Memahami Penerapan dan Penggunaan Analisis SWOT dalam Bisnis

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

SWOT merupakan singkatan dari Strength, Weaknesses, Opportunities, dan Threats. Analisis SWOT adalah kerangka kerja untuk mengidentifikasi dan menganalisis kekuatan (Strength), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities) dan ancaman (Threats) untuk bisnis, perusahaan atau organisasi yang disingkat agar lebih mudah. Adapun analisis ini sendiri adalah teknik untuk menilai keempat aspek pada bisnis Anda.

Tujuan utama dari pembuatan analisis SWOT adalah untuk membantu bisnis dan perusahaan dalam meningkatkan kesadaran akan faktor – faktor dalam membuat keputusan bisnis. Anda dapat menggunakan Analisis SWOT untuk memaksimalkan apa yang Anda miliki untuk keuntungan terbaik organisasi Anda, dan Anda dapat mengurangi kemungkinan kegagalan atau resiko bisnis dengan Analisis SWOT yang sama pula.

Analisis SWOT mampu membantu dan menjadi panduan perusahaan dengan menganalisis faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi kelangsungan dari keputusan. Anda dapat mulai menyusun strategi yang membedakan Anda dari pesaing Anda, sehingga Anda dapat bersaing dengan sukses di pasar Anda. Gunakan Analisis SWOT untuk menilai posisi bisnis Anda saat ini sebelum Anda memutuskan strategi baru. Mari pahami analisis bisnis SWOT agar Anda dapat melihat dengan jelas apa saja yang Anda butuhkan dalam mengembangkan bisnis maupun perusahaan Anda.

 

Memahami Elemen Inti Analisis SWOT

Memahami Penerapan dan Penggunaan Analisis SWOT dalam Bisnis
 

Untuk memahami bagaimana cara penerapan dan penggunaan Analisis SWOT, Anda juga harus memahami elemen – elemen inti atau utama dalam SWOT yang akan Anda gunakan nanti dalam penerapan dan penggunaan Analisis SWOT. Seperti yang sudah dijelaskan tadi SWOT merupakan singkatan dari Strength, Weaknesses, Opportunities, dan Threats yang berarti Analisis SWOT akan memeriksa empat elemen dasarnya.

Berbagai alat ada untuk memandu Anda sebagai pembuat keputusan melalui proses, sering kali akan menggunakan serangkaian pertanyaan dari masing- masing empat elemen itu. Anda dapat dipandu melalui pertanyaan seperti: Apa yang Anda lakukan lebih baik daripada bisnis lain dan Apa keuntungan yang Anda miliki dibandingkan dengan pesaing Anda?. Mari kita lihat setiap elemen dari empat elemen secara lebih rinci dan pertimbangkan pertanyaan apa yang dapat Anda ajukan sebagai bagian dari analisis SWOT Anda.

 

  • Strength (Kekuatan)

    Strength (Kekuatan) merupakan atribut internal dan sumber daya yang mendukung hasil yang sukses dan ini adalah hal – hal yang dilakukan bisnis Anda dengan sangat baik yaitu dengan cara yang membedakan Anda dari pesaing Anda. Pada elemen ini pikirkanlah tentang keunggulan yang dimiliki bisnis Anda dibandingkan bisnis lain. Pikirkan juga mengenai keterampilan komunikasi yang baik dalam pekerjaan bisnis Anda sesame staf Anda, ketepatan waktu untuk shift, menangani pelanggan Anda dengan baik, bergaul dengan baik dengan semua departemen, kekuatan fisik dan juga ketersediaan yang baik dalam bisnis Anda. Hal ini mungkin akan memotivasi staf Anda.
    Perlu diingat, kekuatan Anda adalah bagian integral dari bisnis Anda, jadi pikirkan hal apa yang akan membuat bisnis Anda berjalan dengan sukses. Kira- kira apakah hal yang Anda lakukan lebih baik dari orang lain? Nilai apa yang akan mendorong bisnis Anda atau sumber daya unik atau berbiaya rendah apa yang dapat Anda manfaatkan yang tidak dapat di manfaatkan oleh orang lain, serta apa keuntungan yang Anda miliki? Selain itu identifikasi dan analisis Unique Selling Proposition (USP) bisnis Anda dan tambahkan hal ini ke bagian elemen Strength (kekuatan) Analisis SWOT bisnis Anda.
    Kemudian dari sini putar perspektif Anda dan tanyakan pada diri Anda sendiri apa yang mungkin dilihat pesaing Anda sebagai kekuatan Anda dan Faktor apa yang membuat Anda mendapatkan penjualan lebih baik lagi? Sekali lagi, hal yang perlu diingat, aspek apa pun dari bisnis Anda hanya merupakan kekuatan jika itu memberi Anda keuntungan yang jelas. Misalnya, jika semua pesaing Anda menyediakan produk berkualitas tinggi, maka proses produksi berkualitas tinggi bukanlah kekuatan di pasar Anda.

  • Weaknesses (Kelemahan)

    Anda tidak hanya perlu untuk mempertimbangkan kekuatan pada bisnis Anda, tetapi Anda juga harus mempertimbangkan suatu kelemahan pada bisnis Anda. Analisis SWOT hanya akan berharga jika Anda mengumpulkan semua informasi yang Anda butuhkan. Jadi, bersikaplah realistis karena dalam mempertimbangkan kelemahan pada bisnis Anda, sekarang Anda akan menghadapi kebenaran yang tidak menyenangkan. Weaknesses (Kelemahan) sendiri merupakan atribut internal dan sumber daya yang bertentangan dengan hasil yang sukses.
    Kelemahan adalah sebuah fitur yang pasti melekat pada bisnis Anda, jadi Anda harus fokus pada orang, sumber daya, system, dan prosedur bisnis Anda. Pikirkan tentang apa yang dapat Anda tingkatkan atau hal– hal apa yang harus Anda hindari, dan kira- kira dimana Anda perlu Anda perbaiki? Pertanyaan sederhana tersebut untuk mengidentifikasi sebuah kelemahan pada bisnis Anda. Pada elemen Weaknesses (Kelemahan) ini pikirkan juga mengenai apakah membutuhkan waktu istirahat yang lama atau celah lain yang mungkin luput. Sekali lagi Anda perlu mencari tahu bagaimana orang lain di pasar Anda melihat Anda terutama pada point kelemahan Anda.
     
    Baca Juga  :    Tips dan Cara Memulai Wirausaha dari Dasar Bagi Pemula

  • Opportunities (Peluang)

    Selanjutnya adalah faktor Opportunities (Peluang) yang merupakan faktor eksternal yang dapat dimanfaatkan atau digunakan bisnis untuk keuntungannya. Peluang adalah sebuah pembukaan untuk sesuatu yang akan terjadi dan harus di klaim untuk diri Anda sendiri. Peluang biasanya muncul dari situasi di luar bisnis Anda, dan membutuhkan perhatian terhadap apa yang mungkin terjadi di masa depan yang akan muncul sebagai sebuah perkembangan di masa yang akan Anda layani atau dalam teknologi yang sedang Anda gunakan.
    Jika Anda mampu melihat dan memanfaatkan peluang maka Anda dapat membuat perbedaan besar pada kemampuan bisnis Anda untuk bersaing dan memimpin di pasar Anda. Pikirkanlah tentang peluang bagus yang dapat Anda temukan karena peluang merupakan suatu hal yang memiliki peran penting pada kesuksesan bisnis Anda. Hal penting yang harus diperhatikan yaitu Anda juga harus mewaspadai perubahan kebijakan pemerintah terkait bidang Anda dan perubahan pola sosial, profil populasi, dan gaya hidup semuanya yang dapat memunculkan peluang menarik.
    Anda juga harus menyadari tentang tren pasar apa yang kira -kira dapat membantu meningkatkan penjualan. Dalam elemen ini Anda juga perlu memikirkan hal -hal lain misalnya seperti, seperti bagaimana dengan para pekerja etalase pada bisnis, bagaimana cara menyapa pelanggan dan membantu mereka untuk menemukan produk yang mereka inginkan, bagaimana cara untuk membantu kepuasan pelanggan. Ini adalah bagian dasar yang akan akan membantu dalam menciptakan peluang yang baik untuk bisnis Anda.

  • Threats (Ancaman)

    Threats (Ancaman) merupakan faktor eksternal yang dapat membahayakan keberhasilan bisnis atau perusahaan. Ancaman mencakup segala sesuatu yang berdampak negatif terhadap bisnis Anda dari luar. Sangat penting sekali untuk mengantisipasi ancaman dan mengambil tindakan terhadapnya sebelum Anda menjadi korban dari ancaman ini dan pertumbuhan bisnis Anda terhenti. Pikirkan tentang hambatan yang Anda hadapi dalam membawa produk Anda ke pasar dan ke penjualan Anda dalam bisnis Anda ini.
    Anda mungkin memperhatikan bahwa standar kualitas atau spesifikasi untuk produk Anda berubah, ini seharusnya diubah jika ingin tetap membuat bisnis Anda berhasil. salah satu hal yang juga harus Anda perhatikan yang termasuk di dalam elemen ini adalah kira-kira dimana pesaing Anda yang lebih memiliki keunggulan pasar. Pertanyaan ini juga perlu dipikirkan untuk mengidentifikasi sebuah ancaman terhadap bisnis Anda selain juga harus memastikan diri Anda untuk mengeksplorasi apakah bisnis Anda secara khusus dihadapkan pada tantangan eksternal.
    Perhatikan kembali apakah Anda memiliki hal buruk atau masalah lainnya, karena hal ini adalah jenis ancaman yang dapat merusak bisnis Anda. Dengan kemajuan teknologi yang selalu berkembang juga merupakan sebuah ancaman tetapi juga merupakan peluang. Anda harus selalu mempertimbangkan apa yang akan dilakukan oleh pesaing Anda dan apakah Anda harus mengubah penekanan bisnis Anda untuk memenuhi tangan bisnis Anda. Tetapi perlu Anda ingat juga bahwa apa yang pesaing Anda lakukan mungkin bukan hal yang benar untuk Anda lakukan dan Anda juga harus menghindari untuk menyalinnya tanpa mengetahui bagaimana hal itu akan meningkatkan posisi Anda. Bisa saja hal itu tidak akan menaikkan posisi Anda melainkan sebaliknya.

 

Baca Juga  :    Memahami Pentingnya Riset Pasar Dalam Membangun Bisnis Online

 

Cara Menggunakan Analisis SWOT  yang Efektif dan Tepat

Memahami Penerapan dan Penggunaan Analisis SWOT dalam Bisnis
 

Setelah memahami tentang elemen Analisis SWOT yang akan Anda gunakan untuk menerapkan maupun menggunakannya, sekarang saatnya Anda memahami bagaimana cara melakukan atau menggunakan Analisis SWOT. Secara garis besar, analisis SWOT disusun dalam bentuk matriks atau table dengan dua baris dan dua kolom. Baris pertama mewakili faktor – faktor internal bisnis Anda di mana Anda memiliki tingkat kendali tertentu. Strength (kekuatan) terdaftar di satu kolom dan weaknesses (kelemahan) berada di kolom lain. Terdapat faktor lain yang perlu dipertimbangkan yaitu :

  • Situasi keuangan bisnis Anda.
  • Pangsa pasar Anda.
  • Keterampilan relative karyawan atau kontraktor Anda.
  • Tempat fisik, lokasi, dan peralatan Anda.
  • Aset seperti paten atau hak cipta.

 

Baca Juga  :    Keuntungan dan Manfaat Email Hosting dalam Bisnis

 

Baris kedua akan mewakili faktor – faktor di luar bisnis Anda yang sedikit dapat Anda kendalikan atau tidak dapat Anda kendalikan, peluang terdaftar di kolom satu dan ancaman di kolom lain. Terdapat faktor yang perlu Anda pertimbangkan yaitu :

  • Keadaan ekonomi dan industri khusus Anda.
  • Pangsa pasar Anda dan kemungkinan peningkatan atau penurunan persaingan.
  • Kemampuan Anda untuk mempertahankan atau mempekerjakan karyawan atau kontraktor.
  • Perubahan peraturan yang dapat mempengaruhi bisnis Anda.
  • Kemampuan Anda untuk mendapatkan pembiayaan.

 

Baca Juga  :    Strategi Pemasaran : Definisi, Cara Merancang dan Kepentingannya Dalam Bisnis

 

Kesimpuan dan Penutup

Membuat Analisa untuk mencapai kesuksesan suatu bisnis merupakan hal yang penting, bukan hal yang dapat Anda remehkan begitu saja karena analisis ini sangat krusial dalam menjadi panduan menjalankan bisnis Anda. Begitu juga dengan bagaimana cara untuk mencapai kesuksesan suatu bisnis bukanlah suatu hal yang mudah dan instant. Mencari tahu hal – hal apa saja yang terjadi pada perjalanan bisnis Anda, apakah bisnis Anda bekerja dengan baik atau tidak diperlukan suatu Analisa agar lebih mudah untuk mengetahuinya.

sejatinya analisis SWOT dapat membantu proses pengambilan keputusan dengan menciptakan representasi visual dari berbagai faktor yang paling mungkin mempengaruhi apakah bisnis, proyek, inisiatif atau individu dapat berhasil mencapai suatu tujuan. Meskipun analisis itu penting untuk memahami berbagai dinamika yang mempengaruhi kesuksesan, analisis SWOT memang memiliki batasan. Analisis mungkin tidak mencakup semua faktor yang relevan untuk keempat elemen, sehingga memberikan perspektif yang miring. Selain itu, karena hanya menangkap faktor pada titik waktu tertentu dan tidak memungkinkan bagaimana faktor tersebut dapat berubah seiring waktu, wawasan yang ditawarkan SWOT dapat memiliki masa simpan yang terbatas.

Related Post :