Memanfaatkan Sosial Bookmark untuk Meningkatkan Trafik

Business, Social Media Marketing / 0 | | 0

Social Bookmark adalah alat yang sering dilakukan oleh para pakar SEO. Misalnya dalam kontes SEO , mereka sering menggunakan situs social bookmarking Indonesia atau luar negeri agar posisi posting blog berada di posisi teratas. Social bookmark ini ibarat kita meninggalkan jejak, juga bisa dikatakan menanam link yang menuju situs kita. Social bookmarking dilakukan dengan cara submit url ke situs tersebut, kemudian  hal ini akan menarik perhatian bagi search engine misalnya google. Banyak layanan gratis di Indonesia untuk hal tersebut, kita hanya daftar dan kemudian jika sudah selesai membuat akun, kita pun dapat mensubmit alamat url posting kita.

Di bawah ini beberapa media social bookmarking dari luar Indonesia, yang bisa sobat manfaatkan, antaralain:

  1. Digg.com
  2. Stumbleupon.com
  3. Delicious.com
  4. Reddit
  5. Google Buzz dan lain-lain

Sedangkan untuk situs social bookmarking lokal Indonesia antara lain, Lintas.me dan infogue.com

Manfaat yang didapat apabila kita melakukan submit/mengirimkan artikel ke social media bookmarking, antara lain yaitu:

  1. Menaikkan traffic atau jumlah pengunjung situs
    Fungsi pertama ini sangat cocok bagi teman-teman yang memiliki situs yang dikhususkan untuk menjaring pengunjung sebanyak-banyaknya. Jika teman-teman mensubmit/mengirim sebuah artikel ke social bookmark, maka teman-teman akan menautkan alamat URL situs teman-teman ke dalam artikel tersebut.
  2. Mendapatkan backlink gratis
    Pada umumnya website social bookmarking bersifat do follow link, yang artinya mesin pencari seperti Google akan memperhitungkan link ini sehingga alamat situs Anda semakin diperhitungkan oleh Google. Pagerank tinggi yang dimiliki website social bookmarking dapat menjadi sarana mendapatkan backlink gratis untuk mempopulerkan situs anda. Jadi rajin-rajinlah Anda mensubmit artikel terbaru Anda ketika selesai posting di situs anda. Memang diperlukan ketekunan yang tinggi.
  3. Artikel postingan akan cepat terindeks oleh mesin pencari
    Perlu dibutuhkan waktu berhari-hari agar artikel baru yang Anda posting terindeks oleh mesin pencari Google. Namun dengan adanya website social bookmarking, hanya dibutuhkan waktu beberapa menit saja agar artikel Anda terindeks di mesin pencari Google.
  4. Meningkatkan SERP (Search Engine Result Page) situs anda
    Dalam persaingan di dunia SEO, para webmaster berjuang keras agar situsnya menduduki halaman hasil pencarian no 1. SERP atau istilah sederhananya halaman hasil pencarian merupakan indikator kualitas kesesuaian hasil pencarian dengan kata kunci.
  5. Fasilitas promosi gratis produk yang Anda jual.
    Manfaat lain yang penting keberadaannya bagi pelaku bisnis online adalah bisa mempromosikan produk Anda di Social Bookmark secara gratis. Sebenarnya banyak media promosi yang dapat Anda manfaatkan. Tetapi Social Bookmark memiliki keunggulan tersendiri. Yaitu: gratis dan jangkauan luas.
  6. Media yang tepat untuk membentuk personal branding
    Social bookmark yang terbukti bermanfaat dalam proses pembentukan personal branding yang adalah Facebook dan Twitter. Dua situs tersebut sangat mencukupi syarat terbentuknya jaringan pengguna internet luas yang bisa mengikuti setiap pemikiran anda. Facebook dengan pagerank 9 menjadi begitu ampuh dalam membentuk opini publik terhadap satu permasalahan yang sedang berkembang di masyarakat. Bila Anda mampu memanfaatkan moment ini dan memberikan solusi pemecahan masalah, tidak mustahil branding Anda semakin mengkilat.

Semoga Artikel Ini bermanfaat 🙂

Related Post :

popup image