Manfaat Menggunakan Marketing Mix 7p Bagi Bisnis

Business, Marketing / 1 | | 0

Bisnis yang baik dan berhasil pasti mempunyai rencana serta business plan yang baik termasuk juga dapal rencana pemasaran juga. Adapun pendekatan pemasaran yang terencana dengan seksama akan membantu pemilik bisnis dalam menetapkan tujuan yang jelas berdasarkan situasi yang dihadapi oleh perusahaan atau bisnis. Sebuah strategi pemasaran akan mendefinisikan banyak hal dalam pemasaran itu tersebut.

Pemasaran harus bisa mendefinisikan bagaimana tujuan pemasaran akan dicapai yang termasuk juga target pasar yang menjadi fokus utama serta bagaimana perusahaan akan diposisikan. Baik itu perusahaan atau bisnis skala kecil maupun besar, harus mempunyai business plan serta strategi pemasaran yang tepat serta memang dirancang khusus untuk keperluan bisnis mereka.

Ada beberapa macam cara pemasaran atau marketing yang salah satunya adalah marketing mix 4p yang seiring waktu berkembang menjadi marketing mix 7p. Marketing mix 7p dikembangkankan dari marketing mix yang ada karena kebutuhan dan kemajuan bisnis yang semakin berkemang dari cara bisnis dan pemasaran tradisional. Mari simak penjelasan mengenai marketing mix 7p yang akan menguntungkan bisnis yang menggunakannya.

 

Kelebihan dan Manfaat Marketing Mix 7p Bagi Bisnis

Manfaat Menggunakan Marketing Mix 7p Bagi Bisnis
 

Marketing atau pemasaran adalah suatu pendekatan dari berbagai proses termasuk dalam perjalanan barang dan jasa dari pabrik atau produsen ke pelanggan langsung. Cara ini adalah bagaimana membangun konsep barang dan jasa, menganalisis pelanggan terkait, mengiklankannya dan mendistribusikannya ke semua saluran penjualan dari bisnis tersebut. Mengingat setiap aspek bisnis dibangun di atas pemasaran maka marketing memegang peranan penting dalam kinerja sebuah bisnis. Karena pemasaran adalah sala hsatu bagian krusial maka dengan menggunakan pemasaran yang efektif bisnis bisa mendapatkan manfaat dan kelebihan seperti :

  • Membuka dan mendapatkan pendapatan

    Inti dari pemasaran adalah untuk melayani berbagai peluang untuk mendatangkan keuntungan dalam praktik jual beli produk dan barang, melalui pemotongan utilitas waktu, tempat dan kepemilikan. Bahwa pendapatan dan investasi dapat digunakan sebagai keuntungan dalam usaha masa depan. Pemasaran harus diberikan perhatian yang paling penting dalam operasional bisnis, karena kelangsungan hidup awal dan konklusif dari perusahaan bertaruh pada potensi operasi pemasaran.

  • Dukungan untuk membuat keputusan bisnis yang tepat

    Ada banyak kasus dalam menjalankan bisnis termasuk mengalami permasalahan selama proses penciptaan dan distribusi barang dan jasa. Bisnis juga membutuhkan informasi dan pertanyaan yang tepat dan relevan terkait dengan produk dan layanan mereka. Proses pemasaran meringankan kompleksitas pengusaha atau pemilik bisnis dengan membentuk hubungan langsung antara produsen dan konsumen.

  • Pertukaran dan kemajuan barang

    Pemasaran juga sangat bermanfaat dalam deportasi, transaksi dan perkembangan barang dan jasa. Produk dan layanan dibuat tersedia untuk konsumen oleh banyak perantara seperti grosir dan vendor. Pemasaran menguntungkan bagi produsen dan konsumen keduanya.

  • Memajukan ekonomi lebih baik

    Bisnis adalah bagian sektor ekonomi, karena pemasaran dianggap dan dicirikan sebagai saran utama yang mengatur perputaran ekonomi. Struktur pemasaran yang terorganisir membantu perekonomian untuk bangkit dan mengurangi beban perekonomian yang lebih kurang kuat.

  • Membuka peluang  ide- ide bisnis baru

    Ekonomi dan bisnis serta konsep pemasaran sangat dinamis dan progresif mengikuti zaman dan trend yang mana ini juga telah mengubah dan memodifikasi beberapa aspek untuk berfungsinya aktivitas tertentu dengan lebih baik. Dengan perubahan selera dan preferensi konsumen pemasaran sesuai pemahaman dan keutuhan yang sesuai termasuk preferensi bisnis era digital.

  • Membantu meningkatkan taraf hidup

    Melalui ketersediaan pasokan barang dan jasa yang berkesinambungan kepada pelanggan dengan harga nominal, pemasaran memiliki juga peran penting dalam membangun taraf hidup masyarakat. Ini tidak terlepas dari semua peran masyarakat yang mempengaruhi pemasaran.

  • Membuka lapangan kerja

    Pemasaran adalah praktik rumit yang melibatkan banyak orang di bawah satu segmen karena kegiatan pemasaran utama meliputi pembelian, penjualan, pengangkutan, penyimpanan, dll. Setiap fungsi terdiri dari kegiatan berbeda yang dilakukan oleh berbagai macam individu yang oleh karena itu membantu dalam meningkatkan tingkat pekerjaan. Menurut sumber, hampir 40% dari seluruh populasi bergantung pada pemasaran secara langsung atau tidak langsung yang membuat peran pemasaran telah meluas dan membantu dalam meningkatkan tingkat pekerjaan bagi banyak orang.

 

Baca Juga  :    Business Plan : Komponen Pembuatannya dan Manfaatnya Dalam Menjalankan Bisnis

 

Mengenal Komponen Utama Dari Marketing Mix 7p

Manfaat Menggunakan Marketing Mix 7p Bagi Bisnis
 

Pemasaran atau marketing meliputi produk (product), harga (price), promosi (promotion), tempat (place), orang (people), proses (process), dan bukti fisik (physical evidence) yang mana ketujuh elemen tersebut merupakan bauran pemasaran atau marketing mix 7p. Campuran ini secara strategis menempatkan bisnis di pasar dan dapat digunakan dengan berbagai tingkat kekuatan dan keperluan bisnis. Ini untuk memastikan audiens selaku target puas akan layanan bisnis, persepsi nilai akurat, dan untuk menonjol dari pesaing. Menerapkan 7P komponen marketing ini dengan cara terbaik yang Anda anggap cocok untuk perusahaan Anda bisa menjadi sangat bermanfaat, tetapi Anda harus benar-benar memahami setiap bagian dari teka-teki 7 P terlebih dahulu dibawah ini.

  • Product

    P pertama dari bagian penting marketing mix ini merupakan singkatan dari produk yang mengacu pada produk atau layanan yang ditawarkan bisnis. Keputusan dalam elemen ini mencakup tujuan produk atau layanan, tampilan produk, pengemasan, jaminan apa pun dan lain-lain. Meski elemen pertama ini sangat penting Anda juga harus memberi perhatian kepada konsumen karena konsumen perlu mengetahui apa yang disertakan, apa yang bisa diperoleh, kebutuhan dan keinginan pelanggan serta mengapa produk atau layanan Anda lebih baik daripada pesaing.

  • Price (harga)

    Pada komponen harga mencakup seluruh metodologi penetapan harga untuk produk atau layanan, dan bagaimana pelanggan akan bereaksi terhadapnya. Selanjutnya, segmen ini masuk ke kedalaman di luar harga jual dan harga sudah termasuk pertimbangan diskon, syarat, biaya, dan sebagainya. Saat mengatur harga, Anda harus mempertimbangkan posisi bisnis Anda saat ini di antara pesaing lainnya. Jika Anda beriklan memiliki produk berkualitas sangat tinggi, harga Anda harus mencerminkan klaim tersebut yang sesuai dengan harga yang Anda berikan.

  • Promotion (promosi)

    Promosi pada hakekatnya adalah tindakan pemasaran langsung kepada konsumen yang mencakup gagasan untuk membuat produk atau layanan Anda dikenal publik. Selain itu, bagian dari marketing mix 7p ini bisa dalam bentuk berbagai iklan, SEO, SEM, sponsorship, dll. Ini adalah kunci untuk membuat produk Anda dikenal untuk mendapatkan pelanggan baru serta membantu meningkatkan penjualan.
     
    Baca Juga  :   Tips dan Trik Marketing Terbaik Bagi Bisnis Online di Tahun 2021

  • Place (tempat)

    Sedangkan komponen dari P ini mencakup banyak lokasi yaitu tempat produk dibuat, penempatan iklan, didistribusikan, dan dijual. Anda perlu memastikan bahwa pelanggan dapat menemukan produk atau layanan Anda dengan mudah. Selanjutnya, kebutuhan tersebut tersedia bagi konsumen di tempat dan waktu yang tepat. Anda dapat menggunakan langkah P ini untuk mempertimbangkan menjual produk melalui dari toko, melalui cara pihak ketiga atau e-commerce sebagai pilihan penjualan yang paling populer saat ini.

  • People (orang)

    People atau orang atau pelanggan bukan hanya mereka yang tertarik pada iklan atau pembeli produk Anda, tetapi juga termasuk staf/pekerja bisnis, tenaga penjualan, tim layanan pelanggan, dan siapa pun yang terlibat dalam proses pemasaran dan penjualan yang menopang bisnis Anda.

  • Process (proses)

    Langkah dan komponen ini mengacu pada pengiriman produk atau layanan Anda ke pelanggan. Pada komponen ini Anda perlu membuat uraian yang berisi fungsi, aktivitas, tugas, dan proses yang akan berfungsi dan membuat proses bisnis Anda lancar dan efisien. Periksa proses Anda sesering mungkin untuk memastikan prosesnya sederhana dan meningkatkan kemampuan Anda untuk menghasilkan pendapatan.

  • Physical Evidence (bukti fisik)

    Terakhir adalah physical evidence atau bukti fisik karena konsumen Anda harus selalu menerima sesuatu berbentuk fisik untuk memvalidasi pembelian mereka. Orang suka menerima sesuatu yang membangkitkan indra mereka untuk mengkonfirmasi bahwa mereka telah mendapatkan produk atau layanan, bahkan jika itu hanya tanda terima. Barang berwujud ini memvalidasi pengalaman pembelian dan menumbuhkan rasa nilai dari pembelian itu.

 

Baca Juga  :    Tips dan Panduan Penting Marketing Bagi Bisnis Online

 

Kesimpulan dan Penutup

Pemasaran adalah salah satu bidang atau bagian dari bisnis yang mengalami pelebaran dari sejak pertama kali dikenalkan pada tahun 1940-an yang dimulai dari pemasaran atau marketing mix 4p. Majunya zaman, preferensi serta cara hidup yang berbeda saat ini membuat marketing mix 7p lebih umum diterima dan dilaksanakan yang sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Karenanya setiap bisnis harus bisa mengikuti perkembangan pemasaran dan mengaplikasikannya dengan teknik serta cara terbaik yang sesuai dengan strategi bisnis mereka. Pendekatan pemasaran yang tepat serta penuh rencana yang baik akan membantu bisnis tidak hanya mendapatkan hasil dan target pemasaran yang sesuai tetapi juga membantu bisnis untuk menjadi menonjol diantara persaingan bisnis yang ketat.

Related Post :