Manfaat Mempunyai Toko Online Bagi Bisnis dan Panduan Cara Membuatnya

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 1 | | 0

Majunya era digitalisasi global juga turut membuat industri e-commerce semakin berkembang pesat dari tahun ke tahun. Preferensi masyarakat mulai bergeser dengan lebih banyak hadir secara online baik itu untuk bekerja, belajar, mencari hiburan bahkan berbelanja. Ini dikarenakan banyaknya dukungan dan kemudahan yang bisa didapatkan dari berbelanja online, salah satunya adalah tidak adanya lagi batas geografis dan siapa saja bisa berbelanja online dari mana dan kapan saja.

Karena melihat besarnya antusias dari banyak pembeli online dan juga besarnya pasaran online hingga bisa mencapai tempat atau wilayah yang dulunya tidak bisa dijangkau oleh bisnis fisik tradisional, membuat banyak pengusaha ingin juga membuka toko online mereka. Meskipun menjadi penjual dan memiliki toko online adalah hal yang sudah biasa di saat ini, namun banyak juga pebisnis online pemula yang merasa kebingungan.

Menjual produk secara online menggunakan arbitrase online bukanlah hal yang mudah. Namun, teknologi membuatnya lebih mudah untuk membangun toko online dengan lebih cepat. Tidak diragukan lagi, peluang menjual secara online telah membantu beberapa bisnis menghasilkan lebih banyak dan tumbuh dengan sukses. Jika Anda tertarik untuk meluncurkan bisnis mandiri Anda sendiri, simak panduan dasar mendirikan bisnis online pertama Anda dibawah ini.

 

Manfaat Jika Berbisnis Online

Manfaat Mempunyai Toko Online Bagi Bisnis dan Panduan Cara Membuatnya
 

Baik brand besar yang sudah mempunyai nama atau pebisnis kecil kini beralih berjualan online yang membuat tren toko online menjadi semakin populer. Faktanya, banyak konsumen yang lebih suka berbelanja secara online karena siapapun bisa berbelanja kapan saja dan dimana saja. Jika membutuhkan sesuatu, kebanyakan orang memilih membelinya secara online dan dikirimkan langsung ke rumah. Berikut merupakan beberapa manfaat dari menjalankan bisnis online.

  • Biaya pengoperasian yang rendah

    Secara umum, menjalankan toko online jauh lebih murah untuk persiapan dan pengoprasiannya. Tentu saja masih ada biaya yang terlibat, seperti hosting situs web, domain web, pemasaran digital, dan biaya platform jika Anda menjual melalui platform yang besar. Anda mungkin juga perlu melakukan outsourcing seperti pengembangan situs web, pembuatan merek, strategi pemasaran, fotografi, dan copywriting.

  • Proses pembelian lebih cepat

    Pelanggan dapat menghabiskan lebih sedikit waktu untuk berbelanja sesuatu yang dibutuhkan. Tidak hanya itu, pelanggan juga dapat dengan mudah menelusuri banyak jenis produk sekaligus. Ini juga dapat membantu memudahkan pelanggan untuk mendapatkan barang yang tidak ada di toko offline di wilayahnya.

  • Cantuman toko dan produk yang jelas

    Toko online lebih tertata karena semua daftar produk yang mereka jual bisa dilihat oleh pelanggan dan sekiranya ada produk yang habis terjual, maka pelanggan tidak perlu lagi mencari-cari. Kerapian dan penataan ini adalah salah satu toko online selain juga pemilik toko dapat mempersonalisasi daftar produk dengan nama dan kode produk.

  • Fleksibilitas berbelanja

    Kelebihan situs web toko online memungkinkan pembeli untuk membaca produk dengan teliti dan membuat keputusan pembelian kapan saja, baik siang maupun malam. Hal ini membuat pelanggan menjadi lebih mudah untuk berbelanja, dan aksesibilitas semacam itu merupakan keunggulan kompetitif yang sangat besar. Sebagai pemilik bisnis, hal ini juga memungkinkan Anda menghasilkan penjualan bahkan saat Anda sedang beristirahat sekalipun.

  • Iklan dan pemasaran yang terjangkau

    Mengandalkan iklan digital jauh lebih hemat biaya daripada iklan cetak. Periklanan pay-per-click dibangun dengan menargetkan pelanggan potensial yang terbukti secara online, daripada mengandalkan iklan yang kurang bertarget dan menyeluruh seperti selebaran atau menempatkan iklan di publikasi cetak.

  • Perbandingan produk dan harga

    Dalam e-commerce, penjual dapat membandingkan produk dan harga yang akan memberi alternatif bagus untuk produk yang tersedia dan juga tarif standar, jika kebutuhan produk tidak terpenuhi. Perbandingan lebih cepat secara online dan mencakup banyak produk dapat membantu menghemat waktu saat membuat perbandingan ini, karena semua detail tersedia di situs belanja.

  • Tidak ada batasan jangkauan penjualan

    Toko fisik tradisional mempunya penjualan terbatas, hanya kepada pelanggan yang berada di area tersebut. Sedangkan toko online dapat memperluas bisnis ke seluruh daerah atau bahkan ke seluruh dunia untuk memperluas basis pelanggan dan potensi pendapatan. Menjual secara online juga menawarkan kemampuan untuk memperluas atau meningkatkan persediaan jumlah barang yang dijual, sehingga tidak perlu dibatasi dengan cara yang sama seperti toko offline.

  • Terdapat beberapa metode pembayaran

    Pembeli menyukai personalisasi, hal yang sama berlaku untuk membayar pesanan pelanggan. Jadi jika Anda mempunyai toko online, berikan banyak opsi untuk payment gateway seperti cash on delivery, virtual account, transfer bank, kartu kredit dan debit, fasilitas kredit pay-later dan lain- lain.

 

Baca Juga  :     Cara Membuat Toko Online dengan WordPress dan Rekomendasi Plugins Penjualan Terbaiknya

 

Panduan Cara Membuat Toko Online

Manfaat Mempunyai Toko Online Bagi Bisnis dan Panduan Cara Membuatnya
 

Sebelum Anda membuat toko online, pastikan riset pasar dan kebutuhan dasar bisnis Anda sudah Anda lengkapi. Juga tidak ada salahnya untuk melihat toko- toko online di luar sana dan mencari ide serta inspirasi. Beberapa hal yang bisa Anda tulis dan pertimbangkan dalam menyusun rancangan toko online Anda bisa terinspirasi dari :

  • Paduan warna, font dan estetika keseluruhan toko online
  • Kepraktisan dan fitur dukungan
  • Layanan cepat dan dukungan pelanggan

 

Baca Juga  :    Tips dan Cara Menulis Deskripsi Produk Toko Online Yang SEO Friendly & Benar

 

Itu adalah beberapa hal yang bisa Anda cek dari toko online lain yang bisa juga Anda implementasikan ke toko online milik Anda nantinya. Berikut panduan singkat dan cepat dalam membuat toko online pertama Anda.

  • Menentukan platform dasar pembuatan toko online

    Pembuat e-commerce adalah perangkat lunak online yang memungkinkan Anda membangun toko online Anda sendiri tanpa memerlukan keterampilan teknologi tingkat lanjut dan pengetahuan coding. Walau begitu, Anda juga harus mencari platform yang tepat bagi kebutuhan Anda, baik itu menggunakan platform seperti Shopify atau membuat toko mandiri Anda sendiri dengan WordPress, pilih yang menurut Anda tepat dan sesuai untuk Anda.

  • Memilih paket platform yang sesuai

    Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan platform pembuat toko online besar, maka ujilah terlebih dahulu. Lalu jika Anda telah membuat keputusan, maka tinjau kembali kekurangan dan kelebihan yang mereka tawarkan. Mengingat platform jenis ini menawarkan harga yang bersaing, maka pilih paket yang sesuai untuk Anda, ukuran bisnis Anda dan potensi perkembangannya nanti.

  • Memilih nama domain yang ikonik

    Nama adalah bagaimana Anda akan dikenal dan di kasus ini, adalah bit dalam URL yang mengidentifikasi nama toko Anda. Sebuah nama domain yang baik adalah kunci untuk meluncurkan toko online yang sukses. Hal ini akan membantu membangun kepercayaan pelanggan dan membantu membangun merek Anda.

  • Pilih template yang sesuai dengan ceruk penjualan bisnis

    Dengan template yang tepat, maka Anda dapat membuat situs Anda terlihat bagus tanpa menjadi ahli desain atau melakukan trik coding. Hal yang harus diperhatikan dalam memilih template yaitu fitur yang dibutuhkan toko Anda adalah ceruk penjualan Anda, gaya beranda yang sesuai dengan toko Anda, dan bagaimana Anda ingin pelanggan menavigasi toko Anda.

  • Kostumisasi template sesuai kebutuhan

    Setelah memilih template, Anda bisa memulai untuk menyesuaikannya dengan apa saja yang Anda butuhkan. Untuk menyesuaikan, Anda dapat merubah beberapa hal seperti ukuran teks dan font, skema warna, gambar, video, penempatan produk, fitur, dan lain-lain.

  • Tambahkan dan rapikan produk

    Sekarang Anda telah membuat toko online bergaya menggunakan template, Anda perlu menambahkan produk Anda. Menggunakan pembuat toko online, Anda memiliki kontrol besar atas halaman produk Anda. Hal-hal utama yang Anda perlukan untuk menambahkan produkte termasuk nama, harga, kategori, bahan dasar pembuatan dan berat produk

  • Berikan opsi metode pembayaran

    Selanjutnya, Anda perlu mengatur metode pembayaran Anda yang merupakan bagian penting dalam mendapatkan penjualan. Pembuat situs web e-commerce biasanya memudahkan Anda, serta mengoptimalkan proses sehingga Anda dapat memulai dengan opsi pembayaran terbaik dan paling efektif. Tetapi jika Anda menggunakan platform lain, pastikan Anda mempunyai opsi yang biasa digunakan secara umu di toko online lain.

  • Urutkan pengaturan pengiriman

    Anda telah menambahkan produk dan opsi pembayaran bagi pelanggan untuk membelinya. Selanjutnya adalah memastikan bahwa Anda dapat mengirimkan produk tersebut. Sama seperti opsi pembayaran pastikan juga Anda mempunyai opsi pengiriman yang berbeda agar dapat memenuhi pengiriman kepada semua pelanggan Anda.

  • Pratinjau, uji, dan luncurkan toko online Anda

    Setelah semua keperluan dasar membuat toko online Anda telah terpenuhi, jangan lupa untuk melakukan uji coba lebih dulu, Lakukan pratinjau dan cek kembali apa saja yang sekiranya terlewatkan oleh Anda sehingga bisa diperbaiki karena hal ini untuk memastikan bahwa Anda sudah memenuhi kebutuhan pelanggan Anda dan proses penjualan online Anda tidak terkendala.

 

Baca Juga  :     Keunggulan Shopify untuk Kebutuhan Website Toko Online / Bisnis Online

 

Kesimpulan dan Penutup

Meski toko online adalah sebagian kecil dari produk yang timbul oleh digitalisasi, namun sama seperti bisnis lainnya, sebuah usaha dan bisnis tetap memerlukan pondasi dasar yang harus diperkuat lebih dulu. Ini juga termasuk kerja keras, disiplin dan konsistensi mengingat bisnis online ini bergantung pada pelanggan yang bisa saja memberikan testimonial mengenai pelayanan buruk toko online Anda yang akan sangat berpengaruh pada potensi penjualan berikutnya.

Tidak dipungkiri juga kalau berniaga secara online akan membuka peluang usaha Anda lebih dari sekedar wilayah dimana Anda tinggal. Semakin luasnya cakupan penjualan Anda, maka tentu saja berdampak dengan besarnya keuntungan yang Anda dapatkan. Jadi runut kembali apa saja yang Anda butuhkan dalam membangun toko online Anda agar bisnis online Anda bisa berkembang dan bersaing dengan baik.

Related Post :