Manfaat dan Cara Melakukan Mind Mapping

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Kadang disebut juga dengan brainstorming, mind mapping adalah cara dan alat yang digunakan untuk berpikir visual yang digunakan untuk menangkap informasi dan ide. Bahkan dengan menggunakan mind mapping terbukti terbukti meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan memori seseorang. Ini dikarenakan sebuah mind mapping biasanya dimulai dengan ide sentral yakni topik yang akan dieksplorasi dan bercabang menjadi tema utama dan pengembangan lebih lanjut dari ide-ide yang memancar dari pusat pikiran ke luar.

Peta pikiran atau mind mapping sendiri merupakan penggambaran pikiran yang mengalir bebas yang bercabang dari konsep sentral dimana organisasi visual diagram mempromosikan brainstorming ide, pencatatan yang efektif, retensi yang lebih kuat, dan presentasi yang berdampak. Adapun pemetaan biasanya berkisar dari yang sederhana hingga yang rumit, dan dapat berupa gambar tangan atau gambar komputer.

Bergantung pada tujuan dan waktu Anda, mind mapping bahkan dapat mencakup elemen yang penuh seni dan memiliki tujuan seperti gambar, gambar, garis melengkung dengan berbagai ketebalan dan berbagai warna. Mari simak mengenai manfaat dan cara menggunakan mind mapping dalam meningkatkan kehidupan yang lebih baik lagi.

 

Manfaat dan Fungsi Menerapkan Mind Mapping

Manfaat dan Cara Melakukan Mind Mapping
 

Secara sederhana, mind mapping merupakan teknik visualisasi dan alat brainstorming yang memungkinkan seseorang untuk mengeksplorasi ide sentral, dan semua topik terkait, secara non-linear. Cukup beragam, mind mapping dapat membantu Anda jika Anda sedang merancang produk baru atau ingin meningkatkan produk Anda dengan cara yang lebih segar dan baru. Maka luasnya manfaat dan fungsi menerapkan mind mapping adalah :

  • Brainstorming

    Dasarnya mind mapping sangat ideal untuk melakukan brainstorming ide-ide seputar sebuah konsep. Ini memfokuskan pemikiran, memunculkan pemikiran lain dan menunjukkan bagaimana mereka berhubungan satu sama lain. Individu atau tim dapat menggunakannya untuk melepaskan kreativitas sambil tetap pada jalurnya.

  • Perencanaan

    Layaknya brainstorming, mind mapping dibuat agar perusahaan, bisnis atau organisasi dapat membuat dan mengambil keputusan untuk merencanakan acara, rapat, atau proyek dengan teknik ini.

  • Mempelajari dan menganalisis

    Penelitian telah menunjukkan peningkatan retensi memori setelah menerapkan mind mapping. Disamping mind mapping, trik lain yang bisa Anda coba adalah membuat catatan semua hal yang Anda perlukan di mana Anda akan lebih mudah memahami dan menafsirkan materi dimana nantinya Anda bisa menarik keputusan yang tepat.

  • Membantu mengambil keputusan

    Bantuan pemetaan pikiran akan sangat mempermudah dalam memikirkan faktor-faktor yang terlibat untuk sampai pada keputusan yang baik.

  • Presentasi

    Anda perlu melakukan presentasi? Maka manfaatkan mind mapping yang dapat menyajikan ide dengan dampak visual dengan mudah sehingga Anda dapat memproyeksikannya secara nyata di slide Anda.

  • Pengembangan pribadi

    Disamping umum digunakan untuk tujuan bisnis, mind mapping juga dapat diterapkan dalam penggunaan individu untuk membantu Anda dalam memecahkan masalah atau merancang masa depan Anda dengan mengatur ide-ide yang sekiranya tepat.

 

Baca Juga  :    Customer Value: Pengertian, Faktor, Manfaat, dan Cara Mengukurnya

 

4 Karakteristik dan Cara Melakukan Mind Mapping

Pemetaan pikiran menggunakan konsep pikiran yang penuh ide yang mana pikiran memancar keluar dari satu ide yang biasanya diilustrasikan sebagai gambaran. Cabang dari pemikiran ini adalah ide- ide yang mengalir ke belakang dan ke depan dari dan ke ide sentral. Berikut adalah empat karakteristik utama dari sebuah mind mapping :

  • Sering dinyatakan secara grafis sebagai gambar, maka elemen pertama adalah konsep kunci.
  • Dari konsep kunci atau gambar kemudian memancar keluar cabang-cabang dimana setiap cabang tersebut mengandung konsep kunci lain yang merupakan subset dari konsep utama.
  • Kemudian terlampir pada cabang-cabang utama ini adalah cabang-cabang lain yang mewakili konsep-konsep yang kurang penting.
  • Dari semua cabang dan gambar pusat lalu akan membentuk struktur nodal.

 

Baca Juga  :     Profesi Customer Service : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya

 

Jika Anda sudah bisa memahami gambaran singkat mengenai 4 karakteristik, kini saatnya melakukan mind mapping dengan langkah :

  • Pertama tentu saja Anda harus terlebih dulu menentukan konsep utama Anda dalam satu hingga tiga kata dan letakkan di tengah halaman Anda, baik menggambar di atas kertas atau menggunakan perangkat lunak.
  • Dari sini Anda dapat menempatkan ide-ide Anda di sekitarnya sebagai label, kotak atau tanpa kotak, dengan garis-garis yang memancar keluar dari konsep utama Anda.
  • Anda dapat menggunakan label pendek, bahkan satu kata, dan terus bercabang dengan setiap tingkat ide. Kemudian balikkan halaman ke samping (lanskap) untuk jarak dan percabangan yang lebih mudah dan manfaatkan gambar, jika itu sesuai dengan waktu dan tujuan Anda.
  • Agar lebih jelas dan tegas, tidak ada salahnya menggunakan warna yang berbeda untuk setiap tingkat ide untuk menciptakan organisasi visual. Anda juga dapat menggunakan hierarki ukuran label dan ketebalan garis.
  • Gambar garis melengkung atau lurus, mana yang lebih cocok untuk Anda. Kembangkan gaya pribadi Anda, berdasarkan cara Anda menggambar dan berpikir. Ada beberapa aturan seputar pemetaan pikiran seperti Anda dapat memulainya dengan langkah sederhana yang nantinya dapat Anda kembangkan.

 

Baca Juga  :     Customer Journey : Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Membuatnya

 

Siapa Saja yang Dapat Memanfaatkan Mind Mapping

Manfaat dan Cara Melakukan Mind Mapping
 

Sebagai teknik yang bertujuan untuk meningkatkan cara berpikir, mencari ide dan membantu membuat keputusan, mind mapping dapat digunakan oleh berbagai orang untuk berbagai tujuan pula. Siapapun Anda, Anda dapat memanfaatkan teknik mind mapping jika diperlukan termasuk mereka seperti :

  • Tim Pemasaran

    Melakukan bisnis tidak mudah karena Anda harus jeli melihat segala peluang dan mengatasi kendala. Maka lakukan brainstorming, rencanakan, dan jalankan kampanye Anda yang paling inovatif dengan memanfaatkan mind mapping.

  • Manajer Proyek

    Mengelola proyek dengan sempurna dengan perencanaan dari awal hingga akhir juga bukanlah tugas yang cepat, Anda harus melakukan banyak proses dan mengikuti tahap demi tahap. Mind mapping akan membantu Anda memberikan visi yang jelas dalam mengelola proyek Anda.

  • Tenaga pengajar dan pendidik

    Rencanakan kelas Anda berikutnya atau gunakan sebagai alat pengajaran yang unik dan menarik dengan mengambil dan mengeksekusi semua ide- ide yang Anda dapatkan dari mind mapping.

  • Siswa dan murid

    Mengambil dan meringkas catatan di dalam kelas akan sangat membantu para siswa untuk tetap fokus pada pekerjaan mereka. Dengan mind mapping, siswa juga dapat merevisi tugas mereka dengan efektif dan pencatatan yang efisien.

 

Baca Juga  :        CRM (Customer Relationship Management) : Cara Kerja dan Komponennya

 

Kesimpulan dan Penutup

Meski umumnya mind mapping lebih sering dikaitkan dengan psikolog populer Tony Buzan, tetapi sebenarnya pendekatan serupa telah digunakan oleh Porphyry dari Tyros pada abad ke-3 untuk mengkonseptualisasikan ide-ide Aristoteles. Bahkan cara ini juga telah diterapkan oleh pelukis legendaris dunia Leonardo da Vinci dan oleh Picasso, untuk mencari ide dan inspirasi.

Hanya saja mind mapping menjadi lebih umum dan populer ketika Tony Buzan menggunakanya dalam banyak hal hingga membuat skema khusus pada tahun 60 dan 70-an. Buzan juga memberikan penjelasan otoritatif tentang cara menggunakan teknik ini. Mengingat mind mapping alat organisasi yang digunakan untuk mengeksplorasi topik, atau menghasilkan ide, secara non-linear, peta ini diwakili oleh pemikiran sentral yang bercabang menjadi ide-ide yang lebih kecil dan terkait serta dirancang untuk mendorong pemikiran kreatif kita lebih jauh, yang mengarah pada wawasan dan inovasi yang lebih besar.

 

 

 

 

Related Post :