Memaksimalkan Tim Marketing di Startup Anda

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Dalam dunia Startup, ada salah satu divisi yang sangat penting yang tidak luput kalah pentingnya dengan divisi lain. Divisi marketing merupakan divisi khusus yang bertanggung jawab mengenai pemasaran perusahaan baik secara online dan offline. Ada banyak sekali kegiatan marketing yang dilakukan, kegiatan ini bertujuan untuk bisa mendapatkan lead hingga konversi ke penjualan untuk mendapatkan income sebanyak mungkin. Baik itu kegiatan marketing yang dilakukan secara offline dan online tentunya pada dasarnya marketing merupakan salah satu divisi yang sangat penting dalam dunia startup.

Pada postingan kali ini, kita akan membahas beberapa posisi yang setidaknya ada pada divisi marketing sebuah startup.

  1. Copy writing
    Hal ini sangat penting mengingat konten merupakan segalanya untuk bisa menyebarkan informasi kepada orang banyak. dalam tim marketing, kebutuhan untuk bisa membuat suatu konten yang informatif merupakan hal yang sangat wajib agar bisa menggaet lebih banyak customer baik dari segi engagement ataupun konversi penjualan.
  2. Data Scientist
    Pada umumnya suatu startup tentunya akan mempunyai banyak sekali data yang belum bisa sepenuhnya diolah menjadi suatu informasi yang penting. Oleh karena itu, tim marketing setidaknya ada data Scientist / analyst untuk bisa membuat suatu decision making pada kegiatan marketing yang akan dilakukan kedepannya.
  3. SEO dan SEM
    Meskipun scopenya yang berbeda, namun setidaknya penerapan SEO dan SEM pada perusahaan sangat penting dan berkaitan satu sama lain. SEO sendiri bisa dibuat dan dimaksimalkan untuk mendapatkan lead secara organik, berbeda dengan SEM yang harus melakukan riset berkali-kali agar mendapatkan target yang sesuai.
  4. Grapich Design
    Kegiatan design sangat penting dalam tim marketing, karena penyampaian konten tidak hanya melalui tulisan namun bisa juga melalui gambar atau visual video yang menarik agar bisa menyampaikan informasi sebaik mungkin.
  5. Social Media Marketing
    Siapa yang tidak menggunakan social media di era saat ini, potensi yang sangat banyak tentunya menjadi market yang sangat empuk bagi suatu perusahaan. Oleh karena itu, Sosial media berperan penting dalam memaksimalkan bisnis dan harus dimaksimalkan sebaik mungkin oleh tim marketing untuk memaksimalkan proses pemasaran secara online dan offline menggunakan social media.

Related Post :