Laravel Developer : Job Desk, Tugas Kerja dan Skill

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Sebagai kerangka kerja PHP sumber terbuka yang populer, Laravel dikenal luas karena sintaksnya yang sederhana, elegan, dan ekspresif. Ini bertujuan untuk membuat proses pengembangan lebih mudah bagi pengembang tanpa mengorbankan fungsionalitas aplikasi web. Dibuat oleh Taylor Otwell pada tahun 2011, Laravel membuat aplikasi web menggunakan Symfony di bawah pola arsitektur Model-View-Controller (MVC).

Sedangkan kode sumber Laravel di hosting di GitHub dengan lisensi MIT. Kerangka sumber terbuka atau opens-source frameworl ini secara bertahap menjadi salah satu favorit di kalangan pengembang. Sebagian besar berpikir bahwa Laravel sangat responsive, ringan, bersih, dan mudah digunakan.

Laravel sendiri memiliki beragam alat dan pustaka yang mempercepat siklus pengembangan yang karenanya, tidak perlu menulis ulang fungsi dengan setiap proyek perangkat lunak. Sebaliknya, pengembang Laravel dapat fokus pada desain, inovasi, fungsionalitas, dan hal-hal lain yang benar-benar penting. Baca terus untuk mengetahui keterampilan dan kualifikasi yang dibutuhkan dalam mengembangkan karir sebagai Laravel developer.

 

Memahami dan Mengetahui Cara Kerja Laravel

Laravel Developer : Job Desk, Tugas Kerja dan Skill
 

Laravel adalah framework web PHP gratis dan open source yang digunakan untuk mengembangkan situs web dan aplikasi web yang mengikuti pola Model-View-Controller (MVC). Laravel dapat diskalakan dengan baik dan dirancang untuk dikembangkan secara individual. Ini menggabungkan fungsi terbaik dari kerangka web lain, yang juga mencakup kerangka kerja yang dikembangkan berdasarkan bahasa pemrograman yang sangat berbeda, seperti Ruby on Rails, Sinatra dan ASP.NET MVC.

Proyek dalam berbagai ukuran dapat diimplementasikan secara individual dengan Laravel. Sering juga digunakan dalam e-commerce, sistem tiket dan pemesanan, dasbor, dan backend admin untuk aplikasi real-time yang kompleks. Laravel menawarkan varian kerangka kerja berbeda yang dioptimalkan untuk berbagai pendekatan implementasi. Dari situs web e-niaga klasik hingga aplikasi satu halaman yang sangat dinamis atau antarmuka waktu nyata, Laravel mencakup semuanya.

Dengan Laravel Anda mendapatkan kerangka kerja komprehensif yang mempertimbangkan semua aspek aplikasi web, memberikan solusi, dan selalu berfungsi sebagai satu kesatuan. Dari alat yang digunakan pengembang untuk memelihara dan mengelola proyek, hingga fungsi tambahan seperti pengumpulan pembayaran atau pertukaran data secara real time serta berbagai layanan server, semua yang diperlukan untuk implementasi dan pengoperasian solusi web profesional disertakan. Adapun laravel paling umum digunakan untuk :

  • Sistem pengemasan modular dengan manajemen ketergantungan. Ini berarti Anda dapat dengan mudah menambahkan fungsionalitas ke aplikasi Laravel Anda tanpa menulisnya dari awal. Anda dapat membuat paket Anda sendiri untuk kode yang biasa Anda gunakan atau menginstal paket siap pakai melalui Composer.
  • Sistem otentikasi lengkap Pengujian otomatis yang disediakan sebagai bagian integral dari Laravel.
  • Pemetaan objek-relasional karena ORM fasih yang disertakan dengan Laravel menyajikan tabel database sebagai kelas untuk memudahkan akses dan manipulasi data.
  • Antarmuka baris perintah (CLI) yang hadir dengan lusinan perintah yang dibuat sebelumnya (Artisan).
  • Lingkungan pengembangan virtual portable. Homestead menyediakan pengembang dengan semua alat yang diperlukan untuk mengembangkan Laravel langsung dari kotaknya.

 

Baca Juga  :   Profesi Web Developer : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya

 

Skill yang Harus Dikuasai Laravel Developer

Para pengembang Laravel harus memiliki dasar yang kuat dalam membuat dan merancang kerangka kerja Laravel. Namun, mereka harus terampil dalam berbagai aspek teknologi. Berikut adalah daftar keterampilan Laravel yang harus diperhatikan.

  • Pemahaman mendalam tentang bahasa web dasar: HTML, CSS, dan JavaScript.
  • Pengalaman yang solid bekerja dengan PHP, versi Laravel terbaru, Prinsip SOLID, dan jenis kerangka kerja web lainnya
  • Keahlian yang terbukti dalam mengelola layanan API (REST dan SOAP), OOP (Pemrograman Berorientasi Objek), dan MVC.
  • Pengalaman yang dapat dibuktikan dalam pengujian unit menggunakan platform pengujian seperti PHPSpec, PHPUnit, dan Behat
  • Pengetahuan kerja yang baik dalam desain dan optimasi kueri database (MySQL, MS SQL, dan PostgreSQL) dan NoSQL (MongoDB dan DynamoDB).
  • Memahami dengan alat server (Apache, Nginx, PHP-FPM) dan server cloud (Azure, AWS, Linode, Digital Ocean, Rackspace, dll.)
  • Keterampilan komunikasi dan pemecahan masalah yang sangat baik

 

Baca Juga  :    Rekomendasi Aplikasi PHP Editor Terbaik untuk Developer

 

Seorang Laravel developer harus memiliki pengetahuan ahli dalam PHP dan kerangka kerja Laravel dan mahir dalam HTML, CSS dan Javascript. Disamping juga harus memiliki pemahaman yang kuat tentang pola desain OOP dan MVC serta proyek open source seperti Joomla dan osCommerce. Pengembang Laravel memiliki pengalaman menangani API pihak ketiga yang umum dan terbiasa dengan perangkat lunak pengujian unit seperti PHPUnit dan Behat.

Para pengembang ini juga harus memiliki pengalaman berurusan dengan database SQL / NoSQL dan bahasa querinya. Ini termasuk memiliki pengetahuan yang baik tentang alat dan sistem kontrol versi seperti Git dan mengembangkan layanan web dan juga memiliki pemahaman yang baik tentang server cloud seperti Rackspace dan Digital Ocean. Laravel developer juga dituntut untuk kreatif dan mampu memecahkan masalah yang mungkin timbul secara efisien serta memiliki keterampilan komunikasi yang kuat dan kemampuan berpikir analitis.

 

Baca Juga  :    Mengenal Apa itu React Native : Developer dan Pengembangan Aplikasi & Website

 

Tugas Kerja dan Job Desk Laravel Developer

Laravel Developer : Job Desk, Tugas Kerja dan Skill
 

Setiap bidang pekerjaan profesional pasti memiliki bagian- bagian keahliannya tersendiri dengan tugas khusus tersendiri. Dengan cara yang sama, dunia teknologi perangkat lunak telah melahirkan komunitas pengembang yang berspesialisasi dalam berbagai teknologi. Pengembang Laravel seperti pengembang perangkat lunak lainnya, namun satu hal yang membedakan mereka adalah afinitas khusus mereka untuk kerangka kerja Laravel menggunakan bahasa pemrograman PHP. Pengembang Laravel memungkinkan untuk membangun aplikasi web yang sangat fungsional yang meningkatkan pengalaman pengguna.

  • Pengembang Laravel mempunyai tugas kerja yang bertanggung jawab untuk :
  • Membangun dan memelihara aplikasi web modern menggunakan alat pengembangan web standar
  • Menulis kode modular yang bersih dan aman yang telah menjalani pengujian dan evaluasi yang ketat
  • Memeriksa validitas dan konsistensi HTML, CSS, dan JavaScript di berbagai platform
  • Debugging dan menyelesaikan masalah teknis
  • Memelihara dan mendesain database
  • Melakukan tes back-end dan User Interface (UI) untuk meningkatkan fungsionalitas aplikasi
  • Berkolaborasi dengan pengembang lain (front-end, back-end, aplikasi seluler, dll.) dan manajer proyek untuk memindahkan proyek perangkat lunak lebih cepat
  • Mendokumentasikan kemajuan tugas, arsitektur, dan proses pengembangan
  • Mengikuti perkembangan tren teknologi terbaru dan praktik terbaik dalam pengembangan Laravel

 

Baca Juga  :    Profesi Developer : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Laravel adalah kerangka aplikasi web dengan sintaks yang ekspresif dan elegan yang dipercayai para pengembangnya harus menjadi pengalaman kreatif yang menyenangkan agar benar-benar memuaskan. Laravel mencoba menghilangkan kesulitan dalam pengembangan dengan mengurangi tugas-tugas umum yang digunakan di sebagian besar proyek web, seperti otentikasi, perutean, sesi, dan caching.

Selain juga bertujuan untuk membuat proses pengembangan menyenangkan bagi pengembang tanpa mengorbankan fungsionalitas aplikasi mengingat pengembang yang senang membuat kode terbaik. Laravel dapat diakses, namun kuat, menyediakan alat canggih yang dibutuhkan untuk aplikasi yang besar dan kuat. Pembalikan wadah kontrol yang luar biasa, sistem migrasi ekspresif, dan dukungan pengujian unit yang terintegrasi erat memberi Anda alat yang Anda butuhkan untuk membangun aplikasi apa pun yang Anda tugaskan.

Related Post :