Manfaat Menggunakan Digital Marketing Specialist Bagi Mendongkrak Laba Bisnis Online

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 1 | | 0

Era digital yang maju saat ini merubah banyak cara berbisnis dan pemasaran global yang kini disebut dengan digital marketing atau pemasaran digital. Digital marketing secara umum diketahui komponen pemasaran yang memanfaatkan internet dan teknologi digital berbasis online seperti komputer desktop, telepon seluler, serta media dan platform digital lainnya untuk mempromosikan produk dan layanan. Perkembangannya selama tahun 1990 an hingga saat ini telah mengubah cara merek dan bisnis menggunakan teknologi untuk pemasaran.

Meskipun strategi ini mungkin masih baru bagi beberapa pebisnis dan lebih sering ditemui pada brand besar, tetap saja usaha kecil harus mempertimbangkan pasar besar prospek online. Tidak ada bisnis kecil dan tidak peduli seberapa barunya bisnis yang Anda jalankan, jangan sampai mengabaikan pasar yang luas ini. Digital marketing juga sudah mulai banyak peminatnya di era sekarang, banyak para pebisnis yang menggunakan teknik digital marketing untuk sebuah bisnis online.

Sebelum mengetahui manfaat dari digital marketing bagi mendongkrak bisnis online, alangkah lebih baiknya Anda mendapatkan pemahaman terlebih dahulu mengenai digital marketing, kekurangan dan kelebihan menggunakan digital marketing. Dari sini Anda bisa membuat langkah dan taktik pemasaran yang lebih efektif bagi bisnis Anda. Mari simak ulasan serta penjelasan singkatnya dibawah ini.

 

Memahami Apa Itu Digital Marketing

Manfaat Menggunakan Digital Marketing Specialist Bagi Mendongkrak Laba Bisnis Online
 

Digital Marketing yang juga disebut pemasaran online, adalah promosi merek untuk terhubung dengan pelanggan potensial menggunakan internet dan bentuk komunikasi digital lainnya. Ini tidak hanya mencakup email, media sosial, dan iklan berbasis web, tetapi juga pesan teks dan multimedia sebagai saluran pemasaran. Pemasaran canggih ini memanfaatkan penggunaan Internet, perangkat selular, media sosial, mesin pencari, dan saluran lainnya untuk menjangkau konsumen.

Beberapa pakar pemasaran menganggap pemasaran digital sebagai upaya yang sama sekali baru yang membutuhkan cara baru untuk mendekati pelanggan dan cara baru untuk memahami bagaimana pelanggan berperilaku dibandingkan dengan pemasaran tradisional. Adapun teknik dari digital marketing adalah dengan menargetkan segmen tertentu dari basis pelanggan dan bersifat interaktif. Teknik pemasaran ini sedang meningkat dan mencakup iklan hasil pencarian, iklan email, tweet yang dipromosikan, dll.

Ini juga termasuk apa pun yang menggabungkan pemasaran dengan umpan balik pelanggan atau interaksi dua arah antara perusahaan dan pelanggan. Tetapi perlu diketahui bahwa pemasaran internet berbeda dari pemasaran digital. Adapun pemasaran internet adalah iklan yang hanya ada di internet, sedangkan pemasaran digital dapat dilakukan melalui perangkat seluler, di berbagai platform, disisipkan ke dalam iklan di video game, atau melalui aplikasi smartphone.

 

Kekurangan dan Kelebihan dari Digital Marketing

Digital marketing menguntungkan bisnis dari semua ukuran dengan memberikan akses ke pasar massal dengan harga terjangkau. Tidak seperti iklan TV atau cetak, ini memungkinkan pemasaran yang benar-benar dipersonalisasi. Selain itu digital marketing juga hadir dengan sejumlah tantangan yang harus Anda waspadai.

 

Keuntungan Menerapkan Digital Marketing

Keuntungan utama dari digital marketing adalah bahwa audiens yang ditargetkan dapat dijangkau dengan cara yang hemat biaya dan terukur. Keuntungan pemasaran digital lainnya termasuk meningkatkan loyalitas merek dan mendorong penjualan online. Berikut yang bisa Anda dapatkan jika Anda menerapkan strategi pemasaran model ini di bisnis Anda :

  • Jangkauan tanpa batas

    Situs web memungkinkan Anda menemukan pasar baru dan berdagang secara global hanya dengan investasi kecil.

  • Biaya lebih rendah

    Kampanye digital marketing yang direncanakan dengan baik dan ditargetkan dengan baik dapat menjangkau pelanggan yang tepat dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada metode pemasaran tradisional.

  • Hasil yang dapat dilacak dan terukur

    Mengukur pemasaran online Anda dengan analisis web dan alat metrik online lainnya memudahkan untuk menetapkan seberapa efektif kampanye Anda. Anda dapat memperoleh informasi terperinci tentang bagaimana pelanggan menggunakan situs web Anda atau menanggapi iklan Anda.

  • Personalisasi

    Jika basis data pelanggan Anda ditautkan ke situs web Anda, maka setiap kali seseorang mengunjungi situs tersebut, Anda dapat menyambut mereka dengan penawaran yang ditargetkan. Semakin banyak mereka membeli dari Anda, semakin Anda dapat memperbaiki profil pelanggan Anda dan memasarkan secara efektif kepada mereka.

  • Keterbukaan

    Dengan terlibat dengan media sosial dan mengelolanya dengan hati-hati, Anda dapat membangun loyalitas pelanggan dan menciptakan reputasi sebagai orang yang mudah terlibat.

  • Mata uang sosial

    Memungkinkan Anda membuat kampanye yang menarik menggunakan taktik pemasaran konten. Konten ini termasuk dalam format gambar, video, artikel yang kemudian dapat memperoleh mata uang sosial lalu diteruskan dari pengguna ke pengguna dan menjadi viral.

  • Tingkat konversi yang ditingkatkan

    Jika Anda memiliki situs web, pelanggan Anda hanya perlu beberapa klik untuk melakukan pembelian. Tidak seperti media lain yang mengharuskan orang untuk bangun dan melakukan panggilan telepon, atau pergi ke toko, pemasaran digital bisa mulus dan langsung.

 

Baca Juga  :    Rekomendasi Aplikasi dan Alat/Tool untuk Digital Marketing

 

Kekurangan Digital Marketing

Meski Anda telah melihat kelebihan penggunaan digital marketing dalam memasarkan produk dan jasa, teknik pemasaran ini juga mempunyai beberapa kekurangan yang harus Anda pelajari juga, yakni :

  • Keterampilan dan pelatihan

    Anda perlu memastikan bahwa staf Anda memiliki pengetahuan dan keahlian yang tepat untuk menjalankan pemasaran digital dengan sukses. Alat, platform dan tren berubah dengan cepat dan sangat penting bagi Anda untuk tetap selaras dengan perubahan yang cepat.

  • Memakan waktu

    Tugas seperti mengoptimalkan kampanye iklan online dan membuat konten pemasaran dapat memakan banyak waktu. Sangat penting untuk mengukur hasil Anda untuk memastikan pengembalian investasi.

  • Persaingan tinggi

    Meskipun Anda dapat menjangkau audiens global dengan pemasaran digital, Anda juga menghadapi persaingan global. Ini bisa menjadi tantangan untuk menonjol dari pesaing dan untuk menarik perhatian di antara banyak pesan yang ditujukan untuk konsumen online.

  • Keluhan dan umpan balik

    Umpan balik atau kritik negatif apapun terhadap merek Anda dapat dilihat oleh audiens Anda melalui media sosial dan situs web ulasan. Melaksanakan layanan pelanggan yang efektif secara online dapat menjadi tantangan. Komentar negatif atau kegagalan untuk merespons secara efektif dapat merusak reputasi merek Anda.

  • Masalah keamanan dan privasi

    Ada sejumlah pertimbangan hukum seputar pengumpulan dan penggunaan data pelanggan untuk tujuan pemasaran digital. Berhati-hatilah untuk mematuhi aturan tentang privasi dan perlindungan data.

 

Baca Juga   :   Cara Membuat Email Marketing untuk Bisnis Online (Tips Email Marketing)

 

Manfaat Menggunakan Digital Marketing Specialist Bagi Mendongkrak Laba Bisnis Online

Manfaat Menggunakan Digital Marketing Specialist Bagi Mendongkrak Laba Bisnis Online
 

Sejatinya, setiap upaya dan jenis pemasaran yang dilakukan setiap bisnis adalah untuk mendapatkan laba serta mencapai target jual yang sesuai. Hanya saja, dengan pergantian zaman, maka inovasi dan teknologi juga berubah yang mana ini akan mempengaruhi bagaimana bisnis beroperasi. Tidak terkecuali bagaimana bisnis akan memasarkan dan menjual produk maupun jasa mereka. Munculnya digital marketing mungkin sangat tepat bagi banyak bisnis dalam skala berbeda sekalipun, tapi belum tentu mereka mengerti dan dapat melakukannya seorang diri.

Oleh karena itu, bisnis dapat menggunakan bantuan dan jasa dari digital marketing specialist yang akan membantu mereka melihat garis besar serta detail pemasaran yang bisa disesuaikan dengan jenis maupun kebutuhan dari bisnis tersebut. Inilah yang akan Anda dapatkan jika Anda memanfaatkan bantuan dari seorang digital marketing specialist dalam memasarkan produk Anda :

  • Hemat biaya

    Salah satu manfaat terbesar dari pemasaran online adalah hemat biaya karena pemasaran ini akan membantu Anda menghemat uang dan mendapatkan lebih banyak prospek. Dengan metode pemasaran tradisional, sulit bagi usaha kecil hingga menengah untuk bersaing dengan perusahaan besar. Bisnis besar memiliki uang untuk dialokasikan untuk iklan TV, radio spot, dan banyak lagi yang membuat sulit bagi usaha kecil untuk bersaing dengan perusahaan besar ini.
    Ada sejumlah anggaran yang harus Anda belanjakan akan mempengaruhi keberhasilan promosi Anda namun Anda bisa melakukannya sesuai dengan anggaran Anda. Ketika Anda bermitra dengan agen digital marketing yang berpengalaman, banyak perusahaan akan bekerja dengan anggaran Anda untuk membantu Anda mendapatkan layanan pemasaran web yang Anda butuhkan. Biaya pemasaran digital yang paling signifikan adalah waktu. Diperlukan waktu untuk menerapkan strategi dan mengembangkan hasil dari strategi tersebut, tapi hasilnya sepadan dengan investasi waktu Anda.

  • Terukur

    Saat Anda menginvestasikan uang ke dalam kampanye pemasaran, Anda ingin melacak hasil kampanye. Penting untuk mengetahui apakah suatu strategi mendorong hasil yang membantu bisnis Anda berkembang. Salah satu manfaat paling signifikan dari strategi pemasaran digital adalah kemampuan untuk mengukur hasil Anda. Meskipun metode tradisional bisa sangat efektif, sulit untuk mengukur keefektifannya.
    Tidak ada cara yang jelas untuk melacak asal usul prospek dengan metode tradisional tanpa bertanya kepada setiap orang yang mengunjungi bisnis Anda. Dengan metode pemasaran digital, Anda dapat melacak hasil kampanye Anda secara akurat. Setiap jenis kampanye memiliki sistem pelacakan. Dari media sosial hingga pengoptimalan SEO, Anda akan dapat melacak hasil kampanye Anda. Anda dapat melacak berbagai metrik dengan setiap kampanye termasuk tayangan, klik, komentar, pembagian, konversi, dan lainnya yang akan memudahkan Anda untuk mengetahui bagaimana kinerja kampanye Anda.

  • Memungkinkan Anda menargetkan pelanggan ideal

    Untuk memiliki kampanye pemasaran yang efektif, Anda harus menjangkau orang yang tepat. Anda harus menjangkau orang-orang yang tertarik dengan bisnis Anda dan yang ingin mendengar dari Anda. Dari semua fasilitas, keuntungan paling signifikan dari pemasaran online adalah kemampuan untuk menargetkan orang secara spesifik.
    Menargetkan orang dengan metode pemasaran tradisional memang sulit. Umumnya, pesan Anda ditujukan kepada semua orang dengan harapan dapat menjangkau orang-orang yang tertarik dengan bisnis Anda. Merupakan tantangan untuk mendapatkan prospek yang cukup untuk membenarkan biaya pemasaran Anda. Pemasaran digital membantu Anda dalam menjangkau orang-orang yang tertarik dengan bisnis Anda. Anda dapat secara khusus menargetkan konsumen yang tertarik dengan perusahaan, layanan, atau produk Anda. Ini adalah tingkat kedalaman yang tidak dapat ditandingi oleh pemasaran tradisional.

  • Menjangkau pelanggan potensial

    Saat pembeli mulai mencari produk, penting bagi Anda untuk membuat dampak lebih awal. Anda ingin mereka mengenal bisnis Anda dan memilih perusahaan Anda daripada pesaing yang mana manfaat pemasaran digital termasuk dapat membantu Anda menjangkau orang-orang di awal perjalanan pembelian. Orang sering beralih ke Internet pada awal perjalanan pembelian karena meneliti dan mencari produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Jika Anda menawarkan produk atau layanan yang mereka inginkan, inilah saat yang tepat untuk memberikan dampak positif. Anda harus bisa membangun eksposur merek yang baik.
    Bahkan jika prospek tidak langsung dikonversi, mereka akan mengingat bisnis Anda yang akan berdampak pada mereka di awal perjalanan pembeli. Ketika mereka mendekati tahap konversi, mereka akan mengingat perusahaan Anda dan memilih bisnis Anda daripada pesaing. Keuntungan pemasaran online ini dapat membantu bisnis seperti milik Anda bersaing dengan pesaing dan mengembangkan pemasaran lebih tepat lagi.

  • Meningkatkan tingkat konversi Anda

    Mungkin salah satu manfaat paling menonjol dari pemasaran digital adalah peningkatan tingkat konversi Anda. Saat Anda berinvestasi dalam strategi pemasaran online, seperti pengoptimalan tingkat konversi (CRO), Anda dapat meningkatkan tingkat konversi Anda.
    Ini karena adanya kemampuan untuk menargetkan prospek yang lebih spesifik. Ketika Anda berfokus pada orang-orang yang lebih mungkin tertarik dengan bisnis Anda, Anda meningkatkan peluang untuk mendapatkan konversi. Perusahaan Anda menghasilkan lebih banyak konversi, yang membantu Anda berkembang.

 

Baca Juga  :    Mengenal Apa Itu Return on Investment (ROI) Dalam Digital Marketing

 

Kesimpulan dan Penutup

Kemampuan digital marketing sudah sangat umum dan bisa ditemukan dimana-mana baik itu dilakukan oleh brand besar atau kecil sekalipun. Ini dikarenakan tipe pemasaran ini lebih sangat sesuai dengan kemajuan dan polah hidup online masyarakat dibandingkan dengan cara marketing beberapa tahun lalu yang sangat terbatas. Teknik ini dinilasi sangat efektif dan mampu beradapatasi dengan cepat.

Tidak mengherankan jika kini juga bermunculan digital marketing specialist yang sangat mengetahui seluk beluk teknik pemasaran yang cukup terbilang baru ini. Mereka mempunyai pengetahuan yang luas dan dapat membantu bisnis dalam menargetkan pemasaran maupun iklan mereka dengan tepat serta merancang strategi yang bisa disesuaikan. Jadi tak ada salahnya jika Anda memutuskan untuk menggunakan bantuan mereka demi mencapai target pasar yang tepat dan menaikkan kurva laba Anda.

Related Post :