Macam-Macam Ekstensi Domain yang Perlu Kamu Ketahui Serta Fungsinya

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Apakah Anda sedang berpikir untuk membeli nama domain untuk situs web baru atau proyek online Anda? Lalu apakah Anda sudah memahami apa yang dimaksud dengan domain? Mengingat banyaknya ekstensi nama domain, apakah itu membuat Anda kebingungan dan tidak tahu memilih yang mana satu yang paling tepat untuk keperluan Anda?

Dalam memilih sebuah ekstensi domain, tentunya ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Anda tidak hanya harus menemukan nama domain yang sempurna untuk situs web atau bisnis Anda, tetapi Anda juga harus menemukan ekstensi nama domain yang tepat. Ini bisa jadi sulit, terutama bila Anda tidak yakin apa sebenarnya ekstensi nama domain dan kegunaanya.

Umumnya ekstensi nama domain adalah konsep yang mudah dipahami. Bagian paling menantang tentang ekstensi nama domain adalah memilih ekstensi yang tepat yang akan mewakili situs web Anda sebaik mungkin. Di bawah ini adalah penjelasan yang membahas seluk beluk ekstensi nama domain, sehingga Anda dapat memilih yang tepat untuk website baru Anda.

 

Pengertian dan Tipe Ekstensi Domain

Macam-Macam Ekstensi Domain yang Perlu Kamu Ketahui Serta Fungsinya
 

Ekstensi nama domain adalah bagian terakhir dari sebuah nama domain. Misalnya, di www.idcloudhost.com, maka ekstensi nama domainnya adalah .com. Kemudian Anda juga akan melihat ekstensi nama domain yang disebut sebagai domain level teratas atau top-level domains (TLD). Nama domain dan ekstensi nama domain Anda memberi Anda nama domain yang berfungsi yang dapat diketikkan oleh audiens target Anda di browser mereka untuk mengakses situs web Anda.

Adapun beberapa jenis ekstensi nama domain yang tersedia adalah :

  • Ekstensi Domain Generik

    Ini adalah bentuk ekstensi domain yang paling umum yang Anda hanya bisa memilih antara .com, .org, dan .net. Namun, dalam beberapa tahun terakhir jumlah domain tingkat atas generik telah naik pamor sehingga sekarang Anda akan menemukan banyak nama domain tingkat atas yang unik untuk dipilih seperti .beer, .blog, dan banyak lagi.

  • Ekstensi Domain Bersponsor

    Gaya ekstensi domain ini dibatasi untuk jenis organisasi dan grup tertentu. Untuk mendaftarkan domain jenis TLD ini, Anda harus memenuhi persyaratan tertentu dan ada batasan tentang siapa yang dapat mendaftarkan domain tersebut. Contoh umum dari ini adalah ekstensi domain .aero, .gov, dan .edu.

  • Ekstensi Domain Terbatas Generik

    Jenis ekstensi domain ini mirip dengan domain tingkat atas generik, tetapi ditujukan untuk jenis situs web yang lebih spesifik. Saat Anda mendaftarkan ekstensi domain ini, Anda biasanya perlu memberikan lebih banyak informasi tentang situs web Anda dan tujuan yang dimaksudkannya pembuatan dari situs tersebut. Beberapa contoh TLD ini termasuk .name dan .pro.

  • Ekstensi Domain Kode Negara

    Setiap negara memiliki TLD sendiri yang membantu mengidentifikasi situs tersebut sebagai dari negara tertentu. Ekstensi umum termasuk .co, .uk, dan .us. Namun, ekstensi ini lebih fleksibel dan dapat digunakan lebih dari sekadar mengidentifikasi lokasi. Misalnya, ekstensi domain .co adalah TLD untuk Kolombia, tetapi juga dapat digunakan oleh bisnis dan startup di seluruh dunia.

 

Baca Juga  :     Apa itu Domain : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Rekomendasinya

 

Macam dan Jenis serta Fungsi Ekstensi Domain

Macam-Macam Ekstensi Domain yang Perlu Kamu Ketahui Serta Fungsinya
 

Saat ini ada ribuan ekstensi nama domain yang berbeda untuk Anda pilih. Untungnya, tidak semua ini akan berlaku untuk situs Anda, jadi Anda tidak perlu kewalahan dalam mencari TLD yang tepat untuk kebutuhan Anda. Berikut ini pengelompokan ekstensi nama domain paling umum yang tersedia saat ini yang dapat Anda gunakan untuk situs web baru Anda :

  • .com (commercial) TLD paling populer yang pernah ada, ini awalnya dirancang untuk bisnis komersial, tetapi sekarang dapat digunakan oleh individu atau organisasi mana pun di Internet.
  • .biz (business) dirancang untuk digunakan oleh bisnis.
  • .org (organization) paling umum digunakan oleh organisasi non profit, ekstensi domain ini telah berkembang menjadi hampir sama di mana-mana seperti .com. Sekarang siapapun dapat mendaftarkan nama domain .org.
  • .net (network) seperti banyak TLD lainnya, yang satu ini dimaksudkan untuk digunakan oleh jaringan , tetapi sekarang dapat digunakan dan didaftarkan oleh siapa saja.
  • .gov (government) tidak seperti ekstensi domain di atas, TLD .gov terus dibatasi, artinya hanya organisasi pemerintah yang diizinkan untuk menggunakannya.
  • .mobi (mobile) Seringkali perusahaan atau organisasi mendaftarkan nama domain mereka menggunakan .mobi jika mereka menampilkan situs versi khusus seluler.
  • .edu (education) ekstensu ini biasanya tidak tersedia untuk pendaftaran publik, melainkan digunakan oleh perguruan tinggi dan lembaga pendidikan.

 

Baca Juga  :    Tips Memilih Nama Domain untuk SEO yang Baik dan Benar

 

Cara Memilih Ekstensi Domain yang Tepat

Dari bermacam ekstensi domain diatas, kini Anda harus memilih TLD mana yang tepat untuk domain Anda. Meskipun tidak boleh ada domain yang identik, mungkin ada dua versi dari domain yang sama dengan ekstensi yang berbeda. Inilah sebabnya mengapa beberapa perusahaan akan memilih untuk membeli semua ekstensi yang tersedia dari domain mereka, untuk mencegah orang lain menggunakan nama mereka dengan ekstensi yang berbeda.

Meskipun membeli ekstensi lain tidak selalu memberi Anda lebih banyak lalu lintas atau traffic, menurut Moz, Anda dapat membeli beberapa ekstensi terkait dan mengalihkannya ke situs Anda untuk tujuan perlindungan dari brand Anda. Maka ketika Anda sudah memutuskan untuk memilih ekstensi domain, pertimbangkan faktor-faktor berikut :

  • Tujuan pembuatan situs Anda

    Faktor inimungkin hal yang paling penting untuk dipertimbangkan. Saat Anda bekerja untuk memulai sebuah blog, Anda perlu mempertimbangkan seperti apa metode selanjutnya dan jika Anda ingin menjalankan bisnis online, maka ekstensi .com bisa bermanfaat. Jika bloge yang Anda buat adalah untuk kepentingan sebuah organisasi, maka ekstensi .org yang bisa menjadi pilihan yang tepat. Tapi jika Anda memiliki blog hanya untuk tujuan membuat jurnal online, ekstensi seperti .me bisa menjadi solusi yang tepat. Terlepas dari itu, TLD yang Anda pilih harus diinformasikan oleh tujuan akhir situs Anda sehingga ada keterpaduan dengan domain.

  • Pertimbangan TLD lokal

    Dengan meningkatnya SEO lokal, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menargetkan area geografis tertentu tempat Anda berada. Ada lebih dari 200 TLD kode negara yang berbeda, jadi Anda harus dapat menemukan sesuatu yang cocok dengan lokasi Anda.

  • Mempertimbangan faktor SEO

    Pengoptimalan mesin telusur atau search engine akan menjadi salah satu faktor utama bagi Anda jika situs Anda berharap mendapat peringkat yang baik. Terlepas dari beberapa informasi yang akan memberi tahu Anda bahwa domain .com memiliki peluang peringkat terbaik, tapi bukan berarti ekstensi yang lain kalah saing hanya karena ekstensi yang satu ini adalah ekstensi yang paling populer.

 

Baca Juga  :   Daftar Nama Domain : Perbedaan, Kegunaan, dan Syarat Pendaftaran

 

Kesimpulan dan Penutup

Setelah menemukan ekstensi domain yang tepat untuk keperluan dan kebutuhan Anda, maka sebaiknya dilengkapi juga dengan nama domain yang baik. Nama domain yang panjang dan rumit berdampak tidak bagus bagi bisnis Anda, karena nama domain adalah menjadi sesuatu yang dapat diketik dengan cepat dan mudah di bilah alamat para pencari.

Jika orang harus Google brand Anda untuk menemukan situs web, maka Anda menyadari domain Anda terlalu rumit. Secara umum, nama harus dibuat sesingkat mungkin tanpa mengorbankan pengucapan nama. Nama tersebut harus mudah diingat, mudah di catat dan menjadi bagian dari brand Anda itu sendiri.

Related Post :