Memahami Fitur-Fitur Yang Ada Pada WordPress

Development & Security, Web & Development / 1 | | 0

Bagi kamu yang masih pemula dalam memakai wordpress pasti sedikit agak bertanya-tanya bagaimana penggunaan fitur-fitur yang ada pada wordpress tersebut. Fitur pada wordpress memang lumayan komplit sehingga mampu menciptakan website yang syarat akan profesional.

Berikut ini adalah penjelasan tentang fitur-fitur umum yang digunakan dalam wordpress.

  1. Post
    Bisa di bilang ini adalah fitur yang paling penting karena disinilah kita akan membuat artikel untuk di publish. Penggunaannya mudah, tinggal geser kursur ke arah menu tersebut dan sub menu akan otomatis muncul. Nah, setelah itu klik ‘add new’ untuk membuat tulisan baru dan ‘all posts’ untuk melihat semua artikel baik yang sudah diterbitkan maupun masih di dalam draft.
  2. Media
    Ini berfungsi untuk menambahkan media seperti gambar maupun video ke dalam gallery. Sebenarnya penggunaan media bisa melalui 2 cara. Pertama melalui menu yang ada di sebelah kiri atau yang kedua melalui halaman postingan. Jadi suka-suka kalian mau pilih yang mana.
  3. Pages
    Jika kalian ingin membuat halaman baru, disinilah tempatnya. Ini berbeda dengan halaman postingan. Melalui menu ini kalian bisa menambahkan deskripsi blog, kontak, maupun yang lainnya.
  4. Comments
    Semua komentar yang sudah diterbitkan maupun yang sedang menunggu untuk di aprov akan muncul disini.
  5. Themes
    Menu ini berada pada ‘Appearance’. Bisa kalian bisa lihat sendiri pada bagian menu sebelah kiri. Themes berfungsi untuk mengatur tema/template yang kalian pakai untuk website kalian. Jika kalian ingin mengganti tema website kalian dengan yang lain, kalian bisa menggantinya melalui menu ini.
  6. Customize
    Secara umum ini berfungsi untuk mengatur layout dari tema yang kita pakai. Namun terkadang masing-masing tema juga memiliki cara tersendiri dalam pengaturan layoutnya. Menu ini juga berada pada menu ‘Appearance’.
  7. Widgets
    Fitur ini biasanya digunakan untuk menambah konten pada bagian sidebar maupun footer. Misalnya penambahan popolar post ataupun untuk menambahkan iklan.
  8. Plugins
    Salah satu fitur penting lainnya dari wordpress adalah plugins. Fitur ini memungkinkan kalian untuk bisa lebih memaksimalkan website kalian. Dengan plugins, kalian bisa mengoptimalkan website secara otomatis tanpa harus develop secara manual. Banyak plugin yang tersedia di wordpress. Saya menyarankan kalian untuk membaca artikel 7 plugin terbaik untuk memaksimalkan wordpress anda.
  9. Permalink
    Salah satu keunggulan wordpress adalah kita bisa dengan leluasa mengatur bagaimana tampilan permalink.

    Baca Juga : Apa itu Permalink? atau Cara Setting Permalink di WordPress

Itulah fitur-fitur umum yang digunakan dalam CMS wordpress. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang masih pemula dalam dunia wordpress.

Related Post :

popup image