Marketing Strategy : Pengertian, Kelebihan dan Cara Mengembangkannya

Business, Marketing / 2 | | 5

Setiap bisnis membutuhkan strategi pemasaran atau marketing strategy namun, membuat strategi ini tidak semudah mengucapkannya. Itu mungkin menjelaskan mengapa beberapa perusahaan mengambil jalan pintas dalam perencanaan strategis dan memperlakukan pemasaran seperti pusat biaya yang memakan investasi untuk menghasilkan agunan. Alih-alih sebagai pendorong pendapatan yang menghubungkan bisnis dengan konsumen dan bertanggung jawab atas pertumbuhan.

Tentunya ini mempunyai beberapa konsekuensi yang signifikan untuk pekerjaan Anda. Tanpa memahami dimana pasaran bisnis yang sesuai dengan Anda, siapa target pelanggan Anda, dan cara terbaik untuk menjangkau mereka sebelum pesaing Anda melakukannya. Maka Anda berisiko memutar roda dan gagal mengembangkan bisnis Anda yang jika ini terjadi, anggaran pemasaran akan dipotong biasanya, segera setelah masa sulit.

Untungnya, Anda dapat memanfaatkan marketing strategy dalam membuat pemasaran yang brilian. Anda dapat mengenal pelanggan Anda lebih dari yang mereka ketahui, memahami dengan tepat cara membuat konten dan meluncurkan kampanye yang mereka sukai, dan mendapatkan hasil yang dapat diandalkan yang mendorong penjualan. Singkatnya, Anda bisa sukses dalam strategi pemasaran jika Anda merancangnya dengan baik.

 

Pengertian Marketing Strategy

Marketing strategy adalah pendekatan jangka panjang berwawasan ke depan dan rencana permainan keseluruhan dari organisasi mana pun atau bisnis apa pun. Strategi ini dibuat dengan tujuan mendasar untuk mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dengan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan. Strategi ini merupakan strategi luas yang mencakup segala sesuatu mulai dari bagaimana perusahaan memposisikan dirinya, hingga kreatif, mitra strategis, hubungan media, bauran pemasaran, serta saluran dan taktik.

Strategi pemasaran mengacu pada rencana permainan keseluruhan perusahaan untuk menjangkau calon konsumen dan mengubahnya menjadi pelanggan produk atau layanan mereka. Ini juga berisi proposisi nilai perusahaan, pesan merek utama, data tentang audiens target dan demografi pelanggan, dan elemen tingkat tinggi lainnya. Strategi pemasaran yang luas inilah yang dulunya termasuk dalam istilah “branding” di hari-hari pemasaran yang lebih ambigu. Ini adalah ringkasan praktis dari detail utama strategi dan beberapa tujuan luas serta metode yang digunakan untuk mencapainya.

 

Baca Juga  :     Apa Itu Digital Marketing dan Cara Menerapkanya di Indonesia

 

Kelebihan dan Manfaat Penerapan Marketing Strategy

Marketing Strategy : Pengertian, Kelebihan dan Cara Mengembangkannya
 

Strategi pemasaran mengacu pada metode yang Anda terapkan untuk mempromosikan produk dan layanan Anda kepada audiens target Anda. Ini dapat mencakup konten situs web, iklan televisi dan radio, dan konten yang diluncurkan di platform media sosial. Mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk bisnis Anda adalah kunci pertumbuhan, ekspansi, dan kesuksesan jangka panjang.

Tantangannya, bagaimanapun, adalah bahwa mengembangkan strategi pemasaran yang tepat dapat melibatkan banyak untung atau rugi, dan untuk bisnis kecil, biaya yang terkait dengan kesalahpahaman pasar Anda dapat menjadi bencana besar. Namun berikut kelebihan dan manfaat dari penerapan marketing strategy jika dilaksanakan dengan benar.

  • Mempromosikan bisnis ke target audiens yang tepat

    Anda tidak dapat menjual produk atau layanan Anda tanpa menarik orang-orang yang kemungkinan besar akan membeli produk dan layanan tersebut. Grup itu dikenal sebagai audiens target Anda, dan strategi pemasaran adalah cara paling efektif untuk menjangkau grup yang sangat penting ini. Jika Anda telah menargetkan grup ini dengan benar, Anda tahu kebiasaan, perilaku, keinginan, dan kebutuhan mereka, dan Anda juga tahu di mana mereka suka nongkrong di media sosial.
    Informasi ini membentuk metode yang akan Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda. Misalnya, jika Anda memiliki toko buku komik, pemasaran online bisa lebih bermanfaat daripada iklan tradisional untuk membantu Anda menjangkau audiens di platform media sosial.

  • Membantu memahami pelanggan dan klien

    Anda harus melakukan riset pasar sebelum mengembangkan strategi pemasaran, dan riset tersebut dapat memberi Anda banyak data yang dapat Anda gunakan berulang kali untuk membantu menyempurnakan pengembangan produk Anda dan untuk mengikuti tren dan perubahan dalam perilaku audiens target Anda.
    Dengan evolusi informasi digital, bahkan bisnis kecil memiliki akses ke informasi yang sangat detail tentang calon pelanggan. Ini dikenal di dunia digital sebagai “data besar”, kumpulan data besar yang memberi Anda analisis mendalam tentang perilaku pelanggan berdasarkan faktor-faktor seperti aktivitas online, aktivitas pembelian, aktivitas seluler, dan interaksi di toko dan toko.

  • Membantu image dari brand

    Strategi pemasaran Anda tidak hanya tentang meningkatkan prospek dan mengubahnya menjadi pembeli, tetapi juga tentang mengekspresikan budaya, nilai, dan tujuan bisnis Anda. Proses mengkomunikasikan visi itu kepada audiens Anda adalah inti dari branding. Misalnya, strategi pemasaran perusahaan A adalah tentang kesederhanaan, keanggunan, desain, dan fungsi. Produk mereka ramping, sederhana, indah, dan menawarkan berbagai fungsi. Ketika orang berpikir tentang mereka A, maka mereka memikirkan perusahaan yang produknya selalu mutakhir dalam teknologi, desain, dan daya tarik fisik.

 

Baca Juga  :     Rekomendasi Aplikasi dan Alat/Tool untuk Digital Marketing

 

Cara Mengembangkan Marketing Strategy

Marketing Strategy : Pengertian, Kelebihan dan Cara Mengembangkannya
 

Untuk mendapatkan strategi pemasaran yang efektif, Anda perlu mengetahui pesaing Anda dan mengetahui bahwa apa yang Anda tawarkan kepada klien Anda memiliki nilai tambah yang tidak dimiliki pesaing, ini bisa Anda riset dari fitur-fitur, keunggulan, dan manfaat yang mereka tawarkan. Setelah ini tentukan target pasar Anda dengan cara demografis dan psikografis, ini akan membantu untuk mengetahui mengapa mereka perlu membeli produk atau layanan dari Anda.

Ada beberapa cara untuk mengefektifkan strategi pemasaran, sehingga perlu fokus pada saluran komunikasi yang paling penting dari media tradisional dan virtual. Serta juga untuk dapat melaksanakan strategi dengan tindak lanjut yang berhasil dari implementasi strategi tersebut. Tetapkan tujuan dan proses berikut ini untuk mengembangkan marketing strategy yang tepat guna dan efektif :

  • Analisis posisi di pasar

    Poin ini mencakup identifikasi audiens target, persaingan dan apa yang terjadi di perusahaan. Selain itu, tentukan aspek mana yang kuat dan mana yang harus Anda optimalkan.

  • Menetapkan tujuan

    Disini telah ada tujuan pasti yang dibuat oleh brand dan tujuan penjualan yang dapat dicapai dan tentukan kerangka waktu untuk mencapainya.

  • Merancang taktik

    Kemudian setelah Anda memeriksa lanskap, buat garis tindakan berdasarkan strategi yang Anda ketahui agar taktik pemasaran mudah diikuti.

  • Menerapkan kontrol

    Tidak lupa untuk tentukan bagaimana Anda akan mengukur pencapaian tujuan dan bagaimana Anda mengharapkan kinerja meningkat secara bertahap.

 

Baca Juga  :   Mengenal Apa Itu Return on Investment (ROI) Dalam Digital Marketing

 

Kesimpulan dan Penutup

Agar dapat mengembangkan rencana pemasaran, penting untuk terlebih dahulu memilih strategi pemasaran untuk tujuan jangka panjang perusahaan. Untuk ini, Anda dapat menemani diri Anda sendiri dengan membuat SMART Objectives, melakukan Analisis SWOT atau Analisis FAB, di antara metode lain untuk menyusun dengan baik apa yang ingin Anda lakukan, bagaimana Anda harus melakukannya dan hasil apa yang dapat Anda peroleh.

Banyak juga beberapa strategi traditional marketing yang masih banyak digunakan oleh organisasi saat ini. Namun, dunia sedang dalam perkembangan media yang konstan sehingga perusahaan juga merasakan tekanan untuk menggunakan jenis strategi pemasaran lain untuk bertahan dan mengubah proses perubahan. Alasan inilah mengapa strategi pemasaran digital menjadi penting.

Perusahaan harus beradaptasi dengan perubahan dalam perkembangan teknologi, saluran komunikasi, mentalitas pelanggan, dan berbagai proses yang bergerak dengan ganas di dunia saat ini. Tidak semua organisasi menjalankan strategi pasar dengan cara yang sama. Seperti halnya keragaman orang, ada keragaman merek, dan masing-masing merek memiliki preferensi dan kebutuhan tertentu. Pilih strategi yang paling sesuai untuk Anda dan membawa Anda ke audiens yang tepat.

 

Related Post :