat memulai dengan menggunakan salah satu dari 4000+ template di platform, dan pengguna tingkat lanjut dapat memulai dari awal. Katalog iStock 8Mn+ juga membantu menyempurnakan kreasi Anda. Uniknya, InVideo tidak memiliki watermark pada videonya, meskipun Anda menggunakan paket Gratis. Jika Anda baru memulai dan tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk perangkat lunak, InVideo adalah pilihan yang bagus.

  • Lightworks

    Lightworks adalah opsi gratis terbaik bagi siapa saja yang ingin membuat film dan video berkualitas profesional tanpa membayar sepeserpun. Meskipun masih tidak dapat dianggap cocok untuk program seperti Adobe Premiere Elements, ini mendukung video multitrack dan merupakan editor non-linear, sehingga kualitas rekaman Anda tidak akan berkurang saat sedang diproses.
    Dengan Lightworks, Anda akan menemukan semua jenis fitur kelas atas yang biasanya hanya tersedia dengan paket mahal seperti Final Cut Pro. Ini termasuk kemampuan untuk mengimpor dan membuat rekaman di latar belakang, dan untuk melihat efek video secara real-time. Satu-satunya kelemahan adalah mempelajari cara menggunakan Lightworks dapat memakan waktu lama karena antarmukanya cukup rumit. Anda dapat menyeret berbagai jendela pengeditan untuk membuat variasi tata letak yang hampir tak terbatas dan mengatur pintasan keyboard khusus untuk mempercepat pekerjaan pengeditan Anda.
    Anda dapat mengunduh dan menginstal Lightworks secara gratis di perangkat Windows, Mac, dan Linux atau Anda juga dapat meningkatkan ke Lightworks Pro. Dengan versi yang ditingkatkan ini, Anda dapat mengekspor proyek Anda dalam berbagai format, membuat mahakarya 3D, dan mengunggah langsung ke YouTube.

  • Camtasia

    Camtasia terutama dikenal dengan fitur perekaman layarnya, tetapi Anda juga akan menemukan fungsionalitas pengeditan video yang mumpuni dari software ini. Kombinasi alat perekam dan pengeditan layar membuatnya sempurna untuk membuat tutorial YouTube, pelajaran kursus online, video petunjuk, ulasan produk, dan banyak lagi. Anda akan menemukan perpustakaan templat video yang dapat Anda gunakan untuk membuat jenis video yang Anda inginkan dengan mudah.
    Proses untuk mengedit video sangat mudah, cukup gunakan editor seret dan lepas untuk mengedit video Anda dan menambahkan animasi dan efek transisi dengan cepat. Ada juga integrasi dengan PowerPoint untuk membantu Anda membuat presentasi dan tutorial yang menawan. Anda bahkan akan menemukan fitur interaktif keren seperti kuis yang dapat Anda tambahkan ke video Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi iPhone untuk merekam video di ponsel Anda dan mengeditnya menggunakan perangkat lunak yang akan sesuai jika Anda membuat video atau panduan tutorial seluler.

 

Baca Juga  :      Ukuran Thumbnail Video YouTube Serta Tips dan Triknya

 

Kesimpulan dan Penutup

Ada banyak alasan menggunakan software editing video dan jika Anda ingin menggunakannya untuk YouTube, ketahuilah bahwa umumnya YouTuber cenderung menggunakan aplikasi yang sederhana, efektif, dan terjangkau. Salah satu aplikasi gratis terbaik adalah Lightworks, yang bisa Anda dapatkan untuk perangkat Windows, Mac, dan Linux. Software ini telah mengintegrasikan ekspor YouTube dan banyak efek waktu nyata yang sangat mengesankan.

Tetapi jika Anda masih belum yakin, software editing seperti apakah yang sedang Anda cari, maka buat daftar kebutuhan dan kriteria Anda terlebih dahulu. Video seperti apa yang ingin Anda buat, dan untuk apa? Anda harus mempertimbangkan format apa yang perlu diekspor oleh perangkat lunak, tingkat kualitas apa yang dibutuhkan untuk menghasilkan (HD? 4K? 8K?) dan apakah itu dapat memberikan jenis efek visual yang ingin Anda gunakan. Begitu juga berapakah yang akan Anda bayarkan? Jawab semua pertanyaan ini dan Anda akan menemukan software editing video yang sesuai dengan Anda nantinya.
 

Related Post :