Langkah dan Tahap Praktis Membuat Toko Online Untuk Pebisnis Pemula

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Sama seperti memulai bisnis apapun, mempelajari cara memulai bisnis online juga memerlukan perencanaan yang matang juga. Setiap bisnis yang ingin memulai harus telah lebih dahulu menyiapkan banyak hal seperti riset pasar, analisis pasar dan pesaing, produk dan logistiknya, dll. Ini juga akan bertambah jika Anda berjualan secara online karena Anda harus memilih platform penjualan online Anda.

Bisnis online sendiri adalah bisnis yang mengirimkan barang, jasa, dan dana melalui internet sangat bervariasi dalam ukuran dan cakupan. Kemajuan zaman dan keperluan akan barang yang lebih cepat serta tidak lagi dibatasi oleh jarak membuat belanja online menjadi umum yang tentunya begitu juga dengan bisnis yang beralih menjual secara online. Kini semua hal mudah dicapai termasuk menjual barang dagangan yang tidak lagi terbatas oleh masalah waktu dan geografis.

Munculnya banyak e-commerce dan toko online menginspirasi banyak pebisnis untuk bergabung atau membuka toko mereka sendiri. Tidak hanya mampu menjangkau banyak calon pelanggan, beruntungnya toko online tidak memerlukan lokasi fisik. Bahkan e-commerce juga menawarkan banyak fleksibilitas keterjangkauan, dan peluang yang lebih besar bagi pemilik bisnis yang menggunakan platform mereka. Tertarik untuk juga mempunyai toko online Anda sendiri? Simak penjelasan singkatnya dibawah ini.

 

Manfaat Berjualan di Toko Online

Langkah dan Tahap Praktis Membuat Toko Online Untuk Pebisnis Pemula
 

Banyak pengecer bereksperimen dengan berbagai cara menjalankan bisnis mereka, apakah itu mencoba grosir atau lini produk baru, atau mencoba-coba industri lain sepenuhnya. Dengan berjualan online membantu karena dengan menjual secara online, pebisnis bisa menaikkan profit pendapatan mereka jika dibandingkan dengan menjual secara konvensional. Banyak pemilik bisnis juga mendapatkan lebih banyak pelanggan di luar area penjualan asli mereka yang mana ini akan berdampak baik bagi lebih terbuka transaksi penjualan. Berikut adalah beberapa manfaat menjalankan toko online :

  • Transaksi jual beli 24/7

    Bagian terbaik dari situs web e-commerce dan toko online, memungkinkan pembeli untuk membaca dengan teliti produk dan membuat keputusan pembelian kapan saja, siang atau malam. Ini membuat belanja lebih mudah bagi pelanggan, dan aksesibilitas semacam itu adalah keunggulan kompetitif yang sangat besar. Sebagai pemilik bisnis, ini juga memungkinkan Anda menghasilkan penjualan bahkan saat Anda sedang beristirahat sekalipun.

  • Pelanggan yang datang dari mana saja

    Memiliki toko online memberi Anda lebih banyak saluran untuk terlibat dengan pelanggan. Integrasikan dengan media sosial dan biarkan orang-orang berbelanja dari media sosial atau platform mereka, serta bantu pelanggan menemukan Anda di penelusuran Google. Jangan lupa untuk melakukan upaya pemasaran seperti landing page, email marketing atau mengirim bulletin kepada pelanggan berdasarkan riwayat pembelian mereka dengan produk yang kiranya relevan dan dibutuhkan.

  • Cakupan bisnis yang menjadi luas

    Toko fisik terbatas pada penjualan kepada pelanggan yang berada di area tersebut. Untuk mengatasi keterbatasan ini banyak banyak situs web e-commerce dan toko online memperluas bisnis ke orang-orang di seluruh negeri atau di seluruh dunia, yang mana akan memperluas basis pelanggan dan potensi pendapatan mereka. Menjual secara online juga menawarkan kemampuan untuk memperluas atau meningkatkan persediaan. Ini termasuk jumlah barang yang dapat dijual bisnis secara online tidak perlu dibatasi dengan cara yang sama seperti toko fisik, yang mungkin menjadi pertimbangan untuk meningkatkan arus kas.

  • Saluran pembelian yang lebih praktis

    Hampir tidak mungkin untuk melacak seberapa sering seorang pelanggan datang ke toko fisik untuk melihat-lihat sebelum membuat keputusan pembelian. Namun, toko online dapat melacak setiap klik pelanggan, memberikan pandangan berharga tentang proses pembelian dan membuka jalan bagi peluang pemasaran untuk mendorong pelanggan yang awalnya mungkin ragu untuk membeli.

 

Baca Juga  :     Memahami Pentingnya Riset Pasar Dalam Membangun Bisnis Online

 

Tahapan Membuat Toko Online Beserta Langkah- Langkahnya

Langkah dan Tahap Praktis Membuat Toko Online Untuk Pebisnis Pemula
 

Meskipun ada perbedaan dalam memulai bisnis online dibandingkan dengan memulai bisnis yang lainnya, tentu mempunyai dasar kesamaan juga. Sedangkan bisnis online adalah bisnis jenis baru yang memanfaatkan jaringan internet dan digitalisasi dunia sebagai penggeraknya, berikut beberapa tahap dan langkah cepat dalam membuka toko online bagi pemula.

 

Memilih produk/layanan yang hendak dijual

Tahap pertama adalah apa saja yang menyangkut produk atau jasa yang ingin Anda jual dan promosikan. Ini juga termasuk niche atau ceruk penjualan Anda itu sendiri, kalau Anda menjual smartphone maka niche penjualan Anda termasuk dalam elektronik atau gadget. Adapun langkah yang harus Anda perhatikan dalam tahapan ini adalah :

  • Menemukan produk untuk dijual

    Langkah pertama untuk membangun bisnis online adalah mengetahui produk apa yang ingin Anda jual secara online, grosir, atau langsung ke konsumen. Ini sering kali merupakan bagian yang paling menantang dalam memulai bisnis online baru. Anda juga dapat melihat dan mempetimbangkan trend bisnis terbaru untuk mendapatkan ide dan inspirasi.

  • Mengevaluasi ide Anda

    Setelah Anda memiliki ide produk dalam pikiran, bagaimana Anda tahu apakah produk/jasa akan laku dan diperlukan oleh pelanggan nantinya? Karenanya evaluasi kembali ide produk Anda dan temukanlah pasar potensialnya.

  • Cara mendapatkan produk yang hendak dijual

    Setelah mendapatkan ide produk yang kuat, langkah Anda selanjutnya adalah mencari tahu di mana dan bagaimana Anda akan mendapatkan produk Anda tersebut. Anda bisa menggunakan dropshipping jika Anda tidak mempunyai gudang penyimpanan, melalui agen grosir dan lain- lain.

 

Baca Juga  :    Tips dan Trik Cara Membuat Business Plan Untuk Bisnis Online Bagi Pemula

 

Melakukan riset dan persiapan

Setiap bisnis pasti mempunyai pondasi dan acuan yang nantinya akan menjadi panduan dalam menjalankannya. Ini adalah tahap yang tidak bisa Anda anggap remeh karena ini adalah tahapan dasar sejak bisnis diperkenalkan kepada umum. Adapun langkah yang harus Anda perhatikan dalam tahapan ini adalah :

  • Teliti pesaing Anda

    Setelah menemukan produk Anda, mengevaluasi potensinya, dan mencari pemasok, hal yang harus Anda sadari adalah pesaing yang juga berada di ceruk yang sama. Anda harus benar-benar meneliti pesaing Anda sehingga Anda tahu apa yang Anda hadapi dan bagaimana Anda dapat membedakan bisnis Anda dari mereka.

  • Menulis rencana bisnis/business plan

    Jika penelitian kompetitif Anda selesai, saatnya untuk menulis rencana bisnis yang merupakan peta jalan yang membantu menyatukan ide dan pemikiran Anda. Rencana bisnis sangat penting dalam menentukan apa yang harus diprioritaskan, menghindari kesalahan bisnis umum serta bagaimana caranya dalam menjangkau pelanggan baru secara efektif.

 

Baca Juga  :    Pentingnya Website dan Domain Bagi Bisnis Online yang Harus Diketahui Pemula

 

Mempersiapkan dan meluncurkan bisnis

Setelah Anda menjalankan dua tahap diatas, selanjutnya adalah mempersiapkan apa saja yang diperlukan untuk bisnis dan meluncurkan toko online Anda. Adapun langkah yang harus Anda perhatikan dalam tahapan ini adalah :

  • Memilih platform  toko yang sesuai

    Ada banyak opsi platform yang bisa Anda pilih untuk menjadi tempat dimana toko online Anda berada nantinya. Mulai dari platform e-commerce yang ramah guna dan tidak menuntut pengetahuan pengkodean, menggunakan WordPress dan dukungan plugin bisnis yang sesuai hingga membanung situs web untuk toko online Anda dari nol. Buatlah pilihan dengan bijak karena ini akan menjadi tempat utama Anda dalam mengoperasikan bisnis Anda.

  • Memilih nama bisnis yang tepat

    Keputusan lain yang menantang dalam bisnis adalah menentukan nama bisnis atau merek Anda dan memutuskan nama domain. Nama adalah doa yang mana ini juga berlaku bagi bisnis Anda dan domain yang Anda pilih nantinya.

  • Memahami dan memanfaatkan SEO

    Bisnis online tidak akan terlepas dari penggunaan Search Engine Optimization (SEO) yang menjadi bagian penting dari toko online dan e-commerce. Mengingat toko online tidak akan mudah ditemukan diantara jutaan bisnis online lainya di dunia maya, maka perlu untuk memahami dasar-dasar pengoptimalan mesin telusur sehingga Anda dapat menyusun situs dan halaman Anda dengan benar untuk Google dan mesin telusur lainnya.

 

Baca Juga :   Cara Mendapatkan Domain Murah untuk Kebutuhan Website dan Blog

 

Kesimpulan dan Penutup

Siapapun dapat memulai bisnis online, bahkan para pemula sekalipun yang baru bergelut dan tertarik di bidang bisnis. Anda tidak perlu takut untuk memulai bisnis online yang akan Anda mulai, walaupun pesaing para pebisnis diluaran sana yang juga menjual produk lewat online sangatlah banyak, tetapi selalu ada peluang jika Anda benar- benar langkah yang tepat.

Persaingan memang tidak bisa dihindari, tapi Anda bisa mengakalinya dengan beberapa trik seperti memanfaatkan SEO dengan efisien dan merancang toko online Anda semenarik mungkin dari ceruk penjualan yang sama. Manfaatkan juga bantuan influencer media sosial selain juga membuka akun serta saluran Anda disana dan multi platform lainnya. Selalu ada jalan bagi setiap pemilik bisnis online karena preferensi berbelanja online masyarakat dunia akan terus naik setiap waktunya.

 

 

 

Related Post :