Memahami Pengaruh Storyboard Dalam Digital dan Video Marketing dan Rekomendasi Pembuatnya

Business, Video Marketing / 0 | | 0

Dalam masyarakat global yang berorientasi pada kehidupan online dan digitalisasi membuat digital juga video marketing menjadi pilar yang menopang sebagian besar strategi konten bisnis saat ini. Jika mengambil rujukan dari survei yang dilakukan oleh Wyzowl, 85% pebisnis telah memanfaatkan video sebagai alat pemasaran mereka. Sedangkan 59% pemasaran akan mulai memanfaatkan cara pemasaran maju di tahun 2021 ini.

Hubspot juga mencatat bahwa 83% pemasar video/video marketing mengklaim bahwa mereka telah menghasilkan banyak lead dan prospek dengan adanya bantuan konten video. Ini tidak terlepas oleh preferensi masyarakat yang lebih memilih konten dalam format video dibandingkan dengan format lainnya. Oleh sebab itulah internet dipenuhi dengan konten yang membuat pemasar melihat peluang untuk berinvestasi guna menaikkan niche, brand dan melibatkan prospek mereka.

Studi yang menunjukkan 72% konsumen lebih memilih menonton konten video mengenai layanan atau produk daripada membaca teks, maka sebaiknya pebisnis harus memanfaatkannya segera. Tercatat juga 90% pembeli di internet mengatakan bahwa adanya video sangat membantu mereka menentukan keputusan pembelian. Dengan kata lain, kekuatan video menjadi sangat krusial dalam digital marketing, mari simak apa saja yang diperlukan dalam pembuatan konten video marketing, dalam hal ini dasar pembuatannya yaitu storyboard.

 

Memahami Penggunaan Storyboard Video Terhadap Digital Marketing

Internet telah menguasai banyak hal termasuk bagaimana pemasar zaman ini beroperasi sehingga muncul adanya digital marketing. Maka dengan meningkatnya pencarian video di internet, jelas internet akan benar- benar mendominasi pasar semaking tinggi. Tentunya ini akan berpengaruh pada pengembangan pengetahuan tentang produksi yang semakin dibutuhkan lebih jauh lagi di masa depan.

Dalam pemasaran digital terutama dalam pemasaran konten, video sudah berguna dalam banyak hal, termasuk menghadirkan produk, pengumuman konten baru, atau revitalisasi konten yang sudah ada. Selain pengambilan gambar yang sudah dikenal, grafik gerak adalah cara lain yang banyak digunakan untuk membuat karya yang menarik. Sedangkan untuk menjadikan semua ini nyata diperlukan adanya bantuan storyboard dalam mengembangkan sebuah konten yang tertarget dan menarik.

Maka dalam storyboard, perlu dikembangkan skema kreatif yang menarik perhatian pengguna di detik-detik pertama setelah mereka menekan tombol play. Karenanya beri perhatian yang fokus pada pembuatan storyboard karena video marketing setiap bisnis harus benar- benar dibuat dengan kebutuhan dalam menyampaikan apa saja yang ingin diberitahukan brand kepada konsumennya.

 

Baca Juga  :   Panduan Lengkap Memaksimalkan Video Marketing untuk Bisnis Online

 

Memahami Pengaruh dan Manfaat Storyboard Dalam Digital dan Video Marketing

Memahami Pengaruh Storyboard Dalam Digital dan Video Marketing dan Rekomendasi Pembuatnya
 

Ada alasan mengapa pengiklan menggunakan storyboard untuk menjual konsep iklan mereka karena cara ini menggambarkan sebuah konsep dan menyampaikan cerita kepada klien. Banyak pemilik bisnis tidak menyadari bahwa storyboard juga merupakan alat bisnis dan manajemen yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan kepada karyawan, pemasok, pelanggan, pemegang saham, mitra, dan eksekutif puncak. Berikut manfaat yang dapat dilakukan storyboard dan baik untuk strategi marketing serta bisnis Anda.

  • Konsumen lebih memilih pemasaran visual

    Sebuah perkataan bijak mengenai sebuah gambar berbicara seratus satu kata daripada kata- kata itu sendiri berlaku bagi cara pemasaran saat ini. Terlebih lagi dengan adanya pemasaran visual dan video, akan mencapai target audiens dan menghemat waktu mereka dibandingkan dengan harus membaca banyak teks.

  • Storyboard langsung kepada inti pesan yang ingin disampaikan

    Storyboard layaknya papan ajaib yang berhasil menyingkat dan memangkas susunan kata- kata yang tidak perlu dan menyampaikan masalah yang perlu segera didiskusikan tanpa bertele- tele. Maka tidak heran kalau pemasaran dalam bentuk visual lebih mengena karena target yang melihatnya dapat langsung mencernanya.

  • Merampingkan keseluruhan operasional produksi

    Membuat storyboard membuat Anda untuk mengerjakan banyak detail video Anda sebelumnya yakni gambar apa yang Anda inginkan, urutan apa yang akan mereka masuki, alat peraga atau alat apa yang Anda butuhkan, dll. Storyboard mungkin juga membantu Anda dalam menyadari bahwa Anda kehilangan bagian kunci dari logika atau dialog dalam naskah Anda, atau bahwa visual Anda tidak menyatu secara kohesif seperti yang Anda pikirkan. Mengidentifikasi dan mengatasi masalah ini sebelum Anda mulai membuat video akan mencegah upaya yang sia-sia di kemudian hari.

 

Baca Juga :   Memahami Hubungan Content Marketing Dalam Bisnis Online

 

Rekomendasi Aplikasi dan Software Pembuat Storyboard

Sebelum adanya video konten dalam pemasaran seperti sekarang, storyboard lebih umum digunakan untuk membuat film. Tetapi mengingat format visual dan konten lebih dipilih banyak audiens saat ini, maka storyboard juga diterapkan dalam membangun konten pemasaran dalam digital marketing. Berikut rekomendasi aplikasi pembuat storyboard yang bisa Anda coba.

  • Studiobinder

    Studiobinder adalah alat yang menggabungkan profesionalisme dengan fungsionalitas paling sederhana. Hal terbaik tentang aplikasi ini adalah semua fitur dapat disesuaikan sepenuhnya sehingga Anda dapat membuat storyboard dengan cara yang nyaman bagi Anda.

  • Make Storyboard

    Make Storyboard adalah perangkat lunak perakitan yang memungkinkan Anda mengatur gambar dan sketsa. Perangkat alat ini dapat dibagikan dan dikomentari, dan dapat digunakan di banyak perangkat termasuk di smartphone dan tablet sekalipun.

  • Clip Studio Paint

    Clip Studio Paint adalah software desain grafis yang umumnya digunakan oleh para ilustrator dan komikus. Anda dapat menggambar beberapa gambar serius dan kemudian mewarnai dan menyesuaikannya dengan gaya sesuai keinginan Anda yang kemudian juga dapat merakit ilustrasi ini dalam perangkat lunak.

  • Camera-Storyboard

    Camera-Storyboard adalah alat tata letak adegan interaktif untuk merencanakan pemotretan foto dan video. Buat dokumen baru berdasarkan gambar overhead dan tambahkan objek pemandangan tepat di atas gambar asli. Anda bahkan dapat membuat dan menambahkan grafik interaktif yang sesuai kebutuhan konten Anda.

 

Baca Juga  :    Manfaat Menggunakan Digital Marketing Specialist Bagi Mendongkrak Laba Bisnis Online

 

Tips Menyusun Video Marketing yang Efektif

Memahami Pengaruh Storyboard Dalam Digital dan Video Marketing dan Rekomendasi Pembuatnya
 

Sebuah storyboard adalah cara untuk memvisualisasikan alur cerita video pemasaran Anda. Meski awalnya storyboard lebih identik kepada keperluan pembuatan film, tetapi hampir semua konten pemasaran yang berbasis video juga mempunyai storyboard sebagai acuan pembuatannya juga. Berikut beberapa tips dalam menyusun video marketing yang efektif menjangkau audiens.

  • Membuat umpan

    Pengait umpan adalah tempat Anda mempresentasikan ide, masalah, atau nilai jual yang menarik perhatian seseorang. Umpan yang berfungsi untuk satu orang mungkin tidak berfungsi untuk orang lain, jadi sebaiknya uji ini sebelum Anda menebar umpan Anda.

  • Menunjukkan masalahnya

    Jika Anda akan menjual solusi kepada orang-orang, pertama-tama Anda harus menunjukkan masalahnya. Hal hebat tentang pemasaran video adalah Anda dapat membuat pemirsa benar-benar merasakan masalahnya dengan menunjukkannya kepada mereka, membantu mereka terhubung dengannya secara pribadi.

  • Mempresentasikan solusinya

    Secara alami, produk atau layanan Anda harus menjadi solusi untuk masalah tersebut. Ini adalah titik di mana Anda mendorongnya ke pusat perhatian dan menunjukkan bagaimana hal itu akan membuat hidup pemirsa Anda lebih mudah.

  • Hapus keraguan

    Keraguan adalah musuh dari penjualan besar-besaran sehingga Anda harus bisa mengatasi faktor ini. Jika Anda mengetahui pertanyaan atau masalah umum, Anda harus mengatasinya secara langsung dengan jelaskan mengapa produk Anda adalah yang terbaik.

  • Call to action

    Jika audiens tertarik pada umpan Anda, maka selanjutnya adalah memberi ajakan bertindak atau call to action (CTA) yang mempunyai beberapa opsi yang bisa Anda pilih mulai datri hard sell maupun soft sell. Apapun strategi CTA yang Anda pilih, pastikan tujuan CTA Anda sangat jelas.

 

Baca Juga  :   Rekomendasi Aplikasi dan Alat/Tool untuk Digital Marketing

 

Kesimpulan dan Penutup

Pemasaran video adalah proses kreatif yang rumit dalam proses perancangan dan pembuatan nya karena harus tepat dengan yang dibutuhkan oleh pemasar. Tapi proses ini akan jauh lebih mudah ketika Anda memiliki storyboard yang membantu Anda membuat keputusan produksi video yang penting. Sebuah storyboard yang baik membantu Anda mengetahui detail seluk beluk, seperti sudut kamera, sulih suara, efek suara, dan efek khusus yang mendukung.

Lalu jika video Anda menyertakan testimonial pelanggan, Anda dapat memikirkan di mana harus melakukan close-up yang menarik hati para audiens yang menontonnya nanti. Rancang dan buat storyboard dengan seksama serta detail guna memastikan video pemasaran Anda persis seperti yang Anda bayangkan. Ini membuat tim produksi Anda tahu persis bagaimana produk akhir akan terlihat yang akan membantu Anda tetap berada di jalur strategi pemasaran yang sudah Anda terapkan.
 

Related Post :