Manfaat Menggunakan Google Bisnisku (Google My Business) Bagi Bisnis Kecil dan Besar

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 1

Seiring berjalannya waktu dan ketergantungan masyarakat era modern saat ini pada internet tampaknya semakin meningkat. Baik itu penggunaan untuk membantu banyak sektor kehidupan hingga menggunakan internet sebagai hiburan dan sarana komunikasi utama, membuat apa saja yang ditawarkan di dunia maya selalu dinantikan setiap waktunya.

Dengan umumnya internet dalam kehidupan, maka salah satu yang tidak terpisahkan adalah Google, mesin pencari raksasa terbesar di dunia. Google hadir dalam kehidupan masyarakat modern dengan mesin pencari mereka, platform hiburan YouTube, akun Gmail, Google Assistant hingga juga layanan dalam mempermudah bisnis lokal. Google Bisnisku atau Google My Business adalah alat canggih yang akan membantu para pemilik bisnis untuk ditemukan lebih cepat.

Memanfaatkan Google Bisnisku, sebuah bisnis lokal akan lebih mudah diindeks dan dicari karena adanya bantuan SEO lokal. Ini akan membantu visibilitas yang lebih baik karena akan membuat bisnis tersebut lebih mudah dipahami dan dikunjungi. Sebelumnya dikenal Google Places for Bisnis, Google Bisnisku menawarkan perusahaan peluang fantastis untuk muncul di hasil pencarian Google yang bisa di coba dengan gratis.

 

Mengenal Apa Itu Google Bisnisku (Google My Business)

Bisnis dan usaha di zaman serba maju ini menuntut pemiliknya untuk menjadi lebih kreatif serta aktif dalam setiap tren. Kini pemilik bisnis tidak lagi menunggu sampai pelanggan menemukan mereka, malah pemilik bisnis menjadi lebih aktif dengan bergabung di platform media sosial dan melakukan branding secara online. Disinilah peran Google Bisnisku akan membantu dalam memberi Anda kemampuan untuk mencantumkan lokasi bisnis Anda di Google Maps dan hasil penelusuran lokal.

Anda dapat menampilkan informasi penting tentang bisnis Anda, termasuk waktu buka/tutup, detail kontak, atau tautan ke situs web Anda. Baru-baru ini Google juga merilis fitur baru yang memungkinkan Anda memposting tautan ke artikel atau acara yang akan datang yang ingin Anda jadwalkan. Pemilik bisnis dapat bergabung dengan gratis mengingat ini telah dianggap sebagai kebutuhan oleh semua bisnis. Jika bisnis Anda adalah bisnis online dan Anda tidak memiliki toko fisik, maka Anda harus tetap mempertimbangkan untuk tetap memiliki halaman Google Bisnisku.

 

Bagaimana Cara Kerja Google Bisnisku

Manfaat Menggunakan Google Bisnisku (Google My Business) Bagi Bisnis Kecil dan Besar
 

Langkah pertama adalah membuat cantuman atau list untuk Google My Business (GMB) dengan mengklaim laman Anda atau membuat yang baru lalu memverifikasinya. Dengan GMB, Anda akan dapat membuat situs web sederhana yang akan mendorong lebih banyak pelanggan ke bisnis Anda. Penting juga untuk mengoptimalkan daftar GMB Anda dengan menambahkan kata kunci, CTA (call to action), tanya jawab umum (frequently asked Q&A) serta juga foto/video yang relevan.

Ketika seseorang mencari produk atau layanan, maka daftar pencarian lokal akan mendominasi hasil. Jadi pada saat pengguna menelusuri produk atau layanan Anda di wilayah Anda, halaman Google Bisnisku milik Anda akan ditampilkan di antara cantuman. Informasi dari halaman Anda akan ditampilkan di tiga tempat berbeda berikut ini :

  • Bilah sisi Google
  • Hasil lokal
  • Google maps

 

Berdasarkan tiga daftar diatas, setiap calon pelanggan akan dapat melihat lokasi Anda, kontak dan detail lainnya dari halaman Anda sendiri. Dari semua ini, pelanggan akan melihat bagaimana bisnis Anda secara kehadiran online Anda.

 

Baca Juga  :   Mengenal Apa Itu CRM (Customer Relationship Management) Dalam Bisnis

 

Cara Konsumen Menggunakan Google Bisnisku

Inti dari sebuah bisnis menggunakan Google Bisnisku karena mereka ingin ditemukan dan berbagi informasi mengenai bisnis mereka. Sedangkan konsumen menggunakan Google Bisnisku untuk berbagai alasan, seperti diantaranya :

  • Untuk mengetahui jam buka bisnis
  • Untuk mendapatkan petunjuk arah ke bisnis lokal, atau menemukan alamatnya
  • Untuk menelepon bisnis lokal tanpa perlu mengunjungi situs web mereka
  • Untuk menulis dan membaca ulasan tentang bisnis lokal
  • Untuk melihat foto bisnis lokal dan produk/layanannya
  • Untuk mengunjungi situs web bisnis
  • Untuk melakukan pemesanan online
  • Untuk melihat produk dan layanan yang tersedia
  • Untuk bertanya dan menjawab pertanyaan tentang bisnis lokal

 

Baca Juga  :    Bagaimana Menerapkan Strategi Social Media Marketing yang Sukses Untuk Bisnis Besar/Kecil

 

Manfaat Menggunakan Google Bisnisku (Google My Business) Bagi Bisnis

Akun Google Bisnisku memungkinkan pemilik bisnis dan usaha muncul di hasil penelusuran saat orang mencari mereka secara online. Ini adalah alat gratis yang menjadikannya alat pemasaran yang terjangkau untuk bisnis kecil dan besar. Berikut beberapa manfaat menggunakan GMB bagi bisnis kecil maupun besar.

  • Mempermudah pencarian untuk mendapatkan informasi bisnis

    Adanya profil GMB memudahkan konsumen untuk menemukan informasi seperti nomor telepon bisnis, alamat, kebijakan bisnis, dll. Dengan semua informasi ini mudah ditemukan di daftar GMB bisnis, pencari dapat melanjutkan dengan hal-hal penting, seperti mencari tahu apakah bisnis benar-benar sesuai dengan kebutuhan mereka.

  • Membantu meningkatkan SEO bisnis

    SEO (search engine optimization) adalah proses meningkatkan posisi situs web Anda di halaman hasil mesin pencari dengan lalu lintas web organik dan faktor peringkat lainnya. Memiliki daftar Google Bisnisku adalah salah satu pendorong utama kesuksesan SEO lokal, membantu pelanggan tidak hanya menemukan lokasi fisik Anda tetapi juga menemukan situs web Anda. Sederhananya, Google Bisnisku akan membantu visibilitas website Anda.

  • Berbagi foto dan video yang mewakili bisnis Anda

    Cantuman juga menyertakan opsi untuk memposting foto bisnis Anda dan bahkan video. Menurut Google, bisnis dengan mencantumkan foto akan mendapatkan 35% lebih banyak klik ke situs web mereka daripada yang tidak. Anda dapat mengunggah foto profil, foto sampul, dan berbagai foto lain dari bisnis Anda untuk membuat cantuman Anda semenarik mungkin. Pertimbangkan video pendek yang juga dapat meningkatkan keterlibatan dan menonjolkan profil Anda.

 

Baca Juga  :   Memahami Manfaat dan Penerapan Strategi Video Marketing untuk Bisnis

 

Cara Membuat Akun Google Bisnisku

Manfaat Menggunakan Google Bisnisku (Google My Business) Bagi Bisnis Kecil dan Besar
 

Jutaan bisnis di seluruh dunia menggunakan GMB untuk menonjol dari pesaing dan menarik lebih banyak prospek pelanggan mereka. Bisnis menggunakan platform ini untuk lebih terlibat dengan pelanggan dan mempelajari lebih lanjut tentang preferensi pelanggan yang tepat. Alat canggih ini juga digunakan untuk mengetahui jenis pelanggan yang lebih tepat sehingga bisnis bisa membuat target yang lebih presisi. Adapun cara membuat akun Google Bisnisku adalah :

  • Navigasikan ke beranda Google Bisnisku dan masuk dengan akun Google Anda.
  • Tambahkan nama bisnis Anda.
  • Masukkan alamat bisnis Anda sehingga orang tahu di mana menemukan Anda.
  • Pilih kategori bisnis Anda karena ini memberi tahu Google jenis pelanggan mana yang harus melihat cantuman bisnis Anda.
  • Tambahkan nomor telepon dan situs web bisnis Anda.
  • Verifikasi bisnis Anda.

 

Baca Juga  :    Memahami Apa Itu Marketing Mix : 4p dan 7p Untuk Kegunaan Bisnis

 

Kesimpulan dan Penutup

Setelah Anda menyiapkan dan mengklaim halaman GMB untuk bisnis Anda, langkah selanjutnya adalah memastikan halaman tersebut dioptimalkan dan Anda telah mengisi semua informasi penting. Anda harus berusaha untuk memasukkan informasi sebanyak mungkin pada daftar GMB Anda karena ini akan berdampak baik bagi bisnis Anda. Ketika orang-orang telah melakukan pencarian mereka dan menemukan bisnis Anda di hasil pencarian, langkah mereka selanjutnya adalah mengklik bisnis Anda untuk mengetahui informasi lebih lanjut, seperti detail kontak dan petunjuk arah alamat.

Cara orang mencari berubah dan informasi harus dapat diakses secara instan. Jika Anda belum menetapkan alamat bisnis yang akurat maka tidak akan mudah bagi orang untuk menemukan Anda secara fisik. Jika bisnis Anda tidak mudah ditemukan maka orang akan pergi ke tempat lain seperti lebih memilih pesaing Anda karena mereka mempunyai informasi yang akurat di laman GMB mereka. Sebagai lingkungan bisnis online yang sekarang harus bersaing, jadi pastikan bisnis Anda memanfaatkan cara orang mencari online dan jangan biarkan hal itu menghalangi kemampuan Anda untuk menarik pelanggan baru.

Related Post :