Bagaimana Menerapkan Lingking Pada SEO

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 0

Lingking Pada SEO – Linking tidak tanpa huruf g, tidak dengan Park, sebab kita tidak sedang membicarakan sebuah band yang konon katanya mengganti nama karena perkara yang berhubungan dengan domain, dari nama yang seharusnya Lincoln Park yang kebetulan tidak tersedia nama domainnya, menjadi Linkin Park yang masih dapat diregistrasi diregistrasikan linkinpark.com.

Linking yang ingin kita bahas adalah link atau tautan yang ada di sebuah website, baik yang bersifat internal maupun eksternal.

Secara garis besar, links digunakan Google untuk memberikan nilai pada sebuah website serta mengetahui relevansi dari konten antar website yang ada. Di dunia website, link tak hanya memiliki peran yang super penting, tetapi bisa jadi merupakan tugas erbesar dari bot Google, Googlebot, yang setiap saat melakukan crawl

Secara khusus, Yoast SEO, plugins yang saya rekomendasikan Sebagai salah satu pihan yang digunakan, mensyaratkan adanya internal dan eksternal (atau outbound) links dalam parameter SEO nya ketika kita memposting artikel. Artinya, tanpa memiliki link- orlink tersebut, SEO kita belumlah optimal.

Baca Juga : Mengenal Apa itu PBN (Private Blog Network) Pada SEO

Para ahli SEO dari berbagai sumber yang kredibel bersepakat aengan efek positif dari pembubuhan internal dan eksternal links di dalam konten sebuah website. Meski demikian, ada perbedaan cara dalam membuat kedua jenis link tersebut yang harus kita perhatikan secara ketat.

Internal links adalah link antar post atau page dari sebuah website yang sama. Ada banyak sekali kegunaan dari internal links, diantaranya:

(1. Relevansi) sebagai alat navigasi bagi user untuk sementa menemukan bagian lain yang relevan dari sebuah website,

(2 Relasi) membantu untuk membangun sistem hirarki dan struktur dari sebuah website yang menunjukkan hubungan antar konten dan

(3. Value) memberikan nilai bagi laman-laman yang dianggap lebih penting dari sebuah website.

Menggunakan plugin related post adalah salah satu cara untuk crang memasukkan internal links pada website kita. Tapi itu saja tidak cukup karena hanya akan memenuhi satu unsur saja: relasi. Kita perlu meletakkan link persis di dalam post dengan beberapa variasi anchor text untuk memenuhi kedua unsur lainnya relevansi dan value. Maka masukkan link menuju laman-laman yang berhubungan di dalam artikel dengan menggunakan anchor keyword, frasa keyword, click here, klik disini, visit here dan lain sebagainya

Untuk memberikan value, kita dapat memberikan link dari beberapa post yang berhubungan ke sebuah laman terpnting  yang ingin dioptimasi. Ini akan memberitahu Google jika laman tersebutlah yang ingin ditonjolkan dari website kita: The Cornerstone Content.

Cara lain yang biasanya ditempuh untuk memberikan value pada Cornerstone Content adalah membuat link yang bersifat sitewide, artinya yang akan muncul di semua laman website. Link tersebut dapat diletakkan di header, sidebar maupun area footer

Sementara itu, eksternal links atau outbound links atau outgoing links adalah link dari website kita menuju website lainnya. Ketika nanti Anda melihat betapa pentingnya backlinks pada offpoge seo yang akan kita bahas di bab selanjutnya, aktivitas ini seolah menjadi sesuatu yang dilematis. Lha wong kita disuruh setengah mati mencari backlinks, kok ini malah memberikan backlinks ke seo ya orang lain?

Memang sekilas sepertinya rugi.

Rugi kalau kita tidak tahu caranya. Kalau paham, ya untung.

Perlu diketahui, tujuan dari memberikan eksternal links kepada website lain adalah untuk memberitahukan Google informasi tentang website, konten dan niche mana saja yang relevan. Hal tersebut akan mempermudah Google mengenali apa yang ada di dalam website kita

Agar memberikan keuntungan bagi SEO, bukan kerugian, maka erpekita perlu melakukan 3 hal. Hal pertama, berikan eksternal links hanya kepada high authority website saja seperti wikipedia. Facebook, Twitter, Pinterest, Youtube, Reddit dan lain sebagainya. Hal kedua, gunakan atribut nofollow pada eksternal link, bisa secara manual atau menggunakan plugins nofollow. Hal ketiga. buat eksternal link terbuka di new window supaya pengunjung tidak secara langsung meningkatkan website kita ketika melakukan klik.

Untuk menunjang SEO yang maksimal, idealnya kita memasukkan setidaknya 1 internal link di setiap post yang kita miliki.

 

Related Post :