Tips Memaksimalkan Online Review Bagi Meningkatkan Bisnis Online

Business, Marketing / 0 | | 1

Di dunia yang serba cepat, di digitalisasi dan online ini semua orang membuat jejakanya masing- masing. Salah satu jejak itu adalah ulasan online atau online review yang mereka tinggalkan setelah membeli barang atau jasa. Ulasan ini akan membantu pembeli selanjutnya dalam memutuskan pembelian mereka.

Bisa dikatakan kalau online review memainkan peran besar dalam cara konsumen menilai bisnis saat ini. Bahkan sebelum calon pelanggan Anda misalnya sebelum pergi ke lokasi fisik toko Anda, mereka membaca ulasan online di situs web seperti Google, Facebook,Instagram dan platform lainnya lebih dulu.

Menurut penelitian, 94% konsumen mengatakan mereka telah menghindari suatu bisnis setelah membaca ulasan negatif mengenai bisnis tersebut. Hanya saja penting untuk dipahami bahwa ulasan online bukan hanya cara bagi konsumen untuk mengungkapkan pendapat mereka tentang suatu produk atau layanan. Ulasan juga dapat mempengaruhi peringkat pencarian bisnis.

Jika Anda mengelola bisnis dan baru mengenal ulasan online, artikel ini akan membantu Anda memahami mengapa ulasan itu penting bagi bisnis.

 

Alasan Mengapa Online Review Sangat Bermanfaat Bagi Bisnis

Tips Memaksimalkan Online Review Bagi Meningkatkan Bisnis Online
 

Penelitian menunjukkan bahwa konsumen mempercayai ulasan online tanpa adanya rekomendasi pribadi yang dibuat oleh teman dan keluarga. Ulasan juga mempengaruhi keputusan belanja lebih dari jenis pemasaran dan iklan online apa pun. Berikut adalah statistik lain tentang ulasan pelanggan yang lebih jauh menunjukkan dampak ulasan online yang terus berkembang terhadap perilaku konsumen.

  • Pentingnya peringkat bintang

    Sekitar 70% konsumen menggunakan filter peringkat untuk memberitahu produk atau jasa bisnis yang tidak mereka sukai. Filter paling umum diterapkan untuk melihat hanya bisnis dengan peringkat bintang 4 (dari 5) dan lebih tinggi (35%).

  • Pembaca yang melihat ulasan siap melakukan pembelian

    53% orang yang menelusuri bisnis lokal secara online biasanya mengunjungi bisnis tersebut dalam waktu 48 jam. Jenis informasi utama yang mereka cari adalah dalam format foto (24%), ulasan online (21%), dan peringkat pencarian (21%).

  • Konsumen mengharapkan brand untuk menanggapi ulasan

    Jangan anggap remeh ulasan yang diberikan dari konsumen, karena 53% mengharapkan bisnis menanggapi ulasan negatif dalam 7 hari.

  • Google adalah situs ulasan teratas

    Data 63,6% konsumen memeriksa ulasan online di Google sebelum membeli produk dari suatu brand atau bisnis. Google adalah situs raksasa yang serba ada dan cepat, maka situs ini lebih dipercayai dari situs seperti Tripadvisor, Facebook dan lainnya.

 

Baca Juga  :       Mengenal Perbedaan Review, Feedback, dan Testimonial untuk Bisnis

 

Tips Memaksimalkan Online Review

Di tengah cara hidup online dengan penyebaran berita yang cepat dan selalu up to date, online memainkan memiliki kekuatan yang luar biasa untuk menggerakkan banyak orang. Konsumen akan mencari ulasan online yang akan berdampak pada keputusan pembelian mereka.

Oleh karena itu, ulasan pelanggan online memiliki dampak besar pada bisnis Anda dan penting untuk meningkatkan reputasi online Anda untuk meningkatkan pangsa dompet dan membuat bukti sosial. Dibawah ini beberapa tips yang bisa Anda coba untuk memaksimalkan dan meningkatkan ulasan online Anda dan mengelola reputasi online bisnis Anda.

  • Berikan layanan pelanggan yang sangat baik

    Konsumen saat ini mencari pengalaman pelanggan yang sangat baik dimana hasil dari layanan yang baik akan memberikan ulasan yang lebih baik pula. Pengalaman pelanggan harus menjadi pusat dari semua yang Anda lakukan dan pelanggan Anda harus selalu merasa dihargai.

  • Didik pelanggan Anda tentang pentingnya meninggalkan ulasan

    Tercatat 77% konsumen akan bersedia menulis ulasan jika diminta, tetapi dengan begitu banyak situs ulasan, maka beritahu mereka ulasan mana yang Anda perlukan. Meluangkan waktu sebentar untuk mendidik pelanggan Anda tentang nilai meninggalkan ulasan dapat menjadi vital bagi bisnis Anda.

  • Optimalkan listing di setiap platform

    Di setiap situs ulasan utama, Anda dapat mengklaim cantuman Anda dan membuat profil bisnis. Ini memungkinkan Anda untuk memperbarui daftar dengan informasi dan foto terkini. Deskripsi Anda harus persuasi dan mengundang konsumen untuk melihat produk atau layanan Anda. Daftar yang dioptimalkan akan meningkatkan kehadiran online Anda dan lalu lintas mesin telusur.

  • Tanggapi ulasan negatif dengan bijaksana

    Tidak ada bisnis yang suka mendapatkan ulasan negatif, tetapi penting untuk menanggapi ulasan negatif karena tidak melakukannya memberitahu pelanggan Anda bahwa Anda tidak peduli dengan umpan balik mereka. Saat merespons, selalu beri tahu pelanggan bahwa Anda mendengarnya dan Anda bersedia memperbaikinya.
    Beritahu mereka bahwa Anda berempati dengan pelanggan. Ini memberitahu pelanggan Anda saat ini bahwa Anda peduli dengan pengalaman mereka dengan bisnis Anda dan memberikan kepercayaan kepada pelanggan potensial untuk berbisnis dengan Anda. Sangat penting untuk menanggapi ulasan negatif pada situs serta media sosial.

  • Tawarkan insentif

    Meskipun banyak pelanggan akan memberikan ulasan tanpa insentif, menawarkan insentif dapat membantu jika bisnis Anda baru atau Anda mencoba untuk mendapatkan ulasan dengan cepat. Situs ulasan biasanya tidak menyukai bisnis yang membayar pelanggan untuk meninggalkan ulasan. Tetapi menawarkan diskon, kupon, atau barang gratis kecil tidak masalah. Selain itu, pastikan pelanggan tahu bahwa mendapatkan insentif tidak bersyarat untuk meninggalkan ulasan positif.

 

Baca Juga  :    Tips Membuat Strategi Pemasaran Dengan Menerapkan PPC (Pay-Per-Click) Advertising

 

Daftar Situs Online Review Terpopuler

Tips Memaksimalkan Online Review Bagi Meningkatkan Bisnis Online
 

Ada banyak situs web dan platform media sosial di dunia saat ini yang mana semua bisnis biasanya juga bergabung disitu. Ini tentu saja berarti orang- orang dapat mengunjungi mereka dan meninggalkan kesan mereka terhadap produk atau jasa yang mereka dari brand tersebut. Adapun situs yang populer untuk menemukan online review adalah

  • Google

    Tahukah Anda, menurut internetlivestats(dot)com, mesin pencari Google melakukan lebih dari 3,5 miliar pencarian per hari. Karenanya bisnis harus mudah ditemukan di Google ketika konsumen lokal melakukan pencarian.Pengguna dapat meninggalkan ulasan untuk bisnis dengan mudah dan sederhana.
    Semakin sedikit masalah yang terlibat dalam proses peninjauan bisnis, semakin mudah untuk mendapatkan lebih banyak ulasan. Mendapatkan ulasan melalui akun Google Bisnisku( Google My Business( bisnis adalah tempat yang bagus untuk memulai terlebih lagi jika Anda adalah bisnis lokal baru.

  • Facebook

    Siapa yang tidak mengenal Facebook yang merupakan platform jejaring sosial di mana pengguna dapat membuat profil, mengunggah foto dan video, mengirim pesan mengikuti bisnis dan brand kesukaan mereka. Bisnis dan brand dapat membuat profil bisnis yang dapat diikuti pengguna dan juga meninggalkan ulasan bisnis berdasarkan pengalaman mereka dengan produk yang dijual oleh brand/bisnis.

  • Amazon

    Ingin membeli produk dari luar negara? Amazon adalah salah satu e-commerce raksasa yang menjangkau banyak negara dan menjual produk serba ada. Faktanya, Amazon telah melatih konsumen untuk menggunakan sistem ulasan mereka sejak lama. Pengguna Amazon telah mengetahui bahwa ulasan sangat berharga yang karenanya pembelian hanya akan terjadi jika adanya online review yang baik.

 

Baca Juga  :     Panduan Mengenal dan Menerapkan Product-Led-Growth Dalam Bisnis

 

Kesimpulan dan Penutup

Sebelum memutuskan membeli suatu barang di e-commerce atau toko online, pembeli akan melihat rating bintang dan ulasan yang ditinggalkan pembeli sebelumnya. Ulasan ini sangat signifikan sehingga bahkan dapat dimanfaatkan sebagai alat pemasaran untuk meningkatkan reputasi dan pendapatan dari sebuah bisnis.

Hanya saja, tidak semua pelanggan memahami pentingya ulasan terhadap reputasi mereka. Karenanya jangan lupa edukasi pelanggan Anda dan selalu berikan pelayanan yang terbaik karena dengan pelayanan terbaik, maka pelanggan akan dengan senang hati meninggalkan kesan baik mereka dan menyebarkannya langsung ke orang terdekat mereka.

 

 

Related Post :

popup image