Memahami Manfaat dan Kegunaan Data Scraping

Development & Security, Web Security / 0 | | 1

Informasi tentang data-data di internet sangat beragam, semua informasi tersebut adalah salah satu kekuatan yang bisa membuat Anda mengembangkan diri Anda sendiri atau untuk tujuan tertentu. Bagi Anda pemilik bisnis atau usaha, Anda pasti sangat memerlukan data-data dari kompetitor Anda. Anda bisa mengetahui riset pasar dari kompetitor Anda atau sekadar untuk mencari leads.

Dalam mencari sebuah informasi data-data dari internet tentu tidak sembarangan hanya dengan membaca dan copy dan paste saja. Anda juga perlu analisa yang bagus untuk mengambil data-data tersebut. Akses data tersebut bisa Anda lakukan secara manual atau dengan coding. Anda juga bisa menggunakan beragam tools untuk melakukan pengambilan data-data tersebut. Proses pengumpulan data-data tersebut disebut sebagai web scraping, data mining dan web crawling.

Web scraping, data mining, dan web crawling adalah metode efektif yang memungkinkan Anda dengan mudah mengumpulkan dan menyimpan informasi dari situs web di internet. Web scraping salah satu metode dalam pengumpulan data yang bisa Anda coba lakukan. Anda pasti bertanya, apakah mengambil data-data tersebut ilegal? Jawabannya adalah tindakan web scraping tidak ilegal. Namun, beberapa aturan perlu diikuti. Web scraping menjadi ilegal ketika data yang tidak tersedia untuk umum diekstraksi. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui tentang apa itu web scraping, bagaimana cara kerja web scraping, manfaat dan kegunaan website hingga tuntas.

 

Mengenal Apa Itu Data Scraping 

Memahami Manfaat dan Kegunaan Data Scraping
 

 

Data Scraping atau yang biasa dikenal juga dengan Web scraping atau pengikisan web adalah proses mengimpor informasi dari situs web ke dalam spreadsheet atau file lokal yang disimpan di komputer Anda. Ini adalah salah satu cara paling efisien untuk mendapatkan data dari web, serta dalam beberapa kasus untuk menyalurkan data tersebut ke situs web lain. Penggunaan populer dari data scraping meliputi:

  • Riset untuk konten web/intelijen bisnis
  • Membandingkan harga untuk situs pemesan perjalanan atau situs perbandingan harga lainnya
  • Menemukan prospek penjualan atau melakukan riset pasar dengan crawling sumber data publik (mis. Facebook dan Twitter)
  • Mengirim data produk dari situs e-niaga ke vendor online lain (mis. Google Shopping).

 

Data scraping bisa dilakukan secara manual, Anda bisa menggunakan excel untuk melakukannya. Tapi cara yang lebih disukai adalah dengan yang langsung bisa mengambil data secara otomatis, ini dibutuhkan koding atau tools saat scraping data web karena biayanya lebih murah dan bekerja lebih cepat. Tetapi dalam kebanyakan kasus, web scraping bukanlah tugas yang sederhana. Situs web datang dalam berbagai bentuk dan bentuk, akibatnya, web scraping dapat bervariasi dalam fungsi dan fitur.

 

Baca Juga  :     Mengenal Cara Kerja Web Crawler Bagi Situs Web

 

Memahami Bagaimana Cara Kerja Data Scraping

Sebagai seorang pemula yang ingin mencari tahu data-data dari kompetitor, Anda pasti memiliki pertanyaan: Bagaimana cara kerja scraper data atau scraper web?. Data scraper otomatis bekerja dengan cara yang agak sederhana tetapi juga rumit. Walau rumit, tetapi web scraping tetap bisa dipahami secara ringkas oleh Anda yang masih awam. Penjelasan tentang data scraping akan dibahas secara sederhana pada artikel ini.

Pertama, scraper data akan diberikan satu atau lebih URL untuk dimuat sebelum di-scrap. Scraper kemudian memuat seluruh kode HTML untuk halaman yang dimaksud. Scraper yang lebih canggih akan merender seluruh situs web, termasuk elemen CSS dan Javascript. Selanjutnya, scraper akan mengekstrak semua data pada halaman atau data tertentu yang dipilih oleh pengguna sebelum proyek dijalankan.

Anda bisa memilih data spesifik yang Anda inginkan dari halaman situs web yang Anda scraping. Misalnya, Anda mungkin ingin mengetahui halaman produk Alibaba untuk harga dan model tetapi tidak selalu tertarik dengan ulasan produk. Terakhir, scraper web akan menampilkan semua data yang telah dikumpulkan ke dalam format yang lebih berguna bagi Anda. Sebagian besar scraper web akan menampilkan data ke spreadsheet CSV atau Excel, sementara scraper yang lebih canggih akan mendukung format lain seperti JSON yang dapat digunakan untuk API.

 

Baca Juga  :   Mengenal Berbagai Tipe DBMS (Database Management System) dan Rekomendasi Software Terbaiknya

 

Manfaat dan Kegunaan Data Scraping

Memahami Manfaat dan Kegunaan Data Scraping
 

 

Setelah Anda mengetahui apa itu Web Scraping dan bagaimana cara kerja web scraping, sekarang Anda tiba pada pembahasam mengenai manfaat dan kegunaan data scraping. Anda akan mengetahui berbagai manfaat dari data scraping yang telah Anda kumpulkan dengan metode web scraping.

  • Membantu membuat daftar keperluan perumahan 

    Banyak agen real estat atau perumahan menggunakan web scraping untuk mengisi basis data mereka tentang properti yang tersedia untuk dijual atau disewa. Misalnya, Anda seorang pemilik bisnis agen real estate, Anda bisa mengikis daftar MLS untuk membangun API yang secara langsung mengisi informasi ini ke situs web real estate Anda sendiri. Dengan cara ini, Anda dapat bertindak sebagai agen untuk properti tersebut ketika seseorang menemukan cantuman ini di situs Anda. Sebagian besar cantuman yang akan Anda temukan di situs web Real Estate dibuat secara otomatis oleh API.

  • Statistik dan informasi industri

    Banyak perusahaan menggunakan web scraping untuk membangun basis data besar dan menarik informasi khusus industri dari ini. Perusahaan-perusahaan ini kemudian dapat menjual akses ke informasi ini ke perusahaan-perusahaan di industri tersebut. Misalnya, sebuah perusahaan Anda sedang scraping dan menganalisis banyak data tentang harga minyak, ekspor, dan impor untuk menjual informasi kepada perusahaan minyak di seluruh dunia.

  • Perbandingan dan riset situs belanja online

    Beberapa beberapa situs web dan aplikasi dapat membantu Anda dengan mudah membandingkan harga antara beberapa toko online untuk produk yang sama. Salah satu cara situs web ini bekerja adalah dengan menggunakan scraper web untuk mengikis data produk dan harga dari setiap toko online setiap hari. Dengan cara ini, E-Commerce atau situs belanja dapat menyediakan data perbandingan yang dibutuhkan penggunanya.

  • Akses seluruh aplikasi

    Dengan web scraping data, Anda tidak perlu bergantung pada situs web yang merilis antarmuka pemrograman aplikasi publik (API) untuk mengakses data yang ditampilkan di halaman web tersebut. Ada beberapa manfaat untuk web scraping dibandingkan dengan mengakses API publik:
    a) Anda dapat mengakses dan mengumpulkan data apa pun yang tersedia di situs web mereka.
    b) Anda tidak terbatas pada sejumlah kueri tertentu.
    c) Anda tidak perlu mendaftar untuk mendapatkan kunci API atau harus mematuhi aturan mereka.

  • Manajemen data yang efektif

    Daripada Anda menyalin dan menduplikasi data dari internet, Anda dapat memilih data apa yang ingin Anda kumpulkan dari berbagai situs web, kemudian Anda dapat mengumpulkannya secara akurat dengan pengikisan web. Untuk teknik scraping / perayapan web yang lebih canggih, data Anda akan disimpan dalam basis data cloud, dan kemungkinan akan berjalan setiap hari. Menyimpan data dengan software dan program otomatis bisa membuat perusahaan, operasi, atau karyawan Anda dapat menggunakan lebih banyak waktu untuk pekerjaan kreatif dibandingkan untuk copy dan paste data-data di internet.

 

Baca Juga :    Database : Definisi/Pengertian dan Tipe/Jenisnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Proses pengumpulan data-data tersebut disebut sebagai web scraping, data mining, dan web crawling. Web scraping, data mining, dan web crawling adalah metode efektif yang memungkinkan Anda dengan mudah mengumpulkan dan menyimpan informasi dari situs web di internet. Web scraping salah satu metode dalam pengumpulan data yang bisa Anda coba lakukan.

Data Scraping atau yang biasa dikenal juga dengan Web scraping atau pengikisan web adalah proses mengimpor informasi dari situs web ke dalam spreadsheet atau file lokal yang disimpan di komputer Anda. Data scraping bisa dilakukan secara manual, Anda bisa menggunakan excel untuk melakukannya. Tapi cara yang lebih disukai adalah dengan yang langsung bisa mengambil data secara otomatis, ini dibutuhkan koding atau tools saat scraping data web karena biayanya lebih murah dan bekerja lebih cepat.

 

 

Related Post :