Manfaat Social Media Marketing Dalam Menaikkan Penjualan Bisnis Online

Business, Social Media Marketing / 1 | | 0

Media sosial atau social media sekarang ini tidak hanya sebagai saluran kreativitas individu tetapi juga telah menambahkan fungsinya diluar kepentingan personal. Bahkan media sosial saat ini menjadi bagian penting dari setiap strategi pemasaran, dan manfaat penggunaan media sosial begitu besar sehingga siapa pun yang tidak menerapkan sumber daya hemat biaya ini kehilangan peluang pemasaran yang fenomenal. Sangat mudah untuk melihat bahwa pemasaran media sosial adalah elemen kunci untuk sukses dalam pemasaran dan banyak pemasar menyadari potensi pertumbuhan bisnis menggunakan platform.

Meskipun begitu beberapa profesional ini tidak yakin taktik mana yang harus diterapkan dan apakah itu efektif dalam membantu bisnis dan brand. Menurut beberapa sumber mengatakan bahwa sekitar 96% pemasar saat ini berpartisipasi dalam pemasaran media sosial, tetapi 85% peserta tidak yakin alat mana yang terbaik untuk digunakan. Namun, tidak semua bisnis menyadari manfaat dari pemasaran media sosial. Faktanya, 50% usaha kecil tidak menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis mereka yang bisa saja membawa pengaruh dalam mengembangkan bisnis kecil mereka.

Data juga mencatat bahwa 25% dari jenis bisnis tambahan juga tidak berencana menggunakan media sosial di masa depan. Ini cukup mengkhawatirkan mengingat social media tidak hanya membantu individu dalam mengenalkan diri mereka tetapi social media juga tidak kalah tepatnya bagi bisnis dalam branding. Dengan adanya lebih dari 4,2 miliar pengguna media sosial aktif di seluruh dunia, jika Anda tidak memanfaatkan sosial dalam strategi pemasaran digital Anda, Anda kehilangan cara yang cepat, murah, dan efektif untuk menjangkau hampir separuh populasi dunia.

 

Memahami Social Media Marketing dan Terhubung dengan Penggunanya

Manfaat Social Media Marketing Dalam Menaikkan Penjualan Bisnis Online
 

 

Sebagai salah satu saluran dalam pemasaran digital, pemasaran media sosial adalah proses memanfaatkan jaringan media sosial untuk berinteraksi dengan prospek dan pada akhirnya meningkatkan lalu lintas dan penjualan ke situs web. Bisnis online mengandalkan media sosial untuk membangun koneksi dengan pengguna yang semakin mengandalkan jejaring sosial dan perangkat seluler untuk mengonsumsi konten web.

Pemasaran ini sendiri berpusat pada mendapatkan perhatian audiens. Meskipun media sosial dapat digunakan untuk mempromosikan produk dan penawaran secara langsung, ini bukanlah cara yang efektif untuk terhubung dengan pengguna baru di jaringan. Sesuai dengan tujuan pembuatannya, media sosial adalah tempat untuk benar-benar berinteraksi dengan pengguna dan memberi tahu mereka apa yang membuat merek Anda unik, bukan menyerang mereka dengan pemasaran langsung dan mendesak.

Kesuksesan bagi sebuah brand dan bisnis di media sosial dibangun di atas penciptaan dan berbagi konten yang relevan dan menarik. Ini dapat berkisar dari sesuatu yang sederhana seperti memposting foto di akun Instagram atau Facebook hingga membuat dan men-tweet tautan ke posting blog terbaru Anda. Meraih perhatian pengguna di media sosial dimulai dengan sesuatu yang mereka minati, bukan sesuatu yang Anda ingin mereka lakukan. Dengan menunjukkan image Anda dan memperkenalkan orang-orang pada suara merek Anda, pengguna yang tertarik kemudian memiliki alasan untuk mengunjungi situs web Anda dan melihat apa yang Anda tawarkan.

 

Baca Juga  :    Marketing Strategy : Pengertian, Kelebihan dan Cara Mengembangkannya

 

Kegunaan dan Tujuan Social Media Marketing

Era digital yang berkembang ini membuat teknik pemasaran bergeser karena menyesuaikan dengan kemajuan tersebut. Ini termasuk munculnya pemasaran yang tidak hanya gratis tapi bisa cukup efektif jika brand tahu siapa sasaran dan target pasar mereka di social media. Berikut kegunaan dan tujuan pemasaran yang dilakukan di social media :

  • Meningkatkan lalu lintas situs web
  • Konversi bangunan
  • Meningkatkan kesadaran merek
  • Menciptakan identitas merek dan asosiasi merek yang positif
  • Meningkatkan komunikasi dan interaksi dengan audiens utama
  • Semakin besar dan semakin terlihat audiens Anda di jaringan media sosial, semakin mudah bagi Anda untuk mencapai setiap tujuan pemasaran lainnya dalam daftar Anda

 

Baca Juga  :    Mengenal Apa Itu Return on Investment (ROI) Dalam Digital Marketing

 

Manfaat Social Media Marketing Dalam Menaikkan Penjualan Bisnis Online

Manfaat Social Media Marketing Dalam Menaikkan Penjualan Bisnis Online
 

Tidak hanya memoles image dan branding sebuah brand atau bisnis, mendapatkan target pemasaran yang sesuai, social media marketing juga tentu saja mempunyai tujuan untuk menaikkan kurva penjualan dari bisnis tersebut. Adapun manfaat yang bisa diandalkan serta di dapat oleh brand dari bisnis jika mereka menggunakan social media marketing adalah :

  • Meningkatkan kesadaran merek (Brand Awareness)

    Seperti yang telah diketahui bahwa social media adalah salah satu metode pemasaran digital paling hemat biaya yang digunakan untuk mengindikasikan konten dan meningkatkan visibilitas bisnis Anda. Menerapkan strategi media sosial akan sangat meningkatkan pengenalan merek Anda karena Anda akan terlibat dengan khalayak konsumen yang luas. Untuk memulai, buat profil media sosial untuk bisnis Anda dan mulailah berinteraksi dengan orang lain. Dapatkan karyawan, mitra bisnis, dan sponsor untuk menyukai dan membagikan halaman Anda. Cukup membuat orang berinteraksi dengan konten Anda akan meningkatkan kesadaran merek dan mulai membangun reputasi Anda sebagai bisnis.

  • Meningkatkan lalu lintas masuk

    Tanpa memasarkan bisnis Anda di media sosial, lalu lintas masuk Anda terbatas pada pelanggan biasa Anda. Orang-orang yang akrab dengan merek Anda kemungkinan mencari kata kunci yang sama dengan yang sudah Anda ranking. Tanpa memanfaatkan media sosial sebagai bagian dari strategi pemasaran Anda, Anda akan lebih sulit menjangkau siapapun di luar lingkaran pelanggan setia Anda.
    Setiap profil media sosial yang Anda tambahkan ke bauran pemasaran Anda adalah pintu gerbang ke situs web Anda, begitu juga setiap konten yang Anda posting adalah peluang lain untuk mendapatkan pelanggan baru. Platform media sosial adalah tempat berkumpulnya berbagai jenis orang dengan latar belakang dan perilaku yang berbeda-beda yang mana ini akan mendatangkan kebutuhan yang berbeda dan cara berpikir yang berbeda pula.
    Mengindikasikan konten Anda di sebanyak mungkin pada platform social media juga memungkinkan orang-orang ini menjangkau bisnis Anda secara organik. Misalnya, mungkin seseorang dalam demografi konsumen yang lebih tua akan mencari situs web Anda menggunakan kata kunci tertentu di Facebook, tetapi seorang milenial dapat memulai pencarian mereka dengan menggunakan platform media sosial yang sama sekali berbeda, karena mereka mencari produk yang sama sekali berbeda. Jadi Anda dapat secara efektif membuka bisnis Anda ke lebih banyak konsumen serbaguna di seluruh dunia.

  • Peningkatan di peringkat mesin pencari

    Meskipun memposting di media sosial mungkin membuat bisnis Anda mendapatkan beberapa lalu lintas situs, lebih banyak upaya dari itu diperlukan untuk melihat kesuksesan yang signifikan. Optimisasi mesin pencari sangat penting untuk mencapai peringkat halaman yang lebih tinggi dan mendapatkan lalu lintas ke situs web bisnis Anda.
    Sementara media sosial tidak secara langsung meningkatkan peringkat mesin pencari seutuhnya, tetapi pemasar yang telah menggunakan media sosial selama satu tahun atau lebih masih melihat peningkatan peringkat mesin pencari.
    Naiknya kata kunci Anda akan merevolusi lalu lintas Anda dan terus menghasilkan hasil positif untuk bisnis Anda. Setelah Anda mulai memposting konten berkualitas, Anda akan mulai membangun komunitas media sosial tempat pengikut akan menyukai dan membagikan konten Anda. Ini juga akan membuat Anda mempunyai lebih banyak peluang untuk tampil dan memberi kesan baik bisnis bagi mereka yang terlibat di dalamnya yang bisa saja memberikan tautan balik yang akan membantu meningkatkan peringkat mesin telusur secara langsung.

  • Memanusiakan brand dan bisnis Anda

    Kemampuan untuk menciptakan hubungan manusia yang nyata adalah salah satu manfaat utama media sosial untuk bisnis. Perkenalkan pengikut Anda kepada orang-orang yang membentuk perusahaan Anda dan tunjukkan bagaimana pelanggan lama menggunakan dan mendapatkan manfaat dari produk Anda. Sebuah niat yang tulus akan membangun kepercayaan yang pada gilirannya turut membangun penerimaan pemasaran dan mendorong peluang kesempatan baru.

  • Meningkatkan loyalitas merek

    Salah satu tujuan utama dari hampir semua bisnis adalah mengembangkan basis pelanggan yang loyal. Mengingat bahwa kepuasan pelanggan dan loyalitas merek biasanya berjalan beriringan, penting untuk secara teratur terlibat dengan konsumen dan mulai mengembangkan ikatan dengan mereka. Media sosial bukan hanya sebatas memperkenalkan produk dan kampanye promosi brand Anda, pelanggan juga melihat platform ini sebagai saluran layanan di mana mereka dapat berkomunikasi langsung dengan bisnis.
    Generasi milenial dikenal sebagai pelanggan yang paling loyal terhadap merek dan studi menunjukkan bahwa segmen pelanggan ini 62% lebih setia kepada merek yang terlibat langsung dengan mereka di media sosial. Karena penduduk asli teknologi ini memerlukan komunikasi dengan merek mereka, bisnis harus menerapkan pemasaran media sosial untuk mendapatkan perhatian dari konsumen mereka yang paling berpengaruh.

 

Baca Juga  :    Memahami Hubungan Content Marketing Dalam Bisnis Online

 

Kesimpulan dan Penutup

Jangkaun social media sangat luas bahkan nyaris tanpa batas yang sebenarnya bisa dimanfaatkan dengan strategis. Jadi jika bisnis Anda belum berada pada platform ini atau belum mempunyai profil yang sesuai, segera bergabung dan buat dengan menarik mungkin. Isi informasi bisnis Anda dan posting beberapa konten menarik untuk mulai mendapatkan pengikut.

Hampir tidak ada alasan untuk tidak menerapkan media sosial ke dalam strategi pemasaran Anda, karena metode ini sangat hemat biaya, hampir tidak ada ruginya. Pesaing Anda kemungkinan besar sudah ada di media sosial, jadi jangan biarkan mereka mengambil calon pelanggan Anda. Semakin cepat Anda memulai, semakin cepat Anda akan melihat pertumbuhan dalam bisnis Anda.

Related Post :