Mailchimp : Pengertian dan Pengaruhnya Pada Email Marketing

Business, Email Marketing / 0 | | 0

Email marketing atau pemasaran email adalah salah satu platform dari digital marketing sebagai pemasaran modern saat ini. Salah satu yang umum digunakan adalah Mailchimp yang banyak digunakan untuk pemasaran email. Fungsi utamanya adalah mengirim buletin dan email otomatis untuk meningkatkan hasil bisnis Anda.

Pemasaran email memungkinkan Anda untuk terhubung dengan pelanggan Anda, melibatkan mereka, dan membangun hubungan jangka panjang yang bermakna sehingga membuat email marketing menjadi saluran yang sangat kuat. Bahkan bisa dikatakan bahwa email adalah cara yang sangat hemat biaya untuk mengembangkan bisnis Anda.

Mengingat email MailChimp telah menjadi alat digital favorit banyak orang untuk mengirim buletin ke sejumlah besar pelanggan, ini juga menjadi salah satu cara terbaik bagi bisnis baru yang ingin memulai langkah mereka meski keterbatasan pada dana. Mari simak selanjutnya mengenai Mailchimp sebagai bagian untuk merampingkan upaya pemasaran email Anda.

 

Memahami Pengertian dan Apa Itu Mailchimp

Mailchimp : Pengertian dan Pengaruhnya Pada Email Marketing
 

 

Mailchimp adalah penyedia layanan email atau email service provider (ESP) yang dibangun dengan tujuan untuk membantu bisnis dengan email dan pemasaran online. Didirikan pada tahun 2001, Mailchimp telah berkembang menjadi salah satu layanan buletin email teratas saat ini. Dengan Mailchimp Anda dapat mengirim buletin dan email otomatis yang akan membantu pemasaran bagi bisnis Anda.

Anda dapat membuat daftar email Anda dengan formulir atau mengimpor kontak Anda yang dikenal. Mailchimp menawarkan template email yang telah dirancang sebelumnya dan pembuat email seret dan lepas. Alat ini memiliki analitik email bawaan dimana dukungan ini karena Mailchimp adalah perangkat lunak yang cukup menarik bagi bisnis untuk memulai dengan pemasaran email. Sejak didirikan pada tahun 2001 dan sekarang memiliki lebih dari 700 karyawan dan lebih dari 14 juta pengguna, tercatat Mailchimp telah mengirimkan email rata- rata lebih dari 1 miliar email per harinya.

 

Baca Juga :    Apa itu Email Marketing : Pengertian, Cara Kerja, Tips & Trick untuk Bisnis/Perusahaan

 

Pengaruh Mailchimp Pada Email Marketing

Di zaman modern saat ini dimana internet telah menjadi bagian hidup yang tak terpisahkan, membuat pemasaran email adalah komponen penting dari sebagian besar strategi bisnis, terutama UKM (usaha kecil dan menengah). Mailchimp sangat penting untuk menjaga kontak dengan pelanggan yang menjadi fondasi dari setiap perusahaan digital.

Umumnya email biasanya memerlukan pendistribusian buletin email reguler dengan penawaran, pembaruan, informasi, dan saran khusus. Disamping itu email juga berfungsi untuk menyertakan tautan ke posting blog terbaru Anda jika Anda memilikinya, baik itu link bagi call to action (CTA), link saluran platform penjualan atau situs resmi dari bisnis Anda. Anda dapat mengotomatiskan proses dengan umpan RSS atau menyertakan tautan secara manual. Selain buletin, Anda juga dapat mengirim email satu kali untuk mempromosikan acara, penawaran khusus atau berita penting.

 

Baca Juga  :    Panduan Lengkap Cara Menggunakan Mailchimp untuk Email Marketing

 

Fitur- Fitur dan Dukungan Terbaik dari Mailchimp

Platform otomatisasi pemasaran berbasis cloud AS dan penyedia buletin email yang diluncurkan di tahun 2001 sebagai layanan berbayar, Mailchimp juga mengadopsi model freemium pada tahun 2009. Penggunanya melonjak tinggi karena adanya pemasaran digital yang membuat Mailchimp salah satu penyedia layanan paling sukses di industrinya dan menawarkan solusinya sesuai dengan prinsip Perangkat Lunak sebagai Layanan atau Software as a Service (Saas). Ini berarti bahwa pelanggan tidak memerlukan perangkat lunak tambahan di komputer atau server mereka tetapi dapat menggunakan antarmuka pengguna berbasis browser untuk mengakses alat tersebut.

Sukses dalam membantu banyak bisnis dalam email marketing mereka, berikut ini beberapa fitur serta dukungan terbaik Mailchimp yang membuat mereka tetap digunakan oleh banyak bisnis hingga sekarang :

  • Desain template fungsional

    Pelanggan memiliki akses ke berbagai templat email yang telah dirancang sebelumnya bersama dengan opsi untuk membuat templat khusus. Fitur ini sangat berguna karena akan meringkas waktu dalam praktik pemasaran.

  • Pembuatan kampanye yang praktis

    Mailchimp memungkinkan pembuatan dan pengiriman kampanye email yang sederhana dan efektif dan memungkinkan pengelolaan daftar pelanggan, penargetan pelanggan, dan laporan terperinci untuk memungkinkan analisis dan, pada akhirnya, mendorong pertumbuhan. Data pelanggan utama ini dirancang untuk mendorong komunikasi yang lebih efektif.

  • Fungsionalitas seluler

    Aplikasi seluler Mailchimp terintegrasi, di iOS dan Android, memfasilitasi pengiriman, pelacakan, dan analisis kampanye email.

  • Kemampuan untuk kustomisasi
    Pengguna platform menggunakan alat untuk mengkategorikan daftar email mereka ke berbagai audiens tertentu. Opsi RSS-ke-email memungkinkan pengiriman buletin email secara otomatis ketika, misalnya, blog bisnis atau kampanye online diperbarui. Otomatisasi pemasaran email yang telah dirancang sebelumnya dan kemampuan untuk menambahkan logo dan lencana adalah fitur lain dari Mailchimp. Daftar email yang ada dapat dengan mudah diimpor dan pendaftaran terintegrasi.
  • Analytics

    Laporan yang dihasilkan mencakup reaksi Twitter pelanggan buletin, bersama dengan wawasan yang diperoleh dari integrasi Mailchimp dengan Google Analytics. Mengingat analytics akan sangat membantu bisnis dalam melihat preferensi pelanggan, maka dukungan ini akan sangat berarti.

  • Fasilitas penargetan

    Alat Mailchimp memungkinkan bisnis menargetkan buletin ke klien berdasarkan kriteria tertentu, misalnya, geolokasi atau riwayat klik. Ini merinci siapa yang merespons atau tidak merespons, buletin, dan siapa yang mengklik apa yang ada di dalam dokumen. Kampanye, seperti pengujian A / B, membantu pengguna mengasah strategi pemasaran sebuah bisnis. Sederhanya ketika dengan mengirimkan email alternatif ke pelanggan yang berbeda dan menganalisis interaksi yang dihasilkan. Pemanenan data pelanggan utama ini dirancang untuk mendorong komunikasi masa depan yang lebih efektif. Pelanggan Mailchimp juga dapat mengirimkan blast email ke daftar pelanggan lengkap mereka, bersama dengan opsi yang lebih spesifik.

  • Bantuan online

    Serangkaian tutorial informatif, baik tertulis maupun video, memungkinkan pengguna platform untuk mendapatkan yang terbaik dari pengalaman Mailchimp membuat bisnis kecil yang baru memulai akan sangat terbantu.

 

Baca Juga  :    Bagaimana Menerapkan Strategi Social Media Marketing yang Sukses Untuk Bisnis Besar/Kecil

 

Layanan Email Marketing Dengan Email Solution IDCloudHost

Mailchimp : Pengertian dan Pengaruhnya Pada Email Marketing
 

Sejak diperkenalkan hingga saat ini, memasarkan produk atau layanan Anda melalui email dapat menjadi cara yang cepat, fleksibel, dan hemat biaya untuk menjangkau pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan mendorong kunjungan situs web berulang. Pemasaran email dapat memungkinkan Anda membuat pesan yang ditargetkan dan dipersonalisasi. Ini dapat membantu Anda membangun hubungan yang bermakna dengan pelanggan Anda selain juga dapat meningkatkan tingkat respons terhadap kampanye pemasaran langsung Anda.

Walau email marketing bisa mendatangkan hasil signifikan, tapi penting untuk tidak menggunakan pemasaran email secara berlebihan. Menerima email pemasaran dapat mengganggu orang jika tidak relevan, terlalu sering atau tidak diinginkan. Selain itu, gunakan penyedia layanan email marketing yang telah terpercaya seperti Email Solution dari IDCloudHost yang akan membantu Anda dalam email professional Anda.

 

Baca Juga  :    Panduan Cara Membuat Akun Zimbra Email di IDCloudhost

 

Kesimpulan dan Penutup

Sangat populer, Mailchimp adalah platform otomatisasi pemasaran yang dirancang dan dikembangkan untuk bisnis yang menggunakan email untuk menjangkau target pasar mereka. Jenis platform ini sangat bagus jika sebuah bisnis ingin melakukan blast email sebagai salah satu cara pemasaran mereka. Terlebih lagi, ini adalah pilihan yang cukup bagus bagi bisnis yang masih mulai meniti.

Mailchimp sendiri adalah alat all-in-one atau serba lengkap di mana Anda dapat mengelola milis Anda, membuat template email khusus, dan memelihara dan mengotomatisasi seluruh kampanye pemasaran Anda. Perusahaan serta bisnis yang ingin memanfaatkan pemasaran email memerlukan alat, seperti Mailchimp, untuk menjalankan kampanye pemasaran mereka dengan baik dan praktis.

Related Post :