Memahami Kegunaan Digital Marketing Bagi Bisnis Online

Business, Marketing / 0 | | 0

Dalam kondisi saat ini ekonomi sedang terancam akibat pandemi, namun tetap ada peluang untuk tetap melakukan bisnis dan pemasarannya. Salah satunya adalah dengan menggunakan digital marketing yang merupakan teknik pemasaran yang efisien pada masa sekarang di era digital ini. Pemasaran seperti ini merupakan proses memasarkan atau mempromosikan sebuah produk maupun jasa yang murni menggunakan media online atau internet.

Internet dan perangkat yang terhubung dengannya telah mengantarkan pemasaran digital secara besar-besaran yang membuatnya menjadi teknik pemasaran jenius abad ini. Teknik promosi secara digital ini tidak hanya pada proses penjualan saja, namun mencakup pula pada proses branding. Meskipun teknik promosi konvensional tetap memberi hasil efektif, tetapi tidak ada salahnya mencoba memasarkan barang atau jasa secara online melalui media internet.

Dengan melakukan promosi online ini, bisnis akan mendapatkan banyak manfaat. Apalagi pengusaha pemula yang dapat mengandalkan dan menggunakan digital marketing sebagai strategi pemasaran untuk dapat membuka peluang untuk bersaing dengan kompetitor atau bahkan perusahaan terkenal yang lebih besar. Selain juga membutuhkan strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan usaha yang sedang Anda jalani untuk menarik perhatian konsumen.

 

Mengenal Apa yang Dimaksud dengan Digital Marketing

Memahami Kegunaan Digital Marketing Bagi Bisnis Online
 

Digital marketing atau pemasaran digital adalah pemasaran yang dilakukan melalui perangkat yang terhubung ke Internet. Pemasaran email, pemasaran konten, pemasaran media sosial, dan banyak aspek pemasaran digital lainnya sangat penting bagi pengusaha saat ini mengingat perpindahan niaga tradisional secara online. Pemasar digital juga menghabiskan waktu mereka mempelajari bagaimana orang berhubungan satu sama lain secara online, membuat konten untuk konsumsi online, dan menguasai media digital.

Sesuai dengan namanya, digital marketing menggunakan teknologi digital sebagai sarana utamanya untuk menjangkau orang-orang di perangkat yang terhubung ke internet. Pemasaran digital menyediakan banyak platform bagi pengusaha untuk berbagi ide, mempromosikan produk, dan menarik perhatian konsumen. Tidak seperti pemasaran tradisional, teknik pemasaran terbaru ini melibatkan penggunaan saluran dan metode untuk pemahaman yang tepat tentang waktu nyata (real-time) sehingga brand bisa melihat efeknya secara langsung.

 

Baca Juga  :     Tips dan Trik Cara Membuat Business Plan Untuk Bisnis Online Bagi Pemula

 

Alasan Menggunakan Digital Marketing Bagi Bisnis Online

Dengan beralih kepada pemasaran digital, Anda dapat melihat hasil lebih cepat daripada pemasaran offline. Sifat interaktif dari strategi pemasaran digital membantu perusahaan untuk menumbuhkan basis klien Anda dalam rentang waktu yang singkat. Berikut alasan mengapa bisnis Anda harus membutuhkan digital marketing atau pemasaran digital :

  • Pemasaran digital adalah bentuk pemasaran yang paling kuat kalau tidak satu-satunya untuk era ini.
  • Menggunakan pemasaran digital adalah cara paling hemat biaya untuk memasarkan bisnis Anda.
  • Digital marketing adalah bentuk pemasaran yang paling terukur.
  • Salah satu manfaat terbesar dari pemasaran digital adalah memungkinkan Anda untuk menargetkan pembeli ideal atau yang sesuai dengan target Anda.
  • Kebanyakan orang memulai perjalanan pembeli mereka secara online.
  • Hampir semua pelanggan saat ini berada di media sosial dan pemasaran digital membantu Anda menjangkau mereka.

 

Baca Juga   :     Social Media Marketing : Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Melakukannya

 

Keuntungan Penerapan Digital Marketing di Bisnis Online

Memahami Kegunaan Digital Marketing Bagi Bisnis Online
 

Kemajuan zaman juga turut membawa dan mempengaruhi pengaruh bagi cara hidup masyarakat. Ini berlaku pada semua sektor kehidupan termasuk dengan bagaimana masyarakat abad modern saat ini berniaga serta mengembangkan bisnis mereka. Adapun beberapa keuntungan jika bisnis Anda menggunakan digital marketing adalah :

 

  • Membantu menyusun strategi dari data dan analisis

    Kelebihan terbaik pemasaran digital adalah Anda dapat mengetahui jumlah pasti orang yang telah melihat beranda situs website Anda secara real time. Dengan Google Analytics, Anda dapat melacak statistik dan informasi tentang situs web pemasaran Anda. Hal ini akan memberitahu Anda tentang jumlah orang yang mengunjungi halaman bisnis Anda, lokasi geografis mereka,jenis kelamin, usia dan minat pengunjung, berapa banyak waktu yang mereka habiskan di situs Anda. Dengan menampilkan rincian semua informasi lalu lintas ini, informasi ini dapat membantu Anda memprioritaskan saluran pemasaran. Analisis data waktu nyata memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang efektivitas taktik pemasaran Anda.

  • Hemat biaya daripada pemasaran tradisional

    Keuntungan terbaik lainnya adalah pemasaran digital memungkinkan Anda menghemat uang Anda secara substansial yang berpotensi menggantikan saluran iklan yang mahal seperti televisi, radio, dan halaman kuning. Dengan otomatisasi pemasaran email, Anda dapat meningkatkan prospek Anda. Dengan demikian, ini akan memungkinkan Anda untuk memuat konten terlebih dahulu dan menjadwalkannya untuk mengirimkan konten pada waktu-waktu penting.

  • ROI lebih tinggi

    Perusahaan pemasaran digital mengoptimalkan tingkat konversi untuk mencapai Return of Investment (ROI) maksimum untuk bisnis. Dengan branding yang lebih cerdas dan pendapatan yang lebih baik, pemasaran digital dapat memperoleh ROI yang lebih baik daripada pemasaran tradisional. Dengan metode pelacakan dan pemantauan yang efektif, hasil dapat dianalisis yang akan membantu Anda untuk mengambil tindakan yang diperlukan sesegera mungkin. Digital marketing yang Anda terapkan akan dapat menghasilkan aliran lalu lintas bertarget yang stabil yang dikonversi menjadi penjualan dan prospek. Semakin banyak bisnis Anda menghasilkan lalu lintas semacam ini, semakin cepat Anda dapat menikmati ROI Anda.

  • Membantu meningkatkan konversi

    Mengubah pelanggan secara online bukanlah masalah besar dan yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat strategi pemasaran Anda menarik karena lalu lintas bertarget menawarkan peluang lebih besar untuk konversi. Tidak seperti jenis periklanan lainnya, pemasaran digital memungkinkan Anda melakukan percakapan dua arah dengan pelanggan dan prospek yang Anda dapat membantu Anda menjangkau pelanggan kapan saja. Alih-alih mengganggu mereka dengan beberapa panggilan telepon, menjangkau pelanggan secara online adalah merupakan ide yang lebih baik lagi halus.

  • Pemasukan dan pendapatan lebih tinggi

    Tidak dapat dipungkiri bahwa tingkat konversi yang lebih tinggi dapat dihasilkan oleh teknik pemasaran digital yang efektif. Oleh karena itu, ini akan memberikan banyak manfaat yang menguntungkan bagi bisnis Anda dalam hal pendapatan yang lebih baik dan lebih tinggi. Manfaatkan platform digital untuk memahami pola pembelian pelanggan, menawarkan ide yang tepat yang memenuhi kebutuhan pelanggan Anda, gunakan beberapa saluran pemasaran digital untuk mengumpulkan data yang berguna dengan harapan pertumbuhan pendapatan yang lebih baik, usaha kecil dan menengah akan memiliki peluang yang lebih baik untuk memperluas tenaga kerja mereka.

  • Meningkatkan daya bersaing bersaing

    Pentingnya pemasaran digital juga terletak pada kenyataan bahwa jenis pemasaran ini akan memungkinkan Anda bersaing langsung dengan merek besar dan perusahaan besar. Dari vendor kecil hingga bisnis besar, pemasaran digital menawarkan taktik pemasaran yang terjangkau dan efektif. Sehingga brand kecil dapat mengarahkan lalu lintas baik secara lokal maupun di seluruh negeri dengan menjangkau konsumen target mereka.

  • Performa konten dan prospek

    Cara lama dalam pemasaran sangat membutuhkan banyak biaya dan cenderung meninggalkan limbah, seperti membagi-bagikan brosur dan flyer yang sebenarnya tidaklah terlalu efektif. Meski sudah membagikan banyak kertas yang mempromosikan produk Anda, tidak semua orang menganggap penting kertas tersebut dan mereka akan berakhir dibuang sehingga sekali lagi, pemasaran seperti ini tidak efisien dan membuang dana operasional bisnis Anda dengan percuma.
    Sebaliknya, dengan membuat konten promosi online yang menarik dan mengikuti trend, Anda bisa membagikannya ke semua jaringan sosial di internet. Anda juga dapat menggunakan jasa influencer dan mereka yang telah terkenal di media sosial.
    Semakin banyak keterlibatan yang Anda dapatkan, semakin Google menganggap konten Anda layak. Melalui pemasaran digital, Anda dapat mengukur dengan tepat berapa banyak orang yang melihat konten pemasaran Anda dan juga dapat mengumpulkan detail kontak dari pengunjung. Dengan strategi pemeliharaan prospek yang solid, Anda dapat membangun kesadaran dan ketertarikan yang lebih baik untuk merek Anda.

 

Baca Juga  :    Mengenal Apa Itu Return on Investment (ROI) Dalam Digital Marketing

 

Kesimpulan dan Penutup

Untuk era canggih dan serba online ini, pemasaran digital adalah cara terbaik untuk menjangkau pelanggan Anda tanpa lagi terbatas oleh jarak atau geografis, dimana saja dan kapan saja. Kemampuan menjangkau ini adalah kelebihan dari digital marketing yang meskipun begitu, penting untuk memiliki strategi pemasaran digital yang baik sebelum Anda mulai membuat dan mendistribusikan konten atau meluncurkan kampanye iklan digital.

Pertimbangkan apa tujuan bisnis Anda secara keseluruhan dan buat tujuan pemasaran digital yang selaras dengan tujuan ini. Manfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, Tiktok merupakan platform yang sangat baik untuk berinteraksi dengan konsumen Anda. Ini adalah platform pemasaran digital yang sangat tepat karena semua orang hadir secara online dan Anda dapat memanfaatkan tren ini untuk mengarahkan orang ke situs Anda, mengukuhkan brand Anda serta tentunya menjual lebih banyak produk.

Related Post :