Langkah-Langkah Mendaftar Google AdSense dan Tips Mengoptimalkannya

Informasi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Bagi pemilik situs web dan blog mungkin sudah tidak asing dengan Google AdSense yang merupakan bagian dari jaringan periklanan Google yang melayani pemilik situs web. Ini adalah cara yang cukup mumpuni untuk mendapatkan uang karena AdSense memungkinkan penayang konten kesempatan untuk memperoleh pendapatan dari situs web atau blog mereka dengan menyisipkan iklan di halaman web mereka.

Tidak mengherankan kalau banyak yang ingin bergabung karena Google AdSense adalah jaringan iklan terbesar dunia saat ini yang telah bekerja dengan jutaan pengiklan dan penerbit dari semua skala dan ukuran. Layaknya seperti jaringan iklan lainnya, pengiklan meminta Google untuk menayangkan iklan mereka di situs web yang memenuhi kriteria tertentu, sementara penerbit meminta Google untuk menampilkan iklan di situs mereka yang telah memenuhi kriteria tertentu juga. Adapun sistem bekerja dengan menggunakan kode AdSense yang disisipkan penerbit ke situs web mereka.

Setelah situs terdaftar dengan jaringan iklan, jaringan mengevaluasi situs web kemudian mencari melalui inventaris pengiklan untuk mencocokkan dengan situs. Kemudian iklan dicocokkan berdasarkan konten situs web Anda, termasuk lokasi, topik blog, bahasa, dan tema situs web. Setelah iklan dicocokkan dengan situs, mereka muncul dengan pengunjung mendarat di halaman, ditampilkan sebagai iklan teks, iklan kaya gambar, atau keduanya tergantung pada preferensi Anda. Selain itu, iklan juga teks dapat disesuaikan agar sesuai dengan tampilan dan nuansa situs Anda agar lebih selaras.

 

Langkah-Langkah Mendaftar Google AdSense

Langkah-Langkah Mendaftar Google AdSense dan Tips Mengoptimalkannya
 

Salah satu cara mendapatkan penghasilan di internet adalah melalui Google AdSense yang merupakan alat gratis yang digunakan pemilik situs web untuk menempatkan Iklan Google di situs mereka. Alat periklanan Google ini menghubungkan Anda sebagai pemilik situs web dengan pengiklan sehingga Anda dapat menampilkan konten iklan. Berikut beberapa langkah mudah untuk mendaftarkan diri Anda ke Google AdSense.

 

Membuat dan Mendaftar akun Google AdSense

Berhubung AdSense adalah bagian dari Google, maka sebaiknya Anda disarankan untuk membuat akun Gmail terlebih dahulu. Selanjutnya adalah membuat akun AdSense dengan membuka situs Google AdSense dan klik Get Started. Di halaman berikutnya, Google akan menanyakan tiga hal kepada Anda yakni :

  • URL situs web Anda
  • Alamat email anda
  • Apakah Anda menginginkan bantuan yang disesuaikan untuk mengoptimalkan iklan Anda atau tidak

 

Informasi pembayaran

Sebelum Anda dapat mulai menjalankan iklan di situs Anda, pastikan Google memiliki semua informasi yang diperlukan untuk membayar Anda. Buka tab Payments di sisi kiri halaman yang akan membawa Anda ke dasbor Pembayaran. Saat Anda mulai mendapatkan pendapatan iklan, Anda akan melihatnya semua pembayaran Anda pada dashboard tersebut. Perbarui informasi mengenai How you get paid/Cara Anda menerima pembayaran dengan informasi perbankan Anda. Kemudian isi profil pembayaran Anda di bagian Settings agar Google dapat memverifikasi informasi dan detail pajak Anda.

 

Baca Juga  :    Jenis Iklan Google Ads (Google Adwords) yang Perlu Kamu Ketahui

 

Menghubungkan situs web ke Google AdSense

Langkah selanjutnya adalah menyinkronkan situs web Anda dengan AdSense. Untuk melakukan ini, Anda harus menambahkan kode khusus ke situs Anda dimana ini menandakan ke Google bahwa mereka dapat menempatkan iklan di sana. Pertama, dari dasbor Google AdSense Anda, buka Sites. Kemudian, klik Add Site/Tambahkan Situs dan masukkan nama domain Anda. Di layar berikutnya, Anda akan diberikan kode khusus bersama dengan instruksi untuk menyematkannya di situs web Anda.

Lalu setelah Anda menempelkan kode ke situs Anda, kembali ke layar Google AdSense. Kemudian, klik Dapatkan Ulasan/Get Review. Google akan membawa Anda kembali ke dasbor tempat Anda akan melihat pemberitahuan. Meskipun Anda mungkin harus menunggu hingga dua minggu hingga Google memverifikasi situs web Anda, Anda masih bisa lebih dulu menyiapkan penempatan iklan di situs Anda.

 

Memilih penempatan iklan yang sesuai

Pada langkah ini Anda telah memberitahu Google bahwa Anda ingin menempatkan iklan di situs Anda. Namun bagaimana Anda memutuskan dimana akan menampilkan iklan tersebut dengan tepat dan strategis? Ada dua opsi untuk menentukan di mana iklan akan muncul yakni pertama, Anda dapat membiarkan Google memilih untuk Anda, atau kedua, Anda dapat memilih sendiri penempatannya agar terlihat tidak terlalu padat dan akhirnya mengganggu keselarasan situs web atau blog Anda.

 

Baca Juga  :    Jurus-Jurus Diterima Google Adsense dalam Waktu Singkat

 

Tips dan Cara Mengoptimalkan Google AdSense

Langkah-Langkah Mendaftar Google AdSense dan Tips Mengoptimalkannya
 

Setelah Anda memiliki iklan yang berjalan di situs Anda, Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda mendapatkan hasil maksimal dari program AdSense Anda. Berikut adalah beberapa tips tambahan yang perlu dipertimbangkan saat Anda siap untuk meningkatkan dan mengoptimalkan pendapatan AdSense Anda :

  • Publikasikan konten secara teratur karena AdSense adalah tentang bagaimana lalu lintas situs web Anda menjadi uang. Tanpa lalu lintas ke situs web Anda, tidak ada uang untuk diperoleh dari AdSense. Anda membutuhkan lalu lintas yang stabil dan terlibat yang datang ke situs web Anda jika Anda ingin mereka memperhatikan iklan di sana. Dengan membuat konten berkualitas tinggi dan mengoptimalkannya sehingga orang yang tepat menemukannya dalam pencarian mereka.
  • Lakukan eksperimen dan uji A/B iklan Anda untuk dapat membantu meningkatkan potensi penghasilan adalah bereksperimen dengan unit iklan, penempatan, warna, dan ukuran yang berbeda. Gunakan Eksperimen yang terdapat pada Pengoptimalan untuk melakukan pengujian A/B pada iklan Anda. Cara lainnya adalah Anda dapat meminta Google melakukan penilaian dan secara otomatis menyesuaikan unit iklan untuk Anda.
  • Mengingat alasan utama orang mengunjungi situs web dan blog adalah konten, maka seiring dengan menghasilkan konten yang menarik, Anda harus melihat kata kunci yang digunakan orang untuk menemukan situs web Anda. Dengan mengoptimalkan situs Anda untuk mesin pencari atau SEO, Anda dapat dengan mudah meningkatkan lalu lintas organik Anda. Lebih banyak lalu lintas berarti lebih banyak klik, yang menghasilkan peningkatan penghasilan Google AdSense.
  • Google memiliki kebijakan program yang sangat ketat demi menghindari praktik penipuan yang secara artifisial meningkatkan komisi Anda. Peraturan yang diaplikasikan termasuk mencakup hal-hal seperti mengklik tautan Anda sendiri, memberi insentif kepada orang lain untuk meng klik iklan, atau menggunakan alat untuk mendorong lalu lintas dalam jumlah besar ke laman yang mendukung AdSense. Baca kebijakan program Google AdSense seksama jika Anda tidak memahami persyaratannya jika Anda tidak ingin di banned oleh Google.

 

Baca Juga  :   Ukuran Gambar Iklan Google Ads yang Umum Digunakan

 

Kesimpulan dan Penutup

Sebagai layanan iklan kontekstual yang disediakan oleh Google, AdSense menjadi cara dan tren populer bagi situs web untuk menghasilkan uang dari iklan, mulai dari blogger paruh waktu hingga beberapa penerbit terbesar di web. Pengiklan AdWords membayar Google baik dengan jumlah per- klik (PPC) atau per- tayangan (CPM). Pada gilirannya, Google berbagi persentase dari pendapatan itu dengan penerbit AdSense mereka.

Sedangkan format Google AdSense menayangkan iklan melalui teks biasa, berbeda dengan konten grafis yang mendominasi adegan periklanan ketika diperkenalkan pada beberapa tahun silam. Saat ini Google memutuskan untuk menyajikan teks biasa dalam upaya meminimalkan gangguan iklan, untuk mengoptimalkan kecepatan pemuatan halaman, serta untuk mendapatkan tanggapan pemasaran yang lebih baik dari pengunjung situs. Format ini menjadi iklan yang dilihat dan sesuai dengan preferensi masyarakat saat ini.

Related Post :