Memahami Pentingnya Cultural Intelligence Dalam Bisnis/Perusahaan

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 1

Anda mungkin pernah membaca tentang kecerdasan emosional, kecerdasan buatan, dan kecerdasan budaya atau cultural intelligence. Sekarang, banyak ahli yang berpendapat bahwa kecerdasan budaya semakin penting untuk kesuksesan dalam bisnis. Kecerdasan budaya, atau cultural intelligence mengacu pada kemampuan untuk mengesampingkan bias, memahami budaya lain dan berkolaborasi secara efektif dengan orang-orang dari budaya yang berbeda. Itu sangat penting dalam manajemen bisnis, hubungan masyarakat dan komunikasi perusahaan.

Budaya yang berbeda memiliki sikap yang berbeda pula terhadap konflik, menyelesaikan tugas, dan pengambilan keputusan tim kerja. Karena bahkan gerak tubuh dan nada memiliki arti yang berbeda di antara budaya yang berbeda, kesalahpahaman dapat muncul dengan mudah. Itu sering menjadi alasan mengapa diskusi diplomatik antar negara berantakan. Tanpa kecerdasan budaya, orang-orang mungkin mudah tersinggung secara tidak sengaja. Maka dari itu, artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai cultural intelligence yang harus diketahui perannya di dalam bisnis maupun perusahaan.

 

Baca Juga :  3 Komponen Utama dan Kelebihan Menerapkan Cultural Intelligence

 

Mengenal Apa Itu Cultural Intelligence

Memahami Pentingnya Cultural Intelligence Dalam Bisnis/Perusahaan
 

Meningkatnya globalisasi dan kemajuan teknologi yang pesat membuat pekerja saat ini lebih nomaden. Pada saat yang sama, peluang di pasar luar negeri menarik semakin banyak bisnis untuk beroperasi lintas batas dan menargetkan audiens yang beragam secara budaya. Sementara peluang luar negeri memungkinkan jangkauan pasar yang lebih besar, ada juga kemungkinan menghadapi berbagai masalah lintas budaya, yang berasal dari kurangnya kesadaran dan kecerdasan budaya. Untuk berhasil dalam lingkungan bisnis saat ini, memiliki kecerdasan budaya atau Cultural Intelligence (CQ) adalah keterampilan yang sangat penting yang diperlukan untuk menavigasi perbedaan budaya dalam ekonomi global.

Selain itu, perkembangan internet telah memungkinkan untuk berkomunikasi dengan satu klik tombol. Email dan konferensi video memungkinkan informasi untuk ditransfer terlepas dari waktu dan lokasi. Sekarang mungkin berbicara dengan seseorang yang tinggal di negara lain dari kenyamanan rumah atau kantor Anda mudah dilakukan. Banyak perusahaan juga menerima talenta asing untuk mengembangkan bisnis mereka. Namun, bekerja di lingkungan yang beragam secara budaya membuat Anda mudah lupa bahwa orang yang Anda hadapi memiliki persepsi dan perspektif yang berbeda dari Anda. Mengembangkan rasa kecerdasan budaya adalah penting untuk belajar bagaimana berhubungan secara positif dengan orang-orang dari budaya yang berbeda. Meningkatkan kecerdasan budaya adalah mungkin dan melakukannya akan memungkinkan Anda menjadi lebih welas asih dan peka terhadap orang lain.

Cultural Intelligence (CQ) juga memainkan peran besar dalam menentukan kerjasama antara orang-orang dari berbagai budaya perusahaan, tradisi, kebangsaan, disiplin, fungsi dan budaya. Menjembatani perbedaan budaya dapat membuat atau menghancurkan bisnis Anda. Mengembangkan dan meningkatkan kecerdasan budaya mungkin bukan hal yang mudah. Ini adalah proses di mana orang secara perlahan memperoleh perspektif dan informasi baru tentang metode dan bahasa profesional baru yang akan memungkinkan mereka mengembangkan solusi yang lebih baik dalam menghadapi situasi lintas budaya.

Baca Juga :  Cultural Intelligence : Pengertian dan Manfaatnya Bagi Binis

Adapun Cultural Intelligence (CQ) atau kecerdasan budaya menawarkan sejumlah manfaat, termasuk :

  • Menciptakan hubungan yang produktif berdasarkan pada pentingnya perbedaan orang.
  • Berkomunikasi secara efektif dalam pengaturan budaya yang berbeda.
  • Membangun kesamaan.
  • Memaksimalkan kerja tim dalam kelompok di mana orang bertindak dan berpikir secara berbeda.
  • Perbedaan dapat digunakan untuk meningkatkan proses inovasi dan menilai komunikasi antarbudaya.
  • Memaksimalkan investasi merek perusahaan.
  • Menyediakan alat untuk meningkatkan keberhasilan penjualan, kinerja orang, dan citra brand.
  • Mendorong orang untuk menjadi yang terbaik yang mereka bisa.
  • Dan menawarkan informasi untuk lebih memahami kolega dan klien internasional.

Dengan kata lain, mengembangkan Cultural Intelligence (CQ) membantu perusahaan mendapatkan keunggulan kompetitif dalam industri apapun dan dimanapun mereka berada.

 

Baca Juga :  Remarketing : Pengertian dan Cara Kerjanya bagi Bisnis

 

Cara Meningkatkan Cultural Intelligence (CQ) Dalam Bisnis/Perusahaan

Memahami Pentingnya Cultural Intelligence Dalam Bisnis/Perusahaan
 

Kecerdasan budaya atau cultural intelligence merupakan aspek penting dalam kehidupan profesional dan sehari-hari Anda. Membangun kasih sayang antara kolega dan klien dari latar belakang budaya dan kebangsaan yang berbeda dapat dilakukan dengan mengembangkan atribut pribadi yang meningkatkan kualitas hidup Anda, reputasi pribadi dan perusahaan, serta pengalaman pelanggan. Ada berbagai cara untuk meningkatkan tingkat kecerdasan budaya pada bisnis. Beberapa dari mereka adalah :

  1. Ciptakan kesamaan

    Ada budaya yang berbeda dari Anda, tetapi penting untuk diingat bahwa manusia masih memiliki beberapa sifat dasar. Budaya yang berbeda mungkin memiliki praktik budaya yang sama dengan Anda. Menemukan kesamaan memungkinkan Anda untuk lebih memahami orang lain dan menghilangkan hambatan dalam komunikasi. Anda dapat berbicara dengan orang-orang dari budaya lain dan mengenal mereka lebih baik.

  2. Hindari stereotip

    Stereotip adalah praktik umum. Ini memberi Anda profil orang lain, tetapi itu dapat berbahaya karena akan menyebabkan asumsi negatif dan tidak berdasar. Yang perlu Anda ingat adalah bahwa orang-orang dari budaya yang berbeda memiliki praktik dan keyakinan mereka sendiri yang mungkin berbeda dari Anda sendiri. Cobalah untuk memahami dan menilai seseorang berdasarkan nilainya sendiri alih-alih menilai dia dari sudut pandang budaya.

  3. Terus belajar

    Ketika Anda mempelajari keterampilan baru seperti mengelola stres, memotivasi diri sendiri, dan meningkatkan kecerdasan emosional, belajar tentang budaya lain harus dimasukkan juga dalam daftar pelajaran. Anda selalu dapat melakukan ini dengan menelusuri web atau berbicara dengan orang lain di tempat kerja Anda. Internet adalah sumber informasi yang bagus dan Anda dapat menggunakannya untuk mempelajari sesuatu yang baru tentang budaya yang berbeda seperti perilaku dan praktik budaya mereka. Anda bahkan mungkin mendapatkan beberapa fakta menarik yang dapat berguna dalam berurusan dengan orang-orang dari budaya yang berbeda.

  4. Sadar dan menerima

    Kesadaran dan penerimaan merupakan faktor penting dalam mengembangkan kecerdasan budaya. Menjadi sadar memungkinkan Anda untuk menjadi lebih sadar akan praktik dan kebiasaan orang-orang dari budaya lain. Penerimaan praktik budaya mereka menunjukkan rasa empati Anda tentang siapa mereka sebenarnya dan bagaimana Anda melihatnya. Cara Anda memperlakukan orang lain juga akan mencerminkan bagaimana orang itu melihat Anda. Menerima budaya lain akan meningkatkan tingkat empati Anda, yang akan membantu Anda menjadi individu yang cerdas secara budaya.

Selain itu, mencoba makanan yang berbeda yang unik untuk budaya lain juga merupakan cara yang bagus untuk memahami orang lain. Selain memuaskan selera Anda, cara mereka menyiapkan makanan khas mereka dapat memberi Anda gambaran tentang tradisi mereka. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk bertemu orang baru dan menjalin hubungan yang baik.

 

Baca Juga :  Panduan Mengenal dan Menerapkan Product-Led-Growth Dalam Bisnis

 

Kesimpulan dan Penutup

Cultural Intelligence (CQ) adalah keterampilan penting di dunia saat ini. Saat Anda bekerja dan hidup dalam komunitas multikultural, memperoleh seperangkat perspektif, pengetahuan, dan keterampilan yang berbeda penting untuk berhasil. Anda harus siap untuk berkomunikasi dan bekerja dengan orang-orang dari latar belakang, ras, dan budaya yang berbeda. Memperoleh pengetahuan tentang budaya lain tidak lagi opsional. Hal ini diperlukan untuk belajar, memahami dan menangani situasi yang berbeda secara kompeten.

Mengembangkan CQ Anda dengan cara diatas akan sangat membantu untuk memastikan bahwa Anda dan perusahaan Anda dapat dengan gesit menavigasi melintasi batas-batas budaya. Semoga artikel ini memberi informasi yang berguna bagi Anda yang sedang mencari pemahaman mengenai Cultural Intelligence (CQ) agar dapat bersikap dengan lebih baik lagi di dalam bisnis dan sebuah perusahaan tempat Anda bekerja.

Related Post :