Kumpulan Web Browser Terbaik dan Tercepat Tahun 2021

Tips & Tricks / 0 | | 0

Web browser atau yang biasanya disebut sebagai browser adalah perangkat lunak aplikasi untuk mengakses World Wide Web. Saat pengguna meminta halaman web dari situs web tertentu, browser web mengambil konten yang diperlukan dari server web dan kemudian menampilkan halaman tersebut pada perangkat pengguna. Peramban web tidak sama dengan mesin telusur, meskipun keduanya sering kali membingungkan.

Mesin pencari sendiri adalah situs web yang menyediakan tautan ke situs web lain. Namun, untuk terhubung ke server situs web dan menampilkan halaman webnya, pengguna harus memasang browser web. Browser web digunakan di berbagai perangkat, termasuk desktop, laptop, tablet, dan ponsel cerdas. Pada tahun 2020, diperkirakan 4,9 miliar orang telah menggunakan browser di perangkat mereka.

Browser yang paling banyak digunakan adalah Google Chrome, dengan 63% pangsa pasar global di semua perangkat, diikuti oleh Safari dengan 19%. Browser terkenal lainnya termasuk Firefox dan Microsoft Edge. Meski biasanya browser yang digunakan dapat tergantung pada perangkat masing- masing, berikut ini kumpulan web browser terbaik dan tercepat tahun 2021.

 

Memahami Latar Belakang Web Browser

Kumpulan Web Browser Terbaik dan Tercepat Tahun 2021
 

Browser atau web browser adalah aplikasi yang digunakan untuk mengakses dan melihat situs web. Peramban web umum termasuk Microsoft Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Apple Safari. Fungsi utama browser web adalah untuk merender HTML, kode yang digunakan untuk mendesain atau menandai halaman web. Setiap kali browser memuat halaman web, ia memproses HTML, yang mungkin menyertakan teks, link, dan referensi ke gambar dan item lainnya, seperti cascading style sheets dan fungsi JavaScript. Browser memproses item ini, lalu menampilkannya di jendela browser.

Pada browser web awal, seperti Mosaic dan Netscape Navigator, adalah aplikasi sederhana yang menyajikan HTML, memproses input formulir, dan mendukung bookmark. Karena situs web telah berkembang, begitu pula persyaratan browser web. Browser saat ini jauh lebih canggih, mendukung berbagai jenis HTML seperti XHTML dan HTML 5, JavaScript dinamis, dan enkripsi yang digunakan oleh situs web aman.

Kemampuan browser web modern memungkinkan pengembang web membuat situs web yang sangat interaktif. Misalnya, Ajax memungkinkan browser memperbarui informasi pada halaman web secara dinamis tanpa perlu memuat ulang halaman. Kemajuan dalam CSS memungkinkan browser untuk menampilkan tata letak situs web yang responsif dan beragam efek visual. Cookie memungkinkan browser mengingat pengaturan Anda untuk situs web tertentu.

Meskipun teknologi browser web telah berkembang pesat sejak Netscape, masalah kompatibilitas browser tetap menjadi masalah. Karena browser menggunakan mesin rendering yang berbeda, situs web mungkin tidak tampak sama di beberapa browser. Dalam beberapa kasus, situs web dapat berfungsi dengan baik di satu browser, tetapi tidak berfungsi dengan baik di browser lain. Oleh karena itu, sebaiknya instal beberapa browser di komputer Anda sehingga Anda dapat menggunakan browser alternatif jika perlu.

 

Baca Juga   :    Daftar Negara Dengan Internet Tercepat di Dunia

 

Kumpulan Web Browser Terbaik dan Tercepat

Ada banyak pilihan web browser diluar sana dan untuk membantu Anda memutuskan peramban internet terbaik, berikut ini beberapa kumpulan dan rekomendasi browser yang bisa Anda unduh.

 

  • Google Chrome

    Dengan rangkaian fitur yang kuat, integrasi Akun Google penuh, ekosistem ekstensi yang berkembang tersedia melalui Toko Web Chrome, dan rangkaian aplikasi seluler yang andal, mudah untuk melihat mengapa Chrome adalah browser web paling populer. Chrome membanggakan beberapa integrasi seluler terbaik yang tersedia. Dilayani di setiap platform utama, menjaga sinkronisasi data itu mudah, membuat penjelajahan di antara banyak perangkat menjadi mudah.
     
    Masuk ke akun Google Anda di satu perangkat, dan semua bookmark Chrome, data yang disimpan, dan preferensi ikut serta. Bahkan ekstensi aktif tetap sinkron di seluruh perangkat. Untuk merayakan ulang tahun browser yang ke-10, Google memperkenalkan desain ulang visual yang signifikan dan beberapa fitur baru yang bagus dengan Chrome 69 pada tahun 2018. Google menyempurnakan dan memperhalus antarmuka pengguna, membuang semua tepi tajam dan sudut tajam sebelumnya untuk estetika yang lebih lembut dan lebih menarik. Tab lebih mudah diidentifikasi berkat favicon yang lebih terlihat, membuatnya sempurna untuk siapa saja yang biasanya membuka banyak tab.

  • Microsoft Edge

    Microsoft mengembangkan peramban terintegrasi untuk Windows 10, dijuluki Edge, yang menggunakan mesin penjelajahan internal dan diperbarui bersama dengan sistem operasi. Proyek ini bisa dibilang gagal, karena Edge tetap tidak dapat memperoleh pangsa pasar yang substansial meskipun berfungsi sebagai browser default.
    Sebagai tanggapan, Microsoft menulis ulang Edge menggunakan mesin browser web Chromium sumber terbuka. Edge baru diluncurkan pada 5 Februari 2020, sebagai browser terpisah dan berdiri sendiri yang menggantikan versi terintegrasi. Sekarang menjadi bagian dari Windows 10 pada pembaruan Mei 2020, meskipun Anda masih dapat mengunduhnya untuk Windows 10 build sebelum versi 2004.

  • Mozilla Firefox

    Firefox berada di urutan kedua dan sering digadang- gadang sebagai pesaing Google Chrome. Peramban Mozilla Firefox mengambil langkah nyata untuk menjadikan perambannya cara yang benar-benar modern untuk berselancar dari situs ke situs, berkat upaya seperti peningkatannya ke Firefox Quantum, Firefox Reality alternatif berbasis realitas maya, dan penjelajahan tanpa kata sandi. Belum lama ini Mozilla membangun kembali antarmuka browser, menawarkan tampilan yang lebih bersih dan modern tentang browser web yang seharusnya.
     
    Namun, perubahannya tidak hanya sebatas kulit. Ada beberapa rekayasa mengesankan yang terjadi di balik layar. Pembaruan yang lebih baru termasuk perlindungan privasi yang lebih baik dengan dukungan anti-pelacak, sinkronisasi kata sandi yang ditingkatkan di seluruh perangkat, keterbacaan yang lebih baik, peringatan pelanggaran terintegrasi dan Protections Dashboard yang memberikan ringkasan tentang bagaimana Firefox melindungi privasi Anda di balik layar. WebRender meningkatkan kinerja grafis pada PC Windows dengan CPU Intel dan AMD.

  • Opera

    Daftar browser lainnya dan alternatif populer adalah Opera yang berbagi banyak DNA Chrome. Kedua browser dibuat pada mesin Chromium sumber terbuka Google dan, sebagai hasilnya, mereka memiliki pengalaman pengguna yang sangat mirip. Keduanya menampilkan bilah pencarian / URL hibrid, dan keduanya relatif ringan dan cepat. Perbedaannya muncul saat Anda melihat fitur bawaan Opera. Di mana Chrome mengandalkan ekosistem ekstensi untuk menyediakan fungsionalitas yang mungkin diinginkan pengguna, Opera memiliki beberapa fitur lagi yang dimasukkan langsung ke dalam browser itu sendiri.
     
    Ini memperkenalkan kemampuan pramuat situs web prediktif, dan fitur Instant Search mengisolasi hasil pencarian di jendela terpisah sementara halaman saat ini memudar ke latar belakang, memungkinkan pengguna lebih mudah fokus pada tugas penelitian yang ada. Anda dapat memasang ekstensi dari toko Opera Add-ons yang seperti ekstensi Chrome. Mirip dengan browser Google, Anda akan menemukan alat yang berguna seperti Giphy, Amazon Assistant, Avast Online Security, Facebook Messenger, WhatsApp, dan banyak lagi. Jika beragam ekstensi Chrome penting bagi Anda, maka Opera menjadi alternatif yang menarik.

  • Apple Safari

    Jika Anda menggunakan perangkat Apple secara eksklusif, Safari sudah menjadi browser default Anda. Ini mungkin bukan peramban tercepat yang tersedia mengingat Google Chrome jauh lebih cepat tetapi browser ini cukup cepat sehingga peramban Anda tidak akan terasa lamban. Telah terintegrasi ke dalam iOS, iPadOS, dan MacOS, dan Anda kemungkinan akan mendapatkan masa pakai baterai yang lebih baik berkat pengoptimalan internal Apple dan perangkat keras yang mendasarinya. Safari juga sangat berfokus pada privasi dan keamanan. Jika Anda juga menggunakan iPhone atau iPad, menggunakan Safari di Mac Anda akan membuat transisi paling mulus antar platform. Sayangnya Safari tidak ditawarkan di luar ekosistem Apple yang membuat tidak semua orang dapat memakai browser ini.

  • Vivaldi

    Vivaldi adalah gagasan dari mantan pengembang Opera, dan seperti Opera yang melakukan hal-hal yang berbeda dari browser terkenal. Dalam hal ini, sangat berbeda. Vivaldi adalah tentang penyesuaian, dan Anda dapat mengubah hampir semua hal mulai dari cara kerja navigasi hingga tampilan antarmuka pengguna.
    Browser ini unggul dalam penyesuaian, dan Anda dapat memilih dari berbagai tema menarik yang tidak terasa kuno atau tidak pada tempatnya pada PC modern, selain pilihan UI. vivaldi juga memiliki beberapa fitur peningkatan privasi yang menonjol, seperti bekerja sama dengan DuckDuckGo untuk menjadikan alat pencarian nontracking sebagai opsi default ketika dalam mode privasi.

 

Baca Juga  :     Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula

 

Tips dan Cara Memilih Web Browser

Kumpulan Web Browser Terbaik dan Tercepat Tahun 2021
 

Sebagai bagian penting dalam melayari dunia maya, browser adalah program yang Anda gunakan untuk menjelajahi Internet. Browser populer termasuk Internet Explorer dari Microsoft, Firefox dari Mozilla, Opera dari Opera Software, Chrome dari Google, dan Safari dari Apple. Sebagian besar browser memiliki fitur serupa dan semuanya gratis. Anda dapat menginstal dan menggunakan banyak browser jika Anda suka. Berikut beberapa fitur yang perlu dipertimbangkan saat memilih browser :

  • Fitur keamanan yang ditawarkan
  • Mempunyai berkas/file menyimpan laman web Favorit dan Bookmark

 

Baca Juga  :     Tips & Trick Cara Menghindari Pencurian Data di Internet

 

Kesimpulan dan Penutup

Alat paling berharga untuk penjelajahan pribadi dan aman adalah kebijaksanaan pengguna, terutama jika Anda menganggap bahwa setiap browser web pernah mengalami pelanggaran keamanan di masa lalu. Secara khusus, reputasi Internet Explorer dan Chrome untuk melindungi keamanan dan kredensial privasi pengguna sangat buruk. Meski begitu, penggunanya masih setia karena menganggap browser ini masih cukup laju dan tercepat jika dibandingkan dengan browser lain yang tidak umum.

Chrome, Safari, Vivaldi, Opera, dan Firefox semuanya mengandalkan API Penjelajahan Aman Google atau Safe Browsing API untuk mendeteksi situs yang berpotensi berbahaya. Berkat pembaruan terus-menerus, Mozilla, Chrome, dan Opera semuanya membuat peningkatan keamanan yang konstan. Disamping juga Microsoft telah menonaktifkan API ini di Edge. Sekarang Anda dapat memilih 1 atau 2 web browser sekaligus jika Anda ingin mempunyai cadangan browser.

Related Post :