Manfaat Membuat Business Plan dan Rekomendasi Software Terbaiknya Tahun 2022

Business, Content Marketing / 0 | | 2

Tanpa memiliki business plan, akan jauh lebih sulit untuk menarik perhatian investor atau menyampaikan pesan Anda kepada karyawan dan orang-orang yang mungkin tertarik dengan bisnis yang Anda miliki. Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, ketahuilah bahwa ada banyak sumber daya yang dapat membantu Anda membuat business plan atau rencana bisnis yang sukses. Saat ini, Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak business plan gratis yang dapat Anda temukan secara online. Banyak pengusaha saat ini menggunakan perangkat lunak business plan karena berbagai keunggulannya. Ini membantu Anda dalam mengembangkan business plan strategis dan inovatif untuk membantu perusahaan tumbuh sehingga meningkatkan modal.

Menulis business plan yang baik bisa jadi sulit dan memakan waktu, belum lagi beberapa jam yang dibutuhkan untuk menemukan semua informasi yang tepat tentang industri dan pesaing Anda. Business plan yang baik sangat penting bagi setiap pengusaha yang ingin membangun startup mereka sendiri dari awal. dengan rencana yang baik, Anda akan mendapatkan pendanaan dan mencapai tujuan bisnis dengan mudah. Selain itu business plan juga membantu menjalankan tugas Anda sehari-hari termasuk manajemen inventaris serta penggajian karyawan. Jika Anda ingin memulai bisnis, mengembangkan business plan yang kuat akan menjadi salah satu langkah pertama yang harus Anda ambil. Ini akan mencakup semuanya mulai dari penjelasan terperinci tentang produk/layanan Anda dan model penetapan harga hingga setidaknya tiga tahun proyeksi keuangan dll.

Jadi, jika Anda merasa belum yakin dengan business plan yang Anda miliki, atau masih belum mengetahui bagaimana cara membuat rencana yang tepat terhadap bisnis. Anda dapat memanfaatkan business plan digital yang tersedia gratis. dengan planner digital, tentunya ada beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan. Beberapa manfaat serta rekomendasi planner atau software business plan yang terbaik akan dijabarkan pada artikel ini.

 

Baca Juga :  Cara Membuat Business Plan dan Template Terbaik 2022

 

Mengenal Apa Itu Business Plan

Mengenal Apa Itu Business Plan
Business plan adalah dokumen tertulis yang menjelaskan secara rinci bagaimana sebuah bisnis atau startup mendefinisikan tujuannya dan bagaimana cara mencapai tujuan perusahaan. Business plan menjabarkan poin-poin tertulis untuk perusahaan dari sudut pandang pemasaran, keuangan, dan operasional. Business plan juga merupakan dokumen penting yang digunakan untuk audiens eksternal serta audiens internal perusahaan. Misalnya, rencana bisnis digunakan untuk menarik investor sebelum perusahaan memiliki rekam jejak yang terpercaya atau untuk memudahkan pinjaman. Meskipun sangat berguna untuk bisnis baru, setiap perusahaan idealnya harus memiliki rencana bisnis. Rencana tersebut ditinjau dan diperbarui secara berkala untuk melihat apakah tujuan telah tercapai atau telah berubah dan berkembang.

Terkadang, business plan baru dibuat untuk bisnis mapan yang telah memutuskan untuk bergerak ke arah yang baru pula. Beroperasi tanpa business plan biasanya bukan ide yang baik. Faktanya, sangat sedikit perusahaan yang mampu bertahan lama tanpa business plan. Business plan yang baik harus menguraikan semua biaya yang diproyeksikan dan kemungkinan hambatan dari setiap keputusan yang dibuat perusahaan. Business plan bahkan memberi informasi di antara para pesaing dalam industri yang sama. Rencana tersebut harus mencakup setidaknya gambaran umum sebuah industri dimana bisnis Anda akan menjadi bagiannya, dan bagaimana hal itu akan membedakan Anda dari pesaing potensial. Di bawah ini adalah beberapa bagian umum dan penting dari business plan.

  • Executive summary

    Bagian ini menguraikan informasi perusahaan dan mencakup pernyataan visi dan misi serta apapun mengenai kepemimpinan, karyawan, operasi, dan lokasi perusahaan.

  • Produk dan layanan

    Di sini, perusahaan dapat menguraikan produk dan layanan yang akan ditawarkan, dan mungkin juga mencakup penetapan harga, masa pakai produk, dan manfaat bagi konsumen. Faktor lain yang mungkin masuk ke bagian ini termasuk proses produksi dan manufaktur, hak paten yang mungkin dimiliki perusahaan, serta teknologi kepemilikan. Setiap informasi tentang penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) juga dapat dimasukkan di sini.

  • Analisis pasar

    Sebuah perusahaan membutuhkan penanganan yang baik pada industri serta target pasarnya. Ini akan menguraikan siapa pesaing dan bagaimana pengaruh-pengaruhnya dalam industri yang sama dengan bisnis Anda, Selain itu analisis pasar juga membantu Anda mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing. Disisi lain yang juga penting adalah Anda juga akan mendapat gambaran permintaan konsumen yang diharapkan untuk bisnis yang dijual dan betapa mudah atau sulitnya merebut pangsa pasar dari kompetitor.

  • Marketing strategy

    Area ini menjelaskan bagaimana Anda dan perusahaan akan menarik dan mempertahankan basis pelanggan dan bagaimana cara menjangkau konsumen. Ini berarti saluran distribusi yang jelas harus digariskan. Disini Anda juga akan menguraikan rencana kampanye periklanan dan pemasaran melalui jenis media yang cocok untuk bisnis Anda.

  • Perencanaan keuangan

    Untuk menarik pihak yang membaca rencana bisnis, perusahaan harus menyertakan perencanaan keuangan dan proyeksi masa depan. Laporan keuangan, neraca, dan informasi keuangan lainnya dapat dimasukkan untuk bisnis yang sudah mapan. Sebagai gantinya, bila bisnis Anda baru, Anda dapat menyertakan target dan perkiraan untuk beberapa tahun pertama perjalan bisnis Anda kepada calon investor.

  • Anggaran

    Setiap perusahaan yang baik perlu memiliki anggaran. Ini termasuk biaya yang terkait dengan staf, pengembangan, manufaktur, pemasaran, dan biaya lain yang terkait dengan bisnis.

 

Baca Juga :  Memahami Pentingnya Business Plan Dalam Memulai dan Menjalankan Bisnis yang Sukses

 

Manfaat Business Plan

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk memulai bisnis, Rencana Bisnis dapat membantu Anda memeriksa kelayakan bisnis sebelum menginvestasikan terlalu banyak waktu atau uang di dalamnya. Ini juga memberikan wawasan tentang langkah-langkah yang harus diambil, sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Berikut adalah beberapa manfaat dari business plan jika Anda menerapkan pada bisnis yang Anda miliki.

  • Meningkatkan kejelasan

    Rencana bisnis dapat memberikan kejelasan pada proses pengambilan keputusan mengenai aspek-aspek kunci bisnis seperti investasi modal, sewa, sumber daya, dll. Anda tidak dapat melakukan semuanya karena idealnya business plan yang baik akan membantu Anda mengidentifikasi prioritas dan tonggak penting bisnis untuk menjadi fokus.

  • Alur pemasaran yang jelas

    Pemasaran adalah aspek penting dari rencana bisnis. Pada aspek pemasaran, business plan akan membantu untuk menentukan sasaran pasar, sasaran pelanggan dan bagaimana Anda akan mempromosikan serta menempatkan produk atau layanan Anda ke pasar.

  • Mendukung pendanaan

    Apakah Anda sedang mencari kredit dari bank atau modal dari investor? business plan dapat menjawab pertanyaan tentang profitabilitas dan pendapatan bisnis Anda, sehingga Anda dapat dengan mudah untuk mengajukan pinjaman jika status keuangan jelas.

  • Membuat karyawan betah

    Agar bisnis berhasil, menarik pekerja dan mitra berbakat sangat penting. Tujuan dari business plan selanjutnya adalah membantu mendatangkan talenta yang tepat, pada waktu yang tepat. Tidak jarang karyawan ada yang ingin memahami visi da misi serta bagaimana bisnis akan mencapai tujuannya, dan bagaimana mereka dapat berkontribusi dalam peran mereka sendiri.

  • Terstruktur dan teratur

    Sebuah rencana bisnis menyediakan struktur dan mendefinisikan tujuan manajemen bisnis. Ini menjadi alat referensi untuk menjaga bisnis tetap pada jalurnya dengan target penjualan dan pencapaian operasional. Ketika digunakan dengan benar dan dikonsultasikan secara teratur, ini dapat membantu Anda mengukur dan mengelola area fokus prioritas bisnis.

 

Baca Juga :  Business Plan : Komponen Pembuatannya dan Manfaatnya Dalam Menjalankan Bisnis

 

Rekomendasi Software Business Plan 2022

Rekomendasi Software Business Plan 2022
Perangkat lunak business plan menghilangkan kerja keras dalam menulis rencana bisnis dengan menyederhanakan proses mulai dari awal perencanaan bisnis Anda. Perangkat lunak ini memastikan Anda memiliki semua detail yang tercakup tidak hanya untuk memandu jalannya bisnis Anda tetapi juga untuk membantu menarik calon investor jika Anda mencarinya. Adapun software business plan 2022 yang terbaik dan dapat Anda coba adalah sebagai berikut :

  • Bizplan

    Salah satu alasan pengusaha menghabiskan banyak waktu untuk membuat rencana bisnis yang terperinci adalah untuk menarik investor. Tanpa rencana yang komprehensif dan menginspirasi, menemukan orang yang dapat membiayai awal dan pertumbuhan bisnis Anda hampir tidak mungkin. BizPlan tidak hanya memberi Anda alat yang dibutuhkan untuk membuat rencana yang dapat diperhatikan oleh investor, tetapi juga memberi Anda platform yang dibutuhkan untuk membuat koneksi penting tersebut. Karena itulah BizPlan menjadi pilihan sebagai software business plan terbaik untuk mengumpulkan modal. Prosesnya dirancang untuk memecah hal-hal menjadi bagian-bagian kecil yang mudah dipahami, sehingga Anda tidak kewalahan oleh prosesnya. Ada template drag-and-drop dan pelacak kemajuan, sehingga Anda tahu dimana proses rencana bisnis Anda.

  • Enloop

    Salah satu aspek terpenting dari rencana bisnis adalah porsi keuangan. Mengembangkan rencana yang menunjukkan kapan bisnis Anda akan menjadi menguntungkan dan berapa banyak uang yang dapat Anda hasilkan secara realistis adalah yang paling penting, terutama jika Anda ingin meningkatkan modal investasi. Enloop adalah pilihan sebagai perangkat lunak rencana bisnis terbaik untuk proyeksi keuangan karena menyediakan semua yang Anda butuhkan untuk menunjukkan seberapa layak secara finansial bisnis Anda. Perangkat lunak ini memandu Anda melalui proses menghasilkan prakiraan keuangan yang mudah dipahami. Dengan Enloop, Anda tidak perlu berpengetahuan layaknya financial officer untuk menyusun rencana keuangan yang mengesankan.

  • GoSmallBiz

    GoSmallBiz adalah solusi ideal untuk bisnis yang baru dimulai. Perangkat lunak ini membuat pembuatan rencana Anda menjadi mudah. Selain itu, ia menyediakan layanan lain yang dianggap berharga oleh bisnis baru. GoSmallBiz adalah pilihan selanjutnya sebagai perangkat lunak rencana bisnis terbaik untuk pemula. GoSmallBiz adalah layanan berbasis cloud. Perangkat lunak ini memiliki semua yang dibutuhkan usaha baru untuk beradaptasi dari sebuah ide ke dunia nyata. Ini menawarkan templat khusus industri, panduan langkah demi langkah yang membuat pembuatan rencana bisnis terperinci menjadi mudah, dan tutorial video ahli untuk memastikan Anda membuat rencana yang akurat dan masuk akal. Selain itu, perangkat lunak ini menawarkan semua alat yang Anda butuhkan dari sudut pandang keuangan. Perangkat lunak ini dengan mudah memungkinkan Anda membuat proyeksi dan laporan keuangan multi-tahun, melakukan analisis penjualan dan laba, meninjau pendapatan, arus kas, dan neraca. Yang benar-benar membuat GoSmallBiz menonjol untuk startup adalah semua layanan tambahan yang tersedia. Meskipun Anda hanya membeli akses ke software business plan ini seharga kurang lebih 213 ribu rupiah per bulan, Anda dapat memanfaatkan sejumlah layanan bermanfaat lainnya termasuk konsultasi bisnis tanpa batas, pembuat situs web, manajer hubungan pelanggan, dasbor pemasaran digital, analisis situs web, dan pembuat dokumen SDM.

  • LivePlan

    LivePlan adalah aplikasi perangkat lunak yang di hosting cloud yang memiliki semua alat yang dibutuhkan pengusaha untuk memulai usaha mereka dengan benar. Ini adalah pilihan untuk Anda selanjutnya sebagai perangkat lunak business plan terbaik secara keseluruhan. LivePlan memiliki 500 template untuk setiap jenis bisnis. Setelah Anda memilih template, software akan memandu Anda melalui setiap fase rencana langkah demi langkah. LivePlan diisi dengan semua alat yang Anda cari dalam perangkat lunak business plan, termasuk keuangan otomatis, prakiraan keuangan drag-and-drop, lembar kerja penganggaran, bagan dan grafik otomatis, dan sejumlah dasbor kinerja. Perangkat lunak ini memungkinkan Anda untuk memulai dengan business plan dengan satu halaman yang sederhana.

 

Baca Juga :  Simak Tutorial Cara Membuat Business Plan dan Contohnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Business plan memiliki banyak tujuan. Sebelum memulai bisnis, business plan sederhana memungkinkan calon pengusaha untuk menyempurnakan ide bisnis dan menjabarkan visi dan misi perusahaan. Ketika Anda mencari pendanaan atau perencanaan untuk ekspansi, business plan yang komprehensif hampir selalu menjadi sebuah keharusan. Selain itu business plan juga dapat membantu Anda memproyeksikan masalah, membuat penyesuaian dan merencanakan solusi yang tepat.

Kelancaran bisnis dan perusahaan Anda tentu tidak luput dari perencanaan yang matang dari segala aspek. Dengan berkembangkan dunia teknologi, sudah saatnya Anda memanfaatkan berbagai perangkat lunak yang tersedia gratis untuk membantu jalannya bisnis Anda. Semoga informasi mengenai business plan serta rekomendasi software dari artikel ini dapat membantu menyelesaikan masalah perencanaan bisnis Anda di tahun 2022 ini.

Related Post :

popup image