Memahami Pentingnya SEO (Search Engine Optimization) dan Panduannya di Google

Business, Search Engine Optimization / 1 | | 0

Bagi pemilik situs web, blog, bisnis dan perusahaan online, pasti sudah mengetahui betapa pentingnya pengaruh Search Engine Optimization (SEO). Bisa dikatakan SEO menjadi alat alat pemasaran digital terbaik sehingga bisnis bisa mudah ditemukan diantara jutaan bisnis online di dunia maya. Tidak mengherankan semua pemilik situs pasti selalu berupaya untuk mengikuti algoritma SEO dan Google dengan seksama.

Secara sederhana, SEO merupakan proses meningkatkan situs Anda untuk meningkatkan visibilitasnya, ketika orang mencari produk atau layanan yang terkait dengan bisnis Anda di browser atau mesin pencari. Semakin baik visibilitas halaman Anda dalam hasil pencarian, makan semakin besar kemungkinan Anda untuk menarik perhatian dan menarik calon pelanggan serta pelanggan yang sudah ada ke bisnis Anda.

Oleh karena itu SEO memegang peran penting karena akan membuat situs web Anda lebih terlihat yang mana berarti lebih banyak lalu lintas dan lebih banyak peluang untuk mengubah prospek menjadi pelanggan. Selain itu, SEO juga merupakan alat yang berharga untuk kesadaran akan brand, membangun hubungan dengan prospek serta membuat bisnis Anda mempunyai kredibilitas yang baik. Untuk mengetahui mengenai SEO dan pentingnya bagi bisnis digital saat ini, simak penjelasan singkatnya dibawah ini.

 

Memahami Apa Itu SEO (Search Engine Optimization)

Memahami Pentingnya SEO (Search Engine Optimization) dan Panduannya di Google
 

Sama halnya seperti mesin pencari itu sendiri, SEO adalah tentang bagaimana memahami apa yang dicari orang secara online. Oleh karenanya SEO memiliki 2 tujuan utama yakni membantu Anda memahami apa yang dicari pengguna secara online sehingga Anda dapat membuat konten berkualitas tinggi untuk memenuhi niat konsumen, dan untuk membantu Anda membuat situs web yang dapat ditemukan, di indeks, dan dipahami oleh mesin telusur. Ini membuat praktik SEO yang baik menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan kualitas situs web dengan membuatnya ramah pengguna, lebih cepat, dan lebih mudah dinavigasi. Tugas SEO yang paling penting biasanya berkaitan dengan :

  • Mengidentifikasi apa yang dicari pengguna yang terkait dengan produk dan layanan Anda.
  • Membuat konten yang akan membuat relate dengan pengguna.
  • Memberikan sinyal yang tepat ke perayap dan algoritma mesin telusur melalui berbagai teknik SEO.
  • SEO dapat dianggap sebagai kerangka kerja yang lengkap karena seluruh proses memiliki sejumlah aturan atau pedoman, sejumlah tahapan, serta satu set kontrol yang komplit.

 

Baca Juga  :    Cara dan Struktur Penulisan Artikel SEO yang Baik dan Benar

 

Memahami Manfaat dan Pentingnya SEO Bagi Pemasaran dan Bisnis

Dalam dunia digital saat ini, SEO menjadi mendasar dari pemasaran digital karena orang melakukan triliunan pencarian setiap tahun, seringkali dengan tujuan komersial hanya untuk menemukan informasi tentang produk dan layanan. Pencarian sering menjadi sumber utama lalu lintas digital untuk merek dan melengkapi saluran pemasaran lainnya. Visibilitas yang lebih besar dan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian daripada pesaing Anda dapat memiliki dampak material pada keuntungan bisnis Anda.

Hasil pencarian telah berkembang selama beberapa tahun terakhir untuk memberi pengguna lebih banyak jawaban langsung dan informasi yang lebih cenderung membuat pengguna tetap berada di halaman hasil daripada mengarahkan mereka ke situs web lain. Maka dari itu SEO juga menjadi dasar dari ekosistem pemasaran holistik, dimana ketika Anda telah memahami apa yang diinginkan pengguna situs web Anda, Anda kemudian dapat menerapkan pengetahuan itu di seluruh pemasaran Anda, di seluruh situs web Anda, di seluruh properti dan media sosial Anda.

Dengan meningkatkan SEO Anda, Anda dapat bekerja untuk memperluas visibilitas Anda di mesin pencari. Ini membantu Anda menjangkau dan melibatkan lebih banyak calon pelanggan potensial. Serta dengan membuat konten yang berfokus pada SEO yang lebih menarik dan efektif, Anda dapat meningkatkan peluang menghasilkan lebih banyak lalu lintas organik yang juga bertarget. Adanya penyesuain situs web dan konten Anda untuk visibilitas dan keterbacaan yang lebih besar, akan membantu SEO bagi bisnis Anda. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menerapkan SEO bagi bisnis Anda adalah :

  • SEO dapat menghasilkan lebih banyak lalu lintas

    Karena kebanyakan orang cenderung mengklik salah satu dari beberapa hasil pencarian pertama, peringkat yang lebih tinggi biasanya mendorong lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda.

  • SEO membantu menghasilkan lalu lintas yang konsisten

    Peringkat di mesin pencari biasanya menghasilkan lalu lintas yang konsisten dan pasif. Ini jarang terjadi pada media seperti media sosial dan pemasaran email yang sering kali menghasilkan lonjakan lalu lintas yang dengan cepat menghilang tanpa hasil apa- apa.

  • SEO akan mengarah ke lalu lintas gratis

    Tidak seperti membayar seperti iklan, lalu lintas pencarian adalah gratis. Oleh karena itu boost dengan baik dan beri perhatian pada konten dan SEO bisnis Anda.

 

Baca Juga  :    Memaksimalkan Penulisan Meta Description untuk SEO Website / Blog

 

Panduan Pemula SEO di Google

Memahami Pentingnya SEO (Search Engine Optimization) dan Panduannya di Google
 

Baik bisnis dan perusahaan online atau pemilik situs pribadi, pasti menginginkan SEO yang terbaik bagi situs mereka. Namun ini juga tidak terlepas dari setiap situs web yang mereka punya dapat memberi manfaat dan menarik pengunjung. Sehingga pengoptimalan apa pun harus diarahkan untuk membuat pengalaman pengguna menjadi lebih baik. Berikut adalah beberapa cara dan panduan sederhana untuk melakukannya :

  • Gunakan HTTPS

    Mengingat resiko pemerasan dan pencurian yang tinggi di internet, maka jangan lupa untuk mengenkripsi situs Anda dengan SSL/TLS sehinga pengunjung Anda merasa aman ketika mengunjungi situs web Anda.

  • Konten dapat dimuat dengan cepat

    Kecepatan halaman adalah faktor peringkat yang dikonfirmasi di desktop dan seluler. Konten yang dapat dimuat lebih cepat lebih baik, karena situs yang lambat akan membuat pengunjung berbalik arah dengan cepat juga.

  • Pilih desain yang menarik

    Desain situs web juga mengikuti tren dan juga menyesuaikan dengan niche situs web tersebut. Jadi, meskipun tidak perlu mendesain ulang situs web Anda setiap enam bulan, setidaknya harus menarik secara visual dan mencerminkan merek Anda.

  • Hindari pop-up dan iklan yang mengganggu

    Meski tidak dipungkiri iklan akan membantu situs web Anda, tetapi bukan berarti iklan harus mengganggu kenyamanan kunjungan pelanggan Anda. Hindari jenis iklan yang mengganggu dan muncul tiba-tiba, karena Anda tentunya tidak ingin kehilangan minat pengunjung Anda.

  • Mobile-friendly

    Fakta dari Google menyebutkan lebih banyak pencarian sekarang dilakukan di seluler daripada desktop, jadi sangat penting bahwa situs web Anda menyenangkan untuk digunakan di seluler sama seperti di desktop.

 

Baca Juga  :    Perbedaan Long Tail Keyword dan Short Tail Keyword dalam SEO

 

Kesimpulan Dan Penutup

Pada dasarnya setiap mesin pencari akan memberikan pelayanan terbaik bagi penggunanya yang mana ini berarti juga dalam memberikan hasil pada halaman mesin pencari yang tidak hanya berkualitas tinggi tetapi juga relevan dengan apa yang dicari oleh pencari. Untuk melakukan ini, mesin pencari akan memindai, atau merayapi, situs web yang berbeda untuk lebih memahami tentang situs tersebut. Hal ini membantu mereka memberikan hasil yang lebih relevan kepada mereka yang mencari topik atau kata kunci tertentu.

SEO sendiri adalah pekerjaan kompleks yang melibatkan banyak teknik, taktik, dan praktik terbaik yang berbeda. Selain itu, praktik terbaik ini selalu berkembang seiring perubahan perilaku konsumen dan pengguna web, seiring munculnya teknologi baru, dan saat mesin telusur mengubah algoritma mereka. Meskipun demikian, SEO masih merupakan hal yang paling penting untuk bisnis online apa pun karena SEO dapat membantu bisnis mencapai sejumlah tujuan termasuk yang melibatkan kesadaran merek, lalu lintas, konversi, pengalaman pelanggan, dll. Itulah mengapa sangat penting bagi pemasar digital untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang apa itu SEO, tujuan dan praktik terbaiknya yang paling terbaru.

 

 

Related Post :