Manfaat Menerapkan Marketing Strategy 2022 Pada Bisnis

Business, Marketing / 0 | | 1

Fokus bisnis apa pun adalah mendapatkan sebanyak mungkin klien dan pelanggan melalui pintu pemasaran atau marketing. Marketing strategy adalah kunci untuk menarik audiens dan menghasilkan prospek. Semakin bertambahnya tahun, bisnis-bisnis akan terus meninggalkan cara periklanan tradisional seperti iklan di papan reklame, brosur atau beriklan di televisi. Sebagian besar bisnis yang cerdas sudah mulai mengandalkan pemasaran digital secara eksklusif pada tahun 2022. Alasannya sederhana, karena saat ini telah memasuki era digital yang kuat. Dimulai dari pandemi Covid-19 yang telah memaksa banyak orang untuk memasuki era digitalisasi dan hal ini tanpa sengaja membuat transisi bisnis ke model digital juga semakin pesat sehingga banyak bisnis yang dapat bertahan.

Pergantian cepat ini telah membuat banyak pebisnis menyadari bahwa beralih ke digital itu efektif dan hemat biaya. Pentingnya marketing strategy juga terletak pada kenyataan bahwa setiap pebisnis harus memiliki strategi dalam menyesuaikan pemasaran dengan konsep apapun termasuk konsep digital yang saat ini ternyata menyediakan banyak solusi inovatif sehingga banyak bisnis akan terus memanfaatkan tren ini hingga tahun-tahun berikutnya. Pemasaran digital juga berteman erat dengan generasi muda yang dapat membentuk sebagian besar basis klien/pelanggan baru Anda.

Maka, dapat disimpulkan bahwa marketing strategy saat ini tidak lepas dari pemasaran digital karena tuntutan zaman. Dengan fakta ini, Anda harus segera mengganti marketing strategy Anda jika masih menggunakan strategi tradisional. Belum terlambat untuk mempelajari dan menerapkan marketing strategy yang terbaru untuk bisnis. Ketika menerapkan marketing strategy secara akurat, Anda dapat menarik semua perhatian dari pelanggan bahkan dari seluruh dunia. Oleh karena itu, untuk memenuhi impian ini, Anda harus memulai dengan pondasi yang tepat. Artikel ini telah menyusun informasi mengenai marketing strategy secara terperinci serta apa manfaat yang Anda dapatkan dalam menerapkan marketing strategy pada bisnis di tahun 2022.

 

Baca Juga :  Marketing Strategy : Pengertian, Kelebihan dan Cara Mengembangkannya

 

Mengenal Apa Itu Marketing Strategy

Manfaat Menerapkan Marketing Strategy 2022 Pada Bisnis
 

Marketing strategy adalah petunjuk dari perjalanan bisnis Anda dalam jangka panjang dengan tujuan mendasar untuk mencapai manfaat kompetitif yang berkelanjutan dengan memahami persyaratan dan keinginan calon pelanggan yang Anda targetkan. Dengan kata lain, marketing strategy merupakan teknik komprehensif yang menggabungkan segala sesuatu mulai dari company positioning, komunikasi, mitra strategis, pemasaran, hubungan media, dan menerjemahkan jalur operasional sehingga target pasar yang dapat dicapai melalui strategi yang tepat. Selain itu marketing strategy mencakup pesan utama brand perusahaan Anda, proposisi nilai, informasi tentang kategori sasaran pelanggan, demografi pelanggan, dan elemen kuat lainnya.

Marketing yang efektif dimulai dengan marketing strategy yang dipertimbangkan dan diinformasikan dengan baik. Marketing strategy yang baik ini tentunya akan membantu Anda menentukan tujuan pemasaran yang jelas, realistis, dan terukur bagi bisnis Anda. Selain itu marketing strategy menetapkan arah dan sasaran keseluruhan untuk pemasaran Anda juga. Sebuah marketing strategy dapat dikembangkan untuk beberapa tahun ke depan, sedangkan marketing plan biasanya menggambarkan taktik yang ingin dicapai pada tahun berjalan. Jika dikembangkan dengan baik strategi pemasaran akan membantu Anda mewujudkan tujuan bisnis dan fokus pada tindakan yang diperlukan untuk menjangkau pelanggan yang tepat.

Pastikan marketing strategy keseluruhan Anda praktis dan terukur. Marketing strategy yang baik tidak akan diubah setiap tahun, tetapi direvisi ketika strategi Anda telah tercapai atau tujuan pemasaran Anda telah terpenuhi. Anda mungkin perlu mengubah strategi Anda jika pasar eksternal berubah karena pesaing baru atau teknologi baru, atau jika produk Anda berubah secara substansial.

 

Baca Juga :  Mengetahui Strategi Pemasaran (Marketing Strategy) yang Efektif Beserta Tipenya

 

Manfaat Menerapkan Marketing Strategy 2022

Manfaat Menerapkan Marketing Strategy 2022 Pada Bisnis
 

Menerapkan pemasaran atau marketing dalam bisnis Anda adalah hal yang sudah pasti dilakukan oleh seluruh pengusaha. Namun tidak semua orang akan menerapkan marketing strategy dalam bisnis yang dijalani. Padahal jika Anda meluangkan waktu untuk menentukan strategi-strategi pada bisnis, peluang bisnis Anda untuk berkembang akan semakin besar. Berikut manfaat-manfaat yang akan Anda peroleh jika menerapkan marketing strategy.

  • Dapat mengenalkan brand

    Pemasaran tidak selalu tentang mendapatkan prospek baru dan mengubah orang-orang menjadi pembeli atau pelanggan, tetapi juga terlibat dalam memberi tahu orang tentang nilai dan tujuan bisnis atau perusahaan Anda. Ketika Anda dapat mengkomunikasikan hal-hal ini dengan benar, maka visi dan misi, nilai, serta tujuan perusahaan Anda dapat dicitrakan dengan baik kepada pelanggan. Contohnya adalah Apple, strategi pemasaran mereka pada dasarnya adalah tentang kesederhanaan, keanggunan, desain, dan fungsi. Selain itu, produk Apple sederhana, ramping, indah, dan menawarkan banyak fungsi. Ketika orang berpikir tentang Apple, yang pelanggan pikirkan adalah perusahaan yang selalu menghadirkan produk terbaik, indah, dirancang dengan baik, dan selalu terdepan dalam teknologi.

  • Dapat memahami pelanggan

    Sebelum memulai marketing strategy, Anda harus melakukan riset pasar, dan riset ini akan memberi Anda data yang akan sangat membantu dalam mendapatkan informasi tentang cara mengetahui produk yang tepat untuk dikembangkan, untuk mengikuti tren, dan perubahan apa yang akan dilakukan dalam pasar. Dengan marketing strategy yang tepat, Anda dapat mengetahui perilaku target audiens Anda di dunia bisnis, memiliki akses mengenai informasi terperinci tentang pelanggan Anda juga merupakan kunci untuk memberikan produk dan layanan yang efektif sehingga data yang dikumpulkan biasanya disebut big data. Data ini memberi Anda informasi mendalam tentang pelanggan Anda dalam informasi yang mencakup aktivitas online mereka, aktivitas pembelian, dan interaksi dengan toko-toko lain.

  • Membawa pelanggan baru

    Mengakuisisi atau mendapatkan pelanggan baru adalah tujuan utama dari marketing strategy, tanpa menarik atau mendapatkan pelanggan baru, bisnis Anda tidak akan berkembang, Anda bahkan mungkin akan melihat penurunan penjualan. Melalui marketing yang efektif, Anda dapat menjangkau audiens yang sangat besar, baik itu melalui media sosial, optimisasi mesin pencari, iklan berbayar, YouTube, dll. Selain itu Anda juga harus tahu apakah pelanggan masih menyukai dan puas untuk membayar pelayanan yang Anda beri atau tidak. Jika pelanggan mulai kurang menyukai produk atau jasa Anda dengan adanya komplain, maka Anda perlu meningkatkan produk dan layanan Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka. Jika tidak, produk bagus yang Anda miliki tidak akan berarti apa-apa bagi pelanggan. Tetapi jika mereka senang dengan produk Anda, mereka tidak hanya akan membelinya, mereka akan mempromosikan produk Anda kepada keluarga, teman, kolega, tetangga, dll. Dengan ini, Anda mendapatkan pelanggan baru dan akhirnya meningkatkan pendapatan.

  • Membangun hingga meningkatkan reputasi perusahaan

    Manfaat lain dari marketing strategy adalah Anda dapat meningkatkan reputasi perusahaan Anda. Semakin terkenal bisnis Anda, maka akan semakin panjang umur perusahaan. Mempertimbangkan hal ini, aman untuk mengatakan bahwa reputasi Anda menentukan ekuitas brand. Dalam bisnis atau perusahaan, sejumlah besar kegiatan pemasaran diarahkan untuk membangun ekuitas brand perusahaan. Selain itu status bisnis Anda menjadi terpercaya dari waktu ke waktu ketika memenuhi harapan pelanggan. Jika reputasi terbangun, maka pelanggan bangga membeli produk Anda. Yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan komunikasi PR, strategi CSR, dan branding yang efektif untuk memastikan reputasi bisnis Anda tetap terjaga.

 

Baca Juga :  Panduan Sukses Marketing Strategy 2022

 

  • Membentuk kepercayaan pelanggan

    Marketing dapat membantu dalam membangun hubungan antara bisnis dan pelanggan, Anda perlu menjaga hubungan seperti kepercayaan dengan pelanggan-pelanggan yang Anda miliki. Membentuk kepercayaan pelanggan dapat dimulai dari riset pasar untuk mengetahui lebih banyak tentang pelanggan secara demografi, perilaku konsumen, dan psikografis mereka. Tindakan ini disebut segmentasi, segmentasi membantu Anda memenuhi kebutuhan rinci pelanggan, dengan tujuan mendapatkan kepercayaan. Terlebih lagi merupakan prioritas Anda untuk memberikan apa yang dijanjikan kepada pelanggan sehingga ini membuat konsumen setia pada brand Anda. Pelanggan setia pada akhirnya akan membeli produk Anda. Maka poin kepercayaan antara bisnis dan pelanggan akan membuat bisnis Anda sukses.

  • Dapat menjadi saluran komunikasi

    Selain poin diatas, marketing strategy dapat digunakan sebagai saluran komunikasi untuk menginformasikan pelanggan tentang produk atau layanan saat ini dan yang baru dirilis yang Anda tawarkan kepada mereka. Selain itu pelanggan Anda harus mengetahui lebih banyak tentang penggunaan dan nilai produk serta layanan yang Anda tawarkan, kemungkinan juga informasi tambahan tentang produk atau layanan Anda juga perlu pelanggan ketahui. Marketing menciptakan kesadaran brand dan membuat bisnis Anda menonjol.

  • Meningkatkan penjualan

    Marketing strategy dapat membantu dalam meningkatkan penjualan dengan pemasaran yang efektif, Anda dapat dengan mudah mempromosikan produk dan layanan Anda dan begitu dipromosikan secara efektif. Poin ini meningkatkan peluang Anda untuk memiliki penjualan yang sangat tinggi. Pelanggan ingin mencoba produk dan layanan Anda dan jika mereka menyukainya, kemungkinan besar mereka akan membelinya. Terlebih lagi, jika pelanggan senang dengan produk atau layanan Anda, mereka akan menjadi influencer untuk produk Anda. Mereka akan menyebarkan berita dan akhirnya meningkatkan penjualan Anda.

 

Baca Juga :  Marketing Strategy : Pengertian dan Trik Sukses 2022

 

Kesimpulan dan Penutup

Untuk mengembangkan marketing strategy, penting untuk terlebih dahulu memilih strategi pemasaran untuk tujuan jangka panjang perusahaan. Beberapa strategi tradisional yang masih banyak digunakan oleh perusahaan saat ini. Namun, dunia berada dalam perkembangan media yang konstan sehingga perusahaan juga merasakan tekanan untuk menggunakan jenis strategi pemasaran lain untuk bertahan dan menjalani proses perubahan, inilah mengapa pentingnya strategi pemasaran digital.

Perusahaan harus beradaptasi dengan perubahan perkembangan teknologi, saluran komunikasi, mentalitas pelanggan dan proses yang berbeda karena dunia digital bergerak dengan pesat dari waktu ke waktu. Tidak semua perusahaan menjalankan marketing strategy dengan cara yang sama. Seperti halnya keragaman orang, ada keragaman brand, dan masing-masing brand memiliki preferensi dan kebutuhan tertentu. Tentukan strategi yang paling cocok untuk Anda dan membawa Anda ke audiens yang tepat.

Related Post :

popup image