Memahami Pengaruh SEM (Search Engine Marketing) Bagi Pemasaran Bisnis

Business, Marketing / 0 | | 1

Search Engine Marketing atau SEM adalah salah satu cara paling efektif untuk mengembangkan bisnis di pasar yang semakin kompetitif. Dengan jutaan bisnis saat ini semua berlomba-lomba untuk target pelanggan yang sama. Ini membuat pemasaran dan beriklan secara online saat ini sangat penting, dan pemasaran mesin pencari adalah cara paling efektif untuk mempromosikan produk dan mengembangkan bisnis Anda.

Sebagai salah satu teknik pemasaran, tindakan pemasaran bisnis menggunakan iklan berbayar yang muncul di halaman hasil mesin pencari atau SERP (Search Engine Result Page). Pengiklan menawar kata kunci yang mungkin dimasukkan oleh pengguna layanan seperti Google dan mesin pencari lain saat mencari produk atau layanan tertentu yang memberi bisnis peluang agar iklan muncul di samping hasil untuk kueri penelusuran tersebut. Iklan ini, yang sering dikenal dengan istilah iklan bayar per klik/pay-per-click sendiri hadir dalam berbagai format yang bisa disesuaikan.

Sedangkan kekuatan terbesar pemasaran SEM adalah menawarkan peluang kepada Anda untuk menempatkan iklan di depan pelanggan yang termotivasi yang siap membeli pada saat yang tepat saat mereka siap melakukan pembelian . Tidak ada media periklanan lain yang dapat melakukan ini, itulah sebabnya pemasaran SEM sangat efektif dan cara yang luar biasa ampuh untuk mengembangkan bisnis Anda.

 

Mengenal Apa Itu Search Engine Marketing (SEM)

Memahami Pengaruh SEM (Search Engine Marketing) Bagi Pemasaran Bisnis
 

 

Search Engine Marketing (SEM) sangat penting untuk memaksimalkan visibilitas online dari merek maupun produk Anda. Untuk pemasaran modern saat ini, pemasaran SEM menjadi salah satu alat paling kuat yang dapat diakses karena membuat produk, layanan dan brand Anda dapat diakses secara online. Kelebihan ini membuat bisnis dapat menghemat biaya untuk meningkatkan lalu lintas ke situs website dan meningkatkan konversi mereka.

Kalau dijelaskan secara sederhana, SEM dapat digambarkan sebagai strategi pemasaran apa pun yang didasarkan pada mesin pencari. Strategi seperti ini dapat digunakan untuk menyebarkan bisnis online atau offline dan mempromosikan tindakan yang terjadi secara virtual atau fisik. Adapun SEM dibagi menjadi dua bagian yakni SEO yang tujuan utama untuk menghasilkan lebih banyak lalu lintas organik untuk domain tertentu dan investasi pada link sponsor.

Baca Juga   :   Tips dan Strategi Mengoptimalkan Content Marketing

Berbicara tentang iklan yang ditampilkan di Google dan platform lainnya, tindakan ini melibatkan strategi seperti pencarian kata kunci dan teknik lain yang dibagikan dengan SEO. Tetapi Anda juga akan melibatkan analisis segmentasi publik dan strategi yang lebih dekat dengan pembelian media iklan tradisional. Layaknya pengayom, dalam SEM juga disisipkan SEO serta teknik lainnya yang akan membantu perusahaan terlihat dan diposisikan dengan baik di mesin pencari utama.

Bahkan penelitian menunjukkan bahwa 90 persen pencarian online dilakukan oleh orang-orang yang berada di akhir siklus pembelian. Jika dilakukan dengan benar, SEM akan menampilkan iklan Anda di depan audiens atau target dengan konten yang sangat relevan bagi mereka, secara gratis sampai mereka mengklik iklan Anda. Dengan SEM, iklan Anda ditempatkan di bagian bersponsor di halaman hasil mesin pencari yang kemudian diberi peringkat berdasarkan berapa banyak Anda membayar untuk kata kunci. Ini berarti semakin populer kata kunci, semakin mahal harganya dan skor kualitas tentang seberapa relevan iklan Anda dengan iklan lain.

Sementara itu, faktor SEO akan membantu peringkat situs Anda sehingga secara alami akan muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian organik dan tidak berbayar. Menggunakan SEM dan SEO tidak hanya akan meningkatkan visibilitas iklan, tetapi juga meningkatkan lalu lintas situs web. Ini juga meningkatkan peluang untuk mengubah prospek menjadi pelanggan, terutama ketika iklan dan situs berbayar muncul di atas hasil mesin telusur mana pun. Sementara SEO membutuhkan waktu untuk berkembang, SEM dapat dilakukan dengan cukup cepat dan menawarkan banyak manfaat untuk merek/produk Anda.

 

Baca Juga  :    Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Email Marketing Dalam Bisnis

 

Memahami Manfaat dan Pengaruh SEM Bagi Pemasaran Bisnis

Memahami Pengaruh SEM (Search Engine Marketing) Bagi Pemasaran Bisnis
 

 

Sebagai inovasi yang cukup maju, SEM bisa menjadi alternatif yang kuat dan hemat biaya untuk beriklan secara online. Cara ini juga akan membantu dalam meningkatkan laba atas belanja iklan secara keseluruhan sehingga pengaruhnya untuk bisnis Anda dapat menjadi hal yang patut dipertimbangkan, diantaranya :

  • Biaya didasarkan pada hasil

    Anda tidak akan membayar untuk menampilkan iklan di mesin pencari karena Anda hanya membayar untuk hasil aktual kampanye dalam bentuk klik dan konversi.  Adapun teknik PPC atau Pay-Per-Click sendiri adalah cara pengiklan membayar mesin pencari.

  • Mempunyai target yang jelas dan tepat

    SEM memanfaatkan kekuatan kata kunci tertarget yang sesuai dengan layanan dan produk yang akan diiklankan. Oleh karenanya memilih kata kunci yang tepat untuk layanan dan produk akan menargetkan orang yang tepat pada waktu yang tepat ketika mereka mencari informasi yang relevan tentang mereka.
    Menemukan kata kunci menguntungkan yang tepat adalah tugas yang harus dilakukan setiap bisnis yang ingin menggunakan teknik SEM. Mengingat tidak semua kata kunci akan memberikan hasil yang sama, adanya pelacakan data akan membantu Anda mewujudkan kata kunci yang paling menguntungkan. Gunakan kata kunci negatif untuk menghilangkan kata kunci yang tidak menguntungkan dari kampanye. Penargetan berbasis lokasi juga penting untuk dipertimbangkan, seperti perusahaan tidak harus mengiklankan kata kunci di lokasi yang tidak dilayaninya.

  • Peluang baru untuk SEO

    Membuat kampanye yang menguntungkan untuk SEM akan memberi Anda data yang dapat digunakan untuk meningkatkan SEO dengan kata kunci yang bagus juga. Melihat bagaimana pesaing beriklan di mesin pencari akan memberikan wawasan tentang kata kunci dan bagaimana bisnis menggunakannya dalam rencana pemasaran konten mereka.
     

    Baca Juga  :    Bagaimana Menerapkan Strategi Social Media Marketing yang Sukses Untuk Bisnis Besar/Kecil

  • Hasil yang sangat terukur

    Hasil SEM dianalisis dan dioptimalkan melalui praktik analisis web dengan bantuan beberapa alat seperti Google Analytics yang tersedia untuk meningkatkan dan melacak hasil kampanye secara waktu nyata. Sebagian besar kampanye berperforma tinggi memiliki kesamaan penggunaan analitik dan pengoptimalan untuk hasil yang lebih baik. Baik mengoptimalkan halaman arahan, salinan iklan, penargetan, atau analitik kata kunci adalah bagian penting. Meski mengoptimalkan semuanya akan menurunkan biaya iklan, tetapi pengoptimalan sangat penting untuk mendapatkan skor kualitas yang lebih tinggi di iklan Google.

  • Pengembalian investasi yang tinggi

    Pada Google Economic Impact Report, diperkirakan bahwa setiap klik pencarian berbayar menghasilkan lima klik organik di mesin pencarinya. Laporan tersebut menyebutkan bahwa klik pencarian berbayar lebih berharga daripada klik organik dimana klik organik hanya 70% sama berharganya dengan klik pencarian berbayar. Google memperkirakan bahwa setiap dolar yang dihabiskan untuk Google Ads pada akhirnya menghasilkan 8 dolar ketika semua klik dipertimbangkan.
    Berkaca dari ini maka rencana kata kunci yang baik akan menguntungkan SEO dan SEM. Menguji rencana kata kunci dengan SEM akan memberi gambaran instan tentang bagaimana kata kunci tersebut dapat membawa hasil dalam jangka panjang dari SEO. Optimalkan kata kunci tersebut untuk menjangkau lebih banyak orang pada waktu yang tepat.

  • Kemungkinan mendapatkan hasil secara ekonomis

    Memulai kampanye SEM dengan bantuan alat seperti Google Ads relatif mudah.Tidak jarang juga bisnis dapat memulai dengan anggaran yang lebih rendah dari yang direncanakan dan bangun kampanye mereka dari sini. Anda dapat mengikuti hasil analitik dan menjadikannya dasar untuk meningkatkan kampanye dan memenuhi tujuan pemasaran Anda. Sedangkan jika hasil belum tercapai sesuai dengan target Anda, cobalah sesuatu yang baru dan buat perubahan yang diperlukan dan selalu optimalkan dan tingkatkan hingga tujuan tercapai.

  • Data memberikan peluang untuk saluran pemasaran lainnya

    Menganalisis secara akurat data dari kampanye SEM akan memberikan peluang untuk digunakan di saluran pemasaran lain. Salah satu sumber data yang bisa Anda gunakan adalah dari pemasaran media sosial yang telah Anda gunakan. Sesuaikan data secara internal untuk pengembangan produk bila cocok untuk memiliki lebih banyak produk dan layanan berbasis kueri yang diinginkan orang.

 

Baca Juga   :     Memahami Apa Itu Marketing Mix : 4p dan 7p Untuk Kegunaan Bisnis

 

Kesimpulan dan Penutup

Jika anda ingin memiliki bisnis yang menghasilkan, maka salah satu hal yang bisa Anda coba adalah SEM yang bisa menjadi bagian integral dari strategi pemasaran digital brand, bisnis dan perusahaan apa pun. Ini tidak terlepas karena SEM dapat membantu menciptakan fondasi online yang kuat untuk brand atau produk Anda.

Walau SEM dinilai sangat andal, tetapi jangan lupa untuk tetap memperhatikan penggunaan keyword atau kunci relevan Anda. Selain itu, perhatikan juga strategi pemasaran merek yang digunakan oleh pesaing juga untuk melihat apakah Anda dapat mencoba pendekatan SEM yang mereka gunakan. Hasil dari strategi pemasaran brand yang efektif kemungkinan akan menjadi kehadiran brand yang lebih baik, lebih banyak lalu lintas situs web, yang bermakna tingkat konversi yang lebih tinggi juga.
 

 

Related Post :