Memahami Landing Page : Tips dan Cara Membuatnya

Business, Marketing / 0 | | 0

Ada banyak cara dalam pemasaran digital saat ini dan landing page atau halaman arahan adalah salah satunya yang dianggap efektif. Landing page sendiri adalah halaman web tunggal yang dibuat sebagai tujuan untuk kampanye pemasaran atau iklan tertentu. Ini disebut halaman arahan karena pengunjung mendarat di halaman setelah mengklik tautan di iklan atau kampanye pemasaran Anda.

Selain menggunakan landing page sebagai target iklan, Anda juga dapat membagikan atau menyematkan tautan ke halaman tersebut di media sosial, menambahkannya ke video, dan memasukkannya ke dalam email atau kampanye pemasaran lainnya. Namun landing page tidak seperti halaman lain di situs web Anda. Banyak halaman di situs Anda, seperti beranda, mendorong pengunjung untuk menjelajahi situs Anda lebih jauh, dan masuk lebih dalam ke kontennya.

Sebaliknya, landing page dirancang untuk dapat berfokus pada mendorong pengunjung situs web untuk tetap berada di tempat mereka berada, dan mengambil satu tindakan spesifik. Laman landas menyertakan ajakan bertindak/call to action (CTA), yang merupakan tautan atau tombol teks, yang memberi tahu pengunjung tindakan apa yang harus diambil. Mari simak dan memahami landing page lebih lanjut lagi jika Anda tertarik menggunakannya untuk bisnis Anda.

 

Pentingnya dan Manfaat Penggunaan Landing Page

Memahami Landing Page : Tips dan Cara Membuatnya
 

Sebuah landing page berbeda dari halaman lain di situs Anda karena mereka fokus pada tujuan jangka pendek yang spesifik sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Selain meningkatkan konversi, meningkatkan kampanye iklan berbayar, dan menghasilkan wawasan pemirsa baru, landing page dapat :

  • Meningkatkan kredibilitas Anda.

    Pengguna biasanya menghargai pesan yang jelas dan sederhana yang menjelaskan nilai dari apa yang Anda tawarkan. Landing page yang terencana dengan baik menunjukkan kepada pelanggan Anda bahwa Anda memiliki kepentingan terbaik bagi pelanggan Anda. Mereka juga merupakan tempat di mana Anda dapat memasukkan testimonial tentang produk atau layanan Anda, yang merupakan elemen bukti sosial. Bukti sosial seperti testimonial juga review telah terbukti meningkatkan konversi terutama di era digital dimana orang-orang akan mencari pengalaman pelanggan lain secara online sebelum memutuskan untuk membeli .

  • Memperkuat brand Anda.

    Ini adalah hasil dari menjaga konsistensi dalam tampilan, nada, gaya, dan salinan situs web Anda karena dengan brand yang jelas dan kuat memiliki beberapa manfaat. Saat pengguna Anda tidak segera berkonversi, identitas merek yang kuat dapat membantu mereka mengingat Anda di masa mendatang, menanggapi upaya pemasaran ulang Anda, atau merekomendasikan Anda kepada teman-teman mereka.

 

Baca Juga  :     Mengetahui Strategi Pemasaran (Marketing Strategy) yang Efektif Beserta Tipenya

 

Tips dan Cara Membuat Landing Page yang Efektif

Memahami Landing Page : Tips dan Cara Membuatnya
 

Dirancang dengan tujuan tertentu, landing page adalah halaman web mandiri yang Anda buat untuk mendorong konversi dari kampanye pemasaran atau iklan tertentu. Maka dari itu, karena sifatnya adalah mengiklankan, landing page haruslah persuasif. Berikut beberapa tips dan cara dalam membuat landing page :

  • Pendek/padat, rapi dengan konten berkualitas yang menggugah

    Landing page yang baik harus menawarkan semua informasi yang diperlukan, tetapi tidak terlalu membanjiri sehingga akan membuat pengunjung cepat bosan atau kebingungan akan banyaknya informasi. Berikan info penting yang akan menarik minat audiens Anda dan tidak bertele-tele. Begitu juga dengan konten, berikan konten yang kaya dan bermanfaat, asalkan relevan. Konten yang bagus dan percaya diri menginspirasi kepercayaan dari pengunjung.

  • Mudah untuk dikonversi

    Tujuan utama landing page adalah untuk memudahkan pengunjung melakukan konversi, memberikan jarak sesedikit mungkin dan sesedikit mungkin penghalang antara titik A dan B. Langkah selanjutnya harus selalu jelas mengingat strategi ini bervariasi tergantung pada apa konversi yang Anda inginkan. Jika landing page Anda misalnya, pengiriman formulir, buat formulir itu menjadi menarik yang apabila sudah diunduh, jangan lupa untuk menyematkan tombol yang memohon untuk di klik.

  • Desain yang menarik dan bersih

    Penting bagi landing page untuk memiliki desain yang jelas dan tajam yang membuat semua pertanyaan terjawab tanpa menginspirasi pertanyaan baru. Navigasi harus jelas dan sederhana, semua informasi yang diperlukan harus disediakan, dan tidak ada yang boleh mengganggu antara pengunjung dan konversi. Hindari iklan pop-up karena jika memungkinkan, pengunjung harus dapat mengonversi dalam satu klik.

  • Buat headline yang menarik

    Sebagian besar halaman arahan yang baik menggunakan judul utama untuk mengonfirmasi penawaran dan menggunakan sub judul untuk penjelasan lebih lanjut atau proposisi nilai dari penawaran asli Anda. Hindari penggunaan kata yang tidak efektif dan relevan maupun yang berbelit-belit.

  • Ajakan bertindak/CTA yang jelas

    Ajakan bertindak dapat hadir dalam teks judul serta teks tombol karena CTA dibuat dengan tegas dan ringkas. Seharusnya tidak ada pertanyaan tentang langkah selanjutnya yang diperlukan, karenanya beri tahu pengunjung Anda apa yang Anda ingin mereka lakukan dalam teks tebal dan besar.
     
    Baca Juga  :    Apa Itu Digital Marketing dan Cara Menerapkanya di Indonesia

  • Mudah untuk diingat

    Sangat penting bahwa pengunjung Anda dapat menangkap esensi dari penawaran Anda dengan cepat. Diperkirakan Anda memiliki waktu sekitar 8 detik untuk meyakinkan pengguna agar tetap berada di halaman Anda, jadi proposisi nilai harus cepat dan meyakinkan. Saat membuat halaman arahan, permudah pemindaian dengan menyorot poin utama Anda di judul saat menggunakan sub judul dan poin-poin untuk info tambahan. Gunakan font dan warna untuk menunjukkan hierarki informasi.

  • Didukung oleh gambar yang relevan dan berkualitas

    Gambar yang cerah dan menarik membuat halaman menjadi lebih menarik dan pengalaman pengguna yang lebih baik secara keseluruhan. Pertimbangkan untuk menambahkan isyarat visual untuk memberi petunjuk kepada pengunjung tentang apa yang harus mereka lakukan selanjutnya. Anda dapat menempuh rute yang jelas dengan panah, atau mencoba sesuatu yang lebih halus seperti menjadikan tombol terang sebagai titik fokus halaman landing page Anda.

  • Penawaran yang sesuai tanpa clickbait

    Cara termudah untuk mendapatkan konversi adalah dengan hanya memiliki penawaran yang luar biasa. Pastikan penawaran Anda cukup menarik bagi pengguna dan itu adalah sesuatu yang benar-benar mereka inginkan. Siarkan mengapa tawaran Anda menarik dan hindari clickbait yang akan membuat pengunjung marah jika tawaran landing page Anda ternyata berbeda begitu mereka mengkliknya.

  • Ramah pengguna seluler

    Pengguna seluler saat ini jauh lebih banyak dari mereka yang membuka desktop seperti beberapa tahun lalu. Memiliki situs yang berfungsi baik dengan perangkat seluler dapat menggandakan konversi Anda karena orang-orang cenderung lebih aktif di smartphone mereka.

 

Baca Juga  :     Mengenal Apa Itu Return on Investment (ROI) Dalam Digital Marketing

 

Kesimpulan dan Penutup

Sekarang setelah Anda benar-benar memahami apa itu landing page, Anda siap menggunakan alat halaman arahan untuk membuatnya sendiri. Anda juga dapat melihat bagaimana landing page menjadi alat penting untuk hampir semua kesuksesan pemasaran online bisnis. Dengan penempatan landing page yang strategies makan Anda dapat memperoleh penjualan, menghasilkan prospek, dan memelihara prospek Anda melalui satu kampanye halaman arahan.

Hanya saja ketika Anda hendak membuat landing page bagi bisnis Anda, perlu tetap diingat bahwa landing page hanya memiliki tujuan untuk mendapatkan konversi. Selain itu landing page juga memiliki tautan yang sangat terbatas di luar halaman, karena mengalihkan perhatian dari tujuan konversi, tidak bergantung pada situs lain karena sifatnya adalah kemapanye iklan dan dapat dioptimalkan untuk tingkat konversi melalui pengujian A/B.

Related Post :