Memahami Pentingnya Business Plan Dalam Memulai dan Menjalankan Bisnis yang Sukses

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 1 | | 0

Mudahnya untuk membuka bisnis baru saat ini, membuat banyak orang tergiur untuk meluncurkan bisnis mereka sendiri. Terlebih lagi dengan era digital yang semakin umum dan merata secara global, bisnis online mulai tumbuh dimana- mana. Lalu jika Anda berencana untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda harus terlebih dahulu menulis rencana bisnis atau business plan terlebih dahulu.

Sebuah rencana bisnis yang baik bertindak sebagai cetak biru dinamis untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis Anda. Namun untuk menulis rencana bisnis yang dapat Anda gunakan serta tepat guna, Anda perlu memahami tujuan utama dari rencana tersebut. Rencana bisnis juga merupakan peta jalan yang memberikan arahan sehingga bisnis dapat merencanakan masa depannya dan membantunya menghindari rintangan selama bisnis itu berjalan.

Investasikan waktu untuk membuat rencana bisnis Anda secara menyeluruh dan akurat agar bisnis Anda tidak runtuh sebelum Anda memulainya. Selain itu, selalu memperbarui rencana bisnis Anda dan evaluasi kekurangan maupun kelebihannya. Adapun rencana bisnis yang baik harus sesuai dengan pedoman yang diterima secara umum mengenai bentuk dan konten. Setiap bagian rencana harus menyertakan elemen spesifik dan menjawab pertanyaan relevan yang kemungkinan besar akan ditanyakan oleh orang yang membaca rencana Anda, seperti apabila Anda ingin melibatkan investor dalam rencana bisnis Anda.

 

Manfaat Membuat dan Menggunakan Business Plan

Memahami Pentingnya Business Plan Dalam Memulai dan Menjalankan Bisnis yang Sukses
 

Rencana bisnis atau business plan dirancang dan digunakan untuk membantu mengelola organisasi, perusahaan, bisnis dengan menyatakan ambisi, visi, misi bagaimana pencapaiannya, dan kapan tepatnya semua itu akan dicapai. Rincian rencana tersebut juga akan membantu meringkas tentang apa bisnis, mengapa bisnis itu ada dan ke mana arah dari bisnis tersebut. Intinya, rencana bisnis Anda akan berfungsi sebagai titik acuan utama bagi investor, mitra, karyawan, dan manajemen untuk mengukur kemajuan terhadap tujuan. Berikut beberapa manfaat jika Anda membuat dan menggunakan business plan untuk mendapatkan bisnis yang sukses.

  • Menetapkan tujuan bisnis jangka panjang

    Business plan yang baik akan menentukan dengan tegas ke mana Anda ingin bisnis Anda ditujukan. Beberapa rencana bisnis akan menguraikan rencana 2, 6, 10, atau dalam waktu dan tahun tertentu, sementara rencana bisnis yang lain hanya akan mengidentifikasi tujuan jangka panjang. Tujuannya harus realistis mengingat bagian dari rencana bisnis ini harus menjadi bagian yang paling Anda perhatikan. Memiliki rencana jangka panjang yang solid membantu Anda menentukan cara beroperasi sekarang.

  • Sebagai strategi bisnis

    Gunakan rencana bisnis untuk membantu Anda dalam mengidentifikasi strategi bisnis Anda secara keseluruhan. Anda dapat mengidentifikasi bagaimana Anda berencana untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan, mendapatkan pendanaan, alur pengiriman produk, meningkatkan teknologi yang digunakan dalam operasi bisnis Anda, mengembangkan bisnis Anda lebih jauh lagi, mengatasi kesulitan yang muncul, mempekerjakan karyawan serta aspek penting lain apa pun dalam menjalankan bisnis Anda.
    Meskipun mungkin tidak sering diperhatikan dalam keseharian bisnis Anda, pada intinya rencana bisnis Anda membantu Anda menentukan apa yang Anda inginkan dari bisnis Anda. Menuliskannya membantu Anda memperbaiki tujuan tersebut dan menjadikannya nyata karena ini bisa menjadi panduan Anda dalam menjalankan bisnis.

  • Sebagai bantuan dalam berkomunikasi

    Rencana bisnis Anda mengkomunikasikan kepada pembaca yang mungkin akan menjadi pelanggan, investor yang tertarik atau karyawan Anda selaku bagian penting dalam operasional bisnis Anda. Mereka, harus mengetahui dan memahami bagaimana sebenarnya bisnis Anda. Dalam banyak keterbatasan komunikasi, adanya rencana bisnis yang detail akan memberi Anda forum dan mekanisme untuk mengomunikasikan apa yang penting bagi Anda tentang bisnis Anda kepada mereka yang memerlukannya.

  • Rencana pembiayaan

    Dana, modal, pembiayaan, adalah bagian rencana bisnis yang tidak boleh dilupakan. Membuat rencana bisnis dalam hal ini pembiayaan, yang baik akan membantu Anda untuk mengidentifikasi biaya, sumber pendanaan, dan pendapatan yang diharapkan. Pertimbangkan untuk melakukan riset yang tepat sebelum Anda menambahkan elemen rencana bisnis ini, penting untuk merinci angka pembiayaan Anda secara akurat terutama jika Anda akan mempresentasikan rencana bisnis Anda ke bank atau calon investor yang potensial.

  • Untuk lebih memahami pelanggan

    Sejatinya Anda membuat bisnis adalah untuk memenuhi dan memecahkan kebutuhan pelanggan. Maka lakukan analisa terhadap mereka mulai kebutuhan, alasan pembelian hingga preferensi yang lainnya. Analisis pelanggan yang mendalam sangat penting untuk rencana bisnis yang efektif dan bisnis yang sukses. Memahami pelanggan Anda tidak hanya akan memungkinkan Anda untuk membuat produk dan layanan yang lebih baik untuk mereka, tetapi juga akan memungkinkan Anda untuk menjangkau mereka dengan lebih hemat biaya melalui iklan dan promosi.

  • Menetapkan tujuan jangka pendek

    Sebuah rencana bisnis yang disusun dengan matang akan membantu Anda untuk menentukan tujuan untuk jangka pendek serta ke mana Anda ingin bisnis Anda diarahkan. Karena kebanyakan orang menulis rencana bisnis saat bisnis masih baru atau bahkan masih dalam tahap pembentukan, memberikan tujuan bisnis secara langsung dapat menjadi salah satu metode yang solid untuk menentukan dengan tepat bagaimana Anda ingin bisnis Anda langsung berjalan.

 

Baca Juga :     Memahami Penerapan dan Penggunaan Analisis SWOT dalam Bisnis

 

Hal- hal Penting yang Harus Dihindari Dalam Menyusun Business Plan

Setelah Anda memahami betapa pentingnya mempunyai business plan, perhatikan juga hal- hal penting yang harus Anda hindari ketika menyusunnya. Dalam menyusun rencana bisnis, hindari memulai dengan menekankan keunggulan produk atau layanan seseorang, melainkan dengan mengidentifikasi masalah asli yang dihadapi konsumen. Rencana tersebut kemudian harus disajikan sebagai cara menjembatani kesenjangan antara harapan konsumen dan penawaran industri, yang bisa di katakan bagaimana Anda selaku pebisnis dapat membantu konsumen dengan jasa atau produk yang Anda tawarkan.

Begitu juga keahlian tim yang terlibat, ditampilkan bukan dengan mencantumkan prestasi akademik dan riwayat pekerjaan mereka, tetapi dengan menekankan bagaimana pengalaman tim paling cocok untuk sektor atau produk industri tertentu. Seringkali, tim dengan anggota yang gagal dalam usaha sebelumnya berhasil menarik modal dikarenakan mereka telah mengerti celah dan melakukan evaluasi kegagalan sebelumnya. Perhatikan juga pada kesalahan umum yang paling sering muncul adalah menawarkan pandangan yang terlalu optimis tentang peluang. Tidak ada pasar tanpa persaingan dan tidak ada usaha tanpa tingkat risiko tertentu dan rencana bisnis harus menggambarkan kebenaran objektif dengan ketulusan dari bisnis tersebut.

 

Baca Juga  :    Manfaat Menggunakan Marketing Mix 7p Bagi Bisnis

 

Bagian Penting Cara Penyusunan Business Plan yang Efektif

Memahami Pentingnya Business Plan Dalam Memulai dan Menjalankan Bisnis yang Sukses
 

Dasar dari sebuah bisnis adalah rencana bisnis yang merupakan dokumen yang merangkum tujuan operasional dan keuangan bisnis. Ini adalah peta jalan bisnis menuju sukses dengan rencana dan anggaran terperinci yang menunjukkan bagaimana tujuan akan direalisasikan. Karenanya, tulisa rencana Anda secara efektif dengan memperhatikan bagian- bagian :

  • Ringkasan eksekutif yang jelas
  • Deskripsi bisnis yang terfokus
  • Rincian strategi pasar
  • Analisis pesaing
  • Rencana desain dan pengembangan produk dan layanan Anda
  • Informasi tentang operasi dan rencana manajemen Anda
  • Informasi keuangan, perencanaan dan faktor

 

Baca Juga  :     Memahami Pentingnya Riset Pasar Dalam Membangun Bisnis Online

 

Kesimpulan dan Penutup

Sementara rencana bisnis memiliki banyak tujuan, kepentingan utama dari pembuatan dan rancangan rencana bisnis adalah membantu pemilik bisnis membuat keputusan yang lebih baik. Menjalankan sekedar bisnis, mungkin tidak sulit, tetapi jika Anda berencana membuat bisnis Anda sukses dan berjalan lebih lama, maka diperlukan adanya business plan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Membangun rencana bisnis memungkinkan Anda untuk menentukan jawaban atas beberapa keputusan bisnis yang paling penting sebelumnya. Membuat rencana bisnis yang kuat adalah fungsi yang sangat membantu karena Anda harus menuliskan apa saja komponen utama bisnis Anda sebelum memulai, seperti strategi pemasaran Anda dan produk apa yang akan Anda jual. Anda harus dapat menjawab pertanyaan ini karena dari sinilah nanti Anda akan memahami bagaimana keputusan tersebut akan mempengaruhi strategi Anda yang lebih luas.

Related Post :