Memahami Hubungan Content Marketing Dalam Bisnis Online

Business, Content Marketing / 1 | | 0

Membangun hubungan dengan pelanggan Anda adalah landasan dari bisnis apapun yang mana hal ini adalah salah satu poin krusial dalam hal strategi pemasaran Anda. Jika Anda khawatir tentang membangun hubungan yang kuat dengan konsumen Anda dan menumbuhkan loyalitas merek, maka Anda harus tahu bahwa memiliki strategi pemasaran konten yang efektif adalah suatu keharusan. Pemasar di seluruh dunia setuju bahwa pemasaran konten adalah salah satu teknik pemasaran digital yang paling kuat.

Faktanya, pemasaran konten menghasilkan prospek tiga kali lebih banyak daripada iklan pencarian berbayar. Masuk akal mengapa 42% perusahaan memiliki ahli strategi konten khusus. Jika Anda mengembangkan program pemasaran konten yang sukses, manajemen hubungan harus dimulai dari rumah. Ini berarti upaya Anda tidak hanya terfokus pada mendapatkan pelanggan baru, tetapi juga dalam memelihara hubungan Anda dengan yang sudah ada.

Ini menjadi bagian penting dari dunia pemasaran justru karena hubungan yang terbentuk antara konsumen konten dan individu atau organisasi yang memasarkan itu sendiri. Sementara hasil akhir pemasaran konten dibangun di sekitar tindakan spesifik yang sering kali terkait dengan penjualan, hubungan yang terbentuk melalui pemasaran konten yang mendorong tindakan itu, bukan pemasaran itu sendiri, karena beberapa alasan. Simak penjelasan singkat memahami hubungan konten bagi sebuah bisnis online berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu Content Marketing

Memahami Hubungan Content Marketing Dalam Bisnis Online
 

 

Content marketing adalah pendekatan pemasaran strategis yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik dan mempertahankan audiens yang jelas dan pada akhirnya untuk mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan. Marketing sendiri sebagai suatu teknik pemasaran untuk menciptakan dan mendistribusikan konten yang relevan dan berharga kepada target audience yang jelas. Tujuannya adalah untuk mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan pembuat konten.

Secara sederhana, sebuah content marketing membangun reputasi bisnis Anda secara online. Pemirsa disajikan dengan berbagai konten dalam bentuk seperti posting blog, video, infografis, presentasi, posting media sosial. Dengan menawarkan nilai dengan cara ini, Anda tidak hanya memikat pemirsa, Anda mulai membangun kepercayaan merek. Ada pengalaman menemukan konten yang berharga, dan rasa senang dalam menemukan.

 

Baca Juga  :     Tips dan Trik Cara Membuat Business Plan Untuk Bisnis Online Bagi Pemula

 

Manfaat Penerapan Pemasaran Konten/Content Marketing Dalam Bisnis Online

Pemasaran konten atau content marketing telah berubah dari konsep pemasaran baru yang menarik menjadi pembangkit tenaga pemasaran yang penting untuk hampir semua bisnis di setiap industri. Pentingnya pemasaran konten dalam pemasaran digital berkaitan dengan kemampuannya untuk meningkatkan volume lalu lintas berkualitas ke situs web Anda. Konten adalah raja dalam menciptakan kesadaran dan menghasilkan prospek berkualitas yang menopang pertumbuhan penjualan yang sehat.

Konten yang di strategikan dan dijalankan dengan benar memiliki kekuatan untuk menarik audiens Anda ke situs web bisnis Anda, yang pada akhirnya merupakan tempat di mana mereka akan dikonversi menjadi prospek, dan kemudian penjualan. Cara paling efektif untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda adalah melalui konten yang Anda kembangkan untuk blog Anda, untuk SEO, dan untuk pemasaran media sosial Anda. Meskipun ada banyak elemen penting yang hidup di bawah kategori ini, semuanya bermuara pada kualitas konten Anda.

Semakin tinggi kualitas konten, semakin berharga bagi audiens Anda, dan semakin besar kemungkinan mereka untuk terlibat dengan bisnis Anda. Semakin banyak mereka terlibat dengan bisnis Anda dan menghabiskan waktu di situs web Anda, semakin besar kemungkinan mereka mengembangkan kepercayaan pada merek Anda dan menjadi prospek dan klien. Memberi Anda pengembalian besar atas investasi Anda dalam pemasaran konten. Berikut beberapa manfaat dan alasan bahwa content marketing berperan penting dalam bisnis online :

 

  • Lebih hemat biaya

    Menurut sebuah studi oleh Demand Metric mengungkapkan bahwa biaya pemasaran konten sekitar 62% lebih rendah daripada taktik pemasaran tradisional, dan menghasilkan sekitar 3 kali lebih banyak prospek. Ini membuatnya lebih terjangkau dan bisa dilakukan oleh banyak bisnis yang mampu menarik perhatian setiap usaha kecil yang ingin tumbuh. Pemasaran konten lebih murah daripada banyak bentuk pemasaran tradisional dan juga lebih efektif.

  • Return on Investment (ROI)  pada konten yang konsisten

    Pemasaran konten tidak hanya mendahului taktik pemasaran tradisional, tetapi juga menarik lebih banyak pengunjung dan prospek situs web secara signifikan. Produksi konten yang konsisten meningkatkan lalu lintas situs web, dan ketika lalu lintas meningkat, begitu pula konversi. Strategi konversi yang baik akan menghasilkan prospek berkualitas tinggi.
    Konversi ini berharga karena merupakan blok bangunan untuk saluran penjualan Anda. Pengunjung situs web yang berkonversi telah memilih untuk terlibat secara aktif dengan konten Anda dengan menerima tawaran yang Anda tampilkan di situs web Anda. Tawaran itu bisa berupa infografis, penjelasan yang bagus, buku putih, atau konsultasi gratis. Pemasaran konten dikembangkan untuk perjalanan pembeli, memberikan informasi berharga di setiap tahap siklus pembelian. Dengan cara ini, pengunjung situs web dapat mengonversi menjadi prospek, dan dari sana menjadi klien baru. Ini adalah aliran konten yang konstan yang memelihara prospek melalui setiap langkah.

  • Konten akan mendongkrak Search Engine Optimization (SEO) yang lebih baik

    Pemasaran konten telah berubah dari konsep pemasaran baru yang menarik menjadi pembangkit tenaga pemasaran yang penting untuk hampir semua bisnis di setiap industri. Rancangan konten yang unik, tertarget dan matang akan membuatnya lebih mudah dikenali dan membantunya dalam indeks SEO yang sangat berpengaruh penting bagi setiap bisnis online saat ini tanpa terkecuali.

  • Konten merupakan ini  dari setiap strategi pemasaran digital

    Pentingnya pemasaran konten adalah menghubungkan dan mendukung semua elemen strategi pemasaran digital Anda. Anggap saja sebagai hub, dengan elemen pendukung rencana pemasaran Anda menjadi jari-jarinya. Konten yang Anda buat dapat digunakan untuk blog Anda, untuk pemasaran email Anda, untuk media sosial Anda, dan iklan PPC. Dengan strategi pemasaran konten yang solid, setiap saluran menggunakan taktik pemasaran yang Anda anggap terbaik untuk mencapai tujuan pemasaran dan target pendapatan penjualan Anda.

 

Baca Juga   :    Tips dan Trik Cara Menjadi Selebgram Dengan Cepat dan Mudah

 

Tips Menghubungkan Content Marketing dan Menarik Minat Klien/Pelanggan

Memahami Hubungan Content Marketing Dalam Bisnis Online
 

Sebelum memulai strategi pemasaran konten Anda, penting untuk mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan Anda. Memulai percakapan dengan konsumen adalah salah satu cara untuk masuk ke dalam hati konsumen Anda. Anda dapat meminta konsumen Anda untuk umpan balik, saran, atau komentar. Setelah Anda mengenal dan memahami pelanggan Anda, Anda akan dapat memanfaatkan keinginan dan kebutuhan mereka dengan lebih efektif. Pengetahuan ini dapat digunakan sebagai panduan saat Anda membuat konten untuk situs web, pemasaran email, atau saluran media sosial Anda. Ini juga penting, karena 47% pembeli membaca 3-5 konten sebelum menghubungi perwakilan penjualan, membuat konten yang beresonansi akan membuat Anda semakin dekat dengan penjualan dan melihat ROI dari konten tersebut.

 

  • Personalisasi konten Anda

    Personalisasi pesan pemasaran Anda bisa sangat membantu untuk memperkuat nilai Anda sebagai sebuah merek. Ini bisa sesederhana menggunakan nada percakapan di posting blog Anda atau merujuk ke pelanggan Anda dengan nama depan mereka. Personalisasi menunjukkan sisi manusiawi dari bisnis Anda, sekaligus memungkinkan Anda untuk mengembangkan hubungan yang lebih bermakna.

  • Manfaatkan konten untuk membangun dan mendapatkan kepercayaan

    Konten yang berkualitas dan menarik dapat membangun kepercayaan, mendorong bisnis yang berulang, dan mengubah pelanggan Anda menjadi pendukung merek. Semakin informatif dan mendidik konten Anda, semakin banyak nilai yang dapat Anda berikan untuk pelanggan Anda. Itu harus menjadi jenis konten yang dikembangkan di sekitar titik rasa sakit mereka, membantu mereka memecahkan masalah dan mengatasi tantangan mereka. Melakukan hal ini juga dapat membantu membangun kredibilitas dan otoritas merek Anda.
    Berinteraksi dengan pelanggan Anda melalui konten berkualitas tinggi menumbuhkan hubungan yang lebih dekat yang dapat mengarah pada peningkatan nilai seumur hidup pelanggan. Ketika Anda mempertahankan pelanggan yang sudah ada, ada kemungkinan besar bahwa mereka akan melakukan bisnis dengan Anda lagi dan bahkan menyebarkan berita ke keluarga dan teman-teman mereka dimasa depan.

 

Baca  Juga  :     Memahami Kegunaan Digital Marketing Bagi Bisnis Online

 

Kesimpulan dan Penutup

Dengan semua manfaat pemasaran konten, mudah untuk melihat mengapa pemasaran konten penting untuk bisnis dari semua ukuran. Pepenerapa pemasaran konten tidak hanya membantu Anda meningkatkan visibilitas, tetapi juga dapat membantu Anda membangun hubungan yang lebih kuat dengan prospek dan pelanggan Anda. Jika Anda benar-benar ingin melihat hasil dari content marketing, maka mulailah langkah pertama Anda sesegera mungkin.

Berusahalah mengembangkan strategi pemasaran konten yang menjadikan pembeli target Anda sebagai intinya. Kemudian, Anda dapat mulai membuat konten berharga yang membantu meningkatkan konversi dan meningkatkan retensi pelanggan. Tetapi jangan lupakan bahwa hubungan Anda dengan pelanggan itu juga sangat penting, jadi bangun personalisasi dan raih kepercayaan mereka terhadap brand Anda dengan baik.

Related Post :