Memahami Manfaat Menggunakan Kampanye Email Marketing Bagi Bisnis

Business, Email Marketing / 0 | | 0

Digital marketing saat ini harus lebih bervariasi dan mampu menyesuaikan dengan trend maupun teknologi yang terus bermunculan. Salah satunya adalah kampanye pemasaran email atau email marketing yang merupakan kumpulan pesan email individual yang terkoordinasi yang disebarkan selama periode waktu tertentu dengan satu tujuan tertentu. Tujuan khusus atau ajakan bertindak atau call to action(CTA) ini dapat mencakup hal seperti mengunduh sesuatu, pendaftaran hingga melakukan pembelian.

Adapun email yang dibuat untuk pemasaran akan memerlukan baris subjek yang ditulis dengan baik, konten yang terfokus, dan ajakan bertindak yang spesifik untuk mencapai tujuan kampanye. Sama seperti kebanyakan konten digital, baris subjek harus menyeimbangkan antara informatif dan menarik, mendorong orang untuk mengklik tanpa terlalu banyak atau kurang menjanjikan apa yang ada di dalamnya. Penulisan email yang tidak secara akurat mewakili apa yang ada di dalamnya akan dinilai sesuai hingga bahkan diabaikan sebagai spam.

Konten terfokus harus konten yang relevan dengan konsep keseluruhan kampanye pemasaran email Anda serta audiens Anda secara keseluruhan. Dalam banyak kampanye email, pemasar dapat memilih untuk menggunakan konten dinamis untuk menarik segmen yang berbeda dalam audiens mereka. Kampanye pemasaran email yang baik biasanya menyertakan satu CTA utama dengan kemungkinan CTA sekunder. Tombol CTA Anda harus jelas dan tebal, tanpa berlebihan atau menghilangkan dan menenggelamkan pesan dari email itu sendiri.

 

Manfaat Menggunakan Kampanye Email Marketing

Manfaat Menggunakan Kampanye Email Marketing

Ada beberapa alasan mengapa pemasaran email adalah senjata rahasia yang sebenarnya untuk menumbuhkan audiens Anda yang siap konversi. Jadi tidak mengherankan kalau kampanye email marketing sangat diandalkan karena ini akan memberikan banyak informasi yang akan membawa peluang kepada penjualan. Dibawah ini beberapa manfaat jika Anda menggunakan kampanye email marketing dalam bisnis Anda.

  • Email yang dapat disesuaikan/kostumisasi

    Dengan mengelompokkan audiens pemasaran email Anda ke dalam daftar tertentu dan menyesuaikan elemen seperti salam, CTA, dan data dalam email, Anda dapat memberikan pengalaman konten yang dipersonalisasi kepada setiap pelanggan. Personalisasi akan membuat pelanggan Anda lebih merasa diperhatikan dan ini berarti Anda selaku pemilik bisnis dan brand memang memikirkan setiap pelanggan Anda dengan seksama.

  • Murah dan hemat biaya

    Biaya dasar untuk mengirim satu pesan sangat minim. Hasilnya, Anda dapat menjangkau khalayak luas dengan satu kampanye pemasaran email. Tidak ada biaya untuk membeli ruang iklan atau upaya yang diperlukan untuk membuat audiens yang ditargetkan, seperti di media sosial dan iklan pencarian. Faktor hemat biaya ini akan sangat sesuai untuk bisnis dan brand yang baru saja memulai bisnis mereka terlebih lagi lagi jika mereka memiliki anggaran terbatas.

  • Lebih efektif daripada media sosial

    Meskipun munculnya platform media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Instagram, namun pengguna email masih melebihi jumlah audiens di media sosial. Jika diambil dari data Radicati Group pada tahun 2018 kemarin, hampir 34% populasi dunia menggunakan email. Pengguna email ini kira-kira berjumlah 2,5 miliar pengguna dan diperkirakan akan meningkat menjadi 2,8 miliar pengguna dalam waktu dua tahun.

 

Baca Juga  :    Keuntungan dan Manfaat Email Hosting dalam Bisnis

 

Langkah untuk Strategi Kampanye Email Marketing yang Efisien

Baik Anda baru saja memulai bisnis baru dengan skala kecil maupun telah mempunyai bisnis yang besar, cara email marketing berikut ini akan membantu menciptakan landasan keterlibatan jangka panjang dan ROI yang berkelanjutan.

  • Buat segmentasi audiens Anda

    Gunakan database pelanggan Anda yang ada baik itu yang loyal, baru, prospek, yang tidak lagi menggunakan produk atau layanan Anda hingga pelanggan yang melakukan pengembalian, kemudian segmenkan mereka sesuai dengan perilaku pembelian dan pola minat. Anda dapat berbagi kuis dengan seluruh basis pelanggan untuk mengetahui data terperinci di setiap grup, memangkas setiap daftar hingga sempurna.

  • Buat perjalanan pelanggan (customer journey)

    Perjalanan pelanggan melibatkan pemecahan seluruh pengalaman yang mengarah ke konversi termasuk mencerminkan pengalaman kehidupan nyata pelanggan Anda. Misalnya, seorang pelanggan membeli produk atau jasa Anda mulai dari beberapa tahun terakhir, ini berarti perjalanan pelanggan akan dapat membantu membagikan jenis pesan yang tepat di seluruh saluran pemasaran email Anda.

  • Personalisasikan pesan kampanye Anda

    Personalisasi sangat penting dan cukup mudah untuk dilakukan pada kampanye Anda. Bahkan menurut Experian Marketing Services, email yang dipersonalisasi menghasilkan tingkat transaksi enam kali lebih tinggi. Pelanggan Anda juga akan senang karena ini berarti Anda selaku bisnis dan brand, mengingat dan menghargai mereka.

  • Lakukan eksperimen dan uji

    Ada beberapa jenis email dan format konten yang dapat Anda coba dalam strategi pemasaran email Anda. Seperti penerapan konten interaktif dapat sangat membantu saat Anda mencoba merombak citra merek Anda dan melibatkan kembali pelanggan yang sudah ada. Oleh karenanya, lakukan eksperimen dan uji coba hingga Anda menemukan cara yang tepat untuk pemasaran Anda.

 

Baca Juga  :     Tips Memilih Layanan dan Fitur Terbaik Email Hosting Untuk Kegunaan Bisnis

 

Layanan Email Marketing Dengan Email Solution IDCloudHost

Layanan Email Marketing Dengan Email Solution IDCloudHost
 

Memasarkan produk atau layanan Anda melalui email dapat menjadi cara yang cepat, fleksibel, dan hemat biaya untuk menjangkau pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan mendorong kunjungan situs web berulang. Pemasaran email dapat memungkinkan Anda membuat pesan yang ditargetkan dan dipersonalisasi. Ini dapat membantu Anda membangun hubungan yang bermakna dengan pelanggan Anda selain juga dapat meningkatkan tingkat respons terhadap kampanye pemasaran langsung Anda.

Namun, penting untuk tidak menggunakan pemasaran email secara berlebihan. Menerima email pemasaran dapat mengganggu orang jika tidak relevan, terlalu sering atau tidak diinginkan. Selain itu, gunakan penyedia layanan email marketing yang telah terpercaya seperti Email Solution dari IDCloudHost yang akan membantu Anda dalam email professional Anda. Dengan email hosting Zimbra, Anda akan mendapatkan keunggulan seperti :

  • Email Profesional

    Email Anda akan tampak lebih profesional dengan menggunakan nama domain ([email protected]) didukung dengan fitur keamanan, anti-spamming dan aplikasi terintegrasi.

  • Kapasitas Fleksibel

    Kapasitas email bisa diintegrasikan dengan kapasitas hosting yang Anda punya termasuk integrasi dengan cloud hosting dan server IDCloudHost sehingga akan lebih mudah dan fleksibel.

  • Kolaborasi Penyimpanan

    Zimbra email dan collaboration telah terintegrasi satu sama lain, dimana Anda akan mendapatkan fasilitas collaboration seperti docs, drive, chat video conference, zimbra connect, dan lainnya.

  • Akses Lengkap dan Mudah

    Zimbra email dan collaboration dapat digunakan dan diakses dengan berbagai perangkat baik itu sistem operasi seperti Android maupun iOS yang akan mempermudah pekerjaan Anda apapun perangkat OS yang Anda gunakan.

 

Dengan paket Standar Email dengan Rp 15.000 /akun/bulan hingga Professional Email seharga Rp 30.000 /akun/bulan, kini Anda dapat membuat kampanye email marketing Anda sendiri dengan budget yang sesuai dengan anggaran Anda.

 

Baca Juga  :    Memahami Kegunaan Digital Marketing Bagi Bisnis Online

 

Kesimpulan dan Penutup

Pemasaran dunia semakin berkembang dimana ini berarti juga menggunakan teknik terbaru yang biasa disebut digital marketing. Sebagai salah satu saluran digital marketing, kampanye pemasaran email adalah strategi pemasaran apa pun yang melibatkan pengiriman email komersial ke sekelompok pelanggan atau prospek. Secara teknis, pemasaran email juga mencakup komunikasi satu lawan satu, seperti pesan yang dikirim untuk menyelesaikan kueri pelanggan tertentu.

Saat suatu brand atau bisnis mencoba memperkuat hubungan dengan pelanggan mereka melalui saluran digital, penting untuk menemukan teknik yang efektif dan hemat biaya. Pemasaran email berperingkat tinggi dalam daftar ini, karena jangkauannya yang luas, kemudahan penggunaan, dan pengembalian yang terbukti. Jadi, tidak ada salahnya menerapkan cara pemasaran email marketing dalam strategi pemasaran Anda berikutnya.

 

 

Related Post :

popup image