Langkah Mudah dan Cepat Untuk Membuat Toko Online Bagi Pebisnis Pemula

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 1 | | 0

Saat ini mendatangkan penghasilan tambahan untuk kebutuhan sehari – hari dapat dilakukan dengan cara yang lebih mudah tanpa memerlukan modal yang banyak, yakni dengan membangun toko online. Di era digital saat ini, membangun toko online merupakan hal yang kian telah menjadi populer. Dengan fakta bahwa penjualan online diperkirakan telah mencapai 17,5 % dari penjualan ritel di seluruh dunia pada tahun 2021 saat ini.

Terlepas dari itu, memang saat ini menghasilkan uang secara online merupakan hal yang kian menjadi populer, karena caranya yang mudah dengan kemungkinan keuntungan yang bisa jadi lebih dari toko tradisional biasa. Majunya digitalisasi dan kebiasaan masyarakat global yang mempunyai kehadiran online tinggi, ini adalah waktu yang tepat bagi siapa saja yang tertarik membuka toko online mereka sendiri.

Membangun toko online yang sukses merupakan impian semua orang, terutama para pebisnis pemula yang ingin mencobanya. Tetapi sama dengan prinsip dan acuan dasar bisnis manapun, membangun toko online juga membutuhkan kerja keras dan dedikasi. Mulai dari melakukan riset pasar, menganalisa bisnis dan memilih yang sesuai dengan minat serta kemampuan Anda, ini adalah bagian kecil dari membangun toko online yang sukses. Mari simak penjelasan singkat dalam membangun toko online dibawah ini.

 

Langkah Mudah dan Cepat Untuk Membuat Toko Online

Langkah Mudah dan Cepat Untuk Membuat Toko Online Bagi Pebisnis Pemula
 

 

Membangun sebuah toko online yang sukses tidaklah instan dan cepat, melainkan Anda juga harus tetap mengikuti aturan dasar dalam membangun sebuah bisnis. Hanya saja, acuan dan peraturan dasar itu telah juga menyesuaikan dan mengadapatasi kemajuan zaman yang mana juga mempengaruhi bagaimana calon pelanggan berbelanja. Berikut beberapa langkah dalam membangun bisnis yang berjualan di toko online.

 

  • Pilih dan Tentukan Niche Anda

    Pada dasarnya langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk membangun toko online Anda adalah Anda perlu memilih lalu menentukan niche Anda. Ini berarti Anda memilih serta menentukan apa yang akan Anda jual dan kepada siapa Anda akan menjualnya. Niche yang Anda pilih nantinya memiliki pengaruh terhadap banyak hal, termasuk ada berapa banyak angka penjualan Anda, ada berapa banyak upaya yang harus Anda lakukan untuk dukungan pelanggan, hingga apakah Anda memiliki pelanggan tetap atau tidak. Inilah sebabnya mengapa penting untuk Anda menentukan niche yang tepat.

  • Pilih Nama Toko Online dan Domain Anda

    Saat Anda membuat toko online Anda, perlu sekali untuk Anda menentukan apa nama toko online Anda tersebut. Hal ini merupakan hal yang penting, karena jika toko online Anda tidak memiliki nama, Anda tidak akan dapat dikenali. Anda dapat memilih nama yang mudah diucapkan, karena dengan memiliki nama toko online yang mudah untuk diucapkan ini dapat memudahkan orang dalam mencari toko Anda. Selain itu, sama seperti memilih nama untuk toko online Anda, tidak lupa bahwa nama domain juga merupakan hal penting yang perlu Anda miliki. Nama domain merupakan pengenal unik toko online Anda bagi pelanggan selain juga sebagai image Anda. Memiliki nama domain yang tepat dapat meningkatkan ingatan dan kesadaran mereka dari toko online Anda, serta hal ini dapat memudahkan pelanggan untuk menuju ke toko online Anda.

  • Buat Situs Web Toko Online Anda

    Setelah melewati langkah dalam menentukan apa yang ingin Anda jual hingga memberi nama untuk toko online Anda, sekarang adalah saatnya Anda untuk membuat situs web toko online Anda. Dalam hal ini, ada banyak sekali platform yang dapat Anda gunakan untuk membuat situs web toko online Anda, dan sangat mudah sekali untuk Anda gunakan. Ada hal – hal yang perlu Anda pertimbangkan saat Anda memilih platform untuk membuat situs web toko online Anda. Anda harus memilih platform yang tepat untuk Anda, seperti apakah platform tersebut bisa berkembang seiring dengan bisnis Anda atau tidak. Selain memperhatikan skalibilitasnya, Anda juga harus mempertimbangkan apakah fitur pada platform tersebut asli atau tidak, dan bagaimana dengan keamanannya.
     
    Baca Juga  :  Tips Membuat Toko Online Beserta Template dan Plugins yang Sesuai

  • Desain dan Tambahkan Produk ke Toko Online Anda

    Saat melakukan langkah membuat situs web untuk toko online Anda, pastikan Anda membuat desain yang menarik, karena hal ini akan menguntungkan Anda dengan menarik perhatian banyak pelanggan. Anda dapat memilih template yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, lalu Anda dapat menyesuaikan dengan bisnis toko online Anda. Tips memulai adalah dengan mendesain serta menyesuaikan font dan ukuran teks, menambahkan visual dengan kualitas tinggi, mengkonfigurasikan skema warna Anda, menambahkan akun media sosial pada situs web Anda, serta Anda dapat menambahkan produk ke toko online Anda.
    Agar pelanggan Anda senang untuk berbelanja dan mudah untuk menemukan produk Anda, Anda dapat mengatur halaman kategori produk Anda, lalu tulis deskripsi produk yang bagus, dan jangan lupa untuk mengunggah gambar produk yang akan Anda jual di toko online Anda.

  • Atur Pengiriman Produk dari Toko Online Anda

    Inti dari toko online adalah siapa saja bisa membeli produk dari toko tersebut dan langsung dikirimkan. Maka beri perhatian lebih dalam mengatur pengiriman produk Anda dengan teliti. Jasa pengiriman yang Anda pilih dan gunakan serta kebijakan pengiriman Anda, dengan mengkomunikasikan soal biaya pengiriman, persyaratan, serta batasan pengiriman Anda. Setelah itu, Anda dapat membandingkan tarif pengiriman, mencetak label pengiriman, dan mengotomatiskan pembaruan pengiriman dengan solusi pengiriman.

  • Promosikan dan Luncurkan Toko Online Anda

    Setelah merancang toko Anda, sekarang adalah saatnya Anda siap untuk mempromosikan dan meluncurkannya. Agar toko online Anda dikenali pengunjung yang akan menjadi pelanggan Anda nantinya, Anda harus memprioritaskan beberapa platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan beberapa platform media sosial lainnya untuk mempromosikan toko online Anda.
    Penting sekali untuk Anda mempromosikan toko online Anda, karena ini adalah salah satu cara agar toko online Anda dikenal oleh banyak orang disamping juga dapat membangun audiens Anda. Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan pemasaran influencer, atau iklan berbayar, karena ini dapat membantu Anda untuk menarik beberapa penjualan pertama, ditambah lagi ini dapat meningkatkan visibilitas situs web Anda juga. Manfaatkan yang bisa membantu toko Anda dikenali dan menonjol dari pesaing Anda.

 

Baca Juga  :    Kumpulan Plugin Ongkos Kirim Terbaik untuk Toko Online / Website [Lengkap]

 

Tips Memilih Platform Pembuat Toko Online Terbaik

Langkah Mudah dan Cepat Untuk Membuat Toko Online Bagi Pebisnis Pemula
 

Semakin banyak orang sekarang beralih ke internet untuk memulai bisnis mereka sendiri yang berarti toko e-commerce sedang meningkat dan tumbuh setiap waktunya. Masyarakat modern lebih memilih berbelanja online daripada mengunjungi toko fisik secara langsung, membuat pemilik bisnis harus segera beralih dengan membuka toko online mereka sendiri. Jika Anda ingin juga menggapai lebih banyak pelanggan, maka luncurkan toko online Anda sendiri dengan memepertimbangkan salah satu platform toko onlien terbaik dibawah ini.

  • Shopify

    Shopify adalah platform luar biasa yang praktis dan mudah bagi siapa saja yang ingin membuat toko online, terlepas dari apakah Anda hanya bisnis kecil atau perusahaan besar. Bergantung pada kebutuhan Anda, Shopify memiliki banyak tema berbeda yang dapat Anda pilih, integrasi keranjang belanja, gateway pembayaran, manajemen produk, dan fitur hosting. Semua ini adalah fitur pendukung terbaik terutama bagi pebisnis pemula.

  • Etsy

    Apakah Anda ingin menjual produk dari kerajinan tangan Anda sendiri? Etsy adalah pilihan tepat bagi pebisnis yang menjual barang spesifik seperti buatan tangan, barang-barang antik dan sejenisnya. Sebagai toko dengan ceruk berbeda, Anda bisa mendirikan toko Anda dengan hanya membayar sedikit biaya untuk setiap barang yang Anda jual. Anda juga langsung terhubung ke jaringan Etsy sebagai pemilik toko, yang berarti orang dapat mengakses produk Anda dari pencarian langsung di Etsy. Bagi mereka yang mungkin berjuang dengan sisi pemasaran, ini bisa menjadi jalan terbaik.

  • Squarespace

    Squarespace sangat cocok untuk siapa saja dengan anggaran terbatas, tetapi masih ingin membuat toko online. Fitur-fitur yang disertakan mungkin tidak seluas beberapa platform lain dalam daftar ini, tetapi semua yang penting ada di sana dengan harga yang mahal. Anda tidak hanya dapat mendesain toko Anda sendiri dengan Squarespace, tetapi juga merupakan opsi yang layak untuk jenis situs web lain yang mungkin ingin Anda bangun.

 

Baca Juga  :   Tips dan Cara Menulis Deskripsi Produk Toko Online Yang SEO Friendly & Benar

 

Kesimpulan dan Penutup

Membangun toko online Anda sendiri merupakan suatu hal yang menarik dengan berbagai tantangan yang akan Anda hadapi nantinya. Dengan langkah yang mudah dan cepat, Anda akan belajar banyak mulai dari memilih niche Anda, mengevaluasi apakah layak atau tidak untuk Anda jual, menentukan nama toko online Anda, membuat nama domain serta membuat situs web toko online Anda, hingga mempromosikan dan meluncurkan toko online Anda.

Layaknya bisnis lain, membangun toko online juga diperlukan usaha yang tidak sedikit mengingat ada kata online disini, yang mana Anda selaku pemilik bisnis harus mengetahui seluk beluk bagaimana masyarakat maju saat ini. Manfaatkan semua saluran online yang ada seperti menggunakan bantuan influencer, buzzer, media sosial, apa saja yang terhubung dengan membuka toko online yang sukses nantinya.

Related Post :