logo Memahami VPS Tradisional/Klasik vs Cloud VPS Beserta Fitur Terbaiknya - IDCloudHost

Memahami VPS Tradisional/Klasik vs Cloud VPS Beserta Fitur Terbaiknya

Memahami VPS Tradisional/Klasik vs Cloud VPS Beserta Fitur Terbaiknya

Virtual Private Server (VPS) adalah salah satu tren populer yang sedang naik daun di web hosting saat ini. VPS dapat menyediakan lingkungan otonom dengan sumber daya yang cukup untuk menangani situs web dengan lalu lintas tinggi sekalipun. Hosting VPS menghilangkan semua risiko yang terkait dengan hosting bersama yakni overselling, memonopoli sumber daya, keamanan yang buruk. Sementara itu, paket server virtual semakin murah, membuatnya lebih hemat biaya daripada menyewa seluruh server khusus.

Kemudian ada teknologi cloud berkembang dengan sangat cepat dan mengubah bahkan hal-hal paling mendasar yang biasa kita gunakan seperti ponsel, TV, game, jam tangan pintar, dan lain-lain. Ada banyak alasan mengapa Cloud mendapatkan adopsi yang cepat di era digitalisasi sekarang ini. Cloud mampu mendukung keuntungan dalam ekonomi, kelincahan, kecepatan, skalabilitas, waktu aktif yang lebih besar, kemandirian lokasi, kolaborasi yang lebih besar, dll.

Karena inilah, banyak bisnis, instansi, perusahaan, organisasi maupun penggunaan pribadi yang beralih dari teknologi tradisional ke teknologi baru yaitu Cloud VPS yang memberikan layanan lebih advance. Jadi, jika Anda juga berencana menggunakan hosting VPS tradisional/klasik atau cloud sebagai andalan trend penyimpanan yang terkenal saat ini, akan bergantung dengan kebutuhan dan tujuan penggunaan Anda. Apakah Anda harus menggunakan jenis server tradisional atau apakah lingkungan cloud akan lebih bermanfaat? Mari simak untuk dapat memahami kedua jenis VPS pada penjelasan singkat dibawah ini.

 

Memahami Apa Itu VPS Tradisional/Klasik

VPS tradisional atau klasik biasanya mencakup cara kerja jenis layanan dimana penyedia hosting memiliki mesin fisik yang kemudian dibagi oleh tuan rumah menjadi beberapa contoh virtual, masing-masing bertindak sebagai server khusus yang terpisah. Penyedia hosting yang mengalokasikan pengguna sejumlah sumber daya sistem seperti CPU, RAM, ruang disk biasanya hanya melayani klien khusus ini saja. Dengan begitu, pengaturan semacam ini memungkinkan kontrol tertinggi dan kebebasan kustomisasi. Ini membuat klien memiliki kendali penuh atas platform VPS, memodifikasi spesifikasinya sesuai kebutuhan proyek online mereka. Oleh karenanya VPS tradisional biasanya dibayar secara bulanan sehingga membuat layanan ini cukup dapat diprediksi dalam hal penganggaran, membantu Anda menjaga seluruh penyiapan tetap terjangkau.

 

Memahami Apa Itu Cloud VPS

Memahami VPS Tradisional/Klasik vs Cloud VPS Beserta Fitur Terbaiknya
 

Lalu dari jenis VPS tradisional atau klasik ini, teknologi kembali berkembang dengan menjadikan demand dan kebutuhan pengguna yang semakin meningkat sebagai acuannya. Dunia hosting kini menambahkan cloud dalam penawaran produk mereka yang lebih canggih dan praktis dalam pengaplikasiannya. Adalah teknologi cloud menggunakan jaringan luas dari server yang saling berhubungan, semuanya berbagi kumpulan sumber daya yang sama. Semakin banyak mesin yang ditambahkan ke cluster maka semakin banyak sumber daya yang dapat Anda manfaatkan. Ketika dihubungkan dengan hosting VPS, konfigurasi ini secara inheren berbeda dari pengaturan server tradisional, di mana Anda terikat pada CPU, RAM, dan ruang disk dari mesin fisik Anda.

 

Baca Juga   :     VPS atau Virtual Private Server : Tipe dan Manfaatnya Bagi Website Bisnis

 

Layanan VPS Tradisional/Klasik dan Fitur Terbaik dari IDCloudHost

Meski teknologi cloud semakin berkembang, namun peminta VPS klasik juga tidak kalah banyaknya dan masih setia menggunakan hosting tradisional ini. Ada banyak manfaat yang bisa diberikan dari opsi penggunaan VPS jenis ini karena VPS sering juga disebut sebagai teknologi server side tentang sistem operasi dan perangkat lunak yang memungkinkan sebuah mesin dengan kapasitas besar dibagi ke beberapa virtual mesin. Tiap virtual mesin ini melayani sistem operasi dan perangkat lunak secara mandiri dan dengan konfigurasi yang cepat. Berikut beberapa fitur terbaik yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan VPS klasik IDCloudHost :

  • Flexibilitas Root Access
  • Solid-State Drive (SSD)
  • Unlimited Domain
  • Premium Bandwidth Unmetered
  • Enterprise-grade Server
  • Virtual Server Manager
  • Scale and Resize
  • Virtualisasi KVM
  • Multiple Linux OS & IPs

 

VPS akan sangat cocok untuk digunakan bagi website dan aplikasi yang mempunyai trafik yang sangat tinggi dan keperluan khusus lainnya dengan support dari berbagai macam OS untuk mendapatkan performa yang maksimal. Layanan VPS dari IDCloudHost merupakan layanan unmanage sehingga Anda akan mendapatkan penawaran VPS murah dan terjangkau yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Baca Juga  :    Mengenal Apa Itu Cloud VPS dan Layanan Terbaiknya di Indonesia

 

Layanan Cloud VPS dan Fitur Terbaik dari IDCloudHost

Selanjutnya adalah layanan cloud VPS yang menjadi populer karena kepraktisannya. Salah satu penyedia cloud VPS yang berdedikasi di Indonesia adalah IDCloudHost yang menawarkan layanan Full Cloud Access dan Scale Up as You Grow pertama di Indonesia dengan fitur, teknologi, dukungan teknis terbaik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Adapun layanan dan fitur yang bisa Anda dapatkan adalah :

  • Virtual Server

    Layanan Virtual Machines yang memungkinkan Anda untuk mempermudah setup yakni instalasi dan pengaturan, mengubah sumber daya, memantau server dan jaringan serta membuat backup dan restore dengan proses mudah dan cepat.

  • Storage Vault

    Layanan penyimpanan S3 dapat digunakan sebagai object storage dengan harga yang terjangkau dan dapat diandalkan yang memungkinkan Anda untuk melakukan manajemen file, back-up / restore, dan archives dengan praktis.

  • Docker Containers

    Fasilitas Docker containers as Managed Service yang memungkinkan Anda untuk lebih efektif dan efisien dari sisi waktu dalam mengembangkan Layanan sehingga akan lebih cepat dan praktis dengan harga yang lebih terjangkau.

  • Applications

    Layanan Private Cloud ini telah terintegrasi dengan berbagai aplikasi, tools, dan fitur-fitur sehingga menciptakan lebih banyak solusi dan pilihan yang siap digunakan untuk kebutuhan server dengan mudah dan praktis.

 

Baca Juga  :     Alasan Website Bisnis Harus Menggunakan Virtual Private Server (VPS)

 

Tips Memilih Layanan VPS Tradisional/Klasik vs Cloud VPS

Memahami VPS Tradisional/Klasik vs Cloud VPS Beserta Fitur Terbaiknya
 

Dalam memilih antara server fisik atau lingkungan cloud, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan yang dapat dengan mudah mengubah skala yang mendukung satu atau yang lain. Simak beberapa faktor yag harus Anda pertimbangkan dalam memilih layanan VPS tradisional atau cloud yang sesuai dengan kebutuhan penggunaan hosting Anda.

  • Harga yang ditawarkan
  • Pilihan skalabilitas yang luas
  • Fleksibilitas
  • Keamanan yang mendukung
  • Kemampuan untuk kustomisasi
  • Keandalan dan performance
  • Lokasi Data center

 

Baca Juga  :     Mengapa Menggunakan Server VPS Indonesia untuk Perusahaan

 

Kesimpulan dan Penutup

Jika Anda baru memulai situs, Anda mungkin bingung memilih opsi yang mana karena kebutuhan Anda belum terlalu terlihat dan signifikan. Jadi, seberapa banyak Anda berencana untuk mengembangkan situs Anda harus dipertimbangkan ketika Anda membuat pilihan antara VPS dan cloud hosting. Kecuali jika Anda ingin membangun situs kecil yang akan tetap kecil tanpa batas waktu, opsi terbaik untuk pemula dan usaha kecil biasanya adalah hosting VPS.

Sedangkan bagi perusahaan besar, jaringan, dan situs media sosial, cloud hosting dinilai lebih cocok karena kebutuhan industri ini yang kompleks dan besar. Mengingat opsi yang ditawarkan dan kelebihan masing- masing VPS tradisional maupun cloud VPS, tidak ada masalah jika Anda menggunakan salah satunya yang sesuai dengan bisnis, perusahaan dan kebutuhan Anda. Dengan penjelasan antara hosting cloud dan hosting VPS yang diuraikan di atas, Anda harus memiliki pemahaman yang lebih baik tentang opsi mana yang paling sesuai untuk situs Anda.

Apa pun keputusan Anda, sebaiknya rencanakan rute untuk skalabilitas. Seiring pertumbuhan situs Anda, jika Anda memiliki rencana tentang cara meningkatkan sumber daya dengan mudah, akan jauh lebih mudah untuk memudahkan transisi tanpa banyak atau apa pun waktu henti. Penting juga untuk dicatat bahwa setiap perusahaan hosting mungkin memiliki paket hosting khusus mereka sendiri. Jadi, yang terbaik adalah memeriksa dengan mereka untuk mengetahui dengan tepat apa yang Anda dapatkan saat mendaftar. Pastikan Anda mendapatkan dukungan dan fitur-fitur yang Anda butuhkan telah terpenuhi juga.

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image