Memaksimalkan Google Analytics untuk SEO Website Bisnis

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 1

Google analytics merupakan sebuah aplikasi Analisis web gratis dan canggih yang mengumpulkan dan memahami data dari semua titik kontak, di satu tempat. Mengukur keefektifan kampanye pemasaran online dan offline Anda.

Prinsip Pengukuran :

  • Buat strategi
  • Identifikasi sasaran dan indikator performa utama
  • Kumpulkan data
  • Pelajari (dan ambil tindakan)

Google Analytics memberikan banyak data dan informasi, tetapi tanpa adanya rencana, akan sulit untuk mengetahui di mana harus memulai. Strategi memungkinkan Anda melihat data ini melalui framework yang cocok dengan sasaran Anda. Misalnya, Anda mungkin memutuskan untuk fokus pada 3 cara guna mempromosikan produk dan layanan: pengoptimalan mesin telusur, email pemasaran, dan iklan Display. Anda dapat menggunakan laporan yang sesuai dengan 3 strategi ini untuk mengetahui strategi mana yang berhasil dan apa yang dapat ditingkatkan.

Baca Juga : Langkah Awal untuk Mengotimasi Web dengan SEO

Selanjutnya, Anda perlu mengidentifikasi sasaran dan indikator performa utama (KPI) Anda. Jika Anda tidak memiliki sasaran, Anda tidak dapat melakukan pengukuran. Sasaran Anda dapat berupa: meningkatkan prospek penjualan sebesar 10%. Anda dapat menggunakan GA untuk mengetahui apakah strategi Anda membantu atau tidak dalam mencapai sasaran.

Selanjutnya: kumpulkan data yang berguna. Terkadang menemukan angka yang Anda cari di GA seperti mencari jarum di tumpukan jerami. Mengidentifikasi data yang membantu pelacakan dan pengukuran progres dalam mencapai sasaran akan berguna. Terakhir, pelajari data. Perbaiki strategi Anda, dan mulai dari awal lagi. Singkatnya: Anda harus SELALU melakukan pengujian.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mudah Mengembangkan
 Bisnis Anda

Sekarang kita akan membahas 3 contoh nyata ketika Google Analytics akan bermanfaat.

  1. #1: Untuk mengetahui sumber penjualan: bisnis Anda menggunakan berbagai saluran untuk beriklan di internet. Tetapi, Anda tidak tahu saluran mana yang berperforma lebih baik dibandingkan yang lain. Menggunakan laporan akuisisi, Anda dapat melihat saluran yang mendorong traffic ke situs, dan yang menghasilkan konversi.
  2. #2: Untuk memahami bagian yang efektif: Anda tahu bahwa konten adalah faktor penting untuk memastikan situs web tetap bermanfaat dan relevan. Strategi SEO Anda adalah membuat konten secara teratur – menulis entri blog, menambahkan foto, dan mengupload video. Strategi ini menghabiskan waktu…sehingga Anda ingin mengetahui konten apa yang paling sesuai dengan audiens. Gunakan laporan perilaku untuk mengetahui konten apa yang sebenarnya dilihat pengunjung, dan di mana mereka keluar dari situs web. Informasi ini dapat membantu Anda memperbaiki strategi pembuatan konten.
  3. #3: Untuk mengevaluasi toko online: jika bisnis menggunakan situs web e-commerce, Anda perlu memastikan bahwa pelanggan mudah melakukan pembayaran. Gunakan laporan analisis perilaku pembayaran untuk mengetahui cara pelanggan melalui langkah-langkah pembayaran. Anda dapat mengetahui di mana pengunjung “berhenti” dan mengabaikan proses, ini petunjuk yang bagus untuk meningkatkan situs web Anda.

Related Post :