Memahami Pengaruh Meta Title dan Meta Description Pada SEO

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 13

Saat Anda mencari sesuatu di mesin pencari atau Google, tidak jarang Anda akan langsung mengklik halaman pada peringkat teratas. Anda pasti akan langsung menemukan yang Anda ingin ketahui pada beberapa halaman yang terletak paling atas, ini disebabkan oleh judul artikel dan deskripsi yang terletak di bawah artikel sesuai dengan keywords yang Anda cari.

Judul artikel dan deskripsi disebut dengan meta title dan meta description yang mampu membuat sebuah artikel atau halaman bisa muncul di posisi teratas pada mesin pencari. Jika Anda adalah seorang blogger atau pemilik website yang ingin membuat halaman Anda bisa muncul di posisi teratas, salah satu cara adalah dengan mengoptimalkan meta description dan meta title untuk SEO.

SEO (Search Engine Optimization) sendiri adalah sebuah cara untuk melakukan optimalisasi terhadap website agar muncul di halaman pertama mesin pencari. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa meta description dan meta title memiliki peranan yang penting untuk SEO, Anda akan mengetahui pengaruh meta title dan meta description terhadap performa peningkatan trafik website pada penjelasan berikut ini.

 

Cara Kerja Meta Description dan Meta Keywords untuk SEO

Memahami Pengaruh Meta Title dan Meta Description Pada SEO
 

Terkadang banyak orang yang tidak mengetahui betapa rumitnya cara kerja dari teknologi yang biasa digunakan, contohnya adalah ketika Anda mengetikkan “Cara membuat kue nastar.” di Google, Anda pasti langsung menemukan jawaban yang Anda cari. Ternyata di balik kesederhanaan pemakaian teknologi yang digunakan, terdapat hal yang rumit yang ada di dalamnya terlebih lagi untuk muncul di laman pencarian.

Anda bisa menemukan jawaban dari yang Anda cari di Google karena sebuah bahasa pemrograman yang telah tersusun rapi. Salah satu penggunaan agar perangkat lunak Anda bisa memahami apa yang Anda perintahkan seperti mencari sesuatu di Google adalah berkat metadata. Adapun metadata adalah data yang ditulis ke dalam kode untuk memberikan informasi tambahan kepada perangkat lunak yang membacanya.

Ada ribuan metadata, jika Anda berkunjung ke sebuah website, maka yang bekerja adalah metadata untuk situs web. Metadata memiliki subjek yang mendalam karena banyak opsi tag yang digunakan untuk pemilik situs web (webmaster), kemudian metadata ini bisa dioptimalkan untuk membuat website Anda bisa ditemukan oleh orang lain di internet. Dua optimalisasi yang paling penting adalah Meta Title (Tag Title) dan Meta Tag Description.

 

Baca Juga  :    Memaksimalkan Penulisan Meta Description untuk SEO Website / Blog

 

Cara Kerja Meta Title untuk SEO

Meta Title atau “Tag Judul” adalah potongan kecil kode HTML yang dapat Anda temukan di kode sumber halaman web. Kode yang akan tertulis akan tampak seperti ini :

< title> Ini Adalah Judul < /title>

Jika Anda menggunakan browser Chrome, Anda dapat menemukan kode sumber halaman ini dengan menekan “Ctrl+U”. Anda bisa mengubahnya dan menentukan Tag Title sesuai keinginan Anda. Jadi ketika Anda ingin menulis konten tentang tahapan dan resep yang digunakan untuk membuat opor ayam, maka di dalam tag < title>, Anda bisa mengisinya dengan “Cara membuat opor ayam enak”. Pilih judul yang sering atau umum dicari oleh orang- orang dan buat konten dengan beberapa keywords yang tepat dan relevan untuk konten yang Anda tulis.

Semakin banyak yang mencari dengan keywords tersebut dan cocok dengan meta title yang Anda tulis, semakin tinggi juga trafik yang akan Anda dapatkan. Ini akan membuat website Anda berpotensi untuk mendapatkan peringkat satu di halaman mesin pencari. Jadi jangan lupa untuk melakukan riset sebelum menuliskan meta title dan meta description untuk performa SEO yang lebih baik. Anda bisa menggunakan beragam tools SEO, seperti Yoast SEO, Google Trends, dan lain sebagainya.

 

Baca Juga  :   Mengetahui Fungsi dari Tag, Meta Tag, dan Meta Tag Description

 

Cara Kerja Meta Description untuk SEO

Deskripsi meta adalah potongan kecil kode HTML yang memberikan deskripsi, atau ringkasan, dari halaman yang terkait. Mirip dengan uraian untuk buku atau ringkasan untuk sebuah film, itu harus menggambarkan isi halaman yang dikaitkan. Jika ditampilkan dalam bentuk kode, Anda akan melihatnya seperti ini :

< meta name=”description” content=”Ini adalah deskripsi meta halaman” >

Meta description bisa Anda ubah juga sesuai dengan keinginan Anda dan meta description sangat berpengaruh terhadap SEO. Jika meta description relevan dengan keywords apa yang calon pengunjung website Anda cari di mesin pencari, ini bisa membuat kenaikan trafik pada website Anda. Membuat meta description harus jelas dan jangan terlalu banyak basa-basi, biasanya berisi rangkuman ringkas dari konten yang Anda buat.

 

Baca Juga  :    SEO (Search Engine Optimization) dan Memahami Pengaruhnya Pada Konten

 

Pengaruh Penulisan Meta Title dan Meta Description Pada SEO

Memahami Pengaruh Meta Title dan Meta Description Pada SEO
 

Sekarang Anda sudah mengetahui bagaimana cara kerja meta title dan meta description untuk SEO. Meta title dan meta description memiliki banyak sekali manfaat, sebelum Anda mencoba untuk mengoptimalkan maka Anda harus tahu apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan jika meta title dan meta description yang Anda gunakan bekerja dengan baik terhadap performa SEO. Saatnya Anda harus mengetahui apa pengaruh dari meta title dan meta description untuk SEO. Berikut pengaruh meta title dan meta description untuk SEO.

  • Peningkatan CTR (Click Through Rate)

    CTR (Click Through Rate) adalah persentase dari jumlah klik terhadap jumlah impression, sementara impression adalah jumlah munculnya halaman website Anda di hasil pencarian. Jika meta title dan meta description yang Anda tulis relevan dengan yang dicari oleh banyak orang, maka CTR Anda akan meningkat. Sehingga banyak yang tertarik mengunjungi website Anda hingga akhirnya Anda bisa berada di posisi teratas halaman mesin pencari.

  • Website Lebih Terkenal

    Jika terjadi peningkatan yang signifikan terhadap kunjungan website Anda, ini bisa membuat website atau brand Anda bisa lebih dikenal oleh banyak orang. Saat meta title dan meta description yang Anda gunakan sudah sesuai target konsumen, maka website Anda akan banyak mendapat awareness dari orang-orang.

  • Peningkatan Angka Penjualan

    Setelah website Anda bisa dikenal banyak orang melalui optimasi meta title dan meta description untuk SEO, maka akan menimbulkan rasa kepercayaan terhadap produk atau layanan yang Anda tawarkan. Semakin banyak juga yang akan mencoba menggunakan produk atau layanan Anda sehingga terjadi peningkatan angka penjualan atau keuntungan yang besar.

 

Baca Juga  :    Sitemap : Hubungannya Dengan SEO, Manfaat dan Cara Membuatnya Dengan Mudah

 

Kesimpulan dan Penutup

Meta title dan meta description adalah salah satu cara yang penting untuk meningkatkan SEO pada website. Sederhananya, meta title berfungsi sebagai judul dari sebuah isi konten dan meta description berfungsi untuk menunjukkan deskripsi ringkas tentang konten yang akan dibahas. Anda bisa menggunakan keywords yang sesuai untuk meta title dan meta description agar mudah ditemukan oleh orang-orang di mesin pencari.

Penulisan meta title dan meta description jangan sampai terlalu panjang dan bertele-tele. Penting untuk membuat meta title dan meta description yang baik karena akan meningkatkan trafik website. Pengaruh meta title dan meta description untuk SEO adalah bisa meningkatkan CTR, website lebih terkenal, dan peningkatan angka penjualan. Jadi Anda tertarik untuk langsung mencoba untuk mengoptimalkan meta title dan meta description untuk website Anda, lakukan dengan seksama dan teliti.

Related Post :